Asiknya Mencetak Foto Menggunakan FUJIFILM instax mini Link. Kami sempat heran ketika Nai minta dibeliin kamera FUJIFILM instax. Buat apa? Hari gini, kamera di smartphone semakin canggih. Tinggal cekrek, editing (kalau perlu), kemudian upload ke media sosial. Kalaupun gak diupload juga pindahkan aja ke drive supaya memory handphone gak penuh. Tetapi, Nai tetap bersikeras minta dibeliin. Meskipun nyaris tanpa merengek, kami pun mengabulkan permintaannya.

fujifilm instax mini link, smartphone printer

"Bunda, ngapain sih fotonya dikipas-kipas?"
"Biar keluar gambarnya, Dek."
"Hahahaha! Bunda ada-ada aja, deh! Udah diemin aja, nanti juga keluar gambarnya."

Duh! Ketahuan banget nih perbedaan generasinya. Saya masih mikirnya kayak kamera polaroid zaman dulu. Harus dikipas-kipas supaya gambarnya keluar. Kalau piknik ke Ancol, Ragunan, atau TMII pasti suka ada tukang foto yang menawarkan jasa kepada para wisatawan hahaha.


Don't Just Take. Give!


smartphone printer fujifilm

Ternyata asik juga mencetak foto. Beberapa foto Nai tempel di dinding kamarnya. Unik! Saya pribadi juga ada beberapa foto yang dicetak ke album. Memang meskipun sekarang sudah zaman digital, melihat foto yang sudah dicetak bisa lebih menyenangkan.

"Salah satu misi FUJIFILM di Indonesia adalah menyebarkan budaya foto. Kami percaya bahwa foto tidak hanya mengabadikan momen saja, tetapi juga menggambarkan berbagai perasaan emosional di dalamnya. Perasaan inilah yang dapat kita bagikan kepada sekitar. instax mini link hadir menjembatani para pengguna smartphone dengan keluarga dan komunitas untuk saling berbagi dan berkomunikasi melalui foto-foto instax. Hal ini selaras dengan identitas brand instax terbaru 'Don't Just Take. Give'," ujar Noriyuki Kawakubo, Presiden Direktur PT. FUJIFILM Indonesia.

FUJIFILM memang legend. Sejak kamera masih pakai roll film belinya merk ini. Begitupun dengan tempat mencetaknya. Pokoknya kalau ingat foto, ingatnya FUJIFILM.

Zaman berganti, teknologi semakin canggih. Perlahan budaya mencetak foto mulai tergeser karena labih suka upload di media sosial. Padahal kalau foto masih bisa dicetak bisa lebih berkesan. Apalagi setiap foto biasanya memiliki cerita.

Tetapi, kalau pergi ke tempat percetakan malah jadinya ribet. Makanya, asik banget sekarang ada instax mini Link (selanjutnya ditulis Link). Bisa cetak foto kapanpun kita mau dengan hasil foto berkualitas tinggi.


mencetak foto menggunakan smartphone printer

Link ini smartphone printer. Fungsinya tidak sekadar mencetak foto yang ada di smartphone. Tetapi, kita juga bisa editing fotonya dulu dengan menggunakan fitur 'Fun Mode'.

Ada banya fitur menarik selain'Fun Mode'. Ada fitur 'Match Tes' untuk mencocokkan kompabilitas dengan orang terdekat atau teman. "Party Print" di mana kita bisa beramai-ramai (maksimal 5 device) menggabungkan berbagai foto menjadi 1. Masih banyak fitur menarik lainnya. Sahabat KeNai upload aplikasi "instax mini Link" di Google Play atau App Store. Harus menggunakan apps ini dengan sambungan bluetooth untuk mencetak foto di Link.


fujifilm instax mini link

Smartphone printer link sudah memenangkan Good Design Award 2019. Desainnya memang minimalis, tetapi fiturnya canggih dan cara mengoperasikannya sangat mudah. Selain itu. ringan kalau mau dibawa ke manapun. Beratnya hanya 200 gr. Kalau dibawa traveling gak akan jadi beban.

Smartphone printer Link ini gak sekadar untuk mencetak foto aja. Selain berbagai fitur yang sudah saya tulis, FUJIFILM juga untuk pertama kalinya menghadirkan teknologi motion sensor. Sistem operational menjadi lebih intuitif dan interaktif. Misalnya, Sahabat KeNai hanya perlu memiringkan body Link ke atas atau bawa untuk melakukan zoom in atau zoom out. Supaya lebih jelas, mendingan lihat video YouTube ini aja, ya.



Pameran "Smart Way to Share"



Dalam rangka peluncuran instax mini Link, FUJIFILM mengadakan pameran yang berlangsung dari tanggal 4-13 Oktober 2019 di Kota Kasablanka. Tidak sekadar event, tetapi juga ada berbagai aktivitas menarik yang bila stamp sudah terkumpul lengkap bisa mendapatkan hadiah langsung.


Di pameran ini tidak hanya ada produk Link. Tetapi juga ada kamera FUJIFILM X-A7. Sahabat KeNai bisa mencoba kamera ini. Cakep deh buat bikin vlog. 


Link sudah mulai dipasarkan mulai tanggal 4 Oktober 2019 dengan harga Rp1.749.000,00. Bila Sahabat KeNai membeli Link pada periode tersebut di pameran atau Blibli.com, maka akan mendapatkan bonus 1 Mini Twinpack dan 1 Mini Confetti Film.

pilihan warna fujifilm instax mini link

Link tersedia dalam 3 warna yaitu dusty pink, ash white, dan dark denim. 1 link bisa diisi maksimal 10 lembar. Battere Link bisa tahan sampai 100x mencetak.

Bisa pilih salah satu hadiah di dalam laci ini bila stamp sudah terkumpul lengkap


Salah satu area yang menarik di pameran ini adalah Sahabat KeNai bisa membuat kartu (peralatan mewarnai dan lain sebagainya sudah disediakan) yang didalamnya diselipin foto yang sudah dicetak. Nanti akan ada kotak pos dan akan dikirim oleh pihak FUJIFILM. Menarik, 'kan?

Foto-foto instax SQ10 yang ditempel di kamar Nai. Kalau pakai Link kayaknya bisa lebih banyak lagi yang dicetak


FUJIFILM instax SQ10 yang Nai miliki memang memungkinkan untuk memotret gambar tanpa harus mencetaknya. Tetapi, smartphone printer ini lebih menarik. Kalau sampai lupa bawa kamera instax, Sahabat KeNai bisa tetap foto-foto menggunakan smartphone. Nanti dicetaknya menggunakan Link.
 
Saya jadi ingat waktu Keke aja teman-temannya camping di Tanakita Situgunung. Dia pinjam kamera instax adeknya. Kemudian, dia membuat beberapa foto dan dibagian ke teman-temannya. Ada 1 yang kemudian dia simpan di dompet. Berarti spesial tuh fotonya hihihi.

Saya percaya kalau setiap foto memiliki banyak cerita. Dalam 1x jepretan foto aja bisa terekam berbagai momen. Makanya akan lebih spesial kalau momen tersebut dibagikan. Seperti identitas Link 'Don't Just Take. Give.'