Kumpul Keluarga di Sedep Malem, Bandung

Kumpul Keluarga di Sedep Malem, Bandung - Tahun ini, besar kemungkinan tidak ada cerita kumpul keluarga besar. Semua pada berpencar di rumah masing-masing. Tidak ada yang mudik. Ya apalagi alasannya kalau bukan karena PSBB akibat pandemi COVID-19?

kumpul keluarga di sedep malem bandung

Tahun lalu, kami sempat berniat kalau Lebaran saat itu wajib ikut dengan acara keluarga besar saya. Sekian belas tahun menikah, rasanya gak sampai 5x kami ikutan. Selalu aja, ikut acara halal bi balal keluarga besar suami.

Sebetulnya, baik keluarga besar saya maupun suami saya-sama berkumpul di Bandung setiap kali lebaran. Hanya saja di hari kedua tuh suka bentrok melulu. Keluarga besar saya punya rutinitas keliling seharian ke beberapa rumah saudara jauh dan ziarah kubur. Sedangkan pihak suami selalu bikin acara halal bi halal di salah satu resto.

Kami selalu memilih ikutan ngumpul dengan keluarga besar suami dengan pertimbangan frekuensi pertemuan. Kalau sama keluarga besar saya lumayan sering ketemu. Gak hanya saat hari raya. Sedangkan dengan pihak suami, momen ketemuannya ya hanya saat lebaran. di luar itu jarang banget.

Tetapi, tahun lalu, saya kangen aja kumpul dengan keluarga besar saya. Apalagi 2 tahun terakhir itu, kami jarang banget ke mana-mana karena papah mertua sakit. Makanya saya udah kangen banget berkumpul dengan keluarga.

Niatan kami pun terwujud. Sayangnya sebulan sebelum Ramadhan, papah pergi untuk selamanya. Jangan tanya sedihnya seperti apa merasakan kehilangan sebesar itu.

Setelah papah gak ada, rutinitas tahun pun berubah. Mamah pengennya ziarah kubur pindah ke hari pertama lebaran. Supaya bisa cepat ke makam papah.


restoran sedep malem

Setelah seharian keliling, kami pun mencari makan siang. Sebetulnya di rumah juga masak, tetapi memang suka gitu kalau abis keliling. Seringnya sih makan di rumah salah satu keluarga. Kalau masih lapar, baru deh cari resto yang buka. Kalau saya sih seringnya cuma tau ceritanya aja dari WAG. Abisnya kan memang jarang ikutan hahaha.

Di hari raya Idul Fitri memang ada beberapa resto yang tetap buka sejak haru pertama. Hanya jam bukanya aja yang agak mundur. Memberi kesempatan untuk para karyawan melaksanakan sholat Ied dulu dan silaturahmi.

Setelah berdiskusi singkat, kami memutuskan untuk makan di resto Sedep Malem. Restoran yang menawarkan berbagai masakan sunda. Keluarga besar saya sudah beberapa kali makan di sini. Malah saya yang belum pernah sama sekali.


Resto ini sudah lumayan lama berdiri, yaitu sejak tahun 1995 Sejak saya masih duduk di bangku SMA juga sudah ada. SMA saya persis ada di seberang resto ini yaitu SMA BPI I, Bandung.

Dua tahun silam, keluarga besar kami pernah mau makan di sini dalam rangka ulang tahun almarhum papah. Sayangnya lagi rame banget. Gak bisa booking sama sekali. Akhirnya, kami pun memilih di Gubug Makan Mang Engking.

[Silakan baca: Gubug Makan Mang Engking - Kumpul Keluarga untuk Syukuran Ulang Tahun Papah]


sedep malem bandung
makan siang di resto sedep malem bandung

Hari itu sudah lewat jam makan siang. Tetapi, masih aja ramai dan kami harus menunggu lumayan lama. Apalagi keluarga kami lumayan banyak jumlahnya. Jadi harus menunggu beberapa tamu resto yang sedang makan sampai selesai. Supaya kami gak pisah-pisah duduknya.

Setelah menunggu suasana agak kosong, kami pun dapat tempat duduk juga dan langsung pesan makanan. Gak berapa lama pesanan pun datang. Alhamdulillah semua makanan yang kami pesan rasanya enak. Ya pantesan aja ini resto rame terus dan bertahan lama, ya.


menu resto sedep malem
Sambal dan lalap bisa ambil sepuasnya. Tetapi, harus bijak ya. Jangan sampai malah banyak yang terbuang karena gak dihabiskan.


Setelah perut kenyang dan tidak ada lagi makanan yang dipesan, kami pun foto bersama sebentar. Alhamdulillah tahun lalu masih dikasih kebahagiaan dengan berkumpul bersama. Meskipun sedih rasanya karena untuk pertama kalinya tanpa papah.


Maaf, untuk postingan kali ini tidak ada review khusus tentang makanan beserta harganya. Saya udah kecapean duluan untuk motretin semua makanan yang diorder. Lagipula udah lewat banget jam makan siang. Perut udah terlalu protes minta cepat-cepat diisi hehehe. Selain itu, postingan ini untuk mengatakan kalau saya kangen kumpul dengan keluarga besar 😊

Kangen kumpul dan becanda gila-gilaan sama keluarga besar. Chi bersyukur banget punya keluarga besar yang asik. Kalau udah ngumpul, saling ngejeplak ya santai aja. Makanya kangen banget pengen kumpul lagi.

Memang iya, sekarang ada internet di mana kita semua bisa tetap bersilaturahmi. Tetapi, tetap saja rasanya beda. Semoga saja pandemi ini segera berlalu. Aamiin

[Silakan baca: Alasan Tidak Mudik Pada Tahun Ini


Sedep Malem


Jl. Burangrang Raya no 11
Bandung, Jawa Barat 40262

Ph: (022) 7303966

Post a Comment

22 Comments

  1. sedep malem ini tempatnya lumayan luas, makanannya enak dan suasanya homey ya mbak :) aku beberapa kali pernah ke sana soalnya hehehe

    ReplyDelete
  2. Emang hal yang dirindukan pas lebaran tuh halbil bareng keluarga besar yaa, bisa saling canda, tawa, ngebully, ahh kangen juga akutu. Ga bisa mudik deh Halbil 5 tahun sekali sama keluarga almBapak di Solo. Demi kebaikan bersama ya Chi, tidak mudik..

    ReplyDelete
  3. Yah jadi kangen buat mudik ya mba tapi mau gimana lagi kondisi gini mah nggak mudik. HIks smoga bisa seperti dlu y a

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, Mbak. Harus banyak sabar dulu deh kita, ya

      Delete
  4. Pasti senang ya mbak bisa ngumpul bareng keluarga besar saat lebaran. Sayang pandemi ini membuat kita harus merayakan lebaran secara virtual. Sedih rasanya...tapi demi memutus penyebaran virus covid-19 kita harus mematuhi anjuran pemerintah untuk berdiam diri di rumah. Lihat menu makanannya bikin lapar...pasti nikmat rasanya.

    ReplyDelete
  5. Bandung and all those lovely restaurants they have. I haven’t tried this one mba but I think they have wonderful menu and lovely ambience

    ReplyDelete
  6. Aamiin. Seru banget ya bisa makan bersama keluarga besar begini. Aku pun merindukan masa seperti ini. Semoga pandemi segera berakhir.

    ReplyDelete
  7. Ah...pantes gak asing.
    Tempat nongkrong kalo nunggu anak-anakku pulang sekolah, ternyata...
    Deket BPI 1 ada Bakso Malang itu kan yaa, kak?

    ReplyDelete
  8. Resto di Bandung jangankan hari lebaran ya, hari libur biasa aja suka ngantri. Momen kumpul lebaran selalu dirindukan, semoga aja pandeminya segerap berakhir paling tidak nanti bisa kumpul-kumpul lagi. Walaupun bisa berhubungan lewat video call tapi butuh kehadiran yang nyata ya hiks jadi sedih. Btw gak berasa ya papah gak adanya udah setahun berarti kaya baru kemarin aku denger kabarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, gak berasa waktunya. Pengen bisa kumpul keluarga lagi

      Delete
  9. Rasanya berbeda ya mbak Lebaran tahun ini, tapi memang berkumpul dengan keluarga di hari Raya itu selalu menjadi momen yang ditunggu setiap lebaran. Semoga pandemi ini berlalu dan semua kembali normal ya mbak.

    ReplyDelete
  10. Namanya unik banget ya mba, sedep malam..aku barubtahu ini ada di Bandung dan udah lama yah dari tahun 1995 huaaah mantabs

    ReplyDelete
  11. Jadi pengin ngumpulin foto-foto liburan juga nih. Bawaan udah pengin liburan tapi yaaah harus sabar aja dulu ya nunggu kondisi aman. Postinganmu ini menginspirasi untuk bikin late post, Chi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang-kadang saya suka bikin late post karena gak keburu menulis. Tetapi, gak pernah saya lakukan late post kalau untuk konten kerjasama

      Delete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)