Jalan-Jalan KeNai

Wisata Edukasi Religi Marwah Tirta and Resto 1 di Kediri

Saya selalu tertarik untuk mengunjungi berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya adalah Kediri, kota terbesar ketiga di Jawa Timur.

Wisata Edukasi Religi Marwah Tirta and Resto 1 di Kediri

Dari berbagai artikel yang saya baca, banyak yang menarik dari Kediri. Panorama alamnya luar biasa. Salah satu yang langsung teringat oleh saya adalah Gunung Kelud. Hmmm ... Jaid kangen naik gunung lagi, nih! Tidak hanya tentang wisata alam yang luar biasa. Sebagai kota tertua di Jawa Timur tentu memiliki sejarah panjang yang sangat menarik.
 
Kediri menjadi salah satu kota yang terus berkembang perekonomiannya. Pusat perbelanjaan modern juga sudah ada. Jadi tidak hanya pasar tradisional. Beberapa institusi pendidikan seperti pondok pesantren hingga perguruan tinggi pun ada beberapa pilihan.
 
Info lain yang saya dapatkan adalah berbagai tempat wisatanya masih termasuk murah. Tetapi, tidak menjadikannya murahan. Banyak yang bilang kalau berwisata ke Kediri menjadi salah satu pilihan yang nyaman untuk melepas penat dari berbagai aktivitas. Memiliki quality time bersama keluarga atau teman. 


Ke Kediri Jangan Lupa Mampir ke Marwah Tirta and Resto


berwisata ke marwah tirta 1

Salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah Marwah. Sahabat KeNai ada yang pernah ke sini? Mungkin kita bisa saling berbagi cerita.

Di Kediri ada 3 tempat wisata bernama Marwah. Tentu saja pemiliknya sama. Tetapi, setiap tempat memiliki konsep yang berbeda. 

  • Marwah Tirta and Resto 1 Kediri dengan konsep wisata edukasi religi miniatur tanah suci Makkah
  • Marwah Tirta and Resto 2 Kediri dengan konsep gebyok rumah Jawa
  • Marwah Tirta and Resto 3 Kediri dengan konsep Wisata Kampung Dermaga
 
Menarik untuk mengunjungi semuanya kalau lagi di Kediri. Tetapi, kali ini saya akan menceritakan tentang Marwah Tirta and Resto 1 yang memiliki konsep wisata edukasi religi miniatur Tanah Suci Makkah.

 

Marwah Tirta and Resto 1, Satu-Satunya Wisata Edukasi Miniatur Tanah Suci di Kediri


manasik haji di marwah tirta resto 1 kediri

Marwah Tirta and Resto 1 berdiri sejak 19 Juni 2018.  Berlokasi di Dusun Tambakwirang, Desa Sidowarek Kec.Plemahan.  Tempat wisatanya ini merupakan satu-satunya yang memiliki konsep edukasi religi miniatur Tanah Suci Makkah di Kediri.

Idenya berawal setelah Bunda Asih, Owner Marwah Tirta and Resto, pulang dari Umroh. Beliau ingin agar masyarakat yang belum berkesempatan ke Tanah Suci jadi memiliki gambaran tentang ibadah Haji dan Umroh. Bisa juga jadi sarana pembelajaran anak-anak atau rombongan manapun yang ingin bermanasik Haji.

Nama Marwah terinspirasi dari kisah Shafa dan Marwah. Perjalanan Umrah yang Bunda Asih lakukan sangat terinspirasi.  Kemudian terbersit keinginan  membuat tempat wisata bernama Marwah.


Fasilitas Marwah Tirta and Resto 1, Kediri



fasilitas marwah tirta and resto


Kolam Renang

Fasilitas pertama yang dibangun di Marwah Tirta and Resto 1 justru kolam renang. Karena memang awalnya dibangun untuk kolam renang pribadi.

Ternyata antusias pengunjung luar biasa. Banyak yang ingin berenang di sana. Akhirnya terpikir deh untuk membuat tempat wisata.
 
Ada 2 kolam renang indoor yang cukup luas. Karena di dalam ruangan, pengunjung bisa tetap berenang dengan nyaman meskipun sedang hujan atau panas terik. 
 
Kolamnya pun dilengkapi dengan perosotan. Juga dihiasi dengan hiasan bunga yang menjuntai. Serta lukisan awan di langit-langit biar terkesan seperti berada di luar ruangan.
 
Kolam renang dibersihkan 2x dalam seminggu. Setiap hari Rabu dan Jumat. Tetapi, bila jumlah wisatawan melonjak, lebih sering lagi dibersihkannya.


Resto

Bagi Sahabat KeNai yang tidak berenang, di sekitar kolam ada beberapa gazebo. Bisa menunggu di sana atau dipakai untuk menaruh barang.

Tapi, kalau saya kayaknya sekalian aja kulineran. Restonya terletak di atas kolam renang. Jadi masih bisa lah bersantai menunggu yang lagi berenang sambil menikmati aneka menu lokal rumahan yang ditawarkan. 
 
Ayam bakar dan ayam geprek jadi menu yang paling disukai wisatawan Marwah 1. Harganya hanya Rp10 ribu per porsi. Sedangkan untuk minuman antara Rp3 ribu s.d Rp5 ribu. Menu Timur Tengah juga ada. Tetapi, hanya dikhususkan untuk pesanan.

Restonya juga bisa juga dijadikan sebagai tempat berbagai acara seperti pernikahan, ulang tahun, dll. Biaya sewanya Rp100 ribu per jam. Masih termasuk murah dibandingkan Marwah 3 karena menurut Bunda Asih lokasinya masih di desa.


Toko Oleh-Oleh

Mayoritas pengunjung datang dari Kediri dan sekitarnya. Tapi, pastinya ada juga yang datang dari jauh. Nah, kalau udah jauh-jauh ke Kediri kayaknya sayang banget kalau gak sekalian beli oleh-oleh. Sahabat KeNai gak perlu cari-cari lagi. Di Marwah Tirta and Resto 1 juga ada toko oleh-olehnya. Di sana ada berbagai produk UMKM seperti kuliner, kerajinan tangan, hingga pakaian. Bahkan perlengkapan haji juga ada, lho.


Musholla dan Meeting Room

Tentu saja disediakan musholla di sini. Selain itu juga ada meeting room dengan kapasitas 40 s.d 50 orang. Fasilitas di meeting room ada slide projector, AC, dan ruang prasmanan yang terpisah dari resto.


Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Marwah Tirta and Resto 1


toko oleh-oleh khas kediri

Jam operasionalnya dari pukul 08.00 s.d 16.00 wib. Harga tiket masuknya gak mahal, kok. Cukup Rp10 ribu, Sahabat KeNai udah bisa masuk ke area kolam renang dan miniatur Tanah Suci Mekkah. 
 
Nah, kalau untuk anak harga tiketnya berlaku dari usia 2 tahun ke atas. Jadi yang masih bayi dan baduta (bawah dua tahun) bisa masuk gratis.


Marwah Tirta and Resto 1


Tambakwirang, Sidowarek,
Kec. Plemahan, Kabupaten Kediri,
Jawa Timur 64155
 
Phone: 0821-3236-9710

IG: @
marwahtirtaandresto1

Post a Comment

0 Comments