Masak Gaya Baru dengan Instant Pot Review Electric Multifunctional Cooker

Pernah gak Sahabat KeNai berharap bisa jadi chef instant yang bisa masak lebih cepat, sehat, dan lezat? Dengan SESA Instant Pot Multifunctional Cooker, Sahabat KeNai bisa membuat berbagai makanan dengan cara masak gaya baru. Yuk, kita cari tahu mengapa alat masak multifungsi ini adalah pilihan ideal untuk juru masak yang sibuk mencari solusi cepat dan sederhana untuk makan dengan baik. 
 
9 in one instant pot

Pengen menikmati masakan sehat dan lezat, tapi gak bisa masak. Kalau beli terus, malah jadi gak irit. Bisa masak, tapi waktunya yang minim. Pagi-pagi sudah harus berangkat ke kantor. Pulang sudah larut malam.

Ya, kira-kira seperti itu lah permasalah yang kerap dialami orang sibuk. Terutama yang tinggal di perkotaan. Padahal pengen menjalankan gaya hidup sehat. Tapi, kendalanya di minimnya waktu untuk memasak atau gak bisa masak sama sekali. 
 
Kalau saya pribadi bisa bahkan senang memasak. Saya juga bukan pekerja kantoran. Tapi, bukan berarti selalu ada waktu banyak untuk membuat masakan. Kalau lagi banyak pekerjaan lain yang harus diselesaikan, saya memilih membuat menu yang praktis. Kalau lagi sangat sibuk, saya memilih beli makanan matang. 

Pernah beberapa kali memasak disambi dengan kegiatan lain. Eh, malah jadinya gosong. Sebel banget deh kalau kayak gitu.


Instant Pot adalah Multifunctional Cooker Amerika Nomor 1


fungsi instant pot

Segala permasalahan tentang memasak, sekarang udah ada jawabannya. Sahabat KeNai bisa menggunakan Instant Pot, alat memasak yang memiliki banyak fungsi. Sejak peluncurannya di tahun 2010, Instant Pot menjadi merk multifunctional cooker terbaik. 
 
Sepintas, alatnya mirip rice cooker. Tetapi, ini lebih multifungsi karena bisa memasak berbagai macam masakan dengan mudah. Tidak hanya untuk menanak nasi.


Fungsi Instant Pot


instant pot multifunctional cooker nomor 1 amerika

Sejak diluncurkan, Instant Pot menjadi favorit dan menjadi best seller di Amazon. Alat ini dianggap sebagai pelopor masak gaya baru. Membuat Sahabat KeNai jadi chef instant karena bisa masak lebih cepat, sehat, dan lezat.

Hadirnya Instant Pot menjadikan alasan untuk membuat ganti rice cookermu dengan yang multifungsi. Berikut ada beberapa fitur dan keuntungan memiliki Instant Pot.


9 Cara Memasak

Cukup dengan 1 Instant Pot udah bisa dipakai hingga 9 cara memasak. Wow! Gak perlu gonta-ganti atau punya banyak peralatan memasak.

  1. Pressure Cooker - Bisanya menggunakan panci presto bila ingin membuat masakan dengan pressure cooker. Masakan lebih cepat matang. Bisa menghemat energi hingga 70% bila dibandingkan dengan cara memasak tradisional
  2. Slow Cooker - Kebalikan dari pressure cooker. Slow cooker memasak dengan suhu rendah dalam waktu yang lama. Tetapi, tidak perlu khawatir makanan akan menjadi gosong. Gak perlu khawatir juga akan kehilangan nutrisi meskipun dimasak dalam waktu lama
  3. Rice Cooker - Gak memerlukan banyak tempat untuk menanak dan mengukus. Cara kerjanya seperti rice cooker pada umumnya
  4. Saute - Kegiatan memasak dengan hanya menggunakan sedikit minyak. Atau kita mengenalnya sebagai menumis
  5. Yogurt Maker - Instant Pot ternyata juga bisa dipakai untuk mengolah bahan dasar susu menjadi yogurt dengan cara yang mudah
  6. Egg Maker - Mengolah telur seperti merebus
  7. Steamer - Mengolah makanan tidak hanya dengan cara menumis atau merebus. Bisa juga dengan cara mengukus
  8. Warmer - Instant Pot tidak hanya berfungsi untuk memasak. Bisa juga untuk menghangatkan makanan
  9. Sterilizer - Beberapa peralatan seperti botol bayi perlu disteril. Gak perlu beli alat khusus lagi bila sudah memiliki Instant Pot

 

Memasak Makanan Favorit Semudah Menekan Tombol


memasak semudah menekan tombol instant pot

Sahabat KeNai ingin masak apa? Ada 15 fitur smart programs di Instant Pot. Tinggal tekan tombol yang diinginkan kemudian bisa ditinggal. Fitur-fitur tersebut yaitu
 
  1. Soup/Broth - Membuat sop atau kaldu
  2. Rice - Menanak nasi (rice cooker)
  3. Meat/Stew - Proses menyetup daging
  4. Multigrain - Mengolah makanan yang mengandung lebih dari satu jenis gandum atau biji-bijian
  5. Bean/Chili - Mengolah kacang-kacangan atau cabai
  6. Porridge - Membuat bubur
  7. Poultry - Mengolah menu berbahan unggas
  8. Steam - Pengolahan dengan cara mengukus
  9. Slow Cook - Memasak dengan suhu rendah dan waktu yang lama
  10. Keep Warm - Menjaga makanan tetap hangat
  11. Yogurt - Membuat yogurt
  12. Pressure Cook - Memasak dengan tekanan tinggi (Presto)
  13. Saute - Menumis
  14. Delay Start - Mengatur waktu memasak
  15. Pressure Level - Bisa untuk membuat sous-vide yaitu memasak dengan cara memasukkan bahan ke dalam kantong kedap udara dan mengatur suhu airnya
     
Yup! Sahabat KeNai bisa memasak sambil melakukan aktivitas lain. Karena kalau tombol sudah ditekan, Instant Pot akan langsung bekerja. Gak perlu khawatir masakan menjadi gosong karena ditinggal.


24 Jam "Delay Start"

Pengennya begitu sampai rumah, masakan hangat dan lezat sudah tersedia. Iya, kalau memang ada yang membantu menyiapkan. Tapi, kalau harus nyiapin sendiri rasanya udah habis tenaga.

Instant Pot memiliki fitur "Delay Start".Sahabat KeNai bisa menyiapkan seluruh bahannya sebelum berangkat beraktivitas. Kemudian atur waktunya, agar Instant Pot mulai bekerja saat makan malam. Sehingga ketika Sahabat KeNai sampai rumah, masakan sudah matang seperti baru dimasak.
 
Selain bisa memasak sendiri, Instant Pot juga memiliki fitur keep warm. Sehingga bisa menjaga makanan tetap hangat.

 

10+ Built-in Safety Features

10 fitur keamanan instant pot

Tidak perlu khawatir menggunakan Instant Pot karena sudah memilik 10+ fitur keamanan yaitu:
 
  1. Katup pelepas uap - Katup ini dirancang untuk melepas tekanan di dalam panci sebelum tutupnya dibuka. Seperti cara kerja pada pressure cooker
  2. Perisai anti-blok - lapisan dalam terbuat dari baja anti karat untuk mencegah partikel makanan masuk
  3. Kunci tutup pengaman - Setelah tekanan dilepas dengan benar, maka kunci baru bisa dibuka
  4. Deteksi posisi tutup - Instant Pot tidak akan bekerja bisa posisi tutup belum benar
  5. Kontrol suhu otomatis - alat masak ini akan tetap berada pada suhu yang aman sesuai dengan program yang diinginkan
  6. Perlindungan overheat - akan ada notifikasi di layar bila terdeteksi makanan gosong.
  7. Kontrol tekanan otomatis - Instant Pot memiliki sistem untuk mengawasi tingkat tekanan. Bila terjadi peningkatan tekanan yang tidak wajar, proses pun akan dihentikan
  8. Sekering listrik - memiliki kemampuan memutuskan aliran listrik bila terjadi masalah pada voltase
  9. Sekering termal - kurang lebih sama seperti bila terjadi masalah dengan voltase. Aliran listrik akan diputus bila suhu internal melebihi batas
  10. Deteksi tutup bocor - Bila dalam 40 menit pertama tidak terjadi tekanan, maka sistem akan menurunkan keluaran panas. Sistem akan mendeteksi adanya kebocoran pada tutup


Hemat Waktu dan Tenaga

Seringkali saya menggunakan pressure cooker ketika memasak daging. Karena sangat menghemat waktu dan juga gas. Saya hanya butuh waktu sekitar 30 menit hingga daging matang bila menggunakan pressure cooker. Lebih hemat energi hingga 70% dibandingkan cara masak tradisional.

Instant Pot bisa gantikan fungsi 9 alat masak. Makanya hal ini juga menghemat waktu untuk mencuci. Kebayang kan kalau masih harus pakai banyak peralatan. Akan ada banyak yang dicuci. Selain itu, Instant Pot juga bisa membuat dapur tetap bersih. Ini akan menyenangkan untuk saya. Karena kurang menyukai kegiatan mencuci peralatan masak dan bebersih dapur. Udah keburu capek duluan.


Cara Kerja Instant Pot


resep instant pot

Saya sudah melihat beberapa video tentang Instant Pot review electric multifunctional cooker. Kelihatannya mudah dan praktis. Tetapi, bagi pengguna baru memang sebaiknya pelajari dulu cara penggunaannya. Baca buku panduan dengan teliti.

Jadi udah tau dong ya kenapa harus beli Instant Pot? Karena alat memasak ini cocok banget buat Sahabat KeNai yang selalu ingin memuat masakan sehat dengan cara yang cepat. Tentu aja rasanya punya lezat. Mendadak jadi chef instant deh kalau punya Instant Pot.
 
Sahabat KeNai juga akan mendapatkan berbagai resep ketika membeli Instant Pot. Atau bisa juga melihat di website resmi Instant Pot. Ada banyak sekali resep di sana. Silakan dikulik untuk menyajikan masakan lezat di rumah. 

Kalau Sahabat KeNai tertarik memiliki Instant Pot bisa dibeli di SESA. Harganya di kisaran Rp2,6 juta. Menurut saya untuk peralatan yang multifungsi begini, harga tersebut masih termasuk bersahabat.

SESA adalah platform belanja online yang menyediakan berbagai kebutuhan sehat harian. Saya beberapa kali belanja bahan masakan di SESA. Ternyata jual Instant Pot juga. Jadi semakin komplit ya belanja berbagai kebutuhan di sini.


Sumber referensi:
 
  1. https://blog.sesa.id/wp-content/uploads/2023/02/Instant-Brands-Deck-Duo-Duo-Plus-_Indonesia.pdf 
  2. https://www.amazon.com/Instant-Pot-Plus-60-Programmable/dp/B01NBKTPTS?th=1 
  3. https://www.youtube.com/watch?v=OYAyILdBuGY 
  4. https://www.youtube.com/watch?v=eZs25HMglm4&t=284s
  5.  https://www.youtube.com/watch?v=K0dTJ6gRPtQ

Post a Comment

0 Comments