5 Tips Mudah Menyimpan Foto-Foto Liburan

5 Tips Mudah  Menyimpan Foto-Foto Liburan - Sejak dulu, kamera selalu menjadi salah satu benda wajib yang saya bawa kemanapun. Sejak masih berupa kamera analog hingga digital. Tidak hanya foto liburan, di momen apapun juga saya selalu bawa kamera. Sebut saja acara keluarga, perpisahan kelas, dan lain sebagainya.

5 tips mudah menyimpan foto-foto liburan


Dulu, saya rela merogoh uang jajan demi membeli 1 buah roll film dan cuci cetak setelahnya. Meskipun hanya pakai kamera sederhana, tapi rasanya puas banget kalau punya foto dari setiap perjalanan yang saya lakukan.

Saking senangnya dengan foto, di saat menikah, kami pasang screen besar untuk menampilkan slide show berbagai foto saya dan suami sejak kami masih bayi hingga menjelang pernikahan. Untungnya suami juga punya banyak koleksi foto.

Saat sedang kumpul dengan keluarga besar pun kami beberapa kali duduk bersama di depan tv dan lihat slide show foto-foto keluarga. Dari mulai foto jadul hingga terbaru. Dan semuanya adalah foto jepretan saya atau suami. Foto memang memiliki banyak cerita. Kenangan yang tercipta bisa lebih awet bila ada foto.

[Silakan baca: 5 Benda Wajib Dibawa Saat Traveling]

Back to Content ⇧


Menyimpan Foto di Era Digital


Setelah kamera memasuki era digital, koleksi foto saya semakin banyak. Karena udah praktis banget, gak perlu beli roll film. Gak ada keharusan untuk cuci cetak karena semua foto sudah bisa langsung dilihat hasilnya. Saya tinggal simpan di komputer.

Memang kenikmatan kamera digital tuh lebih praktis. Tetapi, minusnya koleksi foto jadi semakin banyak. Padahal gak semuanya bagus. Beda banget dengan saat masih pakai kamera analog. Mau ambil satu foto aja harus dipertimbangkan. Sayang banget kalau jatah rollnya cepat habis.

Sekali jalan-jalan aja, saya bisa menghabiskan puluhan hingga ratusan foto. Dengan banyaknya stok foto ini, saya memiliki beberapa tempat penyimpanan.


Laptop

Laptop menjadi tempat yang tercepat dan termudah bagi saya untuk menyimpan seluruh foto. Setiap kali selesai liburan, saya langsung mengosongkan isi memory card dan memindahkan semua foto ke laptop.


Google Drive

Kapasitas laptop sangat terbatas. Lama-lama laptop saya jadi terasa berat. Makanya, saya butuh tempat penyimpanan lain. Google Drive menjadi pilihan saya berikutnya.


External Hard Disk

Kenikmatan menggunakan kamera digital memang kadang-kadang membuat terlena. Untuk satu pose aja bisa jepret berkali-kali. Sehingga seringkali menghasilkan banyak foto yang sama.

Setelah semua foto saya simpan di laptop atau Google Drive, berikutnya saya simpan di External Harddisk. Tetapi, semua foto yang sudah masuk ke sini harus melalui proses sortir dulu. Foto yang benar-benar menarik buat saya, akan disimpan diExternal Hardisk. Sisanya baru dibuang.


Media Sosial dan Blog

tips menyimpan foto-foto liburan dengan mudah

Blog menjadi wadah untuk menceritakan semua kenangan saya. Tentu akan lebih komplit kalau ada foto. Sedangkan media sosial bisa menjadi salah satu galeri penyimpanan foto-foto saya secara online. Tetapi, dibandingkan sekian banyak foto yang saya miliki, hanya segelintir yang diupload ke media sosial maupun blog.


Album Foto

Saya masih suka mencetak album foto, lho. Beberapa foto yang dirasa bagus, saya cetak di album. Menyenangkan juga melihat berbagai foto melalui album.

Back to Content ⇧


Memperbesar Kapasitas Penyimpanan Google Drive dengan GoPay


manfaat google drive untuk menyimpan foto

Menyimpan berbagai foto di Google Drive memang membantu. Tetapi, kalau gratisan paling hanya dapat jatah 15 GB. Sekitar 3x jalan-jalan aja udah habis kapasitasnya. Itu karena format kamera disetting RAW. Jadi filenya besar-besar.

Bisa aja sih setelah diupload di Google Drive, langsung saya sortir lagi dan pindahkan ke External Harddisk. Tapi, menyortir juga butuh waktu. Seringkali saya belum sempat sortir, koleksi foto udah nambah lagi.

Akhirnya, saya putuskan menambah kapasitas penyimpanan Google Drive menjadi 100 GB. Sebetulnya ada beberapa pilihan tempat penyimpanan online. Sebelum memutuskan memilih Google Drive, saya juga mempertimbangkan tempat lainnya.

Dan menurut saya, dengan biaya berlangganan di Google Drive ini masih bersahabat. Tidak sampai Rp30.000,00 per bulan sudah bisa dapat 100 GB. Malah sekarang saya kepikiran juga untuk menaikkan kapasitasinya menjadi 200 GB.

Back to Content ⇧


Cara Menambah Kapasitas Penyimpanan File di Google Drive

kapasitas penyimpanan google drive

Proses menambah kapasitas ini mudah banget dan gak pakai lama

  1. Ada 3 pilihan kapasitas yaitu 100 GB, 200 GB, dan 1 TB. Saya memilih opsi pertama karena rasanya memang cukup untuk saat ini.
  2. Setelah memilih kapasitas penyimpanan tambahan, saya diminta memilih metode pembayaran. Saya pun memilih GoPay. Alasannya saya termasuk sering top up GoPay untuk berbagai transaksi. Jadi biasanya saldonya jarang sampai 0.
  3. Klik 'subscribe' dan kapasitas penyimpanan langsung bertambah saat itu juga.

Back to Content ⇧


Cara Aktivasi GoPay di Google Play

berlangganan google drive bayar pakai gopay

Karena saya menggunakan GoPay, maka setiap bulannya saldo saya akan otomatis dipotong untuk membayar perpanjangan tempat penyimpanan. Setiap bulan juga saya akan mendapatkan laporannya dari GooglePlay melalui e-mail.

Bila Sahabat KeNai belum pernah melakukan pembayaran Google Play dengan GoPay, maka harus diaktivasi dulu


  1. Klik 'Payment Methods' kemudian pilih 'Add GoPay'.
  2. Masukkan nomor hp. Harus dipastikan kalau nomor hp di akun Gojek sama dengan yang terhubung ke Google.
  3. Masukkan PIN GoPay
  4. Pembayaran dengan GoPay pun berhasil

Nah, kalau mau memperbesar storage Google Drive dengan harga yang lebih murah bisa pakai GoPay karena lagi promo. Tidak hanya untuk Google Drive aja, kok. Sahabat KeNai penggemar VIU, LINE Webtoon, PUBG, dan masih banyak games serta entertainment juga bisa dapetin promo ini. Manfaatin banget deh promonya. Biar Sahabat KeNai bisa puas hiburannya saat lagi di rumah aja.

menggunakan google play dengan gopay

Kalau untuk kebutuhan pribadi, sebetulnya 100 GB udah cukup banget untuk saat ini. Tetapi, anak-anak saya juga mulai menggemari membuat foto dan video. Mereka juga butuh kapasitas yang cukup. Udah beberapa kali numpang menyimpan foto di Google Drive ibunya. Makanya, saya mulai berpikir untuk menambah kapasitas aja menjadi 200 GB.

promo gopay dengan google play

Sebelum memutuskan jadi atau enggak menambah kapasitas lagi, saya mau merapikan file foto dulu aja, deh. Mumpung lagi di rumah aja karena pandemi COVID-19. Gak hanya rumah yang harus dibeberes, tetapi file foto juga harus mulai disortir, nih.

[Silakan baca: Jalan-Jalan Virtual Saat di Rumah Aja]

Baidewei, selama pademi COVID-19 ini, hiburan Sahabat KeNai saat di rumah aja tuh apa?Kalau saya semakin sering nonton dorama Jepang. Biasanya saya nonton di VIU. Kalau Keke lagi seneng main PUBG. Kalau Nai sih dari dulu penggemar LINE Webtoon.

Back to Content ⇧

Post a Comment

98 Comments

  1. Saya juga nyimpan di laptop dan di fb tapi digembok. Kalo di google drive kebanyakan dokumen

    ReplyDelete
  2. Aku aku jg bakal naikin kapasitas punyaku yaaaa. Soalnya yg skr jg udh penuh. Apalagi aku travelingnya tiap THN dan sekali pergibisa banyak banget.

    Tadinya aku simpen di Flickr mba. Aku sampe langganan yg pro. Tp itukan 2 thn sekali harus renewal. Naaah Krn USD LG naik, naik jugalah pembayarannya hahahahhaa. Berasa banget.

    Makanya aku LG ga perpanjang dulu.kayaknya memang mendingan bayar google sih drpd Flickr utk skr ini. Jauh LBH murah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trus, saya kok merasa agak ribet ya menyimpan di Flickr? Atau saya aja yang merasa begitu? Hihihi

      Delete
  3. Jujur aku ga berani nyimpan foto penting atau foto pribadi di cloud drive. ngeri aja gitu sejak ada isu pembobolan data. Jadi aku prefer di hardisk aja. Tapi kalau google play aku sering pake biat download aplikasi sama ebook dan biasanya pake gopay juga bayarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya, insya Allah selama ini aman. Lagipula harddisk dipakai untuk menyimpan foto yang udah benar-benar disortir. Tetapi, memang kembali ke pilihan masing-masing :)

      Delete
  4. waaa terima kasih tips tipsnyaaa, foto foto liburan itu biasanya emang banyak banget sampe sampe bingung mau ditaro dimana saking banyaknya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba disimpan di drive aja kalau belum punya external harddisk

      Delete
  5. bener mbak, foto tu menyimpan sejuta cerita :) sayangnya saya dan suami nggak punya banyak foto saat kecil, makanya anak kami sekarang di perbanyak foto2nya biar bisa di lihat kembali sampai besar kelak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dan suami punya banyak. Makanya mungkin itu juga kami suka foto-foto :D

      Delete
  6. Aku juga pake semuanya mba tapi sejak laptop rusak akhirw upload di FB tp kugembok sih hehee jgb ada yang liat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi di medsos jadi kecil ukurannya. Makanya saya upload semua foto di sana

      Delete
  7. Wah saya baru tahu lo memperbesar kapasitas Google Drive bisa bayar pakai GoPay. Praktis sekali ya. Makasih Mba infonya

    ReplyDelete
  8. Jadi per-bulan mesti ingat-ingat untuk memperpanjang yaa, kak Myr?
    Kalau lupa, foto yang tersimpan gakkan hilang kan yaa...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal ada saldo gopay yang cukup, udah auto debet. Saya pernah kelupaan isi, ada remindernya di email. Tapi, gak sampai lama lupanya. Makanya foto-foto tetap aman. Gak tau ya kalau sampai kelamaan

      Delete
  9. Makin gampang ya kini beli storage, udah ga ribet prosedurnya. Bayar aja pakai Gopay beres deehhh

    ReplyDelete
  10. Yak jadi inget kuota google drive-ku udah mepettt. Mau beli tapi mikir bayar pake apa yaa ternyata bisa bayar pakai GoPay! Sama dong yaa kalau aku langganan Viu Premium pakai GoPay. Gampang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang versi gratisannya memang cuma sedikit. Gopay memudahkan, ya

      Delete
  11. Benar sekali ya, kadang suka bingung mau nyimpan photo dimana... Lebih murah dan aman bisa dibuka ke mana saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya. Kalau pakai GDrive bis abuka di manapun selama ada akses internet

      Delete
  12. Wah bisa ya bayar utk beli apps pake gopay... Asik atuh ga rempong lagi yaa.

    ReplyDelete
  13. Kapasitasnya bisa sampai 2 TB yak..mantep bener...Enaknya bisa dibuka dimana saja ya filenya yang penting ada akses internet. Aku lagi demen nonton film kartun aja sih..nemenin anak-anak...hehe

    ReplyDelete
  14. Iya nih Chi, akupun udah apgred , udah banyak stok potooo yang ga kuat naronya di drive wakakakkaka.
    Untung jaman now gampang banget pembayarannya ya, bisa dompet digital..

    Aku juga lagi beres2in poto ini, belom yang dileptop satu lagi, bhuaaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapasitasnya harus digedein, Teh. Kalau yang gratisan cuma sedikit :D

      Delete
  15. Asik banget dong ya sekarang ini, kalau beli aplikasi atau menambah layanan di gadget bisa bayar pakai GoPay ya mak Chi. Soalnya aku biasa bayar debit atau pakai CC, nah ini bisa jadi solusi deh pakai GoPay.

    ReplyDelete
  16. Saya biasanya menyimpan foto yang sudah memenuhi ponsel dengan cara memindahkan ke aplikasi onedrive. Kalau belum sempat, terpaksa diendapkan di laptop. Walaupun pernah ada kejadian tak mengenakkan, banyak foto dan video saya dulu, hilang bersamaan dengan hilangnya laptop dan handycam karena kamar kos saya dibobol maling sialan.
    Salam kenal mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali. Nah, saya juga pernah mengalami kejadian komputer rusak dan gak bisa dibenerin. Seluruh foto lenyap begitu aja. Makanya saya belajar dari pengalaman untuk menyimpan di tempat yang lebih aman.

      Delete
  17. Wah baru tahu kalau sekarang bisa menambah kapasitas Google Drive dan bayarnya pakai GoPay. Simple ya. Noted ah, secara saya juga pemakai GoPay.

    ReplyDelete
  18. Baiklah 200GB cukup untuk kita suka nyimpen stok poto2 cantiik dan aplod bisa kapan2 yaaa...
    Hahhaaa..banyaak stook teruuss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup banget kayaknya. Saya aja 100 GB kayaknya gak habis-habis :D

      Delete
  19. Drive dan google foto otomatis menyimpan ...terus juga bikin ringan ponselkan...

    ...mudah bayar pakai gopay ya..

    Ntar beli aplikasi buat edit video..

    ReplyDelete
  20. Nah bisa jadi solusi nih, aku banyak pnya foto kdng lupa simpen. Pas mau motret lagi memory udh full. Uhuhuhu

    ReplyDelete
  21. Wah bisa ya untuk langganan Google storage, fotoku berserakan nih filenya mending langganan ya mbak praktis d

    ReplyDelete
  22. Nah ini penting sekali, jikalau hape rusak dan ke restart kita ada cadangan back up di google drive ya. Biaya pun masih sangat terjangkau. Ruangku juga sudah hampir penuh, sepertinya butuh untuk menambah kapasitas ruangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! Saya pernah mengalami hp dicuri. Alhamdulillah foto-fotonya tetap aman

      Delete
  23. aku udah langganan google one, emang praktis sih semenjak langganan bisa simpan file apa aja

    ReplyDelete
  24. aku bingung mau rapiin file. capek sortir trus pindahin ke hard disk external. pengen upload via google drive tapi males ngeresizenya satu2. ada cara cepet ga ngeresize sekaligus via apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau upload ke Google Drive kayaknya gak harus diresize, Mbak. Saya suka langsung upload aja

      Delete
  25. Lumayan juga ya penyimpanannya sampai 100 GB, jatah Google drive ku hampir abis nih.
    Aku juga nonton di VIU tapi bukan Drakor, mbak, film Hollywood meski terbatas. Yang suka baca komik di Webtoon tu anakku yang sulung

    ReplyDelete
  26. aku nyimpen foto di facebook hahah foto yang layak tayang, dan juga suka nyimpan di google photo tapi kayaknya mesti berlangganan deh biar muat banyak foto

    ReplyDelete
  27. wahaaha makasih loh kak tipsnya sangat bermanfaat bagi hamba hamba yang sering kehabisan memori internal hehhehe

    ReplyDelete
  28. Kalau aku alhamdulilllah punya email kampus yang unlimited mbak :) jadi bisa banget banyajk nyimpen file

    ReplyDelete
  29. Jadi per bulan bayarnya ya Mbak? Saya kira sekali bei saja udah nggak bayar lagi. Hmmm ini jadi seperti menyewa ruangan gitu ya. Bayar per bulan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu di artikelnya udah tertera biaya bulanannya. Tergantung seberapa besar storagenya.

      Delete
  30. Weh bisa ya nambah kapasitas google drive dengan gopay? Jadi lebih mudah ya, Mba. Saya tuh bayanginnya selalu pakai CC

    ReplyDelete
  31. Kalau dulu ada Picasa Web Album ya Chi tapi sekarang lebih efisien kalau perbesar kapasitas dengan premium service gini biar lebih leluasa.
    Bayarnya pun gampil ya pakai GoPay gak perlu CC atau lainnya yang ribet :)

    ReplyDelete
  32. Saya juga nyimpen foto di google drive mbak. Pakai yg 100 GB perbulan. Tapi masih sering penuh juga. Jadi langganan lagi pakai akun suami 100 Gb juga. Eh baru nyadar kalau langganan 200 GB sekalian malah lebih irit yaa. Hihihi..daripada 100 GB kalikan 2 akun.

    ReplyDelete
  33. Waaa langganan google drive bisa bayar pakai gopay ya. Asyikk mau coba ah. Udah lama pengen yang langganan tapi male sribet buat bayarnya. Kalau pakai gopay mah enak. Udah biasa pakai soalnya.

    ReplyDelete
  34. selama pandemi gini, ada baiknya waktu buat merapihkan photo2 selama traveling ya makchi... waah enak nih bs pake gopay belinya

    ReplyDelete
  35. Foto-foto liburan atau apapun memang sayang untuk dibuang gitu aja ya mbak. Meski ngak tau nantinya bakal dibuka atau tidak? Googledrive memang solusi terbaik untuk menyelamatkan file-file foto yang bejibun ini.

    ReplyDelete
  36. Dari kemaren kepikiran pengen beli tambahan kapasitas di gdrive, eh sekarang dapet info nya hehe. Terimakasih yah mba atas info dan juga tips nya ;)

    ReplyDelete
  37. selama pandemi ini kalo aa sering ikut tryout online. kalo yg laen tetep yutuban. emaknya dih streaming drakor ajah :D

    ReplyDelete
  38. Wahh makin simple aja sekarang yah. Kapasitas drive nya bisa sampe 200GB gini huhuhu

    ReplyDelete
  39. Wah perlu banget info ini, secara emang rempong kalau hp penuh dan foto masih diperlukan. Jadinya bingung kalau udah penuh memori hp. Dengan solusi ini jadi tenang deh ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak. Jadi gak bingung lagi mau menyimpan foto

      Delete
  40. Pemikiran yang sama nih Mbak. Bagiku punya kenangan foto penting banget. Ortukupun sejak aku kecil selalu ngeprint-in fotoku d album hehe buat kenangan banget.

    ReplyDelete
  41. SAya belum serius terpikir menyimpan foto makanya banyak foto yang hilang. Ada sih di harddisk eksternal tapi harddisknya diformat anak-anak hahaha.

    Mau coba tipsnya ini. Daan beli lagi kuota Google Drive pakai GoPay ya.

    ReplyDelete
  42. Setuju kak, smenjak foto pernah hilang sekarang sering share di media sosial dan adan di gdrive jugaa haha biar banyak copyannya hahaha

    ReplyDelete
  43. saya naro data sekarang di google drive, asyik ya bisa perbesar google drive dengan pemvayaran via gopay simpel, saya tuh udah kelhilangan data gara gara naro di laptop dan sd card huhu

    ReplyDelete
  44. Menyimpan foto digital ini emang peer ya. Tapi paling oke memang di Google Drive sih. Bisa setiap saat ditarik. Soalnya kalau di laptop atau external HArddisk Ada kemungkinan hilang atau rusak.

    ReplyDelete
  45. Aku malah mikir kalo di google drive apa gk takut diintip pihak google?

    ReplyDelete
  46. Makasih infonya mbaak.. iya yah kadang aku suka males ngesave ngesave lagi foto liburan kayak di laptop atau google drive tapi suka nyesel kalo tiba tiba file nya keapus huhu. Jadi kadang di sosmed aja sih kayak di FB hehe.

    ReplyDelete
  47. Iya bener nih, aku biasanya nyimpen di sosmed sama hardisk juga. Biar lebih gampang

    ReplyDelete
  48. Masih ada promo cashback gak yaa. Aku mau simpen portofolio keluarga di Gdrive. Kan butuh kuota gede.

    ReplyDelete
  49. Memang ya mbak struggle untuk orang-orang yang suka mengambil foto seperti kita-kita ini haha.. suka photo tapi bingung nanti fotonya mau dikemanain.. mau diapus sayang tapi di hp, flashdisk dan hardisk sudah penuh semua 😂

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)