Featured Post

Tanakita Rain Forest Festival, Hari ke-3 dan 4

  Tanakita Rain Forest Festival

Jumat, 21 April 2017

Mudahnya Akses Menuju Bintaro Xchange Mall

Mudahnya Akses Menuju Bintaro Xchange Mall

Hari Minggu lalu (16/4), saya diundang untuk review menu resto Sushi Nobu Bintaro Xchange. Sempat rada panik begitu ingat kalau pekan lalu adalah hari terakhir long weekend. Khawatir pulangnya kena macet parah, uy! Karena kalau lihat di timeline socmed, hari pertama long weekend tuh udah macet di mana-mana.

Trus saya ingat kalau ke Bintaro Xchange bisa naik commuter line alias KRL. Pertama kali saya tau informasi ini saat diundang ke acara mall tour Bintaro Xchange tahun 2014 silam. Katanya sih akan ada jalur yang memudahkan bila naik KRL ke Bintaro Xchange. Waktu itu masih rencana, mallnya juga belum sepenuhnya jadi. Tapi kalau BX Rink, tempat main ice skatingnya udah ready dan saya sempat bermain di sana.

[Silakan baca: BX Rink]

Mudahnya Akses Menuju Bintaro Xchange Mall Ada shuttle bus juga. Tapi saya gak hapal jadwal dan rutenya

Saya pun mulai cari-cari info akses menuju Bintaro Xchange Mall bila menggunakan commuter line. Kelihatannya mudah tapi bukan berarti deg-degan saya langsung hilang. Abis jarang juga jalan jauh sendirian. Setelah berbagai pertimbangan *tadinya suami malah mau nganterin*, saya pun (nekat) jalan sendiri. Btw, di postingan sebelumnya saya cerita kalau saya bukan tipe solo treveler. Makanya pergi ke Bintaro sendirian aja deg-degan hehehe.

[Silakan baca: Tip Traveling Bersama Anak]

Dari rumah mertua *selama long weekend, nginep di mertua hehehe* naik Go-Jek sampai stasiun Manggara untuk naik kereta jurusan Tanah Abang. Dari stasiun Manggarai ke Tanah Abang cuma selisih 4 stasiun saja. Dari Tanah Abang naik kereta yang ke arah Serpong dan turun di Jurang Mangu.
Tip 1 - Kalau bukan pengguna commuter line secara rutin, saat beli tiket kereta langsung sebutkan tujuannya. Kalau pulang di hari yang sama, sebaiknya langsung beli tiket PP. Jadi saat pulang gak perlu beli tiket lagi.
Begitu keluar stasiun Jurang Mangu, saya mulai deg-degan karena harus berjalan kaki dan melewati kolong jembatan. Duh! Serem gak, ya? Sepi gak, ya? Deg-degan banget! Ternyataaaaa ... Tidak menakutkan seperti yang saya kira.

Mudahnya Akses Menuju Bintaro Xchange Mall 
Dari stasiun, Sahabat Jalan-Jalan KeNai belok ke kiri bila ingin ke Bintaro Xchange Mall. Belok kanan bila ingin ke Ciputat, Tegal Rotan, atau Bintaro sektor 9

Dari stasiun Jurang Mangu ada petunjuk yang sangat jelas. Kalau mau ke Bintaro Xchange Mall harus belok kiri. Kolong jembatan yang saya takutin ternyata gak gelap. Pedestrian dari stasiun menuju mall nya bagus, lebar, dan bersih. Banyak yang berjalan kaki, bersepeda, lari, atau sekadar foto-foto. Dari stasiun menuju mall hanya membutuhkan waktu 5 menit saja berjalan santai. Yup! Sesekali saya berhenti untuk motret sekeliling. Dalam waktu singkat udah sampe mall.

Mudahnya Akses Menuju Bintaro Xchange Mall 
Nyaman jalan di sini. Tapi kalau hujan gak ada tempat berteduh 😄

Mudahnya Akses Menuju Bintaro Xchange Mall
Tip 2 - Pedestrian menuju Bintaro Xchange Mall memang nyaman tapi gak ada salahnya membawa payung atau topi, kalau perlu membawa jas hujan.
Bintaro Xchange benar-benar mengusung konsep green mall. Di sini gak cuma tempat berbelanja tapi ruang hijaunya juga luas. Yang sangat menyenangkan adalah ruangan hijaunya gak hanya untuk dinikmati mata. Tapi pengunjung juga boleh bermain di lapangan rumputnya. Gak heran kalau di sana banyak keluarga yang mengajak anak-anaknya main bola, lari-larian, bahkan ada juga beberapa rombongan yang asik piknik.

Mudahnya Akses Menuju Bintaro Xchange Mall Banyak pengunjung, terutama keluarga, yang bermain di area kolam ikan koi. Di sekitarnya juga ada beberapa penjual makanan/minuman

Mudahnya Akses Menuju Bintaro Xchange Mall

Mudahnya Akses Menuju Bintaro Xchange Mall

Mudahnya Akses Menuju Bintaro Xchange Mall
Di mall ini juga suka ada yang piknik

Selesai acara di Sushi Nobu, saya kembali naik kereta. Dari stasiun Jurang Mangu naik kereta arah ke Tanah Abang. Di stasiun Tanah Abang, saya rencananya mau naik kereta jurusan Bekasi dan turun di stasiun Jatinegara. Tapi keretanya gak datang-datang sedangnya kereta yang lewat stasiun Manggarai udah beberapa kali lewat. Saya pun memutuskan naik kereta yang ke arah stasiun Manggarai lagi.

Sampai stasiun Manggarai, saya sempat galau. Lanjut naik ojek online atau naik kereta lagi dan turun di stasiun Jatinegara? Diputuskan naik kereta lagi aja karena saya penasaran seperti apa rasanya kalau turun di stasiun Jatinegara hehehe. Agak nunggu lama di stasiun Manggarai karena saya rada lama galaunya, akibatnya ketinggalan kereta 😂 Alhamdulillah, sampai juga di rumah dengan selamat. Selama perjalanan pun aman.
Tip 3 - Apabila dari Tanah Abang, Sahabat Jalan-Jalan KeNai ingin ke Bekasi, sebaiknya naik kereta ke stasiun Manggarai dulu. Dari stasiun Manggarai baru lanjut naik kereta ke Bekasi. Sebetulnya dari Tanah Abang juga ada kereta dengan tujuan Bekasi tapi lama sampenya. Udah gitu rutenya muter, ngelewatin Angke segala.
Saat keberangkatan, saya hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja dengan kondisi kereta semuanya cukup kosong. Jadi selama perjalanan dapat duduk. Berangkat dari rumah pukul 09.30 wib, sampai mall pukul 10.30 wib.

Kalau pulangnya membutuhkan waktu yang agak lama. Sekitar 2 jam dengan kondisi kereta yang penuh. Saya berdiri sepanjang perjalanan kecuali saat naik kereta dari stasiun Manggarai hingga stasiun Jatinegara. Jaraknya cuma 1 stasiun, jadi duduk juga gak berasa hehehe.
Tip 4 - Sangat disarankan untuk memakai outfit senyaman mungkin. Waktu berangkat ke mall, suasana semua stasiun dan kereta masih sepi. Tapi begitu sore hari mulai ramai. Apalagi di stasiun Tanah Abang. Beugh! Rame banget! Untuk pindah dari satu jalur ke jalur lain harus turun naik tangga. Elevator sih ada tapi lebih rame lagi. Saya lebih memilih naik tangga saja.
Perjalanan pulang menjadi lebih lama karena beberapa kali Chi harus menunggu kereta, termasuk saat menggalau di stasiun Manggarai. Beberapa kali kereta berhenti saat mendekati pintu perlintasan. Di stasiun Tanah Abang, suasana sore hari penuh sesak dengan orang sehingga harus berjalan perlahan.
Tip 5 - Tidak hanya outfit yang harus diperhatikan. Keselamatan dan keamanan juga, apalagi di tempat yang sangat ramai seperti stasiun Tanah Abang. Sebaiknya tas diletakkan di depan dan dipeluk. Kalau bawa anak, orang tua, atau ibu hamil sebaiknya dijaga keamanannya karena sangat berdesak-desakan.
Alhamdulillah, bisa juga saya jalan ke daerah Bintaro sendirian. Transportasinya udah lumayan nyaman dan jelas juga, sih makanya berani. Tapi tetep aja lebih nyaman jalan bareng-bareng. Apalagi ma keluarga. Siapa tau lain kali pengen piknik di sana juga, lah. Yuk!

Ada sedikit cerita saat perjalanan menuju stasiun Jurang Mangu, saya hampir aja kesasar. Gara-garanya, menjelang tiba di stasiun Tanah Abang, saya ragu mau turun karena melihat rute yang ada di dinding kereta kok gak ada stasiun Jurang Mangu *Ternyata mata saya aja yang waktu itu rada siwer.* Padahal udah cari info di Google dan tanya ke petugas di Manggarai juga dan semuanya bilang kalau mau ke Jurang Mangu turunnya di Tanah Abang. Akhirnya, saya nanya lagi ke petugas keamanan kereta.

Saya: "Selamat siang, Mas. Kalau mau ke Jurang Mangu, saya turun di mana, ya?"
Petugas: "Jurang Mangu ya, Bu? Saya gak tau."

Duh! Ini petugas kereta kok gak tau, sih?

Saya: "Gitu ya, Mas. Kalau mau ke Tangerang turunnya di mana? Ada yang bilang di Tanah Abang, tapi saya khawatir salah."
Petugas: "Kalau mau ke Tangerang turunnya di Duri, Bu."
Saya: "Oh, terima kasih, Mas."

Saya pun duduk kembali. Sambil merasa aneh kenapa semua info bilangnya turun di Tanah Abang? Apa ada perubahan jalur? Gak lama kemudian ...

Petugas: "Bu! Ibu mau ke Jurang Mangu?
Saya: "Iya, Mas."
Petugas: "Kalau mau ke Jurang Mangu turunnya di Tanah Abang trus naik kereta yang ke Serpong."

Hadeuuuhh! Untung kereta berhenti agak lama di Tanah Abang. Kalau enggak saya udah keburu kebawa ke Duri trus mungkin bakal ngomel karena salah turun. Jadi kesimpulannya, kereta jurusan Serpong ma Tangerang itu beda 😂 Ya ini karena punya tante yang tinggal di Serpong dan saya terbiasa bilangnya Tangerang kalau mau ke sana hehehe.
Tip 6 - Banyak cari info dan jangan sungkan untuk bertanya. Inget pepatah "Malu bertanya, sesat di jalan." Saya udah nanya aja sempat hampir tersesat. 😁
Bintaro Xchange Mall






13 komentar:

  1. seger ya sepanjang mata memandang ngeliat yang ijo ijo...

    BalasHapus
  2. Aku belum pernah coba loong dr st ke Bintaro Xchange. Setahu aku, Serpong ya Tangerang, tapi emang jurusannya beda, Mbak. Aku di Tangerang kota, kalau dari Manggarai, aku turun di duri, lanjut kereta Tangerang. Tapi kalau aku mau ke serpong, aku turun tanah abang, kemudian lanjut kereta ke serpong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, ternyata beda. Untung saya gak turun di Duri :D

      Hapus
  3. Mall nyaa asik yaaa hijaau banget dan bisa piknikk jugaaa. . Hehehehe aku bookmark yaak nanti pas main ke daerah Bintaro bukaa lagi 😁 bukan org jakartaaa soalnya. .wkwkw nice sharing, salam kenaal 😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga. Nanti kalau ke Jakarta dan Tangerang, main ke sini ya :)

      Hapus
  4. Keren juga ya tempatnya mba. Aku belum pernah ke Bintaro ini neh.

    BalasHapus
  5. kalau ada shuttle jadinya enak ya mba

    BalasHapus
  6. Kerenn..belom ada mall yg ijo royo2 kek gini mak.bikin betah ya

    BalasHapus
  7. Konsep baru ngemall, ga harus terus di ruangan ber AC. Seru yaa bisa piknik & olahraga disitu. Anak anak pasti seneng

    BalasHapus
  8. tempatnya fresh dan asik buat santai nih..

    BalasHapus
  9. Ke Bintaro kalau dari rumah saya juga cukup jauh, makanya kalau ada event daerah Bintaro, saya nggak ngambil, haha... Ternyata keretaan pun bisa juga ya jadi alternatif.

    BalasHapus
  10. Nyaman banget ya, aku sering ke sini karena deket :)

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...