Ticker

6/recent/ticker-posts

Pepes Ikan Mas Lembur Sarerea dan Kenangan tentang Almarhumah Mamah Mertua

Pepes Ikan Mas Lembur Sarerea dan Kenangan tentang Almarhumah Mamah Mertua - Sore itu, saya bersama Keke dan Nai dengan naik salah satu mobil online menuju rumah makan Lembur Sarerea yang berlokasi di Halim.

Saya sedang malas menyetir mobil, makanya lebih memilih order kendaraan. Pilihan yang tepat rupanya karena sore itu jalanan cukup macet. Mana sopirnya sempat salam masuk ke bandara Halim Perdankusuma. Akhirnya, kami harus sedikit menikmati macet, sekadar bisa keluar dari bandara tersebut.


pepes ikan mas lembur sarerea

Sampai juga kami di Lembur Sarerea. Lokasinya tidak jauh dari bandara. Suasana sangat ramai di sana karena resto ini baru saja diresmikan. Ya, kami ke sana pada bulan September 2016. Sudah pernah saya posting juga tentang resto ini saat diresmikan di akun instagram @ke2nai.

Sebetulnya, resto ini gak bisa dibilang baru berdiri juga. Hanya membuat konsep baru. Rumah makan ini sudah sejak tahun 1989. Dulu namanya Rumah Makan Pasundan. Dari namanya aja udah ketebak ya menjual kuliner dari daerah mana?

Yup! Resto ini menyajikan berbagai macam kuliner tradisional Jawa Barat. Lembur Sarerea juga masih berasal dari bahasa Sunda yang berarti Kampung Halaman Bersama. Perbedaan dari konsep lama adalah dengan nama baru juga menyajikan kuliner Indonesia dari daerah lain. Tetapi, tentu saja andalannya tetap kuliner Sunda yang merupakan resep turun temurun dari keluarga pemilik resto. Interior di Lembur Sarerea juga berubah konsep menjadi lebih nyaman dan lebih besar.

[Silakan baca: Makan di Bakoel Ussy, Cukup Rp50 Ribu Udah Bisa Makan Enak dan Kenyang]


Terkenang Pepes Ikan Mas Buatan Almarhumah Mamah Mertua


pepes ikan mas lembur sarerea, kuliner jakarta, halim perdanakusuma

Saya senang banget melihat beraneka makanan yang disajikan. Semua terlihat enak. Memang benar kalau tidak hanya masakan Sunda. Ada juga masakan Padang berupa rending.

Saya menulis review tentang rumah makan ini di blog karena lagi teringat dengan almarhumah mamah mertua. Pepes ikan mas buatan mamah tuh paling enak!

Tidak hanya rasanya yang nikmat. Tetapi, durinya juga lunak. Makanya nikmatnya sampai ke seluruh bagian ikan. Kami pun gak khawatir akan keselek duri saat menyantapnya.

Untuk membuat pepes ikan mas dengan duri yang lunak begitu butuh proses yang sangat lama. Makanya, sekali memasak bisa untuk beberapa kilogram ikan. Boros gas dan capek tenaga kalau cuma masak 1-2 ekor aja. Sebelum memasak mamah akan nawarin dulu ke tetangga atau lainnya.

Saat saya mencoba pepes ikan mas di Lembur Sarerea, langsung teringat sama almarhumah mamah. Persis deh rasanya. Durinya juga lunak.. Saya langsung mikir, kalau mamah lagi gak masak pepes, mending order di sini aja. Soalnya saya suka agak malas kalau masak pepes. Suka gak telaten ngebungkusnya.

[Silakan baca: Gubug Makan Mang Engking, Kopo, Bandung -  Kumpul Keluarga untuk Syukuran Ulang Tahun Papah]


sop buntut, kuliner jakarta

Menu lainnya juga enak-enak, lho. Sop buntutnya lembut dan kuahnya gurih. Sayangnya pakai seledri. Jadi, saya harus menyingkirkan pelan-pelan seledrinya sebelum menikmati makanannya. Lain kali, saya order tanpa pakai seledri.

menu prasmanan lembur sarerea, makanan sunda
jeroan, kuliner halim perdanakusuma

Menu prasmanannya juga enak-enak. Saya memang gak cobain semua. Tapi, sempat icip-icip punya anak-anak juga. Penggemar jeroan kayak saya bisa bersorak-sorak gembira. Jadi segala pengen kalau kayak begini hehehe.

[Silakan baca: Nikmatnya Nasi Bancakan Abah Barna]



Tentang Nusatrip


Seperti yang sudah ditulis di awal, lokasi resto ini dekat banget dengan bandara Halim Perdanakusuma. Jadi buat Sahabat KeNai yang baru aja mendarat, trus perutnya udah menuntut minta diisi, bisa banget mampir dulu buat makan di sini. Atau pengen bawa kuliner Sunda sebagai oleh-oleh? Resto ini juga siap untuk menyiapkan makanan yang sudah dikemas dengan baik. Jadi, sebelum terbang, Sahabat KeNai bisa mampir dulu ke sini. Order by phone dulu juga bisa. Sampai resto tinggal ambil, deh.

Namanya juga traveling, biasanya sudah direncanakan sebelumnya. Kalau mau praktis, Sahabat KeNai bisa menggunakan salah satu jasa dari portal pejalanan, yaitu Nusatrip.

Coba deh Sahabat KeNai cek dulu tentang pengalaman pelanggan Indonesia menggunakan Nusatrip supaya lebih yakin. Melihat review memang penting bagi saya. Ya siapa juga yang pengen ada drama saat liburan ya, kan? Apalagi kalau dramanya karena salah memilih online travel agent.


Lembur Sarerea










Posting Komentar

28 Komentar

  1. nah, jadi penasaran nyobain pepesnya.. aku suka pepes.., tetapi selama ini lebih sering makan pepes dengan bumbu merah yang banyak cabe sama bawangnya...,
    ala mertua juga

    BalasHapus
  2. Fahmi putra saya awalnya sangat anti makan ikan dan daging. Tapi setelah dipindang (proses pepes dengan kuah) dia jadi suka banget. Mungkin karena lembut dan bumbu terserap semua ya. Jadi lebih terasa enaknya

    BalasHapus
  3. Pepes ikan mas itu enaaaakkk kalo bisa bikinnya. Aku sih nggak terampil.

    Senang bisa baca review ini. Jadi kalo pulang traveling lapar, bisa mampir ke sini sebelum pulang ke Bogor.

    BalasHapus
  4. pepes ini masakan kesukaan saya
    bau daun yg berbaur di ikan sangat ngangeni

    BalasHapus
  5. Heheh dirimu sama kyk suamiku, gak suka seledri. Dia jg gk akan makan makanannya kalau blm bersih dr seledri wkwkw.
    Jd pengen juga nih nyobain makanan di sana, terutama pepes ikan masnya itu mbak :D

    BalasHapus
  6. Belum pernah makan pepes ikan mas nih Mbak.
    Tapi itu makanannya menggoda banget yaah, penyajiannya juga cakep deh. Gak sia-sia ya Mbak sempat menikmati macet dulu sebelum menikmati menu yg lezat2 ini.

    BalasHapus
  7. Wah iya mba, aku kalo ke rumah adikku di Bogor tuh suka disuguhi pepes ikan mas. Bumbunya tuh bisa meresap, dagingnya juga enak gitu. Ngabisin nasi deh kalo teman makannya pepes ikan mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi kalau durinya lunak. Semakin enak rasanya

      Hapus
  8. Itu pepes ikannya terlihat menggoda sekali. Jadi bikin laper lagi deh. Tapi emang sih, masak pepes agak ribet menurutku. Paling males pas mbungkus2nya. Jdnya ya ga pernah masak pepes di rumah. Kalau pengin pepes mending beli aja yg praktis hehehe

    BalasHapus
  9. Wah menunya menggoda baanget ini, o ya klo resep ibu mertua saya kayaknya 80 peesenan sdh turun ke suamiku hahaha..suami hobinya masak krn dulubpunya tugas bantuin racik bumbu klo mertua masak..🤣🤣

    BalasHapus
  10. Kalau nemu pepes ikan, saya paling suka makan sampai tandas tak tersisa. Termasuk kepala ikannya, dibongkar sampai habis deh..yummy...

    BalasHapus
  11. Wah kebalikan banget sama aku ya Chi, dikau tak suka seledri, aku penggemar seledri kelas berat. Kalau makan nasi goreng aja bisa ngabisin seledri berbatang-batang untuk lalapan. :))

    Pepes ikan masnya sungguh menggugah selera. Bumbunya banyaaaakk... Aku nggak begitu doyan ikan sih, tapi kalau ikan mas yang notabene ikan air tawar gini masih bisa masuk lah. Apalagi dibikin pepes, kan yang lebih terasa bumbunya. Syedaaappp....

    BalasHapus
  12. Ibuku masak pepesnya nendang bangets Mbak..Hiks, jadi kangen sama Ibu di Kediri
    Wah, bisa ke sini kalau pas kangen pepes ikannya Ibu
    Makasih infonya:)

    BalasHapus
  13. Aku sering ke rumah temen di Halim, lho. Di perumahan AL itu, tapi kok gak lihat ya. KUrang celinga-celinguk sepertinya. IKannya emang kelihatan mak kres banget. Tapi kalau ada Sop Buntut anakku pasti pilih Sop Buntutnya. BIasalah, anak-anak ma sukanya yang bening berkuah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga sempat kelewatan. Tetapi, sekarang udha hapal lokasinya

      Hapus
  14. Hwaaa saya malah naksir sama sop buntutnya nih mbak. Lho? Emang kenapa kalau pakai seledri, mbak?

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)