Asik! Video Mapping di Monas Ada Lagi Hingga Akhir Tahun 2019

Asik! Video Mapping di Monas Ada Lagi Hingga Akhir Tahun 2019 - Akhirnya libur panjang jugaaaaa! Ya, meskipun saya ibu rumah tangga, libur panjang termasuk yang paling ditunggu. Senang karena libur sejenak dari rutinitas menyetrika seragam sekolah hahahaha.

video mapping di monas hingga akhir tahun 2019

Ada beberapa rencana untuk mengisi liburan bersama anak-anak. Mudah-mudahan aja semuanya berjalan lancar. Sebagai pembuka liburan sekolah, saya memulai dengan menonton video mapping di Monas.


Event Monas Week 2019 untuk Tahun Baru


acara tahun baru di monas

Video mapping pertama kali digelar di Monas tahun lalu dalam rangka menyambut Asian Games 2018. Seperti banyak masyarakat Jakarta dan sekitarnya yang antusias banget dengan mind mapping, kami pun datang ke Monas.

[Silakan baca: Video Mapping di Monas untuk Menyemarakkan Asian Games 2018]

Sayangnya di kedatangan pertama kami gagal karena gak dapat parkiran sama sekali. Selain banyak sekali masyarakat yang ingin menonton, juga karena berbarengan dengan upacara penurunan bendera HUT RI di Istana. Makanya parkiran sangat pun penuh, termasuk motor.

Besoknya, saya sempat galau untuk datang karena berbarengan dengan opening ceremony Asian Games 2018. Keduanya sama-sama tontonan yang menarik. Tetapi, akhirnya kami berdua memilih ke Monas. Gak menyangka juga masyarakat yang menonton masih membludak.

Tahun ini, video mapping digelar kembali. Saya sudah antusias sejak pameran hologram berlangsung. Selama tahun 2019 ada 3 rangkaian acara Monas Week yaitu Pameran Hologram (Juli), Festival of Light (Agustus), dan Video Mapping (Desember).

[Silakan baca: Monas Week 2019 Menggelar Sejarah Jakarta dalam Ilustrasi Hologram]

Kalau tahun lalu, saya sampai 2x balik karena ada sedikit drama. Tahun ini, saya diundang ke Gala Premiere. Bisa menjadi salah seorang masyarakat yang diundang untuk menyaksikan tayangan perdana video mapping 2019 sebelum dibuka untuk umum. Alhamdulillah.

Menurut M. Isa Sanuri, Kepala UPK Monas, tujuan diadakan video mapping adalah sebagai berikut


  • Pertunjukan edukasi yang dikemas dalam bentuk video mapping 
  • Memperkenalkan potensi pariwisata Monas sebagai salah satu ikon Indonesia yang patut dikunjungi 
  • Memperkuat hubungan sinergi dengan para pelaku bisnis usaha kreatif di tingkat nasional dan internasional 
  • Salah satu hiburan masyarakat untuk memeriahkan pesta akhir tahun 

[Silakan baca: Gemerlap Cahaya di Festival of Light, Monas Week 2019]


Jakarta yang Baru


jakarta yang baru, video mapping pertunjukkan akhir tahun
Patokannya gedung Pertamina (gedung di sebelah kiri Monas)


Video mapping 2019 menceritakan tentang sejarah dan pembangunan Jakarta, kebudayaan Betawi, Monas, serta kehidupan warga Jakarta yang bahagia.

Monas itu lumayan luas. Dan gak semua sisi Monas menayangkan video mapping. Tahun lalu, kami sempat salah posisi. Untung segera nyadar. Kalau enggak bisa sampai 3x kali balik ke Monas hehehe.

Lokasi video mapping 2019 ada di sisi barat tugu Monas. Biar gak bingung, saya selalu patokannya gedung Pertamina. Kalau kita berada di sisi barat, gedung ini akan terlihat di depan Sahabat KeNai.

Sebetulnya, bisa juga mencari area air mancur menari karena berada di sisi yang sama. Tapi, kabarnya air mancur ini sedang proses revitalisasi. Baru dibuka lagi Januari. Siapa tau saat Sahabat KeNai ke sana, air mancurnya juga belum dibuka. Jadi mendingan patokannya gedung Pertamina aja, deh.


Jadwal Pertunjukkan Video Mapping 2019


jadwal pertunjukkan video mapping 2019
Jadwal pertunjukkan video mapping 2019


Video mapping akan dibuka untuk umum sejak tanggal 22 Desember s/d 31 Desember 2018. Kecuali tanggal 23 karena Monas tutup. 

Kenapa tanggal 23 tutup? Monas memang setiap hari Senin tutup. Tanggal 30 Desember 2019 sepertinya pengecualian karena menjelang akhir tahun.

Akan ada 2x penayangan setiap harinya. Pukul 7 dan 8 malam. Setiap pertunjukkan berdurasi 25 menit.

Tetapi, khusus di malam pergantian tahun sampai 5x jam tayang.


  • Show time 1: 19.00 wib
  • Show time 2: 20.00 wib
  • Show time 3: 21.30 wib
  • Show time 4: 22.30 wib
  • Show time 5: 23.30 wib

Saat tahun baru nanti juga akan dipromosikan city branding terbaru yaitu "Jakarta yang Baru". Juga mengenalkan aktivitas unggulan Jakarta tahun 2020 yaitu E-Formula.


#JakartaBerkolaborasi



“Saat ini Pemprov DKI Jakarta terus berbenah di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif agar bisa menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi di Jakarta,” ujar Sri Haryati, Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda.

Pertunjukkan video mapping merupakan salah satu upaya Pemprov DKI untuk terus menarik wisatawan. Tentu saja Monas adalah sebuah ikon. Tetapi, berbagai tempat wisata lain di Jakarta pun akan ikut bebenah.

Yang dilakukan oleh Pemprov DKI, khususnya di bidang pariwisata, tentunya membutuhkan kerjasama dari banyak pihak. Itulah kenapa hashtag DKI Jakarta saat ini adalah #JakartaBerkolaborasi

Di akhir Desember ini ada liburan sekolah, Natal, dan tahun baru. Wisatawan yang datang ke Monas tidak hanya warga Jakarta dan sekitarnya. Apalagi saat pergantian tahun ini. Monas selalu ramai banget!

[Silakan baca: 3 Tempat Wisata Jakarta yang Selalu Ramai Wisatawan]


Monas


Gambir, Jakarta Pusat

Post a Comment

92 Comments

  1. Jadi keren banget ya monasnya. Penasaran nih pingin liat langsung ke sana

    ReplyDelete
  2. kebayang serunya ini mba liat langsung. Monas tuh bolah dibilang sebagai daya tarik Jakarta. Kalo ke Jakarta, ga sah kalau ga ke monas. Dan kalau ada kegiatan apik kayak gini, makin keren dong

    ReplyDelete
  3. tau jadwalnya video mapping 31 desember ga bu? Rencana pengen malem tahun baruan di monas hehe

    ReplyDelete
  4. Wahh seru nih kalo bisa lihat langsung di Monas..Mudah-mudahan ada kesempatan liburan ke Jakarta lagi...

    dianesuryaman dot com

    ReplyDelete
  5. Wah, aku akhir tahun ke Monas saja kali ya Mba, mungpun ada orang tua juga nih di Cikarang. Thanks infonya, aku pengin nton video maping monas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gak ada pandemi, kayaknya saat ini Monas sedang rame banget

      Delete
  6. keren banget, bangunan monasnya jadi berwarna-warni gitu.
    Sebagai orang luar Jakarta, cuma bisa mupeng. Harus cukup puas dengan gambar-gambar yang dibagikan oleh yang sudah pernah berkunjung ke sana

    ReplyDelete
  7. Ya ampun keren banget sih ini, Pemprov DKI Jakarta terus berbenah di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif ya. Makin kece aja nih. Aku belum pernah nih ke Monas malem hari, biasanya pagi

    ReplyDelete
  8. Akhirnya yang ditunggu-tunggu aksinya sampai akhir tahun juga. Semoga tanggal 30 Desember bisa ke Monas, tapi kami dari Bogor sih. Pengen pulang mampir Jakarta dulu buat jelajah kota tua

    ReplyDelete
  9. Mupeeenggggg

    Thn depan daku ada planning k jkt. Moga2 bisa lihat video mapping nan kece ini d Monas, yipiiii

    ReplyDelete
  10. Keren banget demi apa ini baru tahu ada video mapping. Duh kalau tahu ada yang begini enggak dulu pulang ke Bandung dong.

    ReplyDelete
  11. waa seru banget nih kayanya main ke monas, btw keren banget yaa, jadi pengen main ke monas deh, udah lama ga main ke jakarta, biasanya liat monas pas naik turun kereta di gambir hehe

    ReplyDelete
  12. AIh seru yah, kapan ya saya bisa melihat video mapping di Monas.
    Monas itu dari dulu selalu menjadi daya tarik orang luar Jakarta, termasuk yang dari jauh kayak saya ini. Gak sah kalo gak lihat Monas saat ke Jakarta.

    ReplyDelete
  13. Kebayang ini Monas pasti cantik banget deh kalau malam, kok gemes sih itu lihat hasilnya. Kalau sekarang gini main kesana pasti ramai sekali ya mbak, soalnya pengen bawa anakku main kesana.

    ReplyDelete
  14. khusus malam tahun baru, pertunjukan tiap jam. gak bakal pindah dari Monas sampai pergantian tahun nih

    ReplyDelete
  15. Duh, kebayang, pasti menarik banget... Baru awal bulan desember kemarin ke jakarta dan main ke monas... Seandainya tau ada acara ini, sekarang-sekarang aja ke jakartanya, hehe...

    ReplyDelete
  16. karena pengalaman tahun lalu jd tahu mana posisi terbaik dan puas melihat monas mapping ya kak .. indah sekali... warna-warni

    ReplyDelete
  17. Monas jantungnya jakarta pusat, sekarang Tamannya juga sudah bagus ya kak, ada lampion lampu lampu

    ReplyDelete
  18. Jakarta yang baru? Semoga terus berbenah dan tidak banjir.

    ReplyDelete
  19. Haaaa pas besok kami ke Jakarta. Moga2 sempat kesini ya karena karena judulnya nemenin suami kerja, aplusan sama temannya yg cuti natalan. Berarti nunggu suami pulang kantoe dulu. Thanks infonya ya.

    ReplyDelete
  20. Aku malah belum pernah main ke Monas, baca tulisan ini jadi pengin.
    Mesti diagendakan kayanya nih

    ReplyDelete
  21. Huhuuuu..pasti meriah ini, ku sukaa nonton video maping juga kalo di gedung Sate,kbayang deh di Monas makin cantic dan seru bais menyambut tahun baruan.
    Cuss atuh pen ke sana juga euy….pp naik kereta yaa, nonton di stasion Gambir ahahahaa

    ReplyDelete
  22. Bisa jadi liburan keluarga yang menyenangkan . inilah saatnya bawa keluarga tapi jangan sampah di buang sembarangan.

    ReplyDelete
  23. Mantaaab, jadi keren Monas pake Video Mapping kayak gitu.
    Aku tiap ke Monas cuma mentok jajan di halaman doang masa, kagak pernah kesampaian masuk, payah bener akutu hehehe

    ReplyDelete
  24. Kebayang ramenya kayak gimana ya mba liat pas malam tahun baru di monas. Apalagi dengan ada tambahan pertunjukkan yang spektakuler

    ReplyDelete
  25. Wah pas anak-anak lagi di rumah Oma di Bogor, bisa nih diajakin ke Monas..

    ReplyDelete
  26. Wah monasnya jadi keren gitu...
    Pasti rame dan meriah suasananya

    ReplyDelete
  27. Mumpung belum tahun baru nih pingin ah nintin video mapping, kalau malam tahun baru kebayang nanti macet & parkirnya leih susah ya.
    Monas sebagai icon Jakarta bahkan Indonesia mulai terus berbenah ya, aku jadi pingin naik lagi ke puncaknya. Eh tapi mau lihat video mapping dulu deh penasaran dengan sejarah pembangunannya

    ReplyDelete
  28. Duh, dari mana saja aku ya, bahahaha.
    Kebanyakan hibernasi.
    Untung saja main ke sini, jadi tahu deh istilah video mapping Monas ini

    ReplyDelete
  29. waah makin seru aja di monas ada bakalan pertunjukkan video mapping pastinya bakalan seru buat kawula muda dan nambah rame makin taun kedepan

    ReplyDelete
  30. Keren abis. Jadi makin kangen sama Jakarta. Dulu ke Monas cuma bisa lihat air mancur yang warna-warni. Yang video mapping belum pernah aku nonton. Huhuhu.

    Ke Monas emang kudu tahu arah dan rutenya, jangan sampai salah parkir juga biar jalannya gak kejauhan. Apalagi kalau acara begini ya, tentunya parkiran full dan pengunjung membludag.

    Jakarta benar-benar baru. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha makanya aku naiknya kendaraan umum kalau ke sini. Apalagi pas ada event dan padat org udah bingung mau ditaruh dmb kendaraannya haha

      Delete
    2. Iya, Mbak Eri. Parkiran suka membludak kalau ada event

      Delete
    3. Saya juga lebih suka naik transportasi umum, Pril

      Delete
  31. Ini pasti tanggal 31 nya bakalan rame krn banyak org kumpul di sana hehe, jd mending pas tanggal2 sekarang aja ke sana liatnya ya. Anak2 pasti seneng juga tu liat lampu warna warni gtu. Kyknya emang bakal sering diadakan ya mbak pertunjukan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Andai gak ada pandemi, kayaknya tahun ini bisa ada lagi

      Delete
  32. Aku pengeeen deh nontonnya..ya ampuuun asli kereen banget yaa mba Chi. So proud dengan Jakartaa

    ReplyDelete
  33. Tiap sejam sekali berarti ya mba?
    Aku dulu liat dari kejauhan mapping lampunya itu pas di gambir lumayan buat liat2an. Taun ini jadi pengen dari dekat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dari kejauhan juga kelihatan. Tetapi, lebih seru kalau dari dekat

      Delete
  34. Kepingin malam tahun baruan di Monas tapi cemen sama lautan manusia disana hahaha padahal pengen lihat langsung video mapping ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkw enakan sebelum tahun baruan kalau mau ke Monas

      Delete
  35. Nah ini yang saya tunggu-tunggu. Duuh kapan ke Monas lagi ya. Pengen banget lihat video mapping ini.

    ReplyDelete
  36. Wow mantap jadi ga perlu jauh jauh ke singapura ya kalau mau liat video mapping hihi

    ReplyDelete
  37. Suka banget video mapping monas.
    Teknologi anak bangsa yang bisa dinikmati kisah sejarahnya oleh seluruh rakyat Jakarta.

    ReplyDelete
  38. Asiiikkkk. Kemarin2 gak sempet kesana. Semoga menjelang penghujung tahun ini, aku bisa semoat ajak krucils kesana.

    ReplyDelete
  39. Waaww asiknya. Menyambut gegao gempita pergantian tahun baru ya mbak.

    Dyg di Surabaya gak ada kayaknya. Harusnya bisa juga di tugu pahlawan. Haha

    ReplyDelete
  40. Seru banget nih video Mapping Monas. Kalau tahun baru nanti pasti padat banget. Aku juga pengen mbak lihat air mancur menari.

    ReplyDelete
  41. Lagi2 cm bisa ngeces mb
    Ideny bagus bgt y mb
    Andai smua kota2 besar jg bgini
    Jd wargany g cuma seneng2 aj nyambut taun baru, tp ada edukasi sjarahny juga untuk menjaga sense of belonging

    ReplyDelete
  42. Dua minggu lalu aku ke Monas padahal. Harus dijadwalkan lagi nih ke Monas supaya bisa liat kecantikan video mapping Monas

    ReplyDelete
  43. Wah pasti bakal meriah banget ya mbak.. dan jadi arena berlibur yang asyik untuk masyarakat jakarta dan sekitarnya :)

    ReplyDelete
  44. Akupun termasuk yang ketinggalan nggak sempat menyaksikan video mapping di Monas pas Asian Games kemarin. Kayanya mesti dibela-belain nih dateng ke Monas untuk bisa melihat video mapping sama anak-anak.

    ReplyDelete
  45. Aku belum pernah ke monas, Ci... Padahal udah beberapa kali ke jakarta. Huhuhu... Nnati kalau ke jakarta lagi harus ke monas dan nonton video maping

    ReplyDelete
    Replies
    1. KAlau pun udah gak ada video mapping, tetap asik juga jalan-jalan di Monas

      Delete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)