Mudik Lebaran Naik Kereta Api? Kenapa Tidak?

Sudah sejak lama, jika saat lebaran akan tiba orang-orang Indonesia yang merantau ke luar kota akan pulang ke kampung halamannya atau biasa disebut mudik. Hal ini dilakukan agar dapat berkumpul bersama keluarga saat di hari raya nanti dan dapat bersilaturahmi dengan orang-orang yang ada di kampung halamannya. 

Tak heran jika pada waktu mendekati lebaran banyak yang sudah melakukan perjalanan pulang ke asalnya agar dapat mengejar waktu untuk bisa berlebaran bersama keluarga. Ada beberapa orang yang memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik karena dinilai akan lebih leluasa selama perjalanan. Padahal seringkali juga jika menggunakan kendaraan pribadi akan membuat macet jalanan serta badan terasa lebih lelah. Nah, karena alasan itu, maka banyak pemudik yang memilih naik alat-alat transportasi antar kota misalnya pesawat, bus, dan kereta api.

Mudik Lebaran Naik Kereta Api? Kenapa Tidak?


Banyak pemudik memilih transportasi umum antar kota tersebut karena dinilai akan lebih menghemat waktu, tenaga, dan uang. Misalnya saja dengan naik kereta api, maka perjalanan Sahabat KeNai untuk ke kampung halaman akan lebih cepat sampai daripada naik kendaraan pribadi. Itu karena Sahabat KeNai tidak perlu terjebak macet di jalan bersama dengan kendaraan-kendaraan pemudik lain bila naik kereta. 

Kereta api tentu tidak akan terjebak kemacetan karena sudah memiliki jalur dan jalannya sendiri. Selain itu, kereta api tiketnya juga lebih mudah untuk didapatkan karena Sahabat KeNai bisa membeli langsung ke stasiun atau sekarang ini sudah bisa melalui aplikasi-aplikasi di internet yang menyediakannya.
Tapi, meski demikian, biasanya tiket kai untuk lebaran akan lebih sulit untuk didapatkan jika Sahabat KeNai mencari dan membelinya di saat-saat mendekati lebaran. Nah, untuk itu sangat dianjurkan mencari tiket kereta api lebaran dilakukan dari jauh-jauh hari atau beberapa bulan sebelumnya. Selain agar bisa mendapatkan tiket, tentunya harga juga akan lebih murah. Namun, tenang saja, tidak perlu terlalu buru-buru untuk membeli tiket kereta api karena sebenarnya sudah ada tanggal yang ditentukan kapan tiket kereta api untuk lebaran sudah dijual dan dapat dipesan.

Sambil menunggu penjualan tiket kereta api dibukam ada baiknya Sahabat KeNai mengetahui beberapa tips agar nyaman saat mudik menggunakan kereta api. Apa saja tipnya? Simak di pembahasan bawah ini ya!

Tips Nyaman Naik Kereta Api saat Mudik Lebaran


Pesan dan Beli Tiket dari Jauh-Jauh Hari

Tiket kereta api untuk lebaran biasanya akan terjual habis dengan cepat dan akan sulit untuk mendapatkannya apabila membeli di hari-hari yang mendekati lebaran. Sahabat KeNai dianjurkan untuk membeli tiket kereta api dari jauh-jauh hari agar kebagian. Mungkin Sahabat KeNai bisa memesan dan membeli tiket kereta untuk lebaran dari hari pertama penjualan tiket dibuka.

Jangan Beli Tiket Lewat Calo

Hindari membeli tiket kereta api dari calo karena harganya pasti akan berkali-kali lipat lebih mahal. Belilah tiket di stasiun langsung atau di aplikasi milik PT. KAI. Bisa juga di agen travel. Membeli tiket di tempat-tempat yang resmi juga akan menghindarkan Sahabat KeNai dari risiko mendapatkan tiket kereta api yang palsu.

Bawa Barang yang Secukupnya

Jangan terlalu banyak membawa barang yang nantinya akan membuat Sahabat KeNai kerepotan sendiri saat di stasiun maupun di kereta. Bawalah barang-barang yang sekiranya Sahabat KeNai butuhkan saja dalam jumlah yang cukup. Hal itu supaya Sahabat KeNai merasa nyaman dan aman sepanjang perjalanan karena barang yang dibawa hanya sedikit.

Makan Dulu dan Bawa Bekal untuk di Kereta

Sebaiknya sebelum berangkat ke stasiun, Sahabat KeNai makan terlebih dulu. Jangan lupa juga untuk membawa bekal makanan dan minuman untuk di kereta. Meskipun di kereta nanti ada yang berjualan makanan dan minuman, tapi membawa bekal dari rumah tentu akan lebih hemat pengeluaran.

Datang ke Stasiun Lebih Awal dari Jadwal Keberangkatan Kereta

Datang lebih awal ke stasiun tentu akan membuat Sahabat KeNai terhindar dari ketinggalan kereta. Sahabat KeNai juga tidak perlu terburu-buru dan lari-lari untuk mengejar kereta bila datang dengan waktu yang mepet.

Bawa Bantal Leher

Membawa bantal leher akan mengurangi rasa pegal Sahabat KeNai saat istirahat di kereta. Selain itu, juga membuat Sahabat KeNai lebih nyaman jika sedang tidur.

Bawa Ponsel, Charger dan Barang yang Bisa Menghilangkan Bosan

Jangan lupa bawa ponsel dan charger, serta isi penuh daya baterai ponsel tersebut. Lalu jangan lupa juga untuk membawa barang yang sekiranya mampu menghilangkan rasa bosan ketika di kereta, misalnya saja buku untuk dibaca.

You Might Also Like

1 comments

  1. aku aja buat mudik lebaran besok udah beli tiket kereta.. kalau beli mepet2 dijamin ngga kebagian ahaha..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)