Sejak dulu, kamera selalu menjadi salah satu benda wajib yang saya bawa kemanapun. Sejak masih berupa kamera analog hingga digital. Tidak hanya foto liburan, di momen apapun juga saya selalu bawa kamera. Sebut saja acara keluarga, perpisahan kelas, dan lain sebagainya.

5 tips mudah menyimpan foto-foto liburan

5 Tips Mudah  Menyimpan Foto-Foto Liburan



Dulu, saya rela merogoh uang jajan demi membeli 1 buah roll film dan cuci cetak setelahnya. Meskipun hanya pakai kamera sederhana, tapi rasanya puas banget kalau punya foto dari setiap perjalanan yang saya lakukan.

Saking senangnya dengan foto, di saat menikah, kami pasang screen besar untuk menampilkan slide show berbagai foto saya dan suami sejak kami masih bayi hingga menjelang pernikahan. Untungnya suami juga punya banyak koleksi foto.

Saat sedang kumpul dengan keluarga besar pun kami beberapa kali duduk bersama di depan tv dan lihat slide show foto-foto keluarga. Dari mulai foto jadul hingga terbaru. Dan semuanya adalah foto jepretan saya atau suami. Foto memang memiliki banyak cerita. Kenangan yang tercipta bisa lebih awet bila ada foto.

[Silakan baca: 5 Benda Wajib Dibawa Saat Traveling]

Back to Content ⇧


Menyimpan Foto di Era Digital


Setelah kamera memasuki era digital, koleksi foto saya semakin banyak. Karena udah praktis banget, gak perlu beli roll film. Gak ada keharusan untuk cuci cetak karena semua foto sudah bisa langsung dilihat hasilnya. Saya tinggal simpan di komputer.

Memang kenikmatan kamera digital tuh lebih praktis. Tetapi, minusnya koleksi foto jadi semakin banyak. Padahal gak semuanya bagus. Beda banget dengan saat masih pakai kamera analog. Mau ambil satu foto aja harus dipertimbangkan. Sayang banget kalau jatah rollnya cepat habis.

Sekali jalan-jalan aja, saya bisa menghabiskan puluhan hingga ratusan foto. Dengan banyaknya stok foto ini, saya memiliki beberapa tempat penyimpanan.

Laptop

Laptop menjadi tempat yang tercepat dan termudah bagi saya untuk menyimpan seluruh foto. Setiap kali selesai liburan, saya langsung mengosongkan isi memory card dan memindahkan semua foto ke laptop.

Google Drive

Kapasitas laptop sangat terbatas. Lama-lama laptop saya jadi terasa berat. Makanya, saya butuh tempat penyimpanan lain. Google Drive menjadi pilihan saya berikutnya.

External Hard Disk

Kenikmatan menggunakan kamera digital memang kadang-kadang membuat terlena. Untuk satu pose aja bisa jepret berkali-kali. Sehingga seringkali menghasilkan banyak foto yang sama.

Setelah semua foto saya simpan di laptop atau Google Drive, berikutnya saya simpan di External Harddisk. Tetapi, semua foto yang sudah masuk ke sini harus melalui proses sortir dulu. Foto yang benar-benar menarik buat saya, akan disimpan diExternal Hardisk. Sisanya baru dibuang.

Media Sosial dan Blog

tips menyimpan foto-foto liburan dengan mudah

Blog menjadi wadah untuk menceritakan semua kenangan saya. Tentu akan lebih komplit kalau ada foto. Sedangkan media sosial bisa menjadi salah satu galeri penyimpanan foto-foto saya secara online. Tetapi, dibandingkan sekian banyak foto yang saya miliki, hanya segelintir yang diupload ke media sosial maupun blog.

Album Foto

Saya masih suka mencetak album foto, lho. Beberapa foto yang dirasa bagus, saya cetak di album. Menyenangkan juga melihat berbagai foto melalui album.

Back to Content ⇧


Memperbesar Kapasitas Penyimpanan Google Drive dengan GoPay


manfaat google drive untuk menyimpan foto

Menyimpan berbagai foto di Google Drive memang membantu. Tetapi, kalau gratisan paling hanya dapat jatah 15 GB. Sekitar 3x jalan-jalan aja udah habis kapasitasnya. Itu karena format kamera disetting RAW. Jadi filenya besar-besar.

Bisa aja sih setelah diupload di Google Drive, langsung saya sortir lagi dan pindahkan ke External Harddisk. Tapi, menyortir juga butuh waktu. Seringkali saya belum sempat sortir, koleksi foto udah nambah lagi.

Akhirnya, saya putuskan menambah kapasitas penyimpanan Google Drive menjadi 100 GB. Sebetulnya ada beberapa pilihan tempat penyimpanan online. Sebelum memutuskan memilih Google Drive, saya juga mempertimbangkan tempat lainnya.

Dan menurut saya, dengan biaya berlangganan di Google Drive ini masih bersahabat. Tidak sampai Rp30.000,00 per bulan sudah bisa dapat 100 GB. Malah sekarang saya kepikiran juga untuk menaikkan kapasitasinya menjadi 200 GB.

Back to Content ⇧


Cara Menambah Kapasitas Penyimpanan File di Google Drive

kapasitas penyimpanan google drive

Proses menambah kapasitas ini mudah banget dan gak pakai lama

  1. Ada 3 pilihan kapasitas yaitu 100 GB, 200 GB, dan 1 TB. Saya memilih opsi pertama karena rasanya memang cukup untuk saat ini.
  2. Setelah memilih kapasitas penyimpanan tambahan, saya diminta memilih metode pembayaran. Saya pun memilih GoPay. Alasannya saya termasuk sering top up GoPay untuk berbagai transaksi. Jadi biasanya saldonya jarang sampai 0.
  3. Klik 'subscribe' dan kapasitas penyimpanan langsung bertambah saat itu juga.

Back to Content ⇧


Cara Aktivasi GoPay di Google Play

berlangganan google drive bayar pakai gopay

Karena saya menggunakan GoPay, maka setiap bulannya saldo saya akan otomatis dipotong untuk membayar perpanjangan tempat penyimpanan. Setiap bulan juga saya akan mendapatkan laporannya dari GooglePlay melalui e-mail.

Bila Sahabat KeNai belum pernah melakukan pembayaran Google Play dengan GoPay, maka harus diaktivasi dulu

  1. Klik 'Payment Methods' kemudian pilih 'Add GoPay'.
  2. Masukkan nomor hp. Harus dipastikan kalau nomor hp di akun Gojek sama dengan yang terhubung ke Google.
  3. Masukkan PIN GoPay
  4. Pembayaran dengan GoPay pun berhasil

Nah, kalau mau memperbesar storage Google Drive dengan harga yang lebih murah bisa pakai GoPay karena lagi promo. Tidak hanya untuk Google Drive aja, kok. Sahabat KeNai penggemar VIU, LINE Webtoon, PUBG, dan masih banyak games serta entertainment juga bisa dapetin promo ini. Manfaatin banget deh promonya. Biar Sahabat KeNai bisa puas hiburannya saat lagi di rumah aja.

menggunakan google play dengan gopay

Kalau untuk kebutuhan pribadi, sebetulnya 100 GB udah cukup banget untuk saat ini. Tetapi, anak-anak saya juga mulai menggemari membuat foto dan video. Mereka juga butuh kapasitas yang cukup. Udah beberapa kali numpang menyimpan foto di Google Drive ibunya. Makanya, saya mulai berpikir untuk menambah kapasitas aja menjadi 200 GB.

promo gopay dengan google play

Sebelum memutuskan jadi atau enggak menambah kapasitas lagi, saya mau merapikan file foto dulu aja, deh. Mumpung lagi di rumah aja karena pandemi COVID-19. Gak hanya rumah yang harus dibeberes, tetapi file foto juga harus mulai disortir, nih.

[Silakan baca: Jalan-Jalan Virtual Saat di Rumah Aja]

Baidewei, selama pademi COVID-19 ini, hiburan Sahabat KeNai saat di rumah aja tuh apa?Kalau saya semakin sering nonton dorama Jepang. Biasanya saya nonton di VIU. Kalau Keke lagi seneng main PUBG. Kalau Nai sih dari dulu penggemar LINE Webtoon.
Back to Content ⇧