Pucuk Coolinary Festival Siap Meramaikan 5 Kota di Indonesia. Kalau tahun sebelumnya sukses diselenggarakan di 2 kota, pada tahun 2019 ini siap diselenggarakan di 5 kota di Indonesia. Kota mana saja yang akan meramaikan event kuliner ini?

pucuk coolinary festival 2019, event kuliner

Success Story Pucuk Coolinary Festival Tahun Sebelumnya


Sebelum membahas tentang event yang akan digelar mulai akhir Maret 2019, saya ceritakan dulu kisah sukses event ini di tahun lalu. Pucuk Coolinary Festival 2018 diselenggarakan di 2 kota yaitu Bandung dan Malang.

Setiap kota, menyelenggarakan event selama 2 hari. Di kota Malang berhasil menarik pengunjung sejumlah 58.000+. Di Bandung malah lebih besar lagi yaitu 83.000+ pengunjung. Luat biasa banget, kan?


5 Kota di Indonesia yang Akan Menggelar Pucuk Coolinary Festival


Kesuksesan menyelenggarakan event kuliner ini di tahun sebelumnya, membuat Teh Pucuk Harum kembali menggelar acara yang sama di tahun 2019. Tetapi, kali ini digelar di 5 kota yaitu Jogja, Medan, Makassar, Denpasar, Palembang.

[Silakan baca: Sop Konro Mamink Daeng Tata' yang Melegenda]

Sahabat KeNai mungkin sudah familiar dengan kuliner Gudeg Jogja, Bika Ambon Medan, Sop Konro Makassar, Sambal Matah Bali, dan Pempek Palembang.  5 kota ini memiliki banyak kuliner tradisional yang legendaris. Tidak hanya itu, kuliner kekiniannya pun banyak. Oleh karena itu 5 kota ini terpilih untuk menyelenggarakan event Pucuk Coolinary Festival 2019


"Konsep Pucuk Coolinary Festival pada tahun ini menghadirkan lebih dari 100 tenant kuliner yang terbagi dalam 3 zona yaitu manis, gurih, dan pedas di masing-masing kota," ujar Yustina Amelia, Brand Manager Teh Pucuk Harum.


Temukan Rasa Favorit Mu di Pucuk Coolinary Festival 2019


temukan rasa favorit mu, pucuk coolinary festival, teh pucuk harum

Tentunya ada banyak keseruan di acara wisata kuliner ini. 10.000 porsi makanan akan dibagikan secara gratis hanya dengan menukar dua botol Teh Pucuk Harum. Ada juga sesi 'Happy Hour' yang akan memberikan voucher makan IDR10K di semua tenant pada waktu tertentu.

Sahabat KeNai yang cinta banget dengan rasa pedas bisa ikut "Spicy King Noodle Contest". Lomba makan mie berukuran jumbo dengan level pedas yang sudah ditentukan panitia. Hadiahnya tentu saja sangat menarik.

Keseruan festival ini gak hanya untuk para pengunjung. Akan ada juga pemilihan tenant favorit. Semua pengunjung bisa ikut memilih dan ada grandprize 2 unit motor setiap hari selama acara berlangsung. Sedangkan bagi tenant yang terpilih akan mendapatkan hadiah sejumlah uang tunai.

Ada 3 tenant favorit yang terpilih. Masing-masing 1 dari setiap zona. Tentunya ini bisa menjadi kabar gembira bagi para UMKM yang bergerak di bidang kuliner. Uang tunai yang didapatkan bisa dijadikan modal untuk mengembangkan usaha.

[Silakan Baca: Kopi Angkringan Dago - Tidak Perlu ke Jogja]


Tips Makan Banyak di Event Kuliner


Datang ke event kuliner di mana 100 tenant favorit di depan mata bisa menyenangkan sekaligus bingung. Pengennya dicobain semua, tetapi kapasitas perut kan belum tentu bisa menampung sebanyak itu.

Bahkan Magdalena, IG Foodies (@mgdalenaf), yang mengaku makan sehari maksimal 15x dalam sehari mengatakan gak sanggup kalau harus makan di semua tenant event kuliner *makan 15x dalam seharinya, tetapi bisa tetap kurus seriusan bikin ngiri 😂*.


Menurut Magdalena, tips saat datang ke event kuliner adalah datang beramai-ramai. Saling berbagi makanan sehingga dalam satu event jadi bisa makan banyak.

Magdalena juga terkenal sebagai foodies yang suka sekali makan pedas. Tipsnya adalah jangan makan pedas dalam keadaan perut kosong. Makan dulu yang manis, baru yang pedas. Dalam event ini ada 3 zona, berarti sebaiknya cobain makan manis dulu, gurih, dan terakhir pedas. Supaya perutnya gak bermasalah menurut Magdalena.


Tips Sukses Membangun Usaha Kuliner


Salah satu tenant yang berhasil meraih juara pada event Pucuk Coolinary Festival di Bandung adalah Ayam Geprek Crisbar. Kuliner ayam geprek saat ini sedang ngetrend. Tentunya butuh kiat tertentu agar mampu bersaing dari sekian banyak usaha kuliner menu ini.

"Ayam Geprek Crisbar didirikan pada September 2017. Awalnya berupa gerobakan yang lokasinya di pintu keluar ITB. Target marketnya adalah mahasiswa, sehingga harganya pun menyesuaikan. Selain itu, pembeli juga bisa menambah nasi sepuasnya," ujar Filbert, owner Ayam Geprek Crisbar.

Saya jadi ingat dengan cerita para sepupu yang tinggal di Bandung. Kalau di kampus mereka ada yang jual ayam geprek dengan rasa enak dan murah. Udah gitu bisa nambah nasi sepuasnya. Saya gak tau apa yang dimaksuk para sepupu saya adalah ayam geprek Crisbar atau bukan. Tetapi, harga mahasiswa dan bisa makan nasi sepuasnya bagi para sepupu saya itu sangat menyenangkan.

Sebelum ikut Pucuk Coolinary Festival, Ayam Geprek Festival sudah memiliki 7 outlet. Keberhasilan meraih predikat tenant favorit untuk zona pedas membuat outletnya semakin banyak. Oleh karena itu Filbert menyarankan bagi para pelaku UMKM kuliner untuk ikut serta dalam event ini.


Jogja akan menggelar Pucuk Coolinary Festival 2019 pada akhir Maret 2019. Untuk 4 kota lainnya ikuti terus update terbaru di www.tehpucukharum.com. @pucuk harusid (IG, Twitter, dan Fanpage), atau YouTube Channel Pucuk Harum.

Pengunjung yang datang ke sini tidak dikenakan tiket masuk. Kita bisa membayar kuliner yang dibeli dengan uang tunai atau OVO. Bila menggunakan OVO akan ada diskon yang menarik.

Yuk, rame-rame datang ke sana dan temukan rasa favorit mu!


pucuk coolinary festival, teh pucuk harum, festival kuliner