Senangnya Ikut Bimbingan Belajar di Brain Academy

Senangnya Ikut Bimbingan Belajar di Brain Academy - Keke mulai ikut bimbel di SMA sejak X. Tapi, mencari bimbel ternyata bukan perkara mudah. 
 
 brain academy online
Tahun ajaran baru akan segera dimulai. Keke diminta mengisi ini oleh Wali Asuhnya.

 

Di sini memang banyak pilihan bimbel dari yang harganya murah hingga mahal. Tetapi, gak ada satu pun yang buka untuk kelas X IPS. Selalu alasannya kurang peminat. Semua mensyaratkan minimal 10 siswa baru akan buka kelas. Hadeuuuhh! Ini anak IPS pada gak ada yang mau bimbel sejak kelas X apa, ya?

Hingga kami menemukan Brain Academy. Di sini gak ada minimal jumlah siswa. 1 murid pun bimbel akan tetap jalan. Tetapi, kemudian saya dan Keke ada sedikit perbedaan pendapat.

Brain Academy, kan, produk RuangGuru. Saya menyarankan untuk cobain bimbel online aja dulu. Kalau gak cocok, baru daftar ke Brain Academy. Selisih harganya jauh aja *Emak-emak, mah, perhitungan banget, ya hahaha.

Tapi, Keke gak mau. Dia tetap ngotot pengen di Brain Academy. Alasannya, gak bisa kalau belajar online. Dia lebih suka tatap muka. Ya udah, lah, yang penting dia serius mau belajar. 
 
 fasilitas kelas brain academy
Saat pembelajaran di kelas, setiap siswa dipinjamkan gadget dengan high speed WiFi dan headphone.

 

Keke bener-bener seneng belajar di Brain Academi. Katanya, pelajaran biasanya diawali dengan mengerjakan sejumlah soal yang menjadi materi pelajaran pada hari itu di iPad (gadget disediakan oleh Bain Academy di setiap meja). 
 
Bila ada jawaban yang salah, siswa gak langsung dikasih penjelasan. Tetapi, diminta menonton video materi jawabannya. Kemudian diminta menjelaskan kepada kakak pengajar. Supaya tau sejauh mana siswa memahami materi pelajaran tersebut. Gak akan keberisikan saat menyimak materi di video karena pakai headphone. Terakhir, baru kakak pengajarnya ngajarin materi.

Keke senang dengan cara belajar yang seperti itu. Menurutnya belajar jadi gak membosankan. Karena siswa diajak ikut aktif. Gak hanya duduk manis mendengarkan materi.

Belum juga ada 3 bulan belajar di Brain Academy. Semangat Keke lagi tinggi-tingginya. Eh, pandemi datang ke Indonesia. Bimbel pun berubah jadi online.

"Wkwkwk! Akhirnya bimbel online juga, Ke."

Saya ngebecandain Keke. Tetapi, sebetulnya dalam hati sempat agak menyesal juga karena mengizinkan Keke bimbel di Brain Academy. Tau gitu, kan, bersikeras aja di RuangGuru. Sayang banget dengan uang yang udah dikeluarin kalau akhirnya online juga.

Etapi, ternyata saya salah, ding. Tetap gak sia-sia, kok, belajar di Branin Academy meskipun kegiatannya jadi online. Jadwal belajarnya tetap seperti biasa, Hanya bedanya menjadi daring aja.

Menurut kami, ada perbedaan yang cukup jauh antara belajar di Brain Academy dengan PJJ di sekolah formal. Kalau di sekolah masih berasa ada gagapnya karena kurang pengalaman dan persiapan. Bahkan setelah pandemi setahunan ada di Indonesia pun tetap aja ada kurangnya. 
 
paket belajar online di brain academy

Beda dengan kegiatan belajar di Brain Academy. Tetap berjalan dengan baik meskipun berubah menjadi online. RuangGuru, kan, memang awalnya dikenal sebagai bimbel online. Bahkan jauh sebelum pandemi. Makanya ketika pembelajaran semua berubah jadi daring, udah gak gaptek lagi. Selama koneksi internet lancar, pembelajaran tetap berjalan dengan baik.

Di Brain Academy juga ada WAG. Wali Asuh, Star Master Teacher, siswa, dan orangtua digabung dalam satu grup. Jadi orangtua bisa langsung ikut memantau. Setiap bulannya juga dibagikan raport dan bisa didiskusikan ke wali kelas. Malah kayaknya saya bisa lebih lama berdiskusi tentang akademis Keke di bimbel daripada dengan walas kelas sekolah hehehe.

Di kelas 12 malah lebih privasi lagi. WAG dibikin per siswa. Gak dicampur dengan siswa dan orangtua lain. Di dalamnya bergabung Branch Manager, Student Advisor, Wali Asuh, Orangtua, dan Siswa. Di kelas 12 ini memang semakin dibimbing karena tidak hanya mengejar nilai raport. Siswa juga dipersiapkan untuk mengikuti UTBK. InsyaAllah lulus PTN yang diinginkan. Aamiin Allahumma aamiin.

Masih belum mengerti juga dengan materi yang diajarkan?

Bisa ikut kelas klinik. Kayak semacam pelajaran tambahan gitu. Gak ada tambahan biaya lagi, kok. Tinggal atur jadwal aja dengan kakak pengajar (master teacher). Keke pernah ikut kelas klinik. Waktu itu mau ada ulangan di sekolah dan Keke belum mengerti pelajarannya. 
 
harga bimbel brain academy

Awalnya, Brain Academy memang offline. Berubah menjadi online sejak pandemi. Tetapi, ternyata sekarang juga bisa full online. Jadi semakin luas, nih, jangkauan siswa yang ingin belajar di Brain Academy kalau bisa terus online. Paket yang ditawarkan pun sekarang ada 3 yaitu Reguler, Premium, dan Elite.  
 
Bila sudah memungkinkan untuk belajar offline, para siswa juga tetap diberi keleluasaan memilih. Asik banget, kan, seandainya lagi gak bisa datang ke kelas, tetap bisa ikut belajar secara online.
 
 
kelas pengembangan diri brain academy
 
Untuk paket Premium dan Elite bisa ikut Kelas Pengembangan Diri. Tetapi, Keke belum pernah coba, nih. Katanya kalau kelas 12 baru mau cobain.

Sejauh ini dia hanya ikut bimbel, ikut Kelas Klinik, dan sering konsultasi ke wali kelas tentang pilihan kuliah. Kakak-kakak pengajarnya, termasuk wali kelas, pada ramah-ramah, lho. Di sini panggilannya kakak. Jadi gak berasa kaku komunikasinya.
 
Kalau Sahabat KeNai penasaran dengan Brain Academy, lihat ke situsnya aja untuk informasi lebih lengkap, ya. Lihat juga Brain Academy 360° Tour untuk melihat fasilitas bimbel ini lebih dekat secara virtual.

Post a Comment

36 Comments

  1. Senangnya itu bisa mengambil pelajaran tambahan, tanpa harus bayar lagi. Soalnya di kampung anak anak ga bisa cepat tanggap. Selalu saja harus diulang-ulang. Jadi adanya kelas tambahan atau klinik ini dirasakan sekali manfaatnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya setiap anak bisa cerdas dengan cara masing-masing, Teh. Banyak juga, kan, abak cerdas dari kampung. Tetapi, bila memang perlu bimbingan belajar, BrainAcademy bisa jadi salah satu solusi. Meskipun belum ada cabang di sana, belajarnya bisa online

      Delete
  2. oh Brain Academy ini dari Ruang Guru ya? pantes kereeen.. bisa nih kuteruskan rekomnya je teman2 yg punya putra-putri sedang sekolah online.. thx infonya ya..

    ReplyDelete
  3. Aku tau Brain Academy pertama kali ya dari Myra berdasarkan pengalaman Keke. Tiap anak punya cara belajar yang berbeda kalau Keke maunya tatap muka ya, tapi sekarang mau gak mau online ya hihihi. Untungnya Brain Academy udah siap ya untuk pembelajaran online kaya sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, rada sedih sebetulnya karena harus online. Tetapi, untungnya pengajar di BA bisa mengajarkan dengan baik

      Delete
  4. Alhamdulillah, Kaka Keke akhirnya menemukan tempat belajar online terbaik yang bisa membantu memahami pelajaran di sekolah. Yang seru ada klub hobi sih yaa.. Dan fitur lainnya yang mirip kalau sedang sekolah offline.

    ReplyDelete
  5. Wah suka banget ada kelas tambahan pengembangan diri gratis ya.... nilai plus banget nih keren inovasinya . Bisa jadi point khusus nih buat jadi pilihan...

    ReplyDelete
  6. Anakku nyari bimbingan belajar online juga mba. Soalnya naik kelas 1 SD dan harus belajar banyak. Kondisi sekarang, bimbingan belajar online adalah pilihan terbaik

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup! Berasa kurang maksimal kalau ngandelin PJJ dari sekolah

      Delete
  7. Les offline memang lebih menyenangkan banget menurut saya. Tapi les online ternyata asik juga ya. Di saat sedang masa pandemi seperti sekarang ini memang lebih baik les online aja ya, Mbak.

    ReplyDelete
  8. cara belajarnya bisa membuat siswa paham ya mbak, jadi semangat belajarnya kalau gitu...

    ReplyDelete
  9. Aku seneng banget sama metode, anak dimibta lihat video, kemudian diminta menjelaskan kepada tutor, baru tutor melengkapi. Jadi anak belajar untuk belajar ya mbaaa.... Bukan sekedar dijejali informasi gt.... Sukaaaa!!!!

    ReplyDelete
  10. Kece parah, itu beneran disediain ipad yaaa. Mantap soulnya Brain Academyyy💖. Kompetitif sii menurut aku harganyaaa. Thx 4 sharing mbaaa.

    ReplyDelete
  11. Waah, baru ngeh aku kalo bimbel ada yang ga membuka kelas IPS dan min kudu 10 oraang, hiks kasian yaaa.

    Tapi salut sama Brain Academy ini Chi, meski 1 murid pun tetep jalan dan ada pilihan online sama offline. Dan memang bener lebih afdol Offline sebenernya..
    Ahh pokonya udah lengkap deh fitur2 Brain Academy ini apalagi Ruangguru sudah terpercaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sini banyak yang begitu, Teh hehehe. Alhamdulillah di BA, cuma 1 murid pun tetap jalan :)

      Delete
  12. Setelah belajar, ternyata ada evaluasi juga lewat WAG ya, Teh. Jadi, semacam ada pertanggungjawaban. Bagus bangetgt.

    Btw, Keke udah SMA aja, ya. Tidaak berasaaaa. Hihihi

    ReplyDelete
  13. wah menarik sekali yaa brain academy ini, dan harganya juga itu worth it kalo untuk setahun masa belajar loh

    ReplyDelete
  14. Enaknya Brain Academy itu campuran bimbingan belajar offline dan online. Terus ada video dan materi yang bisa dikirim ke rumah juga. Kalau dihitung-hitung, lebih enak memang daripada bimbel lain

    ReplyDelete
  15. Brain Academy ini beneran jadi solusi tepat untuk generasi kekinian belajar.
    Nggak ribet dan fleksibel banget

    ReplyDelete
  16. Pengin juga mengikutkan anakku bimbel model gini. Brain Academy bisa membantu banget ya, terutama untuk yang bentar lagi mau kuliah ini. Hanya saja masih bingung, anakku nun jauh di sana dan tidak setiap saat bisa online. Susah untuk komunikasinya juga hehehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setidaknya BA jadi iktiar anak saya supaya bisa dapat PTN yang diinginkan :)

      Delete
  17. thank you for the review ya mba. bahagia kalau ada bimbingan yang bener - bener membantu untuk anak - anak seperti ini ya

    ReplyDelete
  18. setauku bagusnya brain academy itu di fiturnya yang ada intensif dan lebih interaktif yaa mbaa.. harganya emang lebih mahal dibanding program RG yang lain. tapi lebih worthy kalau peruntukannya untuk pemahaman yang lebih komprehensif atau persiapan masuk PTN

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)