Jalan-Jalan Virtual Saat di Rumah Aja

Tidak piknik. Tidak mudik.

Begitulah himbauan yang akhir-akhir ini sering terdengar. Alasannya tentu karena penularan wabah Corona yang masif. Dan di Indonesia belum terlihat ada tanda-tanda penurunan.

jalan-jalan saat di rumah aja, virtual tour pandemi covid 19

Jalan-Jalan Virtual Saat di Rumah Aja



Semua pun merasa kangen ...

Mulai kedengeran juga suara-suara kangen. Ingin kembali beraktivitas normal, jalan-jalan, kulineran, dan lain sebagainya. Bahkan rasanya kangen juga dengan suasana macet. Ya bukan berarti suka dengan macetnya. Tetapi, rasanya macet saat ini menandakan kalau kita semua sedang dalam kondisi normal aktivitasnya.

Back to Content ⇧

Keliling Dunia Secara Virtual


Pertama kali saya tau tentang jalan-jalan virtual ini tuh beberapa tahun lalu. Adik saya yang tinggal di NY mengajak orang tua kami jalan-jalan ke apartemennya. Tentu aja secara virtual karena kami tetap di rumah.

Saya masih inget ekspresi papah dan mamah yang kelihatan seneng banget. Kemudian kami semua pun dipanggil untuk diajak vidcall bareng. Jadi berasa Indonesia - US cuma selemparan batu, ya hahaha.

Teknologi dunia digital memang menakjubkan, ya. Ya tentu aja tetap lebih asik kalau bisa jalan-jalan langsung. Tetapi, setidaknya dengan jalan-jalan virtual begini punya kenikmatan sendiri. Misalnya, orang tua saya jadi bisa lihat apartemen dan suasana di sekitar di mana adik saya tinggal. Gak sekadar lihat foto.

Virtual traveling ini bisa dinikmati melalui laptop ataupun smartphone. Paling asik kalau pakai VR. Biar seolah-olah dekat dengan lokasi yang kita datangi. *Kemudian saya jadi ingat sama VR box milik Nai yang entah disimpan di mana hehehe.

Dengan banyaknya konten traveling di medsos, blog, maupun website juga buat saya bisa seperti keliling dunia, kok. Melalui berbagai media tersebut, saya bisa mengetahui banyak tempat lain yang belum pernah saya kunjungi. Bahkan mungkin saya belum tau. Banyak cerita menarik yang saya temui. Bikin saya jadi pengen suatu saat bisa ke sana.

Back to Content ⇧

Beberapa Pilihan Virtual Tour yang Menarik


Di masa pandemi COVID-19, hampir semua masyarakat dihimbau untuk tetap di rumah aja. Physical distancing alias jaga jarak katanya. Tentu saya berusaha mematuhi supaya rantai penularan ini cepat putus. Semoga Sahabat KeNai juga ikut patuh, ya!

Udah sebulan kami berada di rumah. Gak dipungkiri, kangen juga jalan-jalan. Tetapi, karena belum bisa, mendingan jalan-jalan virtual aja, deh.

Banyak sekali pilihan virtual traveling di dunia maya. Dari yang gratis hingga berbayar. Platformnya pun berbagai macam. Dunia maya memang jadi bisa mendekatkan.

Berikut saya tampilkan beberapa virtual tour yang menarik menurut Jalan-Jalan KeNai, ya

Back to Content ⇧

Museum Nasional

Seneng banget deh beberapa museum di Indonesia semakin bebenah. Semakin menarik untuk dilihat dan dikunjungi. Padahal dulu kayaknya semua museum di Indonesia tuh kesannya suram dan kumuh.

Museum Nasional alias Museum Gajah buat saya dulu termasuk yang paling malas dikunjungi. Kesannya angker hahaha. Tetapi, sekarang semakin bagus, bersih, dan modern. Jadi betah berlama-lama di museum ini.

Di Indonesia, beberapa museum juga sudah ada virtual tournya. Salah satunya di Museum Nasional ini. Malah menurut saya, virtual tour Museum Nasional paling keren dibandingkan museum lain di Indonesia.

Gak hanya di Indonesia, ding. Dari beberapa virtual tour di seluruh dunia yang saya kunjungi, punya Museum Nasional ini termasuk paling keren. Mengoperasikannya termasuk mudah. Informasinya juga lengkap banget. Ini salah satu virtual tour yang paling menarik dan rasanya ingin langsung datang ke tempatnya juga.

[Silakan baca: Pengalaman Pertama ke Museum Nasional alias Museum Gajah]

Back to Content ⇧

Everest

Ayo siapa yang cita-citanya ingin mendaki gunung, tetapi bawaannya mager? Kalau gitu mendaki secara virtual aja hihihi.

Kalau mau lihat foto-foto Everest, saya tinggal buka album foto selama suami jalan-jalan ke sana. Begitupun dengan ceritanya. Tinggal tanya ke suami dan minta diceritain lagi.

Dari beberapa pilihan virtual traveling ke Everest, saya paling suka yang "The Khumbu, Home of The Sherpas". Banyak foto dan video indah yang disajikan di sini. Tetapi, saya belum menemukan satupun virtual tour ke Everest yang sampai puncak, nih.

[Silakan baca: 14 Persiapan Menuju Everest]

Back to Content ⇧

Wolong Grove Panda Yard

Suka dengan Panda? Yuk! Jalan-jalan ke Sichuan, China. Cari aja Wolong Grove Panda Yard di situs explore.org.

Buat Sahabat KeNai yang suka dengan binatang, di explore.org banyak videonya. Konsepnya live cam. Meskipun gak bisa digerakan, sekadar nonton, tetapi tetap menarik juga. Kayak yang di panda yard itu gemes juga lihat tingkah laku panda.

Back to Content ⇧

White House

Kepoin dalamnya White House juga bisa, nih. Adanya di situs 360virtualtour.co. Di situs ini Sahabat KeNai juga bisa jalan-jalan ke berbagai hotel, mall, dan lain sebagainya.

Baidewei, Sahabat KeNai juga bisa jalan-jalan ke Windsor Castle di www.royal.uk. Hanya saja menurut saya, kurang asik kursornya. Apapun itu, mau ada di White House atau Windsor Castle kalau dijamin gak nyasar deh kalau virtual hahaha.

Back to Content ⇧

Celebrating Harry Potter

Saya menemukannya ketika membuka earth.google.com. Di Earth Google ada banyak banget pilihan virtual tour. Sahabat KeNai tinggal pilih mana yang paling menarik. Waktu pertama kali cobain, saya masih agak kagok ngontrol directionnya. Tapi, lama-lama paham juga, kok.

Buat saya, salah satu yang menarik adalah Celebrating Harry Potter. Tentunya karena saya penggemar berat karya J.K Rowling yang satu ini. Di situs ini, Sahabat KeNai tidak hanya diajak ke berbagai tempat syuting film Harry Potter. Tetapi, juga ke tempat lain yang masih ada kaitannya.

Banyak banget pilihan jalan-jalan virtual yang bisa dijadikan hiburan selama masa physical distancing ini. Jalan-jalan ke Mars aja ada, lho. Lumayan menghibur kebosanan juga saat di rumah aja.

Kalau Keke pernah beberapa kali menonton virtual concert. Asik juga, tuh. 

Sekarang saya lagi pengen virtual tour ke Jepang. Gara-gara makin sering nonton dorama akhir-akhir ini, jadi makin pengen banget bisa ke negeri sakura bersama suami dan anak-anak suatu hari nanti. Semoga aja bisa terkabulkan. Aamiin.

Sahabat KeNai suka jalan-jalan virtual ke mana aja selama masa Pandemi COVID-19?

Back to Content ⇧

You Might Also Like

34 comments

  1. Wah bagus Mas sya sudah coba, walapun vidio tapi ringan ya, nggak ada leletnya tapi sayang nggak ada suaranya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, beberapa gak ada suara, tapi lumayan lah

      Hapus
  2. Saya dan suami lagi suka banget nih traveling virtual. Kami pun akhirnya beli TV tambahan yang ditaroh di kamar dan bisa yutupan nonton dokumenter sama video-video 4K, niat abis wkwk. Btw, TV Cina murah ternyata! Kami happy jalan-jalan virtual gini, apalagi kalau ada ceritanya. Saya pribadi, suka nonton Mark Wiens, Liziqi (yah makanan semua wkwk), sama film dokumenter di Netflix. Nanti saya coba ah nonton rekomendasinya Keluarga Kenai :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi berasa punya hiburan lagi kan ya di rumah. Traveling virtual lumayan menghibur juga :D

      Hapus
  3. Baca ini juga salah satu jalan-jalan virtual nih. Jadi tau dunia luar tanpa beranjak dari rumah. Menghibur banget.

    BalasHapus
  4. wah iya nih jln2 virtual lagi trend ya..ada yg berbayar ada jg yg free mau coba jg nanti..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup! tinggal pilih mau yang bayar atau gratis

      Hapus
  5. masya Allaaaah idenya menarik banget buat dijalanin!

    sementara virtual dulu lah yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau traveling virtual gak perlu social distancing hahaha

      Hapus
  6. Belum pernah Mbaaak. Di momen seperti ini emmang ngga ada yg ngga mungkin yah termasuk Traveling walau virtual aja. Btw aku penasaran sama Everest, White House. Kalo mau virtual traveling nya gimana Mbak?

    BalasHapus
  7. Iya nih meski dirumah aja tetep jalan2 virtual aja kita maah. Aku lebih sering lihat hutan2 di Papua, di Kalimantan,hahhaa semua hutan dilihatin. Keknya adeem seger gituuh .

    BalasHapus
    Balasan
    1. soalnya jiwa raveling mulai meronta untuk disalurkan, Teh hahaha

      Hapus
  8. Memang di masa pandemi Covid-19 ini, jalan2 virtual jadi pilihan yg bagus. Nanti kalo pandemi berakhir, baru deh balas dendam jalan2 beneran ya

    BalasHapus
  9. wah keren, aku suka yang explore, ada aneka fauna dan auroraaaa.

    BalasHapus
  10. iya sekarang pilihan Virtual Tour jadi alternatif yang menarik banget. Banyak orang yang 'terjebak' di rumah teriak-teriak kangen piknik, kangen traveling, dan sejenisnya, padahal mah virtual ajah jalan-jalannya cuma banyak orang yang gak kepikiran si virtual tour ini. Di Indoensia juga ada kok jalan-jalan virtual. Udah coba Jakarta Good Guide @jktgoodguide kah? ada juga Bandung Good Guide, dll.

    Yuk ah traveling virtual dulu sampai berakhirnya si covid ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau virtual traveling bisa keliling dunia tanpa packing :D

      Hapus
  11. blom pernah nyoba virtual tour.. cuman kalo liat google map pake street view tuh saya suka iseng jalan ke pelosok alamat yang saya cari.. mungkin kayak gitu kali ya rasanya

    BalasHapus
  12. Aaahhhh... bener ini mak Chi jadi kangen jalan-jalan ya, semoga ini cepat berakhir ya. Aku pun upload foto-foto waktu liburan yang belum aku share ke medsos.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup! Tetapi, sekarang disabarin dengan virtual tour dulu aja :)

      Hapus
  13. Wah kok aku nggak kepikiran ya untuk virtual tour seperti ini. Padahal seru banget biar anak-anak bisa eksplor tempat-tempat menarik di luar sana. Mana tahu nanti ada rezeki dan bisa mengunjungi langsung. Ini jadi ide menarik untuk mengajar juga nih mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga suka mikir gitu, Mbak. Virtual tour dulu aja. Siapa tau nanti traveling beneran ke sana :D

      Hapus
  14. seru juga ya ternyata, kok aku ga kepikiran padahal dunia digital sekarang makin canggih. Thanks kak untuk inspirasinya

    BalasHapus
  15. Pokoknya sekarang ini semuanya serba virtual ya Mbk. Aku keseringan nonton nih mbk kalau dikosan hha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nonton juga asik. Daripada keingetan pandemi melulu :)

      Hapus
  16. jalan2nya ga sampe rumah aku?? hahah aku suka jalan2 pake gmaps..

    BalasHapus
  17. Kita semua saat ini serba terbatas, tapi terselamatkan dg kegiatan serba virtual. Smoga situasi segera membaik amin.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)