Kuliner Bapus, Soto Ayam Ceker Suroboyo Cak Arie

Iseng aja berdua ma suami keliling Bapus (Jalan Balai Pustaka). Banyak pilihan kuliner di sana. Mau itu kaki lima hingga resto. Kemudian kami pun berhenti di warung makan kaki lima "Soto Ayam Ceker Suroboyo Cak Arie".

soto ayam ceker suroboyo cak arie

Pas banget saat kali ke sana ada 2 bangku kosong. Jadi, gak pakai menunggu. Kami pun langsung pesan. Suami pesan soto nasi campur. Sedangkan saya, soto nasi pisah.

"Gak kebanyakan porsinya kalau nasinya dipisah, Bun?"

Saya hanya nyengir. Karena belum tau juga kan seberapa besar porsinya. Tapi, saya memang lebih suka makan soto kalau nasinya dipisah. Meskipun saat makan, bakal disatuin juga. Begitu pun kalau bikin soto di rumah. Selalu dicampur, biar gak banyak cucian piring wkwkkw!

[Silakan baca: Nasi Kapau Pangeran Mudo, Salero Pueh Harago Receh]


harga soto ayam ceker surabaya jalan balai pustaka
Soto Ayam Nasi Pisah, IDR20K
Soto Ayam Nasi Campur, IDR15K


Gak pake lama, soto pesanan kami pun diantar. Seperti biasa, saya selalu mencoba kuahnya dulu tanpa dikasih tambahan apapun, termasuk sambal. Karena kalau kuahnya aja udah enak, biasanya udah gak perlu banyak tambahan ini itu.

Kuahnya enak juga, bumbunya berasa. Saya menambahkan sekitar 3 potong jeruk nipis. Kemudian 3 sdm sambal. Buat saya, sambalnya memang kurang berasa pedas. Makanya, saya sampai kasih 3 sendok makan. Tetapi, kalau untuk suami, sesendok juga udah cukup.

Rasa kuahnya yang cukup gurih, ditambah rasa pedas dan asam segar, membuat saya menikmati soto ayam ini sampai habis. Kuahnya pun saya habiskan tanpa sisa. Nikmat!

soto ayam enak di rawamangun jakarta
Isinya lumayan banyak. Nasinya juga cukup banyak. Alhasil bikin saya kekenyangan hehehe.


Bener banget yang dibilang suami. Sotonya enak, tapi saya kekenyangan banget hehehe. Kalau nasinya dipisah memang porsinya jadi lebih banyak. Buat saya jadi bikin kenyang banget. Mungkin lain kali mau pesen nasinya setengah porsi aja kalau boleh.

Isian porsinya juga bikin puas. Ada soun, setengah telur rebus, soun, toge, irisan kol, dan ayam yang suwirannya lumayan besar. Dengan kata lain, gak pelit isiannya. Paling kalau pun ada masukan, saya pengennnya ada daun bawang dan irisan tomat segar.

rasa soto ayam ceker surabaya cak arie

Soto Ayam Ceker Suroboyo Cak Arie menggunakan seledri. Saya gak suka banget seledri, makanya hanya soto pesanan suami yang dikasih. Sedangkan irisan tomat segar bisa menambah kesegaran soto. Biasanya saya cukup kasih 1 potong jeruk aja kalau udah dikasih tomat.

jajanan kaki lima jalan balai pustaka

Pelanggan juga bisa minta soto ayam dikasih ceker, telor muda, sayap, atau ati ampela. Kami pilih yang standar aja tanpa tambahan lauk lainnya. Tapi, kami juga minta dibungkus 1 porsi soto ayam ceker tanpa nasi buat Nai.

qris soto ayam ceker surabaya cak arie jakarta

Rasa sotonya saya suka. Lokasinya strategis di jalan Balai Pustaka. Patokannya persis di seberang Sate Padang Ajo Manih. Bukanya dari sekitar pukul 4 sore hingga sehabisnya. Biasanya sekitar pukul 9 atau 1/2 10 malam sudah habis. Bayarnya bisa bisa cashless pakai QRIS.

Saya sempat bertanya dalam hati arti "Soto Ayam Surabaya". Apakah karena penjualnya orang Surabaya atau ada ciri khas dari sotonya? Kalau membaca info dari Wikipedia, ciri khas soto ayam Surabaya itu warna kuahnya lebih kuning pekat.

Hmmm ... sepertinya saya harus tau lebih banyak tentang aneka soto ayam, nih. Karena saya sendiri kalau bikin soto ayam memang seperti ini. Kuahnya bening (tanpa santan) dan kuning karena menggunakan kunyit. Mungkin Sahabat KeNai bisa menambahkan ciri khas lain dari Soto Ayam Surabaya?
 
menu soto ayam surabaya

Soto Ayam Ceker Suroboyo Cak Arie


Jl Balai Pustaka, Rawamangun (Persis di seberang Sate Padang Ajo Manih)
Jakarta Timur

Open hours: 16.00 s/d sehabisnya (biasanya antara pukul 21.00 - 21.30 WIB)

Post a Comment

72 Comments

  1. Kalau ngomongin soto surabaya yang paling kuingat itu koyanya ya, gak lengkap rasanya makan soto surabaya kalau gak ada koya, itu ada koyanya gak kak? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pakai koya itu kalau tidak salah Soto Lamongan. Soto Surabaya sepertinya beda lagi. Sama2 soto tapi beragam yaaa kuliner satu ini.

      Delete
  2. Wah terlihat enak segar, Mbak. Bikin aku penasaran juga. Soto Surabaya itu kayak soto lamongan atau tidak, karena keduanya kan dari Jawa Timur.

    ReplyDelete
  3. Wah baca artikel ini pas lagi dingin dan turun hujan, jadinya kepingin soto juga, panas-panas, pasti seger banget. Jika dilihat memang kuahnya berwarna kuning ya kak, berbeda dengan soto bandung yang lebih bening.

    ReplyDelete
  4. Di sini lagi hujan dan jadi pengen makan soto juga wkekek apalagi ada cekernya tambah mantap. Soto Surabaya emang sedep ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak pagi ini di tempatku juga lagi hujan. Memang bakalan asik menikmati hidangan yang hangat kek soto inj. Apalagi Bapus ini terkenal dah sama kulinerannya yang nikmat

      Delete
  5. Soto ayam asalnya dari lamongan. Mungkin karena branding saja, sebagai pembeda dari soto ayam lainnya.

    ReplyDelete
  6. Wiiiiih, soto ayam ceker kesukaankuuuuu 😍 Aku minta nasi dan sotonya dipisah biar lebih banyak porsinya hahahaha. Terutama kuahnya kan kudu banyak diseruput2 gitu. Sambal harus pedas ditambah jeruk nipis peras dan kerupuk hhmm mantul.

    ReplyDelete
  7. Ngiler sekali sotonya mbak. Baru tahu ada soto pakai ceker biasanya daging suwir aja. Emang kuliner Nusantara unik dan enak.

    ReplyDelete
  8. Ini lho yang mau ku coba. Di bapus memang banyaaak kulineran, pernah makan chicken steak tapi di warung gitu dan enak. Kalau soto sebenarnya udah ada langganan di dekat pulogadung tapi mau coba yang lain.

    ReplyDelete
  9. beneran langsung bikin laper pas aku baca ini, minggu ini aku mau dan harus nyobain Soto Ayam Ceker Suroboyo Cak Arie, sebagai pecinta soto apa aja, aku ga boleh ga nyobain, aku mau juga cobain soto cekernya, dan yang aku suka bayarnya udh kekinian jadi ga usah siapkan uang cash lagi, mkch infonya ya mba.

    ReplyDelete
  10. menggiurkan sekali kak, cocok dengan cuaca belakangan. hujan plus yg anget2

    ReplyDelete
  11. Aku juga lebih suka soto tanpa santan. Di sini juga banyak soto Surabaya, biasanya dijual sama pecel lele juga. Tapi gak tau apa rasa sotonya sama.

    ReplyDelete
  12. Penampakan Soto di dalam mangkuk saja sudah menggoda selera
    Apalagi kalau beneran bisa mencicipi
    Ah, kalau ke Jakarta akhir bulan Februari nyari ini ah

    ReplyDelete
  13. Pas lihat dan baca ini lagi jam lapar2nya jadi makin lapar deh wkwkwk...

    ReplyDelete
  14. Infonya lengkap banget gan, jadi rekomendasi banget nih buat kita kalo lag ke surabaya

    ReplyDelete
  15. Dari gambarnya aja udah ngiler. Apalagi kalau udah di tempatnya langsung. Jadi pengen makan di sini kapan-kapan.

    ReplyDelete
  16. Aku juga masuk dalam geng nasi sama sotonya dipisah sih Teh tiap makan soto apapun itu jenisnya. Tapi memang kebayang sih seberapa kenyangnya kalau dipisah gini. Kayak udah default aja gitu, penjualnya bakalan kasih porsi makanan yang lebih banyak dibanding yang nasinya dicampur. Masalahnya kenikmatan si soto itu ya waktu belum dicampur apa-apa termasuk dicemplungin nasi ke dalam mangkoknya.

    ReplyDelete
  17. Wahh ini keliatan enak banget sotonya, seger gitu kuahnya ya. Huhuhu udah lama ga jajan ke Surabaya, nanti nunggu bayik dan diri ini ready mbolang lagi bakalan mampir ke sini.

    ReplyDelete
  18. Aku kalau makan soto gitu mbak, biasanya kuahnya campur nasi, tapi aku minta kuahnya dikit aja. trus aku minta tambahan koya yang banyak dan kasi sambal ma kecap. Tak lupa irisan jeruk nipis wkwkwk. Biarpun kuahnya enak udah gtu settinganku makan soto wkwkwk. Jd penasraan aku sama soto Cak Arie ini deehh :D

    ReplyDelete
  19. waaa menggugah selera banget ini Soto Ayam Ceker Suroboyo Cak Arie ini, save dulu ah namanya nih siapa tau bisa mampir pas lagi main ke daerah sana hihihi, penasaran ingin cobain jugaaa

    ReplyDelete
  20. Soto ayam adalah salah satu makanan favorit keluarga saya. Apalagi ada cekernya, bisa nambah terus haha. Terlihat enak dan jadi lapar kan pagi-pagi saya baca artikel ini. Pingin beli soto ayam ceker juga jadinya.

    ReplyDelete
  21. Aku yang areka Suroboyo merasa terpanggil dengan postingan ka Myra.
    Rasanya persis kaya Soto Lamongan yaa.. Hanya isiannya ayam. Karena ada juga Soto Lamongan yang isiannya daging.
    Terlihat kelezatannya, ka Myra...

    Kalo soto, aku tim diaduk sii..
    Maksudnya, nasi dan soto jadi satu.

    Kalo bubur, aku tim dipisah. Hihii.. ini penting yaa..
    Kaya selalu ada alasan kenapa seseorang makan dengan cara begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh aku malah baru tahu soto LA ada yang daging hehe. Setauku yang daging itu soto madura :D
      Aku jadi kangen nih sama soto. Biasanya kalau di Surabaya menu ini tu buat sarapan, pas di jkt seringnya menemukan soto buat malam :D

      Delete
  22. Aku suka banget kalau ada tempat makan yang bisa bayar selain menggunakan uang tunai seperti ini, contohnya aja bisa bayar pake QRIS. Jadi gak perlu khawatir lagi buat kekurangan uang, tinggal scan dan bayar aja hhe

    ReplyDelete
  23. Baru mau tanya lokasinya dimana. Ternyata paling bawah udah kelihatan. Kuahnya menggiurkan sekali. Kalau soto tuh yg diincer rasa kuahnya. Kelihatannya enak dan menarik sih. Kayanya kapan2 bisa nih berkunjung kesana

    ReplyDelete
  24. masih terjangkau harganya nih, wuah bisa dicoba ah pas pankapan ke BP.
    apalagi melihat isian soto ayamnya bikin mupeng

    ReplyDelete
  25. Porsinyaaa beuughhh bikin legaaa deh. Hehe. Harganya juga terjangkau ya mbak. Duuhh jadi kangen soto ayam Surabaya langganan aku.

    ReplyDelete
  26. Aku tuh penggemar soto ayam mba. Aplagi kalau soto ayam enak trus yang traktir mba Myra. Hhahahaa. Iya emang kayaknya kalau dipisah tuh nasi setengah porsi aja karena emang banyak banget

    ReplyDelete
  27. Aku ga begitu paham sih kekhasan dari Soto Ayam Surabaya ini. Kalau yang Lamongan udah jelas, pasti pakai taburan koya. Beda lagi klo soto dari Semarang, warnanya enggak kuning gitu, lebih dominan rasa mericanya dan agak manis.

    ReplyDelete
  28. Belum kesampaian nih mau kulineran di Jaktim khususnya di Rawamangun dan sekitarnya, padahal ga begitu jauh dari tempat tinggal suami. Tapi beberapa kali ke Jakarta, saya dan anak2 naik DAMRI & ga bawa mobil, sementara di JKT cuma ada 1 motor hi hi. Btw porsi sotonya memang besar juga ya. Biasanya saya kalau pesan soto nggak pakai nasi, takut kekenyangan. Harga sotonya juga cukup terjangkau. Sama kayak harga semangkuk soto Lamongan di warung di Bandar Lampung sini Mba.

    ReplyDelete
  29. Duh siang2 gini jadi ngiler liat penampakan soto ayam cekernya, hehe. Btw sama nih mbak saya juga kalau makan soto gini sukanya pake tapi nasi tapi yang disajikan terpisah dan nanti saya yang campurin sendiri, hehe.

    ReplyDelete
  30. Soto Surabaya ini memang terkenal banget dengan kuah kental berwarna kuning ya. Saya pernah nyoba dan rasanya itu nendang banget. Kuahnya bikin nagih

    ReplyDelete
  31. Apalagi kalo ditambah tulangan, tambah mantap dah

    ReplyDelete
  32. huaa, salah sih aku liat postingan makanan tengah malam XD jadi pengen makan! :)) seger kya nya makan soto ayam ceker malem2 gini, dingin2 enaknya makan yang panas2 ^^

    ReplyDelete
  33. Kalau aku sih lebih pilih nasi dan sotonya dipisah. Selain biar lebih banyak porsi sotonya hahahah... Kayaknya lebih rapi aja makannya wkwkwkwk. Soto ceker emang favoritku, bisa habis 10 pcs loh, yang ndut2 cekernya jangan kurus. Sambal dan jeruk nipis jangan sampai ketinggalan serta kerupuknya. Cuka juga kadang aku pakai supaya ada masamnya sedikiiit aja. Koyanya minta yang banyak hahaha. Mantap!

    ReplyDelete
  34. Wah kita sama mak, kalau makan soto suka nasinya dipisah dan engga suka seledri hihihi... Seingat saya, kayanya saya belum coba deh soto surabaya...

    ReplyDelete
  35. Saya kalau bikin soto juga kuahnya bening mbak, tanpa santan. Pas pertama ke Jakarta, makan soto betawi, agak bingung karena kuahnya bersantan.
    Kalau makan soto atau bakso, yang pertama saya cicip juga kuahnya, tanpa tambahan apapun

    ReplyDelete
  36. Soto surabaya tu khas banget rasanya. Salah satu.soto favorit aku kuahnya ringan krn ga bersantan cuma emang mangkoknya lumayan besar jd effort juga ngabisinnya hahahah... kalo soto semarang kan mangkoknya kecil bgt. Btw mbak myra udah pernah nyobain soro semarang blm?

    ReplyDelete
  37. Saya suka seledri, Mbak. Paling seneng juga soto ditambah seledri, tomat dan jeruk nipis. Rasanya seger apalagi tambah sambel. Rasanya kalau orang Jawa bilang, kemepyar hehe. Ah, jadi tambah pingin deh makan soto ayam ceker Suroboyo cak Arie ini.

    ReplyDelete
  38. Aku juga tipe yang nyobain apapun pada saat pertama penyajian tanpa ditambahin apapun dulu. Tapi kalau soto emang paling enak ditambah sambal ama jeruh niois hehehe. Apalagi kalo ad akoya nya.penasaran sama soto ayam ceker Cak Arie ini deh.

    ReplyDelete
  39. Menggiurkan sekali ini mak Chi, tapi memang soto tuh kalau aku perhatikan kita pesan dipisah pasti lebih banyak sih. Jadi pengin makan soto ayam untuk menu makan malam sekarang, soto Surabaya tuh memang selalu enak dan segar.

    ReplyDelete
  40. Duh "kabita" melihat foto sotonya, seger kayaknya ya. Btw saya suka seneng kalau jualan gini pembayarannya bisa cashless atau pakai Qris.

    ReplyDelete
  41. Olahan ceker ayam itu favoritnya suami saya. Mau dibuat apapun pasti dilahap habis. Beda dengan saya yang lebih suka dengan bagian lainnya...
    Tapi gegara postingan ini saya jadi pengen nyoba soto ceker nya nih... Pedas pedas diseruput panas enak banget pastinya ya

    ReplyDelete
  42. Alamak... Saya lihat foto sotonya aja auto mupeng. Kelihatan seger dan nikmat baget sotonya. Untuk harga, kalau menurut saya lumayan ada di range harga atas. Tapi masih terjangkau lah.

    ReplyDelete
  43. Di surabaya malah g ada penjual soto surabaya
    Hehe
    Tapi selama aku di jakarta, aku pun punya dua langganan soto ceker surabaya, satunya di duren tiga, satunya lagi di taman pramuka
    Emang enak soto ceker ini

    ReplyDelete
  44. wah soto ayam dikasih ceker, kesukaan banget nih ceker, btw mba kalau saya tim beli soto yang nasinya udah dicemplung :)

    ReplyDelete
  45. Ibuku kalau masak soto juga kuahnya kuning gt. Tp kalau di solo sini banyak soto yg kuahnya rada bening gt. Biasanya lauk pendampingnya dikasih banyak pilihan. Ada paru, sate usus, telur puyuh, tempe dll gt

    ReplyDelete
  46. Alhamdulillah, selalu kagum dengan tempat makan yang enak dan ramai seperti Soto Ayam Ceker Suroboyo Cak Arie.
    Selain menjaga rasa, juga memfasilitasi para pembeli zaman sekarang yang lebih suka cashless. Jadi, tetap bisa makan enak.

    Kenapa harga soto degan nasi dicampur dan soto dengan nasi dipisah beda 5K banget yaa..
    hihih.. aku tim soto dicampur siih..

    ReplyDelete
  47. Soto itu makanan sejuta umat, ya. Saya juga suka makan soto. Kuahnya kaya akan rempah. Dan soto di beberapa daerah itu isian dan rasanya beda-beda, ya, meski sama-sama namanya soto. Saya baru tahu kalau soto bisa disandingkan dengan telur. Jadi penasaran. Mungkin kapan-kapan saya juga harus icip-icip soto yang satu ini :D

    ReplyDelete
  48. Soto khas Suroboyo memang khasnya pakai potongan seledri dan tanpa tomat Kak. Ini mirip sama daerah dekatnya, Lamongan. Cuma bedanya, soto Lamongan pakai koya alias bubuk dari kerupuk udang. Pekatnya kuah soto Suroboyo sama Lamongan ini dari bumbu sama kaldu ayamnya.

    ReplyDelete
  49. Kalau saya, mau beli di luar atau bikin sendiri di rumah, makanan berkuah selalu dipidah ma nasi. Begitu pun dengan soto. Entah kenapa kalau dicampur jadi gak nafsu makannya. Hehehe...

    ReplyDelete
  50. samaaa,,,, aku juga tim makan soto nasi pisah heheeh lebih enak aja rasanya, aplagii klo ada koyanya hemmm

    ReplyDelete
  51. Kuliner Surabaya nggak lekang oleh waktu, nikmatnya selalu spesial, nambah sih boleh tuh sotonya

    ReplyDelete
  52. ini pasti enak banget sotonya. Tambahannya tinggal pilih ya kak. Apalalgi dimakan berdua sama suami. Hemm, seger. Kebetulan aku suka menu yang berkuah. Noted

    ReplyDelete
  53. Wah bikin ngiler mbaaakk. Udah lama nggak makan soto lihat ini jadi pengen beli soto, hehe. Sama kaya aku mbak kalau pesan soto cobain kuahnya dulu baru deh campur sambel segala macem. Biar nyobain dulu kuah khasnya. Sambelnya apa nggak pedas mbak 3 sendok?

    ReplyDelete
  54. Eh aku pernah makan soto ayam ceker ini. Waktu itu sebenarnya gak sengaja sih, habis ada acara di dekat sana, lalu pulangnya kami kelaparan. Lihat deh tukang soto ayam ini, suamiku itu penggemar soto ayam garis keras, jadilah mampir. Dan sukaaaaa bangeeeet. Sotonya enak. Kuahnya pas. Isiannya juga banyak

    ReplyDelete
  55. wah harganya masih termasuk murah itu. Ditempat saya 14 rebu tanpa nasi dan dapatya seuprit. Pokoknya nggak puas kloa beli soto. Mending bikin sendiri

    ReplyDelete
  56. Bicara tentang aneka soto ayam memang jadi PR buat saya, Kak. Soalnya pernah mampir ke salah satu rumah makan, ternyata soto ayam yang disajikan nggak sesuai ekspektasi. Hahaha, beda daerah meski sama penamaan menu bisa jadi menghasilkan sajian yang berbeda, ya.

    ReplyDelete
  57. Asik banget warung sotonya sudah bisa menggunakan pembayaran Qris, untuk aku yang tim mager bawa uang cash sabi nih. Liat kuahnya aku bikin ngiler, gurihh banget ini pasti ya mbak. Oh iya salfok juga sama harganya, masih masuk kantong lah yaa hihi

    ReplyDelete
  58. Aku juga dulu pernah penasaran cari kenapa soto ayam banyak jenisnya. Ternyata memang setiap daerah punya ciri khas tersendiri, salah satunya dala tampilan dan rasa kuah. Jadi, aku suka coba segala jenis soto. Nah, Soto surabaya ini belum nemu di dekat rumah.

    ReplyDelete
  59. Bukan penggemar soto tapi kalau mau makan soto pasti milih dipisah juga nasinya hehe. Tapi kayaknya enak nih sotonya dari fotonya aja kayaknya kuahnya medok gitu

    ReplyDelete
  60. Soto Suroboyo memang enak, loh, di tempatku di Bogor ada yang jual soto suroboyo itu laris banget belinya sampe ngantri karena rasanya emang beda.

    ReplyDelete
  61. nasi ditaburi bawang goreng itu sedep lho. barusan aja aku mengomentar temanku yang makan dengan cara gitu ih ini sotonya menggoda uyummy

    ReplyDelete
  62. Pas baca ini lagi laper-lapernya dan belum makan, jadi makin laperrr mba. Apalagi sekarang juga lagi hujan, kayaknya enak banget makan soto panas, seger, gurih, asem, pedes, mantap!

    ReplyDelete
  63. sebagai pecinta soto aku suka banget cerita makan soto ayam ceker suroboyo ini, kapan-kapan bisa nyobain deh soalnya aku barusan juga atdi makan soto hehe

    ReplyDelete
  64. Sotonya tampak segar, isiannya juga banyak.
    Bakal auto kenyang nih, walau ordernya tanpa nasi putih.
    Harga juga ramah bener buat dompet. Sebagai emak-emak pembeli lauk matang, kalau dekat, warung soto ini pasti jadi langganan rutin saya :D

    ReplyDelete
  65. segernyaaaa si soto, makasih dah info harga dan bisa Qris utk bayar, penting banget info itu tuh buat kulineran

    ReplyDelete
  66. Dulu waktu masih di kantor lama hampir selalu lewat daerah sini kalau pulang, tapi belum merhatiin nih. Kapan-kapan kayaknya perlu dikunjungi, masih nggak terlalu jauh juga dari rumah. Makasih rekomendasinya ya, Kak.

    ReplyDelete
  67. Dari kuahnya kelihatan kalau sotonya segar dan gurih. Aku paling suka eksplor soto sotoan dari ragam daerah. Salah satu favoritku soto surabaya.

    ReplyDelete
  68. Soto Surabaya itu biasanya ada di luar Surabaya.. Kalau di Surabaya sendiri atau Jawa Timur dikenal dengan Soto Lamongan... Soto ayam dengan kuah kuning dan koya sebagai pelengkap..

    ReplyDelete
  69. Soto ayam surabaya emang the best.
    Ga kalah dengan soto ayam lamongan.

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)