5 Tips Mudah Menyimpan Foto-Foto Liburan

Sejak dulu, kamera selalu menjadi salah satu benda wajib yang saya bawa kemanapun. Sejak masih berupa kamera analog hingga digital. Tidak hanya foto liburan, di momen apapun juga saya selalu bawa kamera. Sebut saja acara keluarga, perpisahan kelas, dan lain sebagainya.

5 tips mudah menyimpan foto-foto liburan

5 Tips Mudah  Menyimpan Foto-Foto Liburan



Dulu, saya rela merogoh uang jajan demi membeli 1 buah roll film dan cuci cetak setelahnya. Meskipun hanya pakai kamera sederhana, tapi rasanya puas banget kalau punya foto dari setiap perjalanan yang saya lakukan.

Saking senangnya dengan foto, di saat menikah, kami pasang screen besar untuk menampilkan slide show berbagai foto saya dan suami sejak kami masih bayi hingga menjelang pernikahan. Untungnya suami juga punya banyak koleksi foto.

Saat sedang kumpul dengan keluarga besar pun kami beberapa kali duduk bersama di depan tv dan lihat slide show foto-foto keluarga. Dari mulai foto jadul hingga terbaru. Dan semuanya adalah foto jepretan saya atau suami. Foto memang memiliki banyak cerita. Kenangan yang tercipta bisa lebih awet bila ada foto.

[Silakan baca: 5 Benda Wajib Dibawa Saat Traveling]

Back to Content ⇧


Menyimpan Foto di Era Digital


Setelah kamera memasuki era digital, koleksi foto saya semakin banyak. Karena udah praktis banget, gak perlu beli roll film. Gak ada keharusan untuk cuci cetak karena semua foto sudah bisa langsung dilihat hasilnya. Saya tinggal simpan di komputer.

Memang kenikmatan kamera digital tuh lebih praktis. Tetapi, minusnya koleksi foto jadi semakin banyak. Padahal gak semuanya bagus. Beda banget dengan saat masih pakai kamera analog. Mau ambil satu foto aja harus dipertimbangkan. Sayang banget kalau jatah rollnya cepat habis.

Sekali jalan-jalan aja, saya bisa menghabiskan puluhan hingga ratusan foto. Dengan banyaknya stok foto ini, saya memiliki beberapa tempat penyimpanan.

Laptop

Laptop menjadi tempat yang tercepat dan termudah bagi saya untuk menyimpan seluruh foto. Setiap kali selesai liburan, saya langsung mengosongkan isi memory card dan memindahkan semua foto ke laptop.

Google Drive

Kapasitas laptop sangat terbatas. Lama-lama laptop saya jadi terasa berat. Makanya, saya butuh tempat penyimpanan lain. Google Drive menjadi pilihan saya berikutnya.

External Hard Disk

Kenikmatan menggunakan kamera digital memang kadang-kadang membuat terlena. Untuk satu pose aja bisa jepret berkali-kali. Sehingga seringkali menghasilkan banyak foto yang sama.

Setelah semua foto saya simpan di laptop atau Google Drive, berikutnya saya simpan di External Harddisk. Tetapi, semua foto yang sudah masuk ke sini harus melalui proses sortir dulu. Foto yang benar-benar menarik buat saya, akan disimpan diExternal Hardisk. Sisanya baru dibuang.

Media Sosial dan Blog

tips menyimpan foto-foto liburan dengan mudah

Blog menjadi wadah untuk menceritakan semua kenangan saya. Tentu akan lebih komplit kalau ada foto. Sedangkan media sosial bisa menjadi salah satu galeri penyimpanan foto-foto saya secara online. Tetapi, dibandingkan sekian banyak foto yang saya miliki, hanya segelintir yang diupload ke media sosial maupun blog.

Album Foto

Saya masih suka mencetak album foto, lho. Beberapa foto yang dirasa bagus, saya cetak di album. Menyenangkan juga melihat berbagai foto melalui album.

Back to Content ⇧


Memperbesar Kapasitas Penyimpanan Google Drive dengan GoPay


manfaat google drive untuk menyimpan foto

Menyimpan berbagai foto di Google Drive memang membantu. Tetapi, kalau gratisan paling hanya dapat jatah 15 GB. Sekitar 3x jalan-jalan aja udah habis kapasitasnya. Itu karena format kamera disetting RAW. Jadi filenya besar-besar.

Bisa aja sih setelah diupload di Google Drive, langsung saya sortir lagi dan pindahkan ke External Harddisk. Tapi, menyortir juga butuh waktu. Seringkali saya belum sempat sortir, koleksi foto udah nambah lagi.

Akhirnya, saya putuskan menambah kapasitas penyimpanan Google Drive menjadi 100 GB. Sebetulnya ada beberapa pilihan tempat penyimpanan online. Sebelum memutuskan memilih Google Drive, saya juga mempertimbangkan tempat lainnya.

Dan menurut saya, dengan biaya berlangganan di Google Drive ini masih bersahabat. Tidak sampai Rp30.000,00 per bulan sudah bisa dapat 100 GB. Malah sekarang saya kepikiran juga untuk menaikkan kapasitasinya menjadi 200 GB.

Back to Content ⇧


Cara Menambah Kapasitas Penyimpanan File di Google Drive

kapasitas penyimpanan google drive

Proses menambah kapasitas ini mudah banget dan gak pakai lama

  1. Ada 3 pilihan kapasitas yaitu 100 GB, 200 GB, dan 1 TB. Saya memilih opsi pertama karena rasanya memang cukup untuk saat ini.
  2. Setelah memilih kapasitas penyimpanan tambahan, saya diminta memilih metode pembayaran. Saya pun memilih GoPay. Alasannya saya termasuk sering top up GoPay untuk berbagai transaksi. Jadi biasanya saldonya jarang sampai 0.
  3. Klik 'subscribe' dan kapasitas penyimpanan langsung bertambah saat itu juga.

Back to Content ⇧


Cara Aktivasi GoPay di Google Play

berlangganan google drive bayar pakai gopay

Karena saya menggunakan GoPay, maka setiap bulannya saldo saya akan otomatis dipotong untuk membayar perpanjangan tempat penyimpanan. Setiap bulan juga saya akan mendapatkan laporannya dari GooglePlay melalui e-mail.

Bila Sahabat KeNai belum pernah melakukan pembayaran Google Play dengan GoPay, maka harus diaktivasi dulu

  1. Klik 'Payment Methods' kemudian pilih 'Add GoPay'.
  2. Masukkan nomor hp. Harus dipastikan kalau nomor hp di akun Gojek sama dengan yang terhubung ke Google.
  3. Masukkan PIN GoPay
  4. Pembayaran dengan GoPay pun berhasil

Nah, kalau mau memperbesar storage Google Drive dengan harga yang lebih murah bisa pakai GoPay karena lagi promo. Tidak hanya untuk Google Drive aja, kok. Sahabat KeNai penggemar VIU, LINE Webtoon, PUBG, dan masih banyak games serta entertainment juga bisa dapetin promo ini. Manfaatin banget deh promonya. Biar Sahabat KeNai bisa puas hiburannya saat lagi di rumah aja.

menggunakan google play dengan gopay

Kalau untuk kebutuhan pribadi, sebetulnya 100 GB udah cukup banget untuk saat ini. Tetapi, anak-anak saya juga mulai menggemari membuat foto dan video. Mereka juga butuh kapasitas yang cukup. Udah beberapa kali numpang menyimpan foto di Google Drive ibunya. Makanya, saya mulai berpikir untuk menambah kapasitas aja menjadi 200 GB.

promo gopay dengan google play

Sebelum memutuskan jadi atau enggak menambah kapasitas lagi, saya mau merapikan file foto dulu aja, deh. Mumpung lagi di rumah aja karena pandemi COVID-19. Gak hanya rumah yang harus dibeberes, tetapi file foto juga harus mulai disortir, nih.

[Silakan baca: Jalan-Jalan Virtual Saat di Rumah Aja]

Baidewei, selama pademi COVID-19 ini, hiburan Sahabat KeNai saat di rumah aja tuh apa?Kalau saya semakin sering nonton dorama Jepang. Biasanya saya nonton di VIU. Kalau Keke lagi seneng main PUBG. Kalau Nai sih dari dulu penggemar LINE Webtoon.
Back to Content ⇧

You Might Also Like

114 comments

  1. Saya juga nyimpan di laptop dan di fb tapi digembok. Kalo di google drive kebanyakan dokumen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi, kalau di FB kayaknya ukurannya jadi kecil

      Hapus
  2. Nggak pernah punya foto liburan yang proper. Yang siaga kamera cuma aku, padahal akunya ngantukan wkwkwkk. Suami & anak2 nggak peduli. Anakku padahal cewe2 juga nggak selfie2 apa gimana gitu kayak cewe2 jaman sekarang. Hmmmm....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti gak perlu punya kapasitas storage besar ya, Mbak hehehe

      Hapus
  3. Google Drive aku juga udah mulai penuh nih :(
    Soalnya kalau save di medsos kualitas fotonya jadi menurun :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah kenapa saya gak mau banyak menyimpan di medsos. Mendingan di drive dan menambah kapasitas

      Hapus
  4. Aku aku jg bakal naikin kapasitas punyaku yaaaa. Soalnya yg skr jg udh penuh. Apalagi aku travelingnya tiap THN dan sekali pergibisa banyak banget.

    Tadinya aku simpen di Flickr mba. Aku sampe langganan yg pro. Tp itukan 2 thn sekali harus renewal. Naaah Krn USD LG naik, naik jugalah pembayarannya hahahahhaa. Berasa banget.

    Makanya aku LG ga perpanjang dulu.kayaknya memang mendingan bayar google sih drpd Flickr utk skr ini. Jauh LBH murah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trus, saya kok merasa agak ribet ya menyimpan di Flickr? Atau saya aja yang merasa begitu? Hihihi

      Hapus
  5. Jujur aku ga berani nyimpan foto penting atau foto pribadi di cloud drive. ngeri aja gitu sejak ada isu pembobolan data. Jadi aku prefer di hardisk aja. Tapi kalau google play aku sering pake biat download aplikasi sama ebook dan biasanya pake gopay juga bayarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya, insya Allah selama ini aman. Lagipula harddisk dipakai untuk menyimpan foto yang udah benar-benar disortir. Tetapi, memang kembali ke pilihan masing-masing :)

      Hapus
  6. waaa terima kasih tips tipsnyaaa, foto foto liburan itu biasanya emang banyak banget sampe sampe bingung mau ditaro dimana saking banyaknya hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba disimpan di drive aja kalau belum punya external harddisk

      Hapus
  7. bener mbak, foto tu menyimpan sejuta cerita :) sayangnya saya dan suami nggak punya banyak foto saat kecil, makanya anak kami sekarang di perbanyak foto2nya biar bisa di lihat kembali sampai besar kelak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dan suami punya banyak. Makanya mungkin itu juga kami suka foto-foto :D

      Hapus
  8. Aku juga pake semuanya mba tapi sejak laptop rusak akhirw upload di FB tp kugembok sih hehee jgb ada yang liat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi di medsos jadi kecil ukurannya. Makanya saya upload semua foto di sana

      Hapus
  9. Wah saya baru tahu lo memperbesar kapasitas Google Drive bisa bayar pakai GoPay. Praktis sekali ya. Makasih Mba infonya

    BalasHapus
  10. Jadi per-bulan mesti ingat-ingat untuk memperpanjang yaa, kak Myr?
    Kalau lupa, foto yang tersimpan gakkan hilang kan yaa...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal ada saldo gopay yang cukup, udah auto debet. Saya pernah kelupaan isi, ada remindernya di email. Tapi, gak sampai lama lupanya. Makanya foto-foto tetap aman. Gak tau ya kalau sampai kelamaan

      Hapus
  11. Makin gampang ya kini beli storage, udah ga ribet prosedurnya. Bayar aja pakai Gopay beres deehhh

    BalasHapus
  12. Yak jadi inget kuota google drive-ku udah mepettt. Mau beli tapi mikir bayar pake apa yaa ternyata bisa bayar pakai GoPay! Sama dong yaa kalau aku langganan Viu Premium pakai GoPay. Gampang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang versi gratisannya memang cuma sedikit. Gopay memudahkan, ya

      Hapus
  13. Benar sekali ya, kadang suka bingung mau nyimpan photo dimana... Lebih murah dan aman bisa dibuka ke mana saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya. Kalau pakai GDrive bis abuka di manapun selama ada akses internet

      Hapus
  14. Wah bisa ya bayar utk beli apps pake gopay... Asik atuh ga rempong lagi yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, Mbak. Selama ada saldonya udah auto debet

      Hapus
  15. Kapasitasnya bisa sampai 2 TB yak..mantep bener...Enaknya bisa dibuka dimana saja ya filenya yang penting ada akses internet. Aku lagi demen nonton film kartun aja sih..nemenin anak-anak...hehe

    BalasHapus
  16. Iya nih Chi, akupun udah apgred , udah banyak stok potooo yang ga kuat naronya di drive wakakakkaka.
    Untung jaman now gampang banget pembayarannya ya, bisa dompet digital..

    Aku juga lagi beres2in poto ini, belom yang dileptop satu lagi, bhuaaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapasitasnya harus digedein, Teh. Kalau yang gratisan cuma sedikit :D

      Hapus
  17. Asik banget dong ya sekarang ini, kalau beli aplikasi atau menambah layanan di gadget bisa bayar pakai GoPay ya mak Chi. Soalnya aku biasa bayar debit atau pakai CC, nah ini bisa jadi solusi deh pakai GoPay.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, buat saya lebih praktis bayar pakai GoPay

      Hapus
  18. Saya biasanya menyimpan foto yang sudah memenuhi ponsel dengan cara memindahkan ke aplikasi onedrive. Kalau belum sempat, terpaksa diendapkan di laptop. Walaupun pernah ada kejadian tak mengenakkan, banyak foto dan video saya dulu, hilang bersamaan dengan hilangnya laptop dan handycam karena kamar kos saya dibobol maling sialan.
    Salam kenal mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali. Nah, saya juga pernah mengalami kejadian komputer rusak dan gak bisa dibenerin. Seluruh foto lenyap begitu aja. Makanya saya belajar dari pengalaman untuk menyimpan di tempat yang lebih aman.

      Hapus
  19. Wah baru tahu kalau sekarang bisa menambah kapasitas Google Drive dan bayarnya pakai GoPay. Simple ya. Noted ah, secara saya juga pemakai GoPay.

    BalasHapus
  20. Baiklah 200GB cukup untuk kita suka nyimpen stok poto2 cantiik dan aplod bisa kapan2 yaaa...
    Hahhaaa..banyaak stook teruuss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukup banget kayaknya. Saya aja 100 GB kayaknya gak habis-habis :D

      Hapus
  21. Drive dan google foto otomatis menyimpan ...terus juga bikin ringan ponselkan...

    ...mudah bayar pakai gopay ya..

    Ntar beli aplikasi buat edit video..

    BalasHapus
  22. Nah bisa jadi solusi nih, aku banyak pnya foto kdng lupa simpen. Pas mau motret lagi memory udh full. Uhuhuhu

    BalasHapus
  23. Wah bisa ya untuk langganan Google storage, fotoku berserakan nih filenya mending langganan ya mbak praktis d

    BalasHapus
  24. Wah, bermanfaat banget info Mbak. Saya baru tahu klo di Google Drive kita bisa beli saat upgrade yah. Thanks.

    BalasHapus
  25. Nah ini penting sekali, jikalau hape rusak dan ke restart kita ada cadangan back up di google drive ya. Biaya pun masih sangat terjangkau. Ruangku juga sudah hampir penuh, sepertinya butuh untuk menambah kapasitas ruangnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup! Saya pernah mengalami hp dicuri. Alhamdulillah foto-fotonya tetap aman

      Hapus
  26. aku udah langganan google one, emang praktis sih semenjak langganan bisa simpan file apa aja

    BalasHapus
  27. aku bingung mau rapiin file. capek sortir trus pindahin ke hard disk external. pengen upload via google drive tapi males ngeresizenya satu2. ada cara cepet ga ngeresize sekaligus via apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau upload ke Google Drive kayaknya gak harus diresize, Mbak. Saya suka langsung upload aja

      Hapus
  28. Lumayan juga ya penyimpanannya sampai 100 GB, jatah Google drive ku hampir abis nih.
    Aku juga nonton di VIU tapi bukan Drakor, mbak, film Hollywood meski terbatas. Yang suka baca komik di Webtoon tu anakku yang sulung

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, Mbak. Gak habis-habis nih kapasitasnya :)

      Hapus
  29. aku nyimpen foto di facebook hahah foto yang layak tayang, dan juga suka nyimpan di google photo tapi kayaknya mesti berlangganan deh biar muat banyak foto

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalau banyak harus diperbesar kapasitasnya

      Hapus
  30. wahaaha makasih loh kak tipsnya sangat bermanfaat bagi hamba hamba yang sering kehabisan memori internal hehhehe

    BalasHapus
  31. perlu banget ini ruang penyimpanan foto secara kalo foto ngak bisa sekali dan maunya ganti gaja juga, hahaha. makanya cepat penuh memori hp dan laptop

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jangan sampai menuh-menuhi laptop atau hp karena bikin lemot :D

      Hapus
  32. Kalau aku alhamdulilllah punya email kampus yang unlimited mbak :) jadi bisa banget banyajk nyimpen file

    BalasHapus
  33. Jadi per bulan bayarnya ya Mbak? Saya kira sekali bei saja udah nggak bayar lagi. Hmmm ini jadi seperti menyewa ruangan gitu ya. Bayar per bulan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu di artikelnya udah tertera biaya bulanannya. Tergantung seberapa besar storagenya.

      Hapus
  34. Weh bisa ya nambah kapasitas google drive dengan gopay? Jadi lebih mudah ya, Mba. Saya tuh bayanginnya selalu pakai CC

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum berani transaksi online pakai CC

      Hapus
  35. Kalau dulu ada Picasa Web Album ya Chi tapi sekarang lebih efisien kalau perbesar kapasitas dengan premium service gini biar lebih leluasa.
    Bayarnya pun gampil ya pakai GoPay gak perlu CC atau lainnya yang ribet :)

    BalasHapus
  36. Dulu saya juga mengandalkan laptop untuk menyimpan foto-foto keluarga. Tapi karena tidak sengaja melakukan perbaikan laptop akhirnya dokumen itu raib, sedih sekali hiks. Akhirnya sekarang lebih banyak menyimpan foto di media sosial atau google drive.

    BalasHapus
    Balasan

    1. wah sedih banget kalau sampai raib. Saya juga pernah mengalami

      Hapus
  37. Saya juga nyimpen foto di google drive mbak. Pakai yg 100 GB perbulan. Tapi masih sering penuh juga. Jadi langganan lagi pakai akun suami 100 Gb juga. Eh baru nyadar kalau langganan 200 GB sekalian malah lebih irit yaa. Hihihi..daripada 100 GB kalikan 2 akun.

    BalasHapus
  38. Waaa langganan google drive bisa bayar pakai gopay ya. Asyikk mau coba ah. Udah lama pengen yang langganan tapi male sribet buat bayarnya. Kalau pakai gopay mah enak. Udah biasa pakai soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ribet prosesnya. Malah gampang banget :D

      Hapus
  39. selama pandemi gini, ada baiknya waktu buat merapihkan photo2 selama traveling ya makchi... waah enak nih bs pake gopay belinya

    BalasHapus
  40. Foto-foto liburan atau apapun memang sayang untuk dibuang gitu aja ya mbak. Meski ngak tau nantinya bakal dibuka atau tidak? Googledrive memang solusi terbaik untuk menyelamatkan file-file foto yang bejibun ini.

    BalasHapus
  41. Aku beneran baru tau kalo nambah kapasitas penyimpanan bisa semudah itu. Beneran baru tau pas baca artikel ini. Aku maju mundur mau nambah kapasitas google drive, soalnya bingung gimana caranya dan aku pikir biayanya mahal ehh trnyata ngga sampe 30ribu yaa ;) kayanya bakal beneran nambah dehh, soalnya banyak email yang yang kadang nyangkut karena kepenuhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Murah, Ci. Nah memperbesar kapasitas juga bisa buat email

      Hapus
  42. baca-baca tentang album foto jadi keinget,, dulu waktu kecil tiap ada momen2 besar pasti foto2 pake kamera analog trs dicetak dan disimpan di album foto.. sekarang udah gak pernah lagi cetak2 foto.. banyakan taruh di laptop dan ext hdd.. tp takutnya klo prgktnya rusak.. lewat gdrive kapasitas kecil,, boleh jg sih nih ditingkatkan smpe ratusan gb gini..

    -traveler paruh waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah tuh mengalami perangkat rusak. Hilang deh semua foto

      Hapus
  43. Dari kemaren kepikiran pengen beli tambahan kapasitas di gdrive, eh sekarang dapet info nya hehe. Terimakasih yah mba atas info dan juga tips nya ;)

    BalasHapus
  44. selama pandemi ini kalo aa sering ikut tryout online. kalo yg laen tetep yutuban. emaknya dih streaming drakor ajah :D

    BalasHapus
  45. Wahh makin simple aja sekarang yah. Kapasitas drive nya bisa sampe 200GB gini huhuhu

    BalasHapus
  46. Wah perlu banget info ini, secara emang rempong kalau hp penuh dan foto masih diperlukan. Jadinya bingung kalau udah penuh memori hp. Dengan solusi ini jadi tenang deh ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, Mbak. Jadi gak bingung lagi mau menyimpan foto

      Hapus
  47. Pemikiran yang sama nih Mbak. Bagiku punya kenangan foto penting banget. Ortukupun sejak aku kecil selalu ngeprint-in fotoku d album hehe buat kenangan banget.

    BalasHapus
  48. SAya belum serius terpikir menyimpan foto makanya banyak foto yang hilang. Ada sih di harddisk eksternal tapi harddisknya diformat anak-anak hahaha.

    Mau coba tipsnya ini. Daan beli lagi kuota Google Drive pakai GoPay ya.

    BalasHapus
  49. Bisa sebesar itu ya kapasitasnya, bebas nyimpen foto sebanyak yang kita mau, asiknyaaa. Foto-fotoku udah harus "dikarungin" juga karena udah serba penuh dimana2 nih, apalagi di HP dan Lappy, sebagian aku simpen di GDrive juga tapi kapasitasnya masih terbatas :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kepenuhan di hp dan laptop juga bikin berat

      Hapus
  50. Wah mba, kubaru tau ternyata google drive ada yg berbayar ya? Selama ini ga pernah ngecek. Seada2nya. Soalnya bukan tipe yg suka ngumpulin momen lewat foto. Kayanya menurun dari keluarga mama

    BalasHapus
  51. Setuju kak, smenjak foto pernah hilang sekarang sering share di media sosial dan adan di gdrive jugaa haha biar banyak copyannya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener. Jangan menyimpan di satu tempat :D

      Hapus
  52. saya naro data sekarang di google drive, asyik ya bisa perbesar google drive dengan pemvayaran via gopay simpel, saya tuh udah kelhilangan data gara gara naro di laptop dan sd card huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga pernah mengalami kejadian yang sama

      Hapus
  53. Menyimpan foto digital ini emang peer ya. Tapi paling oke memang di Google Drive sih. Bisa setiap saat ditarik. Soalnya kalau di laptop atau external HArddisk Ada kemungkinan hilang atau rusak.

    BalasHapus
  54. Aku malah mikir kalo di google drive apa gk takut diintip pihak google?

    BalasHapus
  55. Makasih infonya mbaak.. iya yah kadang aku suka males ngesave ngesave lagi foto liburan kayak di laptop atau google drive tapi suka nyesel kalo tiba tiba file nya keapus huhu. Jadi kadang di sosmed aja sih kayak di FB hehe.

    BalasHapus
  56. Iya bener nih, aku biasanya nyimpen di sosmed sama hardisk juga. Biar lebih gampang

    BalasHapus
  57. Masih ada promo cashback gak yaa. Aku mau simpen portofolio keluarga di Gdrive. Kan butuh kuota gede.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)