Jalan-Jalan KeNai

Blog family traveling tentang adventure, kuliner, hotel, dan tips perjalanan

Tips Agar Tidak Ketinggalan Pesawat

Sejak beberapa hari menjelang keberangkatan kami ke Malaysia, (alm) papah terus berkoordinasi dengan saya. Kalau jalan-jalan sama papah memang seperti itu. Apalagi kalau naik pesawat. Bakal diingatin terus setiap saat supaya jangan sampai ketinggalan pesawat.

Tips Agar Tidak Ketinggalan Pesawat


Sebelum saya melanjutkan cerita, Sahabat KeNai sudah tau kalau selain bus juga sekarang ada DAMRI Shuttle Bandara? Transportasi ini bisa diandalkan dari atau menuju bandara. Jumlah armadanya pun cukup banyak, hampir 3000 unit. Sahabat KeNai bisa cek rute damri bandara di situs Traveloka.com.

DAMRI termasuk salah satu perusahaan transportasi legendaris di Indonesia. Bahkan saking legendarisnya, (almh) nenek saya kalau naik bis bilangnya naik DAMRI. Mau bis apa juga bilangnya begitu hehehe.

Sudah banyak prestasi yang diraih perusahaan transportasi ini. Mengenai layanan dan fasilitas DAMRI Shuttle Bandara sendiri merupakan solusi praktis bagi para penumpang yang menuju atau dari bandara. Jadwal keberangkatan setiap jam dengan harga yang terjangkau. Kendaraannya pun ber-AC, kursi recliner, dan bagasi. Keselamatan penumpang diperhatikan dengan menyediakan berbagai alat penunjang keselamatan dan kesehatan.

Balik ke cerita jalan-jalan bersama (alm) papah. Pernah ya saat kami di Malaysia, sopir taxinya tertawa kecil begitu tau jadwal keberangkatan kami ke Indonesia. Kami dianggap terburu-buru karena sebetulnya masih punya waktu untuk menikmati Kuala Lumpur.

Ya mau bagaimana lagi. Papah ingin berangkat sesegera mungkin. Padahal kami beda pesawat lho pulangnya. Bandaranya pun berbeda. Papah dan keluarga besar di KLIA 2, sedangkan kami sekeluarga di KLIA 1. Enakan di KLIA 2 karena banyak toko. Kalau di tempat kami sepiiii. Jadi ya paling cuma duduk-duduk aja.

[Silakan baca: Drama Menuju Ngunduh Mantu di Malaysia]

Bukan berarti kami gak pernah mengalami drama nyaris ketinggalan pesawat. Pernah 1x waktu pulang dari Singapore. Itinerary lumayan padat, sehingga agak mepet. Itupun sebetulnya pesawatnya udah delayed 1 jam. Suami saya dapat notifnya dari maskapai. Tetapi, tetap aja kami tergopoh-gopoh. Walaupun hati kecil saya sebetulnya pengen delayed lebih lama kalau di Singapore. Biar bisa merasakan kecanggihan bandara Changi hehehe.

Dulu, sih suka sebel kalau papah suka cerewet supaya kami gak ketinggalan pesawat. Sekarang, kangen juga dengan rewelnya papah ini. Ya udahlah, daripada nanti saya jadi baper, mendingan berbagi tips sederhana aja agar tidak ketinggalan pesawat, ya


Usahakan Jangan Ada Bagasi

Suami saya nih yang paling suka mengingatkan kalau bisa tas masuk kabin semua, deh, Makanya, kami masing-masing bawa ransel yang cukup untuk di kabin. Lumayan menghemat waktu kalau gak ada bagasi. Tetapi, kalau jalan-jalan sama keluarga besar memang mau gak mau ada aja 1-2 tas yang masuk bagasi.

Online Check In

Beberapa maskapai sudah menyediakan fasilitas online check in yang bisa dilakukan melalui website atau aplikasi maskapai tersebut. Manfaatkan fasilitas ini untuk menghemat waktu. Bila tidak tersedia, harus datang ke bandara lebih awal lagi supaya gak tergopoh-gopoh.

Siapkan Berbagai Dokumentasi yang Diperlukan

Passport, tiket, kartu identitas, dan beberapa dokumen atau benda penting lainnya sebaiknya jangan disimpan di tempat yang sulit dijangkau. Biasanya saya dan suami membawa tas kecil. Jadi, kalau sewaktu-waktu diperlukan, tidak perlu bongkar tas lagi.

Jangan Sampai Salah Terminal

Kami nyaris salah terminal karena kurang teliti membaca. Padahal dari satu terminal ke terminal lain lumayan jauh 'kan, ya. Benar-benar harus dibaca dan diperhatikan dengan saksama, deh. Jangan sampai nanti repot urusannya.

Jangan Mendadak Pilih Transportasi Menuju Bandara

Biasanya lokasi bandara lumayan jauh. Pilih transportasi yang paling cocok untuk Sahabat KeNai dengan berbagai pertimbangan. Usahakan jangan mendadak. Apalagi kalau akhirnya memilih DAMRI Shuttle Bandara. Meskipun keberangkatannya setiap jam, tetapi tetap aja gak mau sampai ketinggalan. Jadi cari tau lagi pukul berapa aja armadanya berangkat.

[Silakan Baca: Cerita Sebelum Berangkat ke Singapore]

Oiya kalau untuk DAMRI Shuttle Bandara ini rute terpopulernya ada Bandara Halim Perdana Kusuma - Bekasi dan  Bandara Halim Perdana Kusuma - Bogor. Bahkan dari dan menuju Bogor bisa 16-17x keberangkatan setiap hari.

Kalau di Bogor, Sahabat KeNai bisa naik dan turun di Botani Square. Sedangkan keberangkatan dari Bekasi bisa di Teminal Kayuringin, Stasiun Bus Hypermart Giant, dan Stasiun Bus Living Plaza kemudian masuk tol hingga bandara Halim. Sedang dari bandara, Sahabat KeNai yang mau ke Bekasi bisa turun di Terminal Jatibening, Metropolitan Mall Bekasi, dan Stasiun Bus Aston.

Masih ada beberapa tips lainnya. Kayak peraturan tentang jumlah barang yang bisa masuk ke bagasi dan lain sebagainya. Memang banyak yang harus diperhatikan saat jalan-jalan. Apalagi kalau naik pesawat. Duh, jangan sampai deh ya ketinggalan pesawat. Nanti maksudnya mau bersenang-senang malah jadi batal liburan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)

Saat ini blog Jalan-Jalan KeNai sedang diperbaiki tampilannya. Mohon maaf bila terlihat kurang nyaman selama masa perbaikan.