Tips Lolos SNBP 2024 bersama Ruangguru

Semester genap sudah mulai. Pada semangat atau hawa liburan akhir tahun masih berasa, nih?
 
InsyaAllah, tahun ajaran ini juga jadi semester terakhir buat Nai. Dia udah kelas 12. Bakal jadi mahasiswi. Baper, nih, bundanya karena udah gak ada bocil lagi di rumah hehehe.

Tips Lolos SNBP 2024 bersama Ruangguru

"Dek, SNBP itu apa, ya?"

Jujur aja, saya suka pusing dengan berbagai istilah di dunia pendidikan. Perasaan gonta-ganti melulu. 2 tahun lalu, saya berkali-kali dijelasin Keke tentang bedanya SNMPTN dan SBMNPTN. Tuh, dari singkatannya aja udah bikin lidah belibet! 😂

Baru juga paham 2 singkatan tersebut, sekarang udah ganti lagi! Salah satunya SNBP. Singkatan apalagi sih ini?

 

Apa Itu SNBP?


SNBP adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi
 
Jadi, kurang lebih sama kayak sebelumnya. Tetap ada 3 jalur masuk PTN. Hanya istilahnya aja ganti (lagi). Tapi, mungkin juga ada sedikit perubahan aturan, meskipun garis besarnya sama.

Seperti yang ditulis di atas, SNBP adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi. Dilihatnya berdasarkan nilai rapor SMA dari semester 1 s/d 5. Jadi, gak semua siswa bisa ikut jalur ini. Karena ada seleksi awal berdasarkan prestasi di raport.

Ada 9 tips lolos SNBP yang saya dapatkan dari situs Ruangguru, yaitu:

  1. Mencari tahu ketentuan dasar jalur SNBP
  2. Memfokuskan pilihan pada program studi yang diinginkan
  3. Memiliki nilai rapor yang konsisten dan pencapaian lain yang relevan
  4. Melihat daya tampung dan daya saing
  5. Punya portofolio dan sertifikat yang relevan
  6. Cari tahu ketentuan khusus tiap PTN
  7. Bertanya kepada senior dan alumni yang diterima melalui jalur SNMPTN
  8. Mencatat tanggal-tanggal penting terkait pelaksanaan SNBP
  9. Strategi pilih PTN dan jurusan

Melihat dari 9 tips lolos SNBP, bisa dikatakan persiapannya gak bisa instan. Salah satu syaratnya adalah nilai rapor dari semester 1. Berarti Sahabat KeNai harus konsisten memiliki nilai bagus dari sejak masuk SMA.

Bahkan lebih baik lagi sejak mencari sekolah. Perbanyak informasi dengan bertanya kepada alumni hingga pihak sekolah. Karena akreditasi juga mempengaruhi. Sahabat KeNai harus memiliki strategi terbaik dalam memilih PTN dan jurusannya.


Belajar di Ruangguru Agar Lolos Seleksi SNBP 2024


paket belajar sma ruangguru

Karena prosesnya gak instan, saya merasa Keke dan Nai butuh bimbel supaya nilai rapornya terus baik. Supaya bisa lolos sebagai siswa eligible yaitu siswa yang dinyatakan layak dan memenuhi syarat untuk ikut SNBP.

Saya merekomendasikan belajar di Ruangguru. Bimbel online dan offline terbesar, terlengkap, dan terbukti di Indonesia. Sahabat KeNai bisa memilih bimbel tatap muka atau online di Ruangguru. Pastinya, semua kakak pengajar di Ruangguru seru-seru.

Ada banyak pilihan paket populer untuk SMA yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti kalau kelas 12 kan perlu persiapan juga untuk menghadapi ujian masuk PTN. Ditawarkan juga berbagai latihan soal tiap mata pelajaran dan tryout UTBK/SNBT skolastik. Salah satu paket yang ditawarkan adalah sebagai berikut

ruangbelajar SMA/SMK (2 Tahun + GRATIS Semester Genap) - Harga diskon Rp1.099.000,00
  • ADAPTO: Satu-satunya video belajar interaktif di Indonesia. Bisa sesuaikan pemahaman siswa!
  • >65rb video belajar premium dengan ADAPTO
  • >400rb latihan soal serta pembahasan
  • Akses semua mata pelajaran 10-11-12 SMA/SMK hingga tahun ajaran 25/26
  • Latihan Bab, Banksoal, dan Tryout PTS, PAS, US di ruanglatihan
  • Rangkuman infografis dengan visualisasi menarik di setiap bab
  • Monitor belajar dengan Jadwal & Laporan Belajar
  • Download materi offline
  • Ruangguru Adventure & Teman Belajar
  • Modifikasi avatar dengan gold yang didapat dari belajar
  • Heroes Academy: peringkat siswa berdasarkan XP belajar di wilayahnya

utbk center ruangguru
 
Seperti yang diceritakan di awal, saya sempat bingung karena istilahnya gonta-ganti. Keke dan Nai tentu akan menjelaskan. Tetapi, saya terbantu juga dengan penjelasan dari ruangguru. Diingetin setiap tahapan seleksi masuk PTN plus cara-caranya, termasuk untuk daftar SNBP 2024 lho. Bener-bener dibimbing oleh Ruangguru.

Ruangguru juga memiliki UTBK Center. Para siswa akan diberi bimbingan dasar, berbagai tryout, materi, hingga latihan soal. Pokoknya komplit, deh!

Sebaiknya memang ikut sejak kelas 10 bila targetnya ingin lolos SNBP 2024. Langsung aja lihat info selengkapnya di situs Ruangguru ya!

Post a Comment

1 Comments

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)