Selasa, 05 April 2016

Serunya Menjadi Detektif di Escape Hunt Jakarta

Detektif, Escape Hunt, Jakarta

Skala 1-5, saya akan kasih nilai 5 *1 sangat mengecewakan dan 5 untuk sangat memuaskan*

Sahabat Jalan-Jalan KeNai suka membaca komik Conan? Bagaimana dengan Sherlock Holmes? Atau mungkin senang main game online Criminal Case? Mungkin juga main game Tomb Rider? Kalau Tomb Rider memang bukan game detektif. Lebih ke action tapi seringkali dituntut memecahkan puzzle terlebih dahulu untuk bisa melanjutkan permainan. Lalu, bagaimana dengan berbagai serial detektif di televisi, seperti CSI, NCIS, Criminal Mind, dan lain sebagainya?

Kalau saya suka semua yang disebut di atas. Malah kadang suka berkhayal jadi detektifnya hehehe. Tapi ya gitu, deh. Hanya sebatas mengkhayal. Bermain pura-pura jadi detektif pun rasanya belum pernah.

Hingga Sabtu (9/4) lalu ...

Detektif, Escape Hunt, Jakarta

Hadeuuh! Kalau mau jalan, buka Google Maps trus lihat garis kuning dan merah mendominasi rasanya udah bikin stress duluan. Kalau aja di hari itu kami gak berencana mau ke Escape Hunt, rasanya memilih gak jadi keluar rumah, deh.

Iyeeess! Kami sekeluarga mau jadi detektif!

Akhirnya, kesampaian juga main di sini. Udah tau tempat ini sejak lama. Escape Hunt Jakarta memang sudah ada sejak Mei 2014.

Sambutan yang ramah dari mbak Nesya, Escape Hunt, serta ruangan yang terasa sejuk membuat kami langsung melupakan perjalanan merayap sepanjang jalan tadi. Di dominasi interior berwarna coklat dan klasik membuat suasana Escape Hunt terlihat temaram. Kami langsung memilih duduk di sofa pojok.

Detektif, Escape Hunt, Jakarta

Saya sempat tersenyum kecil ketika diminta mengisi data diri. Kami dianggap 'Detektif'. Ihiiiyy ... Gak perlu menunggu lama, setelah mengisi data diri, kami pun diajak mbak Nesya untuk briefing.

Hari itu, mbak Nesya memang menjadi game master kami. Tugas game master adalah membantu para detektif bila mengalami kesulitan. Eits! Tapi sebaiknya jangan sering-sering minta bantuan, ya. Karena setiap kali minta bantuan, maka waktu permainan akan berkurang 1 menit.

Detektif, Escape Hunt, Jakarta

Kami pun diminta menentukan siapa yang akan jadi ketua tim. Spontan, saya langsung menunjuk suami. Anak-anak juga melakukan hal sama. Kebiasaan di rumah, kalau lagi main game detektif biasanya yang paling sering memecahkan puzzle adalah suami alias ayah Keke dan Nai hehehe. Karena suami yang jadi ketua tim, mbak Nesya pun memberikan setitik wewangian dari botol kecil ke jidat suami. Katanya, semua ketua tim harus dikasih wewangian tersebut.

Namanya juga main detektif, berarti ada kasus yang harus diselesaikan. Di Escape Hunt Jakarta ada 5 kasus berbeda yang bisa Sahabat Jalan-Jalan KeNai pilih. Di hari itu, kami akan menyelesaikan kasus "Murder in The Bed Room"

Ceritanya, kami adalah tim detektif yang didatangkan dari London untuk menyelesaikan misteri pembunuhan di kamar tidur di salah satu rumah pebisnis di Indonesia. Suasananya klasik karena ceritanya memang disetting dengan suasana 100 tahun lalu. Seperti terlempar oleh mesin waktu, kami pun dibawa ke masa 100 taun yang lalu.

Detektif, Escape Hunt, Jakarta

Selesai briefing, kami diajak masuk ke salah satu ruangan. Pegangan tangan Nai sedikit mengencang di pergelangan tangan saya ketika kami semua masuk ke ruang gelap dan hanya ada 1 lampu kecil berwarna merah. Terlebih setelah pintu ditutup dan kami berempat ditinggalkan di dalam ruangan. Tapi tenang aja, setelah lampu yang lebih terang dinyalakan langsung terlihat seperti ruangan biasa bernuansa klasik, kok.

Sebelum masuk ke ruang permainan, kami diminta menaruh semua barang bawaan termasuk smartphone ke dalam loker yang dikunci. Saya langsung berkesimpulan kalau kami memang dilarang mendokumentasikan. Jadi, saya pun tidak akan menceritakan secara detil apa saja yang kami lakukan selama di dalam ruangan. Lagian percaya, deh, kalau dikasih tau duluan malah jadinya gak bakal seru lagi. Ibarat main game di PS tapi sebelum main browsing walkthrough dulu. Yaaa ... udah berkurang asiknya kalau begitu. So, buat yang penasaran mendingan ngerasain langsung main di sini :)

Detektif, Escape Hunt, Jakarta
Kalau sampe gak terpecahkan kasusnya, kayaknya salahkan Keke saja hahaha

Salah satu hal yang bikin permainan ini jadi seru adalah deg-degan berkejaran dengan waktu. Kami diberi waktu 60 menit untuk menyelesaikan kasus. 60 menit bukan waktu yang panjang mengingat ada beberapa puzzle yang harus dipecahkan. Sedangkan untuk menyelesaikan puzzle pertama saja kami menghabiskan waktu 20 menitan. Itu karena kami gak mau minta tolong game master. Sayang banget kalau sampe kena penalti. *1 menit juga berharga hehehe*

Etapi akhirnya minta tolong juga karena gak tau lagi bagaimana memecahkan puzzle pertama yang ternyata gampang bangeeett! *Tepok jidat masing-masing hahaha* Yup menyelesaikan puzzle demi puzzle di game ini seringkali menuntut peserta untuk berpikir out of the box. Ada yang terlihat susah padahal sebetulnya gampang. Begitu juga sebaliknya. Belum lagi beberapa clue yang tujuannya hanya untuk mengalihkan perhatian dari clue sebenarnya.

Selain dituntut berpikiran out of the box, sikap tenang dan bekerja sama yang baik sangat dibutuhkan di sini. Seringkali antara saya, suami, anak-anak punya pedapat masing-masing. Kalau kami bersikeras hanya ingin didengarkan pasti bisa jadi ribut. Apalagi kalau melihat jam digital di dinding yang terus berjalan ke angka 60 menit. Adrenalin rasanya mulai terpacu juga. Nai tuh yang paling sering mengingatkan tentang waktu. Bikin makin deg-degan hahaha.

Kami memang harus bekerja sama karena puzzle lain gak akan terbuka bila belum menyelesaikan puzzle sebelumnya. Pokoknya kalau Sahabat Jalan-Jalan KeNai mau main di Escape Hunt, WAJIB cari tim yang kompak. Jangan sampe pulang dari Escape Hunt malah jadi ribut wkwkwkwk. Lagian gak asik ah kalau gak kompak.

Walaupun beberapa kali harus minta bantuan game master, tetep aja gak bikin kami langsung tau jawabannya. Karena ketika meminta bantuan, game master tidak akan memberikan jawaban tetapi hanya mengarahkan pikiran kami biar gak terdistraksi kemanapun. Tetep aja kalau gak fokus atau lagi lemot mikirnya, arahan yang dikasih game master kayaknya gak akan ketebak juga jawabannya. Untungnya kami bisa hahaha. Setelah bisa menyelesaikan kasus dan keluar ruangan, rasanya puas banget. Kami berhasiiill! :D

Detektif, Escape Hunt, Jakarta

Usai bermain, kami disuguhi dengan secangkir teh. Berasa seperti afternoon tea ala Inggris, nih. Cuma kurang camilan untuk afternoon tea ajah hehehe. Saat sedang menikmati afternoon tea, sekitar 4-5 anak perempuan seusia Keke baru saja keluar dari ruangan.

Di Escape Hunt, usia minimum untuk bermain di sana adalah 7 tahun. Mungkin kalau 1 tim isinya anak-anak semua akan mengalami kesulitan. Kalau seprti itu, biasanya game master akan terus  mendampingi. Jadi buat orang tua yang hanya ingin anak mereka dan teman-temannya saja bermain, gak usah khawatir. Service mereka untuk kepuasan para pemain memang oke banget.

Walaupun tema detektif, suasananya gak bikin serem, kok.  Gak harus sekeluarga juga. Sahabat Jalan-Jalan KeNai bisa datang bersama sahabat, gathering kantor, dan lainnya. Ada 5 kasus di Escape Hunt dan tersedia 6 ruangan. Itu karena case Murder in The Bed Room ada 2 ruangan. Misalnya, Sahabat Jalan-Jalan KeNai pengen ngadain battle tim mana yang tercepat memecahkan kasus, bisa pilih Murder in The Bed Room.

Escape Hunt sudah ada di banyak negara. Kalau di Indonesia, yang pasti ada di Jakarta. Selain Jakarta, Escape Hunt juga ada di Surabaya dan Bali kalau untuk Indonesia. 1 tim bisa terdiri dari 2-5 orang. Harga setiap satu permainan tergantung dari jumlah tim. Semakin banyak jatuhnya bisa semakin murah harga per orangnya.
  • 2 orang, IDR600K (IDR300K per pax)
  • 3 orang, IDR825K (IDR275K per pax)
  • 4 orang, IDR960K (IDR240K per pax)
  • 5 orang, IDR1.050K (IDR210K per pax)
Tim kami berjumlah 4 orang. Berarti untuk sekali bermain, akan dikenakan harga IDR960K per tim. Atau biaya per orangnya IDR240K.

Kami masih penasaran dengan 4 kasus lain. Terpikir untuk bermain lagi. Sebagai catatan penting, bila Sahabat Jalan-Jalan KeNai ingin bermain di Escape Hunt sebaiknya datang tepat waktu. Setiap tim akan diberi waktu bermain 1 jam. Kalau tim Sahabat Jalan-Jalan KeNai terlambat datang, tentu bisa mengganggu tim lain yang akan bermain berikutnya. Menjadi kelamaan menunggu. Pertimbangkan akses ke Kemang yang biasanya padat terutama di hari Sabtu, ya. Jangan mepet waktu jalan dari rumah.

Lebih bagus lagi kalau Sahabat Jalan-Jalan KeNai juga booking dulu. Paling tidak sehari sebelumnya. Ya, siapa tau aja di hari yang ditentukan sedang penuh. Kalau Sahabat Jalan-Jalan KeNai udah booking, pasti akan tetap kebagian.

Escape Hunt buka setiap hari termasuk tanggal merah, kecuali di hari raya Idul Fitri. Gak sulit mencari lokasi Escape Hunt. Apabila Sahabat Jalan-Jalan KeNai sudah tau KFC Kemang, Escape Hunt hanya berjarak beberapa meter saja dan masih sejajaran.

Detektif, Escape Hunt, Jakarta 
Yeaay! We did it! Jadi penasaran sama case lainnya. Pengen juga cobain Escape Hunt di kota atau negara lain. Karena setiap tempat bisa berbeda-beda casenya :)

Escape Hunt Jakarta

Jl. Kemang Raya No. 15, 2nd Floor
Jakarta Selatan 12730

Phone: 021-9785 7828 | 021-7179 4600

www.jakartaescapehunt.com
www.escapehunt.com

Fanpage: EscapeHuntJakarta
Twitter: EscapeHuntJKT

 Follow Me

44 komentar:

  1. menarik ya mbak.. jd pengen kesana tp belum ketemu timnya,:(

    BalasHapus
  2. wow seru nih kayaknya. secara aku n boyz demen maen criminal case (sekarang emaknya aja yg maen sndirian, hihi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, seru Mbak. Cukup mengasah otak hehehe

      Hapus
  3. Unik bangettt. Pengen coba jadinya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. seseruan sama teman atau keluarga hehe

      Hapus
  4. Wow, bawa-bawa kaca pembesar juga, kayak conan, hahaha. Seru ya mbak, kalo satu keluarga main dalma satu tim :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan, detektif. Salah satu alat perangnya adalah kaca pembesar hehehe

      Hapus
  5. Skr banyak ya mainan model gini, seru dimainkan sama keluarga. Aku pernah juga tapi daerah serpong

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belum pernah coba malahan yang di Serpong

      Hapus
  6. lagi model bangeeet ya games seperti ini..di sini juga banyak mak..detective night, bahkan untuk yang ngedate hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. walah sampe ada yang buat ngedate segala. Maksudnya detektif sama penjahatnya trus ngedate? :p

      Hapus
  7. Wah seru dan menarik nih mak... sayang di dekat2 Madiun belum ada ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ke Surabaya aja, Mbak. Eh, kejauhan, ya? :D

      Hapus
  8. Wah asyik ya permainan seperti ini. Anak-anak pasti suka.
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
  9. walah, di daerah macet hehehehe

    BalasHapus
  10. ya ampuun kreatif banget ini yang bikin gamesnya!

    BalasHapus
  11. main detecticve seru juga ya Mbak.

    di Yogya belum ada kayaknya

    BalasHapus
  12. Serruuuu bangeeeeettt...
    Asli jd prnasaran pemgen nyobain apalagi pake kostum sherlock gtu pasti langsung menjiwai peran deh. Kereenn

    BalasHapus
  13. waaa seru banget, kebayang deh ini ngajak abang sama kakak ke sini plus si bungsu dan ayahnya, pasti pada suka banget.., thanks infonya ya Myr!

    BalasHapus
  14. Ya ampun ya ampun ya ampun, seru banget maaaaak. Duh siapa sih yang nggak mau jadi detektif?? Ini untuk anak 4-5thn cocok nggak sih mak permainannya? untuk 240k perpax itu worth it ngga? Aaaaak pengeeeennnnnn!

    BalasHapus
  15. Wuaaah seru banget. Wajib banget nih diampiri kalo ke Jakarta :D

    BalasHapus
  16. Wah keren n seru banget ya mba..

    BalasHapus
  17. seru maaak... ada juga sih di surabaya, tapi cuma lihat dari chat teman :D
    setelah dari escape hunt kudu semakin kompak ya :D

    BalasHapus
  18. Cici Myra, suka banget deh kalo lihat kekompakan keluarganya
    Oiya, nanti kalo ke Jakarta mau cobain deh tapi Salfa masih 21 bulan. Ntar malahan dia yang dicariin hahaha

    Sukses ya Cici

    *BTw, itu Keke dan Nai udah makin besar aja. Padahal rasanya baru kemarin lihat foto-fotonya yang masih anak-anak

    BalasHapus
  19. Lucu ya.. jadi pengen coba di sby

    BalasHapus
  20. Wah, menantang banget ini secara kita sekeluarga hobi banget sama yang berbau-bau detektif. Harus nyoba

    BalasHapus
  21. seru nih buat kekompakan sekeluarga ya mak

    BalasHapus
  22. woow penasaran banget mak kaya apa serunya...

    BalasHapus
  23. mahal juga yaa, cari di groupon aaah, siapa tau ada voucher

    BalasHapus
  24. Wah ada ya di Ind. Lucu amat. Seru nih buat yg suka CSI

    BalasHapus
  25. wiiihhh... ini seruu kayanya
    sebagai penyuka cerita detektif saya jadi pengen ke sini...

    BalasHapus
  26. waaa.. menarik sekali.. aku juga suka tuh mba nonton criminal minds, csi, ncis, hehe.. tapi belum pernah main game detektif kayak gini.. bisa dicoba kalo pas pulang ke surabaya :D

    BalasHapus
  27. Seru banget ya. Apalagi pakai seragam kompakan begini...

    BalasHapus
  28. serius penasaran dengan pakai seragam kayak gini. gokil ya mungkin jika pakai sragam sama kayak gini ini. kelihatan kompak gitu.

    BalasHapus
  29. wah keren2.... pake baju ala2 detektif gitu lagi yaa.. aku suka permainan ala2 detektif gini mbak... tapi kadang membaca komik/novel detektif udh pasti bedalah ama main langsung... Harganya tapi lumayan juga ya... cuma kalo emg seru sih ga masalah.. ga tau deh tapi suami suka ga ya main2 yg bgini... :D.. Ini tempatnya aku tau sih kalo dari ancer2mu, deket bgt ama kantor cabangku.

    BalasHapus
  30. Seru banget kayaknya main detective nya...jd pengen. Harganya lumayan yak Mbak..kalau keluarga berempat 900rb an.

    BalasHapus
  31. Hmm muantappp banget ya mbak, ahi hi hi.

    BalasHapus
  32. Wew! Seru banget ini acara, pakai seragam pula. Nambah kekompakan ya Chi sama keluarga :D

    BalasHapus
  33. sayangnya baru ada di 3 kota di indonesia, saya pengen main detektif-detektifan juga Mbak..

    BalasHapus
  34. ini yang lagi ngehits di Jakarta itu ya?

    2 org 600k :|

    BalasHapus
  35. Seru banget keliatannya, jadi pengen nyoba :D

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...