Jalan-Jalan KeNai

Menjelajah Luar Angkasa Bersama ASUS Zenbook SPACE EDITION

"Mainnya kurang jauh!"

Sahabat KeNai pasti udah akrab dengan kalimat tersebut, ya. Tapi, ada yang udah pernah main sampai ke luar angkasa belum? Kalah jauh ma ASUS, nih! 😎 
 
asus zenbook space edition

Kamis (15/9) bertempat di Ballroom Djakarta Theatre, saya menghadiri acara peluncuran ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION di Indonesia. Sesuatu yang sejak awal udah bikin saya penasaran. Apa hubungannya dengan luar angkasa?

"Zenbook SPACE EDITION bukan sembarang laptop. Melainkan senuah perangkat edisi spesial yang hadir untuk memperingati 25 tahun laptop pertama ASUS yang berhasil dipilih sebagai perangkat pendukung di stasiun luar angkasa selama 600 hari," ujar Jimmy Lin, Regional Director ASUS Southeast Asia.

 

Perjalanan Laptop ASUS di Stasiun Luar Angkasa

 
Perjalanan Laptop ASUS di Stasiun Luar Angkasa
Foto milik mbak Rien (IG @travelerien)


Wah! Ternyata gak sekadar 'main', nih. Tapi, ASUS dibawa ke luar angkasa sebagai perangkat pendukung. 

Jadi, laptop pertama ASUS yaitu P6300 lahir. Setahun kemudian, laptop ini dipilih sebagai perangkat pendukung untuk misi di stasiun luar angkasa MIR. Perginya pun lumayan lama sampai 600 hari dan pulang tanpa ada masalah sama sekali. Membuktikan kalau laptop ASUS mampu bertahan di lingkungan gravitasi mikro yang penuh dengan radiasi kosmik. 
 
penampilan rizky febian

Dari laptop pertama aja sudah terbukti tangguh. Sehingga menjadi tonggak sejarah bagi ASUS untuk selalu mengedepankan inovasi dan kualitas di setiap produknya hingga sekarang.

Launching ASUS Zenbook SPACE EDITION adalah untuk memperingati 25 tahun laptop pertama ASUS. ke luar angkasa. Makanya desainnya pun terlihat futuristik dengan tema luar angkasa.


Keunggulan ASUS Zenbook SPACE EDITION


launching laptop asus zenbook terbaru

Karena laptopnya bertemakan luar angkasa, maka acara peluncurannya pun bertemakan sama. Setelah registrasi, kami dipersilakan masuk ke dalam area. Tetapi, hanya dibatasi per 5 orang sekali masuk. Karena rupanya kami masuk ke dalam ruangan seolah-olah berada di luar angkasa yang penuh dengan bintang. 
 
launching asus zenbook space edition
Salah satu games di acara peluncuran ASUS Zenbook SPACE EDITION

 

Setelah puas berfoto, baru lanjut ke ruangan berikutnya. Kami bisa ikutan games dan berkesempatan mendapatkan berbagai merchandise. Sebelum acara juga para undangan dipersilakan untuk makan siang terlebih dahulu. 
 
unboxing ASUS Zenbook SPACE EDITION
Unboxing ASUS Zenbook SPACE EDITION

 

Pada acara peluncuran menghadirkan Rizky Febian dan Tasya Kamila. Keduanya menceritakan pengalaman sebagai user ASUS Zenbook SPACE EDITION. Duh! Semakin pengen punya deh kalau dengerin cerita mereka. Apalagi, ada peragaan unboxing laptop sultan yang cakep banget ini.


Kotak ASUS Zenbook SPACE EDITION yang Didesain Istimewa 

asus zenbook space edition ramah lingkungan

Rizky Febian mengaku kalau dia orang yang sangat detil. Nah, ASUS Zenbook SPACE EDITION ini dari kotaknya aja udah istimewa. Seperti membuka suatu benda yang futuristik gitu.

Kotak penyimpanan charger-nya bisa dimanfaatkan untuk menyangga laptop. Karena laptop ini juga mengedepankan konsep daur ulang agar ramah lingkungan. Pas banget, kan, dengan sosok Tasya Kamila sebagai Duta Lingkungan Hidup.


ZenVision yang Menarik Perhatian

zenvision asus zenbook

Tampilan layar kecil sebesar 3,5 inch pada ASUS Zenbook SPACE EDITION langsung menarik perhatian saya. Karena umumnya, body laptop tuh polos. Paling hanya ada nama atau logo brand di tengah. Tapi, tidak untuk  laptop ini.

ASUS Zenbook SPACE EDITION dilengkapi dengan layar OLED monochrome bernama ZenVision. Pada layar ini dapat menampilan berbagai hal seperti status penggunaan, animasi eksklusif, hingga dapat dikustomasi untuk menampilkan informasi pengguna seperti QR code.

Memang jadi lebih berasa sentuhan personalnya. Seperti yang dicontohkan oleh Rizky Febian, mengetik kalimat agak galau. Duh! Udah kayak lirik-lirik lagunya yang terkadang bikin galau hehehe.


Dirancang Lebih Tangguh dari yang Lain

Terkadang saya gak membawa laptop kalau traveling. Terkadang memang ingin privasi. Jauh sejenak dari dunia digital. Tapi, sering juga alasannya karena khawatir rusak kalau dibawa. Mana suka berasa berat.

Tapi, kekhawatiran saya ini terjawab di ASUS Zenbook SPACE EDITION. Karena spesial diluncurkan untuk memperingati 25 tahun laptop pertama ASUS sebagai perangkat pendukung di stasiun luar angkasa, maka laptop ini pun dirancang lebih tangguh dari yang lain.

Bodinya berbahan alumunium dengan warna Zero-G Titanum. Beratnya hanya 1,4 kg. Ringan banget untuk dibawa ke mana-mana. Laptop edisi spesial ini tidak hanya mengantongi sertifikasi ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H). Tetapi, juga mendapatkan sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar US Space System Command (SMC-S-016A). ASUS Zenbook SPACE EDITION dapat beroperasi di lingkungan pada suhu -24ºC hingga 61ºC. Serta tahan terhadap guncangan ekstrim berfrekuensi 20 -2.000Hz.


Layar OLED Membuka Cakrawala Tanpa Batas

laptop asus zenbook edisi spesial

"To Infinity and Beyond!" - Buzz Lightyear


ASUS Zenbook SPACE EDITION layar berteknologi ASUS OLED. Saya pun langsung teringat dengan quote Buzz Lightyear di atas ketika teknologi layar laptop terbaik ini dapat membuka cakrawala pengguna tanpa batas.

Kualitas visualnya sangat kaya warna, detail, dan akurat. Layar sentuhnya menggunakan resolusi 4K (16:10). Dengan tampilan sebagus ini tentu bikin penggunanya berah berlama-lama beraktivitas dengan laptop.

Jangan khawatir akan merusak mata karena ASUS OLED sudah dibekali fitur Eye Care. Sehingga spektrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata dapat dikurangi secara drastis tanpa mengurangi kualitas visual. Sehingga kesehatan mata pengguna tetap terjaga meskipun menggunakan laptop dalam waktu yang lama.


Kecepatannya Seperti Roket

ketangguhan asus zenbook space edition

Apalah artinya visual yang bagus dengan bodi tangguh kalau kecepatannya ternyata lemot. Berasa banget ada yang kurang gitu, ya. Malah jadi bikin gregetan banget.

Etapi, kalau ASUS Zenbook SPACE EDITION kecepatannya kayak roket, dong! Varian tertingginya menggunakan prosesor 12th Gen Intel® Core™H-Series i9-12900H yang memiliki konfigurasi 14 core dan 20 thread (6 P-core dan 8 E-core) dengan TDP hingga 45W.

Sehingga menjadikan ASUS Zenbook SPACE EDITION setara dengan laptop gaming. Tentu saja fungsinya tidak hanya untuk bermain game. Tetapi, tenaga yang powerful inidapat dipakai untuk berbagai kebutuhan komputasi menjadi lebih nyaman dan lancar.

Sahabat KeNai bisa melakukan berbagai aktivitas di laptop ini secara multitasking. Tetapi, laptopnya tetap bekerja lebih gesit. Waktu loading pun gak lama. Sat set banget pokoknya.
 
Kinerja cepat bagaikan roket yang sedang mengangkasa tidak perlu khawatir laptop bakal kepanasan. Sistem pendingin ASUS IceCool Technology memanfaatkan dua kipas serta dua jalur udara keluar untuk mendinginkan semua komponen yang ada di dalam.


Fitur Penunjang Agar Semakin Nyaman dan Mudah Digunakan

fitur penunjang asus zenbook space edition
 
Bodinya memang ringan dan tipis. Tetapi, fitur penunjangnya tetap lengkap, dong. ASUS Zenbook SPACE EDITION dilengkapi dengan berbagai port mulai dari 3.2 Gen2 Type-A, HDMI 2.1 TMDS, serta 3.5mm combo audio jack, dan microSD card reader. Masih banyak fitur penunjang lainnya. Sehingga pengguna tidak hanya mendapatkan kepuasan karena tenaga laptop yang powerful. Tetapi, berbagai fitur penunjang juga menambahkan rasa nyaman.


Harga ASUS Zenbook SPACE EDITION

 
harga asus zenbook space edition

ASUS Zenbook SPACE EDITION memiliki 2 tipe yaitu:

  1. Core i7 / 16GB RAM - Rp26.999.000,00
  2. Core i9 / 32GB RAM - Rp30.999.000,00
 
Harganya berasa sultan banget, ya. Tapi, kalau lihat semua keunggulan dari mulai box hingga fungsinya memang sepadan, sih, Apalagi kalau dipakai untuk hal yang benar-benar produktif kemudian bisa mendapatkan penghasilan yang lebih lagi.
 
review laptop asus zenbook terbaru
 
Kabarnya sudah ada lho yang buka wisata perjalanan ke bulan. Tapi, entah kapan saya bisa wisata ke bulan. Kan, seru kalau nanti bisa diceritain di blog hahaha! 
 
Tapi, kalau pengen banget punya ASUS Zenbook SPACE EDITION gak perlu harus ke luar angkasa dulu. Sekarang pun udah bisa Sahabat KeNai dapatkan. Apalagi ini edisi yang sangat spesial. Jadi, belum tentu akan dikeluarkan lagi. Jadi, semangat menabung dan berharap bisa membeli 1 unit laptop ini. Aamiin.



Main Spec.

Zenbook 14X OLED SPACE EDITION (UX5401ZAS)

CPU

Intel® Core™ i9-12900H Processor 2.5 GHz (up to 5.0 GHz, 6P+8E cores)

Intel® Core™ i7-12700H Processor 2.3 GHz (up to 4.7 GHz, 6P+8E cores)

Operating System

Windows 11 Home

Memory

32GB LPDDR5

16GB LPDDR5

Storage

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD

Display

14-inch, 4K (3840 x 2400) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 400nits,

DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black

Graphics

Intel® Iris® Xᵉ Graphics

Input/Output

1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery, Micro SD card reader

Connectivity

Wi-Fi 6E (802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5

Camera

720p HD camera with electronic privacy shutter

Audio

Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified, Dolby Atmos

Battery

63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimension

31.12 x 22.11 x 1.59 ~ 1.59 cm

Weight

1.4 Kg

Colors

Zero-G Titanium

Price

Rp26.999.000 (Core i7 / 16GB RAM)

Rp30.999.000 (Core i9 / 32GB RAM)

Warranty

2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Post a Comment

0 Comments