BSI International Expo 2024, Saatnya Semakin Bergaya Hidup Halal

BSI International Expo 2024, Saatnya Semakin Bergaya Hidup Halal - Jum'at (21/6), usai ambil raport Nai, saya dan suami gak langsung pulang. Lagi seneng kulineran berdua. Tapi, kali ini gak sekadar cari kulineran.

bsi international expo saatnya semakin bergaya hidup halal

Saya lihat di akun IG Bank Syariah Indonesia (@banksyariahindonesia) sedang mengadakan BSI International Expo 2024. Sebagai bank syariah terbesar di Indonesia tujuan mengadakan expo ini adalah untuk mendorong pengembangan dan industri halal di Indonesia.

 

Halal Lifestyle untuk Kualitas Hidup yang Lebih Baik dan Berkah


datang ke pameran produk halal

Tinggal di negara yang mayoritas penduduknya muslim, seperti Indonesia, mencari produk halal bukanlah hal sulit. Tetapi, bukan berarti semua yang ada di negara kita ini produknya halal. Nah, sayangnya dengan pemahaman yang mungkin seadanya, kita cenderung mengabaikan. Bahkan malah ada yang masa bodoh.

Saya teringat salah seorang yang pernah berkata kalau salah satu cara efektif agar banyak masyarakat yang tertarik adalah dengan menciptakan tren. Menjadikan sesuatu tersebut menjadi lifestyle atau gaya hidup. Misalnya gaya hidup makan sehat, olahraga, dan lain sebagainya.

ekosistem halal

"Urusan halal harusnya bukan lifestyle. Semua muslim justru wajib menjalan hidup yang halal agar lebih baik dan berkah."

Tentu saya sangat setuju dengan pendapat tersebut. Allah berfirman dalam QS Al-A'raf ayat 157 "“Dan Allah menghalalkan bagi mereka segala yang baik, dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk”. Jadi, sangat jelas sebagai umat muslim wajib menjalankan yang halal dan menghindari sesuatu yang haram. Dan, itu tidak hanya urusan makanan, tetapi seluruh aspek kehidupan sebagai muslim tidak terlepas dari hal ini.

indonesia halal lifestyle center

Rasulullah SAW bersabda, "akan datang suatu masa pada umat manusia, mereka tidak peduli lagi dengan cara untuk mendapatkan harta, apakah melalui cara yang halal ataukah dengan cara yang haram.” (H.R. Bukhari)

Rasulullah SAW pun sudah bersabda tentang kondisi umat Islam saat ini. Oleh karenanya, menurut saya, gaya hidup halal bisa menjadi salah satu ikhtiar untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah. Berprasangka baik, yang tadinya hanya ikut tren, lama-lama istiqamah dengan hidup halal.


Mengenal Ekosistem Halal di BSI International Expo 2024


kosmetik halal di indonesia
Tidak hanya makanan dan minuman, produk kosmetik pun kandungannya harus halal bagi umat Muslim


Ekosistem halal mengacu pada serangkaian sistem dan proses. Melibatkan banyak pelaku kepentingan di bidang halal untuk memastikan produk dan layanan yang ditawarkan mematuhi prinsip-prinsip syariah Islam.

Ekosistem halal tidak sebatas pada makanan dan minuman. Tetapi, melibatkan berbagai aspek kehidupan dan industri Bertujuan untuk menyediakan berbagai produk dan layanan yang sesuai dengan hukum Islam sehingga umat Muslim bisa menggunakannya tanpa keraguan mengenai kehalalannya.
 

brand pakaian muslim

BSI International Expo 2024 ada banyak sekali produk unggulan dari mulai makanan hingga travel. Promonya pun bertebaran. Setiap harinya ada berbagai workshop bermanfaat dan talkshow yang inspiratif. Nikmati pula music performance dari beberapa artis ternama. Pastinya semuanya halal. Makanya BSI International Expo memang pameran yang istimewa.


Berbagai Info tentang Pariwisata Halal di BSI International Expo


registrasi bsi international expo

BSI International Expo 2024 berlangsung di JCC Senayan dari tanggal 20 s/d 24 Juni. HTMnya gratis, yang penting Sahabat KeNai registrasi dulu buat dapetin barcode. Nah, nanti barcodenya di-scan di pintu masuk.

Kami masuk dari Hall B. Di Hall ini ada banyak booth pakaian dari berbagai brand hingga kendaraan. Tapi, yang paling bikin semangat adalah mendatangi booth tour travel.


tour travel haji terpercaya
Area tour travel termasuk yang paling ramai


Tujuan utama datang ke expo ini adalah ingin mendapatkan berbagai info perjalanan, terutama tentang Haji dan Umroh. Sesuai dugaan saya, pengunjungnya termasuk ramai di area ini. Saya nanya-nanya di beberapa booth, ada juga yang hanya ambil flyer buat dibandingkan.
 
halal tour

Selain mencari info tentang pejalanan Haji dan Umroh, saya juga tertarik dengan Halal Tour. Ada berbagai program perjalanan ke India, Jepang, hingga Eropa Timur. Saya sempat nanya-nanya juga. Katanya sekarang yang lagi banyak peminatnya adalah Halal Tour ke Jepang.

menulis harapan untuk masa depan
Hayooo, harapan apa yang saya tulis di sini?
connect to your dream
Harapannya nanti akan muncul di kotak-kotak setiap balon udara


Dari Hall B, kami menuju Hall A melewati lorong dengan beberapa seni digital. Seperti banyak pengunjung lainnya, saya gak mau sekadar lewat. Foto-foto dulu di beberapa tempat. Saya juga menulis harapan untuk masa depan. Nanti harapan-harapan tersebut akan dimunculkan dalam bentuk balon udara. Menarik, ya!

food court bsi international expo
Food court di BSI International Expo 2024
kids zone bsi international expo

Kemudian lanjut ke Hall A. Kami agak lama di hall ini. Karena banyak booth makanan dan ada food court juga. Seharian di expo ini, gak akan bingung mencari makanan dan minuman karena pilihannya banyak. Di Hall A juga ada Kids Zone. Expo ini memang pas untuk segala usia. Sampai untuk anak pun ada areanya. 

live shopping area
Area live shopping


Pertama kalinya saya melihat orang-orang melakukan jualan live. Ada beberapa ruang berukuran kotak yang disewakan. Ternyata seperti itu ya kalau sedang live. Di era digital saat ini udah lumrah banget live jualan di medsos atau e-commerce.

persiapan masa purna yang islami

Saya sempat menyimak sejenak beberapa talkshow. Ada yang pas nih dengan saya yaitu tentang Persiapan Hari Tua. Apalagi dengan gencarnya bahasan tentang sandwich generation. Pengennya kan menjalani masa tua tanpa menyusahkan anak.

talshow inspiratif produk lokal mendunia

Namanya juga expo tentang halal lifestyle. Sahabat KeNai bisa dapat info banyak tentang gaya hidup halal. Puas-puasin deh mencari tau di expo ini. Kalau perlu banyak tanya dan simak talkshownya.


Keuangan Syariah Sebagai Salah Satu Komponen Ekosistem Halal


konsultasi seputar syariah

Seperti dikatakan sebelumnya, ekosistem halal meliputi beberapa komponen, yaitu

  1. Sertifikasi Halal
  2. Industri Makanan dan Minuman
  3. Industri Obat-Obatan dan Kosmetik
  4. Keuangan Syariah
  5. Pariwisata Halal
  6. Gaya Hidup Halal

membuka tabungan di bsi

Sahabat KeNai bisa buka tabungan Bank Syariah Indonesia di expo ini. Ada juga berbagai produk keuangan lainnya yang tentunya semua dari BSI. Memang ya kalau untuk keuangan syariah, seringkali otomatis langsung teringat ke BSI karena ini merupakan bank syariah terbesar di Indonesia.

keuangan syariah

Bicara keuangan syariah memang tidak sekadar tentang menabung. Ketika melakukan pembayaran atau menyicil kan umat muslim menghindari riba. Contohnya ketika membeli mobil atau rumah, jarang yang beli tunai langsung lunas. Biasanya melakukan cicilan, tetapi tentunya yang sesuai dengan hukum Islam.

bayar sekolah dengan rekening bank syariah

Di sana juga ada area booth sekolah hingga universitas. Tidak semuanya sekolah atau perguruan tinggi Islam. Ada juga yang umum. Tapi, untuk pembayarannya bisa melalui BSI

BSI umkm centre
produk lokal makanan dan minuman
Berbagai produk makanan dan minuman lokal di BSI International Expo


Pastinya BSI juga mendukung UMKM. Ada BSI UMKM Center di sana. Sahabat KeNai bisa melihat beberapa produk lokal yang didukung BSI. Harapan besar tentunya produk lokal Indonesia akan mendunia.

penampilan maliq & d'essentials

Saat kami di sana, terhibur dengan penampilan Malique & D'Essentials. Tau dong lagunya "kita bikin romantis, yang paling romantis ..." Terngiang-ngiang banget deh liriknya karena sering jadi backsound banyak konten video di TikTok dan Instagram.

islamic book fair

Sambil mendengarkan performa Malique & D'Essential, kami lihat-lihat berbagai buku islami di area Islamic Book Fair. Areanya di samping panggung utama. Jadi kami bisa menikmati hiburan sambil mencari buku.Bener-bener komplit deh expo ini. Segala ada dari mulai pakaian, makanan, hingga buku. Banyak aktivitas menarik juga.

tentang makanan halal dan haram
Babi sudah pasti diharamkan dalam Islam. Tetapi, tidak sebatas pork dan lard. Umat Muslim harus tau tentang ini.


Yuk, langsung aja ke JCC Senayan. Mumpung pamerannya masih berlangsung. Sahabat KeNai bisa belanja dengan berbagai promo menarik, puas kulineran, dapat ilmu dari beberapa talkshow, hingga terhibur dengan pertunjukkan musik.

Post a Comment

8 Comments

  1. Bagus banget nih acaranya, sudah waktunya kita menerapkan gaya hidup halal, dengan menghidupkan kampanye dan edukasi halal. Banyak muslim yang bahkan belum mengerti, kalau halal bukan sekadar nggak makan Pork and Lard

    ReplyDelete
  2. Berharap banget umat Islam ini menerapkan gaya hidup halal juga dalam bekerja. Nggak seperti sekarang. "Makan babi haram", tapi demen banget makan uang haram hasil korupsi dan tipu-tipu.

    ReplyDelete
  3. BSI International Expo 2024 pamerannya lengkap banget yaa, ka Chi..
    Awalnya aku mau tanya mengenai sekolah-sekolah Islam yang mengikuti pameran. Ternyata adaaa jugaa.. Siapa tau kalau early bird begini bisa dapet potongan uang pangkal. Hehehe..
    Jadi banyak dapat pengalaman seru yaa..

    Berdoa semoga harapan ka Chi dan suami diijabah dan Indonesia menjadi pusat Halal Lifestyle yang semakin maju.

    ReplyDelete
  4. Wah keren BSI
    dengan adanya BSI International Expo, masyarakat jadi semakin paham tentang syariah lifestyle dan bagaimana cara menjalaninya
    karena banyak yang gak paham, akhirnya di kalangan muslim masih dipertentangkan antara lembaga keuangan syariah dan konvensional

    ReplyDelete
  5. Setuju kak Myra, urusan halal udah bukan lagi sekadar gaya hidup tapi memang jadi bagian dari kehidupan biar sejahtera dan berkah dunia akhirat

    ReplyDelete
  6. Beberapa kali aku lihat ada aja seorang yang mengaku muslim tapi mengabaikan soal halal dan haramnya makanan. Harusnya dia sudah memahami minimal tahulah ya tentang ekosistem halal.

    Kayaknya informasi begini harusnya memang merata terbaca oleh seluruh umat muslim ya.

    ReplyDelete
  7. Wah, keren nih acara BSI. Bisa menjadi contoh untuk acara lainnya yang mengangkat tema Halal utk kita warga megara mayoritas muslim. Setuju dengan pendapat, harus menciptakan tren agar bisa diikuti. Btw, semoga di kota-kota besar lainnya juga ada acara BSI seperti ini.

    ReplyDelete
  8. Keren sih acara ini menjadi syiar dakwah, emang ya kita perlu banget menjaga halal dalam segala aspek kehidupan. Jangan sampai kita lalai dan menyepelekan soal halal ini. Salut dengan BSI

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)