Jalan-Jalan KeNai

Tips Memilih Hotel untuk Liburan Supaya Gak Kecewa

Kalau ada waktu dan kesempatan untuk jalan-jalan ke luar negeri lagi, keinginan saya gak jauh-jauh. Saya pengen ke Kuala Lumpur, Malaysia.

Agak gak menyangka juga kalau suatu saat ada keinginan untuk balik lagi ke KL. Padahal saya sempat berpikir cukup sekali aja jalan-jalan ke Kuala Lumpur.


resepsi pernikahan di malaysia

Berawal dari acara ngunduh mantu, sebagian keluarga besar termasuk saya sekeluarga pergi ke Malaysia. Rencana awalnya, saya sekeluarga di Kuala Lumpur hanya untuk menghadiri hajatan. Setelah itu langsung cuzz ke Melaka. Sejak dulu, saya selalu ingin ke Melaka dan Penang bila berkesempatan jalan-jalan ke Malaysia.

[Silakan baca: Resepsi Pernikahan di Malaysia]

Berbagai kegiatan, penginapan, hingga transportasi mulai saya susun. Udah ngebayangin saya, suami, dan anak-anak bakal seseruan di Melaka. Eh, belakangan Papah tau kalau kami mau jalan-jalan dan pengen ikutan.

Tentu saya senang mengajak orangtua jalan-jalan. Tetapi, kalau ikutin gaya kami yang ala backpacker jelas gak mungkin. Rencananya kami memang akan banyak jalan kaki atau naik transportasi umum. Yakin deh papah dan mamah bakal kecapean banget. Karena udah pernah kejadian saat kami liburan ke Singapura.

Seketika saya merombak semua rencana perjalanan. Ubek-ubek di Kuala Lumpur aja, deh! Sayangnya saya sempat gak dapat destinasi yang menarik buat dikunjungi. Ya mungkin karena mood dan fokus saya juga terpecah.

Udah ngebayangin bakal seseruan di Malaka, seketika harus dibatalin. Kemudian fokus saya juga menyiapkan urusan ngunduh mantu. Mulai dari urusan tiket, penginapan, sampai pulang lagi ke Indonesia.


Cara Memilih Hotel yang Tepat Berkat Paket Internet Cepat


Cara Memilih Hotel yang Tepat Berkat Paket Internet Cepat

Urusan penginapan di malam pertama gak pusing karena sudah disiapkan oleh besan tante saya. Sepupu juga mengajak menginap di apartemennya. Tetapi, di sisa malam berikutnya, kami harus mencari penginapan sendiri.

Saya gak punya pengalaman memilih hotel di Malaysia. Meskipun itu bukan pengalaman pertama saya jalan-jalan ke sana. Biasanya kalau datang ke tempat baru dan harus menginap, saya menggunakan 2 cara yaitu:


Bertanya Kepada Keluarga atau Teman

tips memilih hotel untuk liburan supaya gak kecewa
Nikmatnya di era digital, lebih banyak pilihan untuk berkomunikasi.


Biasanya saya akan bertanya ke keluarga atau teman yang pernah lebih dulu datang ke tempat yang ingin saya tuju. Saya akan bertanya sebanyak mungkin untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Saya pun bertanya ke sepupu dan dia membantu merekomendasikan beberapa hotel di Kuala Lumpur berdasarkan informasi dari suaminya.

Enaknya di era internet, gak harus ketemuan. Saat itu, sepupu saya sudah tinggal di Malaysia. Jadi saya diskusi lewat WA. Dia kirim banyak info hotel dan juga foto-fotonya. Paket Internet Cepat di rumah membantu banget, nih. Ngobrol lewat WA jadi lancar.


Mencari Informasi Lewat Internet

gold3 boutique hotel bukit bintang malaysia

Instagram menjadi andalan saya untuk mencari penginapan yang bagus secara visual. Saya memang bukan penggemar tempat wisata kekinian. Tapi, gak dipungkiri juga kalau ada konten yang bagus tentu akan menarik perhatian. Nah, Instagram menjadi salah satu media sosial buat saya mencari informasi.

Kemudian saya mencari informasi lebih lengkap melalui ulasan di blog serta berbagai testimoni di Google Maps atau Tripadvisor. Bila sedang memilih hotel, saya selalu membaca banyak testimoni. Syukur-syukur kalau ada yang mengulas juga di blog atau vlog.

Membaca testimoni memang penting banget buat saya. Meskipun netizen mengulasnya singkat hanya beberapa kalimat, tetapi terkadang ada beberapa informasi yang memang dibutuhkan atau menarik perhatian. Bahkan informasinya bisa lebih beragam.

Testimoni yang saya baca bisa sampai puluhan bahkan ratusan untuk satu hotel saja. Padahal terkadang saya mencari beberapa pilihan penginapan. Tentu gak akan bisa diselesaikan dalam satu hari. Pastinya juga akan sangat membantu kalau di rumah udah pakai Paket Internet Cepat IndiHome.

Ya kebayang dong kalau internetnya lemot. Mau baca satu ulasan hotel aja lama banget kebukanya. Belum lagi kalau baca blog atau vlog. Bisa bad mood duluan, deh.


camera museum gold3 boutique hotel malaysia
Camera Museum Boutique Hotel


Akhirnya, kami menginap di Gold3 Boutique Hotel, Bukit Bintang, Malaysia. Puas banget menginap di sini. Semua kriteria yang saya ingin didapatkan yaitu harga bersahabat, hotelnya bersih, dan lokasinya sangat strategis. Uniknya adalah hotel ini punya Camera Museum yang unik!

Saya dapat info tentang hotel ini melalui Instagram pakai kata kunci “hotel Bukit Bintang”. Dari banyaknya konten tentang hotel, saya paling tertarik dengan Gold3 Boutique. Selain semua kriteria yang saya inginkan ada di hotel ini, plus ada museum yang unik.

Gak cukup dong hanya melihat berbagai konten dengan visual menarik di Instagram. Saya pun mulai googling. Siapa tau ada blogger atau vlogger yang bikin konten tentang hotel ini. Baca juga berbagai testimoninya di Google Maps dan Tripadvisor. Semua prosesnya semakin dimudahkan bila menggunakan Paket Internet Cepat.

[Silakan baca: Menyimpan Memori di Gold3 Boutique Hotel, Bukit Bintang]


Internet yang Cepat Sudah Menjadi Kebutuhan


rekomendasi hotel bukit bintang Malaysia
Multitasking zaman dulu ๐Ÿ˜Ž


Dulu, buat saya asal ada internet udah cukup banget. Tapi, sekarang gak cukup sekadar ada, saya butuh yang kecepatannya ngebut dan stabil. Itu karena aktivitas saya di dunia digital semakin bertambah.

Seringkali ketika internetan, saya membuka beberapa window sekaligus. Terkadang juga sambil nonton serial favorit di beberapa layanan streaming. Tentu butuh koneksi internet yang cepat dan stabil.

Bila Sahabat KeNai sedang mencari internet yang kecepatannya ngebut, Telkom Indonesia punya produk unggulan Paket Internet Cepat dari IndiHome. Jaringannya juga udah terluas dan tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

Ada diskon 50% biaya pemasangan baru, lho. Biaya berlangganannya pun mulai dari Rp200.000-an per bulan. Paket Internet Cepat ini bisa bikin ngegas internetannya. Puas deh buat melakukan berbagai aktivitas online.


jalan-jalan sehari di kuala lumpur malaysia

Nah, balik lagi ke keinginan jalan-jalan ke Malaysia. Setelah semua urusan tiket dan lain sebagainya selesai, saya masih punya waktu luang untuk googling sana sini-sini. Eh, ternyata banyak destinasi menarik di Kuala Lumpur.

Saya pun mulai membuat berbagai rencana. Sayangnya begitu sampai Malaysia, ada beberapa rencana yang gagal terlaksana. Itulah alasan pengen balik lagi ke Kuala Lumpur. Tentu masih pengen juga jalan-jalan ke Penang dan Malaka.

Gak ada salahnya bikin rencana lagi. Meskipun belum tau kapan jalan-jalannya. Justru enak kan kalau gak dikejar sama waktu. Milihnya jadi lebih santai, Cara memilih hotel untuk liburan seperti yang saya ceritakan di atas. Tentunya pakai Paket Internet Cepat supaya puas cari informasinya. 
 

Post a Comment

79 Comments

  1. Saat mau cari hotel yang belum kita ketahui kayak apanya, memang kudu cari tahu dulu sih. Paling asik lewat internet, biar ketahuan juga penampakan hotelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. enaknya cari info lewat internet jadi bisa dapat banyak info, ya

      Delete
  2. Paket Internet Cepat IndiHome membantu pasti saat kita memilih hotel untuk liburan. Karena dari sana kita bisa cek kualifikasi hotel sesuai kebutuhan kita. Siapin itinerary, tentukan destinasi dan berangkaaaat!

    ReplyDelete
  3. Kalau saya paling sering liat testimoni lewat internet, baik dari OTA maupun dari artikel-artikel review.
    Memang paling asyik kalau pakai IndiHome ya, jadi bisa mencari informasi apapun yang kita butuhkan di internet.

    ReplyDelete
  4. Betul tipsnya kak.. bertanya pada teman atau saudara yang di kota tersebut, karena jujur info di aplikasi kurang valid.

    Aku pernah rasain soalnya, fakta dilapangan mengecewakan. Staycation jadi gak mood

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari rekomendasi bisa dari yang terdekat ya, istilahnya review jujur hehe. Sehingga pas nanti mau nginep gambarannya udah jelas dan lebih nyaman

      Delete
  5. wah Malaysia, udah lama pingin ke sini
    sekarang sih jalan-jalan ke luarnegeri menjadi lebih mudah persiapannya
    kan ada Indihome

    ReplyDelete
  6. Tips nya bermanfaat banget mbak.. ya daripada cari hotelnya pas hari H dan dapatnya yang astaghfirullah banget mending persiapan survei jauh-jauh hari ya, Mbak.. biar liburannya juga puas dan nyaman :D

    ReplyDelete
  7. Enaknya Mbak kalau ada keluarga atau teman yang bisa mereferensikan hotel dimana mereka tinggal. Biasanya ulasan mouth-to-mouth tuh lebih bisa dipercaya. Apa yang disampaikan jujur dan berdasarkan pengalaman pribadi.

    Saya pernah menginap di Gold3 Hotel di Bukit Bintang ini. Pas waktu itu ikut pameran di KL. Jempolan untuk lokasi dan keunikan nya. Standardnya persis sama dengan jaringan Hotel 101 di Indonesia. Konsep boutique nya dapet banget.

    ReplyDelete
  8. Bukit Bintang memang lokasi menginap favorit pas ke KL ya. Banyak penginapan bagus yg lumayan terjangkau, cari makanan gampang, sarana transportasi mudah dan rame terus sampai malem.
    Makasih tipsnya mbak, persiapan buat liburan lagi

    ReplyDelete
  9. Senangnya ada paket internet cepat dari IndiHome, membuat kita tidak salah pilih hotel untuk liburan ya mbak

    ReplyDelete
  10. Aku biasanya memang selain rekomendasi dari teman juga cari informasi dari internet lumayan kadang dapat potongan atau diskon

    ReplyDelete
  11. Jadi teringat pengalaman travelling ke KL waktu jaman muda dlu. Suasana nya ga berbeda jauh ya Mba, cuma terangnya siang atau gelapnya yg malem bgt gitu klo ga salah inget

    ReplyDelete
  12. Tooos, sekarang aku mengandalkan instagram dan tiktok untuk cari apa aja mommy Chi, soalnya ada komen positif yang bikin kita yakin!

    ReplyDelete
  13. Semoga aja yaaah dengan adanya kemudahan berselancar ini jadi makin rajin jalan jalan hehehe soalnya kita nungguin episode jalan jalan Keke Mau!

    ReplyDelete
  14. Andalan banget emang kalau mau cari informasi hotel, pilihannya ya gunakan internet. Bisa membandingkan antara satu hotel dengan hotel lainnya juga. Makasih rekomendasi dan tipsnya mba Myra :)

    ReplyDelete
  15. Sepenting itu ya koneksi internet yang cepat dan memang sudah jadi kebutuhan. Kalau internet cepat, cari informasi jadi lebih mudah dan efisien. Waktunya bisa dipakai untuk mengerjakan hal yang lain.

    ReplyDelete
  16. aku dirumah sekarang pakai indihome lebih stabil cepat selain itu juga harganya gak nguras kantong

    ReplyDelete
  17. memilih hotel memang harus diperhatikan agar tidak kecewa ya kak, siapa bilang hanya sebagai tempat numpang bobok. kalau nyaman kan boboknya nyenyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, bahkan biar hanya buat numpang bobok ya, kalau ngga nyaman tuh rasanya nyesek dan nyesal banget. Makanya penting banget memilih hotel terbaik ketika liburan

      Delete
  18. Kalau kita telaten dalam mencari informasi hotel di zaman now, mestinya bisa ya mendapatkan hotel yang memuaskan, apalagi dengan adanya paket internet cepat .... wooosh ... cepat deh dapat informasinya.

    ReplyDelete
  19. Kalau aku biasanya cek review di beberapa aplikasi, trus cek review google. Habis itu kalo udah cek di sekeliling, lokasinya dekat keramaian ato ngga. Ntar tinggal suami cek google street view gimana jalanan menuju ke hotelnya. Jangan sampai hotelnya bagus tp jalanan kesananya zonk, bisa bete duluan ntar, haha.

    ReplyDelete
  20. paling penting tuh testimoni dari pengguna ya, soalnya mereka yang langsung merasakan heheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju. Jadi minimal tahu gimana kondisi kamar dan lainnya, sert harganya juga. Kalau aku sih jelas mikirin banyak pertimbangan. Makasih ya tipsnya

      Delete
  21. saya dulu ke KL pas sama suami.. ceritanya lomba tapi sekalian honeymoon cuma berakhir menyedihkan sih haha tapi memang kayaknya bagus untuk mengulang momen liburan di KL ya mba

    ReplyDelete
  22. Kalo ajak ortu atau anak kecil, memang sebisa mungkin gaya berjalan harus diubah senyaman mungkin ya mba. Krn kasian merekanya capek di jalan dll kalo harus ngikutin kita yg lebih kuat.

    Planning backpacker, bisa buyar itu ๐Ÿ˜„

    Waah tx rekomendasi hotelnya. Juni nanti aku mau ke Malaysia soalnya, KL dan Penang, ngajakin anak2 liat sekolah maminya dulu ๐Ÿ˜

    Sekarang ini mau cari informasi apapun udh gampang bangetlah..aku tuh kadang ga kebayang orang zaman dulu travelingnya masih meraba2 mencari info Krn belum ada internet. Salut sih ๐Ÿ‘. Aku aja yg udah pake internet kadang tetep bingung mau mastiin suatu informasi ๐Ÿ˜….

    ReplyDelete
  23. hotelnya lucuuuu! itu kamera jadul bener eh ada koko ngitung pake sempoa, heheh. Noted deh kalau ke Malaysia cari penginapan di Bukit Bintang. Biasanya aku nginep di dekat chinatown.
    memang modal cari penginapan itu ya via internet apalagi di tempat yang kita ga ada saudara atau teman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya Mbak, enaknya zaman sekarang mau informasi apapun gampang carinya, yang penting andalkan aja jaringan internet cepat

      Delete
  24. aku pun ya, kalo lagi liburan selalu ngecek dulu persediaan kuota masih aman atau tidak. Karena tidak semua wifi hotel bagus diterimanya. seringnya lelet. makanya punya paket internet cepat tuh harus banget deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak,
      Ceki-ceki urusan internet itu penting. Karena namanya di negeri orang kudu menyimak setiap update berita ya

      Delete
  25. Browsing di internet memang pilihan paling tepat ya setelah tanya sama orang sekitar sana. Sekarang sih internet sudah jauh lebih bagus sinyalnya. Jadi gak terlalu khawatir ya meski tidak berada di daerah sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kak, emang enaknya kita survei sendiri dulu via internet untuk memastikan hotel yang akna kita booking. biasanya review dari OTA aja ngga cukup soalnya hehe

      Delete
  26. Nah, iya nih. Kemajuan teknologi saat ini sangat membantu pekerjaan dan kebutuhan kita. Semua jauh lebih cepat dan lebih mudah. Asik banget kalau ada #internetdirumah kaya IndiHome ini. Semua jadi serba mudah. Kalau di jalan asal kita siap #paketinternetcepat tenang lah kita

    ReplyDelete
  27. bener bangeeet Chie... aku juga pernah deh dapet hotel yang ngga sesuai ekspektasi dan sebeeel karena harga mahal tapi ngga sesuai. Makanya browsing penting sebelum ambil keputusan yaaa

    ReplyDelete
  28. internet memang sangat menolong yaa, Mba. mau butuh informasi apapun, bisa kita dapatkan pakai internet

    ReplyDelete
  29. Berlibur, kudu banget ada jaringan internet cepat yang bisa diandalkan.
    Karena ada internet cepat jadi bisa menemukan banyak hal baru yang bisa di explore dan menjadi cerita seru saat mengenang travelling.

    ReplyDelete
  30. bener banget, harus liat review dan gambar hotelnya di internet biar ga kecewa. untungnya internet sekarang cepat ya :)

    ReplyDelete
  31. Iya ya, dulu yang penting bisa akses internet saja but now kebutuhan akan akses internet semakin meningkat jadi dukungan dari paket internet cepat penting banget. Termasuk kalau mau cari informasi apapun pasti saya juga cari referensinya di internet

    ReplyDelete
  32. Aku pun nih kalau liburan ke tempat yang belum pernah ku kunjungi biasanya suka tanya hotel yang family friendly atau yang untuk teman-teman. Karena biasanya suka beda-beda aku nih kalau dalam memilih hotel.

    ReplyDelete
  33. Sama mba mira, aku pun kalau ke Malaysia lagi pengen stay agak lama di Melaka, pengen lagi balik ke sana entah kenapa, waktu itu pernah ke Melakabtapi sebentar banget

    ReplyDelete
  34. iya nih mb, saya jg jadi pengen ke KL jg nih, dan ternyata ada banyak hal menarik bisa ditemukan disana ya dan itu ada jg yg multitasking jg

    ReplyDelete
  35. Yes, aku pun kalau milih hotel, suka baca review nya di TripAdvisor. Hehehe. Berkat internet cepat, di mana aja sekarang bisa mengakses hotel ya.

    ReplyDelete
  36. Paket Internet Cepat sangat membantu kita yang mencari hotel, destinasi wisata, transportasi, kuliner dan masih banyak lagi. Wah, alhamdulillaah akhirnya pencarian hotel menemukan hasil ya mbak. Ga kebayang kalau inet lelet gimana nasibnya wkwkwkwk...

    ReplyDelete
  37. Berarti ngecek nyari hotelnya itu pas masih di Indonesia ya? Atau membawa modem Indihome ke Malaysia? Gagal fokus sama yang multiasking di atas :D

    ReplyDelete
  38. Jadi kangen mau ke Kuala Lumpur lagi. Saya baru pertama ke KL tapi kok ya berasa kurang waktu 3 hari mengunjungi banyak tempat

    ReplyDelete
  39. Salah satu caraku biasanya ngecekin dulu itinerarynya, terus suka cari yang tengah-tengah gitu biar mudah mau kemana-mana mak Chi. Tapi kalau staycation karena biasanya sama keluarga, carinya yang kids friendly.

    ReplyDelete
  40. Beneran deh cek ricek lagi sebelum booking hotel. sekarang kan udah gampang ya booking hotel online lewat aplikasi. Cek lagi di google maps untuk review hotel tersebut. Aku sempat kurang teliti, udah booking di apps tapi sampai di lokasi ternyata hotelnya tutup.

    ReplyDelete
  41. Senang bgt kalo udah ada internet cepat indihome. Molly pun pake, kerjaan apapun jadi cepat kelar termasuk urusan mencari info travelling

    ReplyDelete
  42. Andalanku browsing via internet dan melihat review jujur hotelnya. Jadi kita bener bener punya pertimbangan yang pas sebelum memutuskan. Makasih sebagai pengingat mba

    ReplyDelete
  43. Selama ini berbagai aktivitas online saya di rumah terbantu banget dengan internet dari Indihome. Apalagi ketika harus mengerjakan berbagai aktivitas online selama pandemi, lebih nyaman.

    Hotel Gold3 Boutique memang keliatan nyaman dan unik ya, ada museumnya. Jadi bisa sekalian mampir ke sana lihat barang-barang unik dan antik.

    ReplyDelete
  44. Aku banget sih itu, selalu cari refrensi dulu sebelum memkersiapkan perjalanan. Termasuk utk penginapan, se ngga nya dari titik lokaai dan review yg ada. Beruntungnya era serba internet kaya sekarang jadi kian mudah mempersiapkan perjalanan

    ReplyDelete
  45. andalan banget googling ketika mencari review suatu tempat atau hotel, karena kita langsung membaca dari pengalaman dan bakal jadi pertimbangan kita buat take it or leave it ya mba

    ReplyDelete
  46. Bener sih hotel atau penginapan itu gak boleh bikin kecewa, kalau ga liburan kita ambyar ya, apalagi hotel yang wifi lelet bikin nanges ya

    ReplyDelete
  47. Wah, bisa jadi referensi nih kalau suatu saat jalan-jalan ke Malaysia bareng keluarga. Camera Museum di hotelnya auto bikin penasaran, deh!

    ReplyDelete
  48. Yes setuju, sebelum menentukan tempat untuk menginap sebaiknya melakukan research dengan browsing di berbagai kanal dan baca reviewnya satu per satu

    ReplyDelete
  49. aku kalau nyari hotel pasti browsing dulu. makanya sering dapat hotel murah lewat promo internet.

    ReplyDelete
  50. Lumayan yaaa acara ngunduh mantunya ke Malaysia, bisa sekalian jalan-jalan. Meskipun jadi berubah rencana ya karena mau jalan-jalannya sama orang tua. Untung ada internet cepat di rumah jadi sebelum pergi bisa research dulu, supaya perjalanan nanti lancar jaya. Aku juga pakai IndiHome, nih. Alhamduillah kerjaan jadi cepat beres kalau koneksi internetnya cepat.

    ReplyDelete
  51. Ikuuuuut, eehh maksudnya saya pun juga pengen banget bisa balik ke KL lagi Mbak.
    waktu itu pergi rombongan ama teman-teman baru, senang banget, sayangnya cuma ke beberapa tempat aja dan belum sempat lihat icon KL seperti Masjid Jamek karena saat itu lagi renov, belum bisa masuk ke dalamnya deh. Pengen juga doong ke Penang dan Malaka :)
    dengan internet cepat dari IndiHome segala info untuk itinerary dan apapun itu bisa beres ya Mbak :)

    ReplyDelete
  52. Internet emamg sangat berperan dalam traveling ya makk...kalau hotel aku baca ulasan di google atau aplikasi selain itu atau

    ReplyDelete
  53. Paket internet cepat memungkinkan kita semua terhubung dengan hal-hal menyenangkan ketika sedang travelling sekalipun. Semua senang dan bahagia serta menikmati berbagai kemudahan tanpa worry.

    ReplyDelete
  54. internet cepat dan stabil sudah menjadi kebutuhan sih menurutku kak, seperti mencari informasi hotel, dan berbagai rekomendasi hotel atau tempat sudah menjadi hal mutlak untuk saat ini

    ReplyDelete
  55. Kemudahan akses internet cepat membuat kita bisa lebih mudah mencari hotel dengan fasilitas terbaik dan sesuai keinginan kita ya mbak
    biar nggak kecewa

    ReplyDelete
  56. Aku pun sangat mengandalkan internet untuk menemukan rekomendasi hotel yang sesuai sama kebutuhan sebelum jalan-jalan Teh. Selain tanya sana sini, lebihsenang nyari honest review juga dari blog atau google local guide sih. Senangnyapayanan internet cepat di tanah air tuh, juara.

    ReplyDelete
  57. sama nih mba biasanya aku jga ngecek dulu di internet.. ngelihat review dari google bussiness pengunjung sebelumnya :D

    ReplyDelete
  58. Kak salfok sama hajatan di Malaysia kayskbya seru banget. Ditunggu tips trick travel lainnya kak

    ReplyDelete
  59. kalau pas travelling memang perlu banget internet cepat ya, mbak apalagi sekarang juga kalau mau booking tiket atau hotel perlu internet makanya penting banget punya jaringan internet terbaik di rumah kita

    ReplyDelete
  60. Mau memilih hotel yang rekomended biasanya saya suka lihat ulasan orang-orang via internet. Selain lokasi, biaya, fasilitas Kita visa bandingkan antara hotel satu dengan lainnya

    ReplyDelete
  61. Beneran, harus survei baik-baik untuk dapetin hotel yang nyaman tuh, kalau ada informasi dari teman atau keluarga, ditambah browsing2 pakai internet cepat .... in syaa Allah deh dapat hotel yang nyaman.

    ReplyDelete
  62. Yes betul, inyernet yang stabil dan ngebut itu udah jadi kebutuhan setiap orang dijaman teknologi ini, soalnya semua serba digital. Jadi jelas butih yang jaringannya stabil, biar semua jadi lancar.

    ReplyDelete
  63. Thanks to internet cepat , jaman sekarang apa apa carinya pakai internet gak kebayang yah harus tanya sana sini via sms. Dari internet sudah lengkap, lokasi, foto, plfasilitas, harga hingga review

    ReplyDelete
  64. Sejujurnya molly pun cari hotel yang ramah disabilitas itu rada susah dan butuh effort lebih. Apalagi pergi ke luar negeri yg belum terlalu familiar. Untungnya ads indihome ya

    ReplyDelete
  65. Apa apa tinggal googling ya kak, dapat hotel terbaik sesuai keinginan. Untungnya ada paket internet cepat dari IndiHome sehingga sat set sat set

    ReplyDelete
  66. Google Maps atau Tripadvisor andalan banget ini menurutku. Sama kak aku selalu baca review dulu deh dari makanannya sekitar, hotel dan jangkauan juga berkaitan internet dan ke tempat - tempat lainnya

    ReplyDelete
  67. Hotel di malaysia banyak dan harganya juga nggak beda jauh sama jakarta .. tapi tricky sik takutnya ternyata zonk yekan.. makanya penting buat liat ulasan orang orang yang pernah nginep di sana.. saya juga lakukan ini

    ReplyDelete
  68. Iya ya, akses internet cepat benar-benar memberi kita kemudahan termasuk saat kita butuh untuk memesan hotel, apalagi di kota yang belum pernah dikunjungi. Dengan akses internet cepat bisa ceki-ceki dulu di internet. Makasih banget tipsnya Mba ^^

    ReplyDelete
  69. aku paling sering ngecek google reviewnya, lumayan banget menolong si, ada referensi foto-foto dan plus minus dari hotelnya. emang internet jadi kebutuhan pokok ya sekarang mah

    ReplyDelete
  70. Selain akses di dunia maya mengenai segala informasi negara tujuan, juga penting akses sesungguhnya di dunia nyata yaa..
    Beneran semua masukan dan pertimbangan perlu dilakukan agar travelling nyaman dan jadi kenangan tak terlupakan.

    ReplyDelete
  71. aku pelanggan indihome sejak pandemi, hihihi selama itu baru sekali ngalamin gangguan dan cukup puas dengan pelayanan untuk mengatasi masalah gangguan tersebut, so far internet lancarrrr jaya jarang lemot apalagi mati

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)