Ticker

6/recent/ticker-posts

Liburan ke Luar Negeri untuk Pertama Kali? Hindari 6 Kesalahan Ini!

Sudah berencana pergi liburan ke luar negeri untuk pertama kalinya? Kalau Sahabat KeNai merasa cukup deg-degan, hal tersebut wajar karena nanti akan bertemu dengan lingkungan, orang-orang, dan mungkin saja cuaca yang semuanya berbeda.

6 kesalahan saat pertama kali ke luar negeri

Liburan ke Luar Negeri untuk Pertama Kali? Hindari 6 Kesalahan Ini!


Meski begitu, liburan ke luar negeri selalu jadi pengalaman yang seru. Agar momen liburan nanti jadi semakin menyenangkan dan berkesan, Sahabat KeNai perlu perhatikan beberapa hal penting. Termasuk kesalahan-kesalahan yang kelihatan sepele sekalipun.

Hmm, apa saja ya kesalahan yang perlu Sahabat KeNai hindari ketika pergi berlibur ke luar negeri, terutama untuk pertama kalinya? Simak daftarnya di sini, yuk!

Bawa Barang Terlalu Banyak

Ke manapun destinasinya, biasanya muncul rasa khawatir kalau-kalau ada perlu barang A, barang B, sampai barang Z saat berlibur nanti. Akibatnya, Sahabat KeNai jadi ingin membawa semuanya. Padahal, yang dikhawatirkan saja belum terjadi. Tapi, Sahabat KeNai sudah merepotkan diri sendiri dengan membawa terlalu banyak barang. Jaminan repot selama liburan, kan?

Tak ada salahnya berjaga-jaga, seperti membawa obat-obatan atau pakaian ekstra. Tapi, perhitungkan barang bawaan dengan seksama karena sebenarnya kebutuhan selama liburan tak jauh berbeda dengan kebutuhan sehari-hari, kok. Kalau ada yang diperlukan mendadak tapi tidak ada barangnya karena tidak terduga, Sahabat KeNai bisa beli di sana.

Rencana Wisata yang Terlalu Padat

Mumpung sedang di luar negeri, Sahabat KeNai mungkin berencana ingin mengunjungi semua tempat terkenal selama berlibur di sana. Tapi, apakah waktu dan tenaga Sahabat KeNai cukup? Daripada menjejalkan banyak agenda selama beberapa hari di sana, lebih baik fokus pada beberapa lokasi yang benar-benar ingin dikunjungi. Tujuannya saja supaya liburan jadi makin tak terlupakan.

Mengabaikan Norma atau Budaya Warga Lokal

Walaupun Sahabat KeNai nantinya hanya akan pergi berlibur selama beberapa hari di negara baru, bukan berarti tidak akan berinteraksi dengan warga lokal, lho. Karena itu, agar liburan Sahabat KeNai makin seru dan tenang, sebaiknya cari informasi tentang budaya atau kultur yang dimiliki warga lokal di kota atau negara tersebut.

Dengan begitu, ketika berinteraksi dengan warga lokal – misal saat membeli camilan di swalayan atau membayar makanan di restoran – Sahabat KeNai bisa menghindari risiko menyinggung perasaan mereka karena sesuatu yang tidak sengaja dilakukan. Sebaliknya, dengan lebih berhati-hati, memungkinan malah bisa menambah relasi atau teman dari luar negeri, kan? 

[Silakan baca: Makan Sore di Makansutra Gluttons Bay, Singapore

Memisahkan Diri dari Warga Lokal

Hal yang satu ini berkaitan erat dengan poin yang sudah dijelaskan sebelumnya. Soalnya, liburan sebenarnya bukan hanya untuk membuat diri jadi rileks dan menyegarkan tubuh serta pikiran dari kepenatan aktivitas sehari-hari di kantor, tapi juga untuk membuka wawasan. Apalagi ketika pergi ke luar negeri, di mana Sahabat KeNai akan menemukan hal-hal yang benar-benar baru serta para warga lokal yang dibesarkan di dalam kultur yang berbeda.

Kalau Sahabat KeNai menjauhkan diri dari dari warga lokal, bagaimana jika nanti bisa menghadapi kesulitan atau masalah? Contohnya tidak tahu arah kembali ke penginapan atau tersesat saat akan berkunjung ke tempat wisata. Tanpa bantuan warga lokal, tentu Sahabat KeNai akan makan waktu terlalu banyak untuk mendapatkan solusinya atau malah tidak mendapatkan solusinya sama sekali yang pasti bisa merusak mood liburan.

Tukar Uang di Bandara

Pergi ke luar negeri biasanya berarti menaiki pesawat untuk bepergian. Jadi, begitu sudah membeli tiket Etihad Airways yang akan membawa terbang saat liburan nanti, Sahabat KeNai akan naik dan turun di bandara. Di berbagai bandara internasional sendiri, Sahabat KeNai bisa temukan fasilitas yang lengkap, termasuk jasa penukaran mata uang asing.

Kecuali kondisinya memang mendesak, sebaiknya hindari menukarkan uang di bandara karena harganya yang terlalu mahal. Sebaiknya Sahabat KeNai tukarkan uang sebelum berangkat, atau ketika sudah tiba di negara tujuan. Tapi, lakukan hanya di jasa money changer terpercaya.

Melupakan Fotokopi Dokumen Penting

Salinan alias fotokopi dokumen penting seperti visa, paspor, dan dokumen lainnya juga sama penting dengan dokumen aslinya, lho! Jadi, pastikan Sahabat KeNai sudah menyiapkannya sebelum berangkat, ya!

Posting Komentar

0 Komentar