Halal Bihalal Komunitas Food Blogger Indonesia di Good Folks, Jakarta

Awal Mei lalu, saya datang ke acara Halal Bihalal Komunitas Food Blogger Indonesia di Good Folks, Jakarta. Lokasi acaranya atas kesepakatan bersama. Dipilih yang paling strategis. Mudah ditempuh pakai commuter line atau KRL. Dekat dari Stasiun Gondangdia dan Stasiun Cikini.

halal bihalal komunitas food blogger indonesia good folks

Karena halal bihalal alias bukan untuk urusan kerjaan, suasanya informal. Siapa pun bebas bawa keluarga atau teman. Makanya ada beberapa yang datang bersama keluarga. 
 
Saya juga tadinya mau serombongan bersama suami dan anak-anak. Tapi, Keke mendadak ada kuliah. Saya lupa Nai ada apa gitu. Akhirnya batal ikut. Suami juga gak jadi ikut karena gak ada anak-anak.


Tempat yang Nyaman dan Estetik


suasana good folks
ruang indoor dan outdoor di good folks
Di Good Folks ada ruang indoor dan outdoor


Saya datang sekitar pukul 10 diantar suami. Resto masih cukup sepi. Baru ada Mbak Katerina dan keluarga. Juga Mbak Annie Nugraha yang sama-sama baru datang. Karena masih sepi, saya jadi leluasa untuk melihat sekeliling. Sesekali memotret beberapa area yang terlihat estetik. Suasananya juga nyaman. Sahabat KeNai bisa memilih di ruang indoor atau outdoor.

nyaman dan estetik di good folks

Barang-barang jadul sepertinya memang lagi jadi tren. Menjadi sesuatu yang menarik untuk dipajang. Contohnya seperti komputer jadul. Dulu kan mana kepikiran bakal menjadi sesuatu yang estetik di masa depan.

Tapi, melihat beberapa barang jadul yang ada di sana berasa kayak kembali ke masa lalu. Lihat pc dengan layar merah jadi ingat zaman skripsian. Nyalain komputernya lama. Belum lagi suara printer yang berisik banget. Oiya, awal saya ngeblog juga pakai pc dengan suara internet yang khas banget kalau dinyalain hahaha!


big boy restoran jakarta
Langsung kangen masa kecil. Papah dan mamah suka ajak makan ke Big Boy


Di salah satu sudut ada berbagai mainan koleksi. Mata saya langsung tertuju dengan action figure Big Boy. Ingatan saya langsung tertuju ke masa kecil. Kenangan yang menyenangkan bagi saya.

Sekitar tahun 80-90an di Jakarta ada resto bernama Big Boy. Seingat saya di jalan Kuningan. Orangtua saya beberapa kali ajak anak-anak makan di sana. Sebetulnya saya udah lupa menu apa aja yang jadi favorit. Tapi, icon anak laki-laki berpakaian overall kotak-kotak merah memang masih teringat sampai sekarang.

Lucunya lagi, saya malah lebih ingat dengan suasana resto dan penataan buahnya yang sangat menarik dibandingkan menunya hehehe. Menandakan suasana yang nyaman pun bisa menjadi sesuatu yang dikenang, ya.
 
Sayup-sayup terdengar lagu-lagu jadul. Bikin saya semakin terkenang ke masa lalu hehehe!


Menawarkan Menu untuk Siang dan Malam


strawberry juice good folks
Strawberry juice, IDR45K
artisan tea good folks
Artisan Tea, IDR35K
Ada 3 pilihan artisan tea di Good Folks. Saya gak tau ini artisan tea yang mana. Tetapi, semua harganya sama


Saya baru tau kalau di Good Folks ada menu siang dan malam. Punya 2 buku menu. Kalau dilihat secara sepintas, menunya banyak yang sama. Tetapi, beberapa menu di siang hari sepertinya ada yang gak ada di malam hari. Selain buku menu fisik, Sahabat KeNai juga bisa lihat secara online. 

sharing platter good folks
1. Sharing Platter (Chicken Wing, Poutine, Corn Brow, Calamari, Karaage with Mayonnaise and Chilli Sauce), IDR130K
2. Hot Cappucino, IDR35K
3. Orange Juice, IDR45K
4. Iced Lychee Tea, IDR32K

niku don good folks jakarta
Niku Don (Rice bowl dengan beef yakiniku, scrambled egg, dan gari/acar jahe), IDR50K


Ada banyak pilihan menu di Good Folks. Dari mulai makanan berat dan ringan. Kami memilih makanan yang berbeda-beda. Ya, meskipun saya gak mencicipi makanan teman-teman. Semua menikmati pesanan masing-masing. Tapi, kalau dari obrolannya kami puas dengan makanan di Good Folks. Semua yang menu yang dipesan tidak mengecewakan.

nasi goreng sei
Nasi Goreng Sei, IDR60K


Mbak Rien sempat menawarkan mencicipi Nasi Goreng Sei pesanannya. Saya mencicipi sesuap (disendok pakai kerupuk). Agak mirip dengan nasi goreng aceh. Ada rasa rempah. Tetapi, juga ada sensasi smokey dari sei sapi. Enak!

gulai tjikini
Gulai Tjikini, IDR60K


Gulai Tjikini adalah sup kari daging sapi, pesanan Lidya dan Lala. Saya gak mencicipi. Tapi, katanya rasanya enak. Kalau lihat mangkoknya kayak hanya terlihat kuah. Mangkoknya memang berukuran lumayan besar. Kalau di foto jadi kayak kelihatan sedikit. Padahal setelah diaduk, di dalamnya ada potongan daging yang cukup besar-besar dan kuahnya juga cukup banyak.

good folks burger
Good Folks Burger, IDR85K


Burger pesanan Mbak Annie, ukurannya juga termasuk besar dibanding burger pada umumnya. Udah gitu, lapisanya cukup banyak. Tidak hanya daging. Saya lihat ada telur ceplok, onion ring, dan keju. Masih ditambah pula dengan french fries. Padahal menurut saya, lihat dari ukuran dan komposisi burgernya aja udah mengenyangkan.

corn brow good folks
Corn Brow, IDR40K


Menu yang kami nikmati bersama adalah corn brow. Jagung yang dipanggang dengan japanese mayo dan bumbu spesial Good Folks. Kemudian disajikan bersama Spicy Mayo. Kalau saya, lebih suka menikmati jagungnya aja tanpa dikasih spicy mayo. Menurut saya, gak pedas rasa mayonya, malah lebih kuat rasa asamnya.


Pasta Kecombrang Sei


pasta kecombrang sei
Pasta Kecombrang Sei, IDR65K


Sebelum ke Good Folks, saya udah melihat menunya secara online. Dari sekian banyak pilihan, ada 2 yang saya inginkan yaitu Pasta Kecombrang Sei dan Sop Buntut.

Saya sekeluarga penggemar aglio olio dan sop buntut. Jadi, menu itu pasti akan kami pesan duluan. Kalau rasanya enak berarti recommended nih resto atau cafenya. Sayangnya suami dan anak-anak gak jadi ikut. Gagal deh saya cobain beraneka menu di sini. Akhirnya, saya memilih Pasta Kecombrang Sei. Ini pasta aglio olio yang diberi sei dan kecombrang.

Saya teringat salah satu konten di TikTok yang menyarankan sebaiknya tidak pesan pasta aglio olio di resto. Alasannya cara membuatnya sangat mudah. Katanya, bisa bikin sendiri di rumah kalau semudah itu.

Memang simple banget bikin aglio olio. Saya pernah beberapa kali membuatnya. Tapi, menurut saya, justru menu simple belum tentu berhasil dari segi rasa. Beberapa kali memesan aglio olio di beberapa resto, gak semuanya punya rasa yang pas bagi saya. Makanya saya selalu tertarik memesan pasta ini.

rasa pasta kecombrang sei

Tidak menunggu lama, pesanan saya pun datang. Terlihat potongan daging seinya yang cukup banyak. Rasa asinnya pas. Rasa kecombrangnya tipis-tipis aja. Cocok sih buat saya yang 'love and hate' dengan kecombrang.

Terkadang, suka kangen rasa kecombrang. Tapi, gak mau yang rasanya terlalu kuat. Berasa aneh kalau terlalu kuat. Makanya, saya bilang 'love and hate' hehehe.

Kalau pun ada sedikit masukan adalah pastanya agak berminyak. Mungkin karena dari seinya juga udah berlemak. Memang tidak sampai berlebihan minyaknya. Tapi, kalau agak dikurangi lagi sedikit minyaknya, bakalan bikin saya ketagihan banget, deh.

Kesimpulannya, saya tetap suka dengan pastanya. Lain kali, gak keberatan cobain lagi kalau ke Good Folks. Atau cobain menu lain lah karena kelihatannya banyak yang enak.

mineral water good folks jakarta
Mineral Water, IDR20K
aren latte good folks
Aren Latte, IDR45K


Untuk minumannya, saya pesan air putih. Karena saya ingin cobain kopinya juga. Makanya saya pesan air putih dingin dulu aja untuk menemani pasta. Tapi, kenapa pakai air minum kemasan botol plastik, ya?

Sebetulnya saya gak memasalahkan. Cuma agak berasa agak beda aja gitu. Ketika semua wadah makanan dan minuman lain pada cakep. Giliran air putih di botol plastik kemasan. Ya mungkin supaya bisa di bawa kalau gak habis kali, ya? Saya jadi nebak-nebak hehehe.

dirty coffee good folks jakarta
Dirty Coffee, IDR50K


Saya sudah berniat memesan kopi sebelum pulang. Pilihan saya ke Dirty Coffee. Alasannya ya unik aja gitu namanya hehehe. Saya sempat bertanya ke salah satu pramusaji. Tetapi, karena semakin siang suasana cukup ramai, jadinya saya kurang mendengar penjelasannya. Saya pun gak minta dijelasin lagi. Ya udah lah yang penting pesan dulu.

Iced Shaken Ristretto pour over on Roasted Rice Milk. Begitu deskripsi yang tertulis di buku menu. Saya pun googling tentang ristretto. Dari hasil pencarian, ristretto katanya minuman kopi yang mirip espresso. Tetapi, ekstrasinya lebih singkat hanya 15 detik. Rasanya tidak 'sekuat' espresso, masih agak lebih manis gitu.

Saca cobain, rasanya memang tidak sekuat espresso. Agak creamy dan manisnya pas. Cocok lah buat saya yang lidahnya belum bisa akrab dengan kopi hitam. Tapi, juga gak suka kalau kemanisan. Tetap pengen ada rasa manis yang tipis.


Good Vibes, Good Times, Good Folks


nasi wing geprek good folks jakarta
Nasi Wing Geprek, IDR50K
Untuk sambalnya ada 3 pilihan yaitu sambal embe, sambal rica, dan sambal ijo


Lumayan lama juga kami berkumpul di Good Folks. Karena acaranya gak sekadar makan-makan. Tapi, juga ngobrol dan ada door prize. Uhuuuuy!

Tidak hanya halal bihalanya yang asik. Tempatnya juga asik. Saya sih suka. Kayaknya kapan-kapan bakal balik lagi sama keluarga. Karena seperti yang saya katakan di awal, biasanya kalau aglio olio atau sop buntutnya udah enak, bakal penasaran dengan menu lainnya. Makanya saya masih pengen balik.


jam buka good folks jakarta
lokasi good folks cikini jakarta

Semakin siang, resto semakin ramai. Memang pasnya datangnya sebelum jam makan siang. Tapi, meskipun ramai, masih tetap nyaman suasananya. Gak bising juga.

Good Folks lokasinya sangat strategis. Kalau Sahabat KeNai naik kereta, bisa turun di Stasiun Gondangdia atau Stasiun Cikini. Bawa mobil atau mobil juga gak akan bingung cari parkir karena luas. Untuk jam operasional juga perhatikan, ya. Karena ada beberapa perbedaan. Sepertinya di hari Minggu, Sahabat KeNai bisa sarapan di Good Folks, tuh.

Sahabat KeNai bisa gabung di Komunitas Food Blogger Indonesia kalau suka menulis tentang kuliner di blog. Gak harus review resto, lho. Menulis resep atau apapun tentang kuliner pokoknya. Follow juga IG @foodbloggeridcommunity, ya! 😊


Good Folks

Asatu Area
Jl. RP. Soeroso No.1
Cikini, Kec. Menteng
Jakarta Pusat 10330

Open hours


  • Senin s/d Kamis : 10.00 s/d 00.00 WIB
  • Jumat s/d Sabtu : 11.00 s/d 01.00 WIB
  • Minggu : 07.00 s/d 21.00 WIB

Instagram: @goodfolks.jakarta

     

    Post a Comment

    30 Comments

    1. Lengkap bangeeet ulasannya. Bertabur foto-foto makanan dan minuman yang bikin laper sekaligus haus hahaha. Aku tuh ya saking suka sama makanan di sana, sampe balik lagi bikin acara di situ dan ngajak temen-temen FBI makan di situ lagi haha. Ohiya, aku jadi penasaran mau cobain aglio olio yang ada kecombrangnya itu, walau kecombrangnya kayak sekadaranya saja hihi

      ReplyDelete
      Replies
      1. Buat saya justru cocok dengan rasa kecombrang yang sekadarnya. Karena ya itu antara sebel tapi ngangenin rasanya ahhaha

        Delete
    2. Aku pengen balik lagi loh ngajak anak-anak. Waktu tak ceritakan soal burger dan cornbrownya, mereka antusias banget. Saya pun pengen banget ngerasain sharing platternya. Duuhh jadi ngiler ngebayanginnya hahahaha. BTW, tempatnya juga asik ya. Nyaman buat berlama-lama. Parkiran juga luas dengan lokasi di tengah kota yang gampang digapai.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Yuk, Mbak. Kalau saya masih penasaran sama sop buntutnya, nih.

        Delete
    3. Super seru yah acaranya. Beneran memberikan kesempatan bagi para food blogger untuk mempromosikan kuliner Indonesia kepada masyarakat luas. Melalui blog mereka, para food blogger dapat membagikan pengalaman mereka mencicipi kuliner Indonesia kepada para pembaca mereka. Hal ini dapat membantu meningkatkan minat masyarakat terhadap kuliner Indonesia.

      ReplyDelete
    4. Ternyata ada food blogger community yaa, menarik sekali, pingin gabung juga dong kak. Auto kulineran terus nih kegiatannya. Icip2 makanan dan sharing all about foodm btw restonya menunya enak2 yaa. Penyajiannya keren. TFS kak.

      ReplyDelete
    5. Lokasi Good Folks ini strategis banget ya mba. Dekat sama stasiun kereta, memudahkan pengguna kereta buat mampir. Desain interiornya pun sangat menarik sekali.

      Aneka menu yang tersaji sedap semua.
      Angle mba ngambil foto juga oke banget, jadi semakin premium makanan dan minuman yang terjepret.

      Gulai Tjikini yang ku pesan kuahnya seger mba dan potongan dagingnya besar, tingkat kematangan daging oke. Sangat menyengakan dan lezat.
      Bikin ketagihan sih, next mau coba mampir lagi buat maksi di Good Folks.

      ReplyDelete
    6. Unik banget tempatnya, makanannya pun disajikan dengan menarik, duh penasaran dengan pasta kecombrangnya tuh
      btw beda gulai Tjikini dan gulai yang lain dimananya ya, kok berasa menarik untuk dicoba

      ReplyDelete
      Replies
      1. Saya gak bisa menjelaskan detil karena gak pesan. Mungkin sama kayak sup kari pada umumnya. Tapi, mungkin ada bedanya dan jadi semacam signature dish Good Folks. Pastinya menurut beberapa teman yang pesan, rasanya enak. Saya lihat potongan dagingnya juga gak pelit.

        Delete
    7. ini yang di cikini itu bukan sih mba, ah udah lama nih aku gak cafe hoping kayak gini di jakarta, kangennya, mana menunya enak2 ya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iyaya kak Aie, Cikini terkenal dengan kulinernya yang banyak macam dan harganya juga terjangkau. Apalagi di resto ini bisa aja di pilihannya juga

        Delete
    8. Banyak benda-benda tempo doeloe ya Mbak di Good Folks ini, hehe.. cocok banget buat yang pernah punya kenangan di tahun 80-90 an. Tapi buat generasi zaman now ya asyik juga sih, jadi tau barang-barang jadul :)
      Menu-menunya tampak lezat semua. Tapi harganya buatku agak mahal, hehehe..

      ReplyDelete
    9. Daku pun juga love and hate kak dengan kecombrang. Jadinya belom pernah membuat sendiri makanan dengan kecombrang. Namun kalau pas di resto ada kecombrang, ya kadang dapat yang pas, pernah juga yang nggak. Pankapan boleh juga nih nyobain di Good Folks

      ReplyDelete
    10. Duh toloooong! Postingan ini mengandung racun! Itu poto-poto makanannya menggoda banget! Seru banget acara halal bihalalnya mba.. tempatnya asik makanannya enak2 juga. Lengkap deh!

      ReplyDelete
    11. Kok lucu banget sih ini kafenya ada action figurenya, kebayang sih ini kalau bawa anakku ke sini pasti dia suka banget. Terus lihat tempatnya juga asik banget ya mak Chi, nanti kapan-kapan mau juga ah main ke sana.

      ReplyDelete
    12. Wah senang ya kalau berada dalam satu komunitas yang kesukaannya sama
      Bisa saling memberikan masukan
      Bahkan bisa kasih rekomendasi makanan terbaik
      Langgeng terus ya komunitasnya
      Aku penasaran sama rasa kari sup-nya, dari foto bikin saya lapar

      ReplyDelete
    13. Air mineral kalo di resto jadi berkali2 lipat ya mbak ehhehe.. penasaran pasta dengan nuansa kecombrang :D

      ReplyDelete
    14. Wah keren nih tempatnya. Menunya lengkap banget. Dan sangat menggoda ih. Beneran Good Vibes, Good Times, Good Folks ini mah. Dijamin betah buat ngumpul-ngumpul ya.

      ReplyDelete
    15. Penasaran sama makanan yang ada kecombrangnya tuh rasanya jadi gimanakah?
      Huhuhu, aku gak pernah masak kecombrang, jadi penasaran ngliat foto-foto makanan di Good Folks, Jakarta. Circle food blogger ini luar biasaaa.. Selain jalin silaturahm, tentunya menambah pengalaman mencoba banyak hal baru yang menginspirasi pembaca.

      ReplyDelete
    16. Wah aku juga waktu itu mesen pasta kecombrang sei buat anakku tapi anakku gak mau akhirnya kami tukeran haha. Soalnya buat beberapa org emang ngrasa kecombrang kurang cucok di lidah. Aku sih enak2 aja haha.
      Kalau ke sana kyknya yang suka action2 figur bakalan seneng apalagi kalau ketemu yang satu hobi yaa. Bisa mainain koleksi2nya selain menikmati kopi maupun makanannya.

      ReplyDelete
    17. Seru ya halbil nya apalagi tempatnya cozy banget belum makanan dan minumannya waw lezat-lezat banget

      ReplyDelete
    18. Tempatnya menarik kak semoga tetap istiqomah setiap tahun kopdarnya

      ReplyDelete
    19. Andaikan saya juga ada di Jakarta nih, pasti bakalam ikut halal bihalal komunitas food blogger Indonesia. Kok salfok sama nasi Wing Geprek, pasti yummy banget

      ReplyDelete
    20. Tempatnya startegis di tengah kota dan menu F&B nya enak enak rekomended banget deh resto ini

      ReplyDelete
    21. Bisa jalan kaki dari TIM? Ini aku lihatin petanya kan engga terlalu jauh yah. Akupun penasaran dengan pasta sei plus kecombrang. Sei kan gurih, kecombrang itu ada wanginya dikit, seperti sereh dikit, nah gimana ketika mereka bersatu.

      ReplyDelete
    22. Foto-foto dan deskripsinya bikin lapar di pagi hari. Suasananya juga kayanya cozy banget, pengin bawa keluarga ke sana. Pengin cobain pasta kecombrang karena aku penyuka kecombrang ha ha. Nasi wing geprek juga menggiurkan. Aaaa pengin semuaaaa

      ReplyDelete
    23. Menghadiri acara seperti ini memberikan kesempatan untuk menikmati hidangan enak dan menjalin keakraban dengan sesama food blogger, apalagi ada menu sharing platter. udah gitu menunya beragam ya. Good Folks Jakarta menjadi tempat yang sempurna untuk acara komunitas yang penuh kehangatan dan kenangan manis.

      ReplyDelete
    24. Haduuh jadi kabita liat jus strawberry-nya warna merahnya menggoda euy. Makanannya juga enak-enak dengan harga segitu sesuai sih sama tempatnya yang elit hehe.

      ReplyDelete
    25. wah gathering para food blogger. Btw menunya keknya enak-anak ya good folk, terus aksesoris ruangannya seperto kembali ke zaman dulu

      ReplyDelete
    26. Ini padahal dekeeeet sebenernya yaa. Malah aku pernah makan di salah satu cafe di bagian atas yg deket situ. Tp good folks nya malah belum pernah.

      Penasaran juga ama rasa corn brow mbaa 😄. Kayaknya enak makan jagung bakar yg udh di iris gitu, ga ngotorin bibir hahahahahah.

      Naaah setujuuuuu dengan yg menu simple blm tentu bisa buat yg enak. Contohnya nasi goreng. Buat orang lain mungkin mudah. Tapi aku msh gagaaaaaal trus bikin nasi goreng yg enak. Ntahlah salah di mana.

      Udh ikutin resep banyak macam, ttp aja nasinya ga bisa kering dan pyaaar gitu loh. Padahal udh pake nasi yg dikulkasin semalam. Jadi walopun itu resep simple, tp ga semua orang bisa.

      Makanya kalo ke resto manapun, mau sesimpel apa menunya, ttp aja aku coba. Blm tentu aku bisa bikin yg sama

      ReplyDelete

    Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)