Tanda Lebaran Sudah Dekat Menurut Netizen

Usai berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadan, Umat Islam pun bersiap menyambut Hari Raya Idul Fitri. Sama seperti Ramadan, biasanya juga udah mulai ada beberapa tanda kalau Lebaran sudah dekat. Berikut beberapa tanda menurut netizen yang saya amati di berbagai platform media sosial.

tanda lebaran sudah dekat menurut netizen


Mulai Menyetok Kue Kering


Kalau di minggu pertama hingga pertengahan Ramadan biasanya diramaikan dengan menu berbuka puasa. Bahkan siang-siang suka ada aja yang upload foto minuman yang menyegarkan mata. Tapi, mulai pertengahan Ramadan atau paling gak masuk minggu keempat, mulai banyak yang upload foto kue kering.

Dengan adanya internet provider, gak hanya bikin kita jadi mudah untuk upload foto, lho. Tapi, resep kue kering bisa dengan mudah dicari. Kalau gak mau bikin sendiri, bisa beli online di toko kue langganan.

Jadi, rencananya mau nyetok berapa macam kue kering di Lebaran kali ini?


Suasana Mudik Lebaran dan Kampung Halaman


Alhamdulillah, pandemi COVID-19 berlalu. Selama pandemi juga tetap ada yang mudik, tetapi dengan banyak pembatasan. Ada rasa khawatir penyebaran virus semakin meluas karena adanya pergerakan massal. InsyaAllah, mudik Lebaran tahun ini bisa dijalani lebih aman dan menyenangkan.

Saya selalu senang melihat berita tentang arus mudik. Waktu kecil nontonnya di televisi. Tetapi, setelah ada internet provider, saya bisa melihat berbagai pengalaman tentang mudik di medsos. Bisa lebih update memantau kondisi terkini suasana mudik.

Keberadaan internet provider pada masa pandemi juga bisa melepaskan rindu kepada orangtua dan sanak sodara karena belum bisa pulang kampung. Berkumpul dan bersilaturahmi di dunia maya. Meskipun tetap lebih nikmat bila bertemu langsung. Tetapi, setidaknya kita masih bisa saling menyapa dari balik layar laptop atau gawai masing-masing. Gak harus surat-suratan yang sampainya bisa berhari-hari.


THR yang Ditunggu-Tunggu


Tentu salah satu momen yang menggembirakan juga ketika menerima THR. Ada yang dipakai untuk membeli baju baru, nambahin ongkos mudik, buat ngasih ke orangtua, dan lain sebagainya.

Toko-toko mulai diramaikan pembeli. Kalau saya biasanya tetap memilih belanja online. Suka agak malas berdesak-desakan saat belanja. Apalagi menjelang hari raya. Belanja melalui e-commerce aja lebih nyaman buat saya yang suka males menghadapi keramaian. Setelah bayar, tinggal tunggu barang dikirim, deh.


Berbagai Ucapan Hari Raya Idul Fitri


Seringkali beberapa hari sebelum hari raya, beberapa netizen sudah membuat status ucapan hari raya Idul Fitri. Puncaknya memang saat Lebaran tiba.

Zaman SD dan SMP, saya senang bikin kartu Lebaran. Kirim ke beberapa teman. Kalau sekarang cari yang praktisnya aja, deh. Biasanya kirim ucapan lewat WhatsApp dan medsos.

Sekarang pulang ke kampung halaman yang jauh dari perkotaan pun tetap bisa internetan. Jadi tetap bisa berkirim kabar dari manapun. Karena jaringan internet provider Telkom Indonesia semakin luas jangkauannya. Makanya IndiHome pelanggannya udah paling banyak.


Iklan Bertemakan Hari Raya Idul Fitri


Biasanya semakin mendekati Lebaran, berbagai iklan bertemakan Hari Raya Idul Fitri mulai bermunculan. Kalau kata suami saya, “Iklan udah duluan Lebarannya.” Iklannya pun gak hanya di tv, tetapi juga di dunia maya.

Berakhirnya bulan Ramadan, menandakan tibanya Idul Fitri. Hari raya ini disebut juga sebagai hari kemenangan. Momen penuh sukacita dan saling memaafkan.

Selalu penuh cerita pada saat Idul Fitri. Keberadaan provider internet, tidak hanya mendapatkan berbagai cerita perayaan Lebaran di berbagai daerah di Indonesia maupun dunia. Tetapi, juga memudahkan berbagai urusan, misalnya membeli tiket online hingga bisa tetap saling sapa meskipun belum bisa mudik.

Bagi saya pribadi, Ibadah di bulan Ramadan ibarat latihan untuk banyak beribadah dan berbuat kebaikan. Momen untuk meningkatkan ketakwaan.

Ujian sesungguhnya ada di 11 bulan setelahnya. Apakah setelah Ramadan usai tetap berusaha memperbanyak amal shaleh dan beribadah atau tidak? Jangan sampai tingkat takwa menjadi luntur usai Ramadan.

Ketika masih kecil, Lebaran bagi saya memang bermakna baju baru dan bisa makan sepuasnya lagi. Tetapi, semakin bertambah usia, ingin semakin fokus dan istiqamah beribadah. Memperdalam lagi ilmu agama. Salah satunya dengan cara banyak menyimak ceramah dari para ustadz di berbagai channel menggunakan internet provider..

Semoga Allah memudahkan langkah kita semua untuk berbuat baik dan memperbanyak ibadah. Aamiin Allahumma aamiin.

Post a Comment

36 Comments

  1. iyakkk benerr bgt
    lebaran mulai nampak hilal klo ada hal2 ini yah.
    semogaaa kita bs jumpa Ramadan thn depan yah

    ReplyDelete
  2. Terasa banget saat ke minimarket, supermarket atau pusat perbelanjaan. Dekorasi lebaran dengan sapaan diskon tuh bertebaran dimana-mana. Sirup, minuman ringan, kue-kue sampai keranjang paket, menghiasi setiap sudut mall. Dah lah tanda lebaran sudah dekat.

    ReplyDelete
  3. Tahun ini engga nyetok kue kering. Eh...dapet aja kiriman dari keponakan. Alhamdulillah...
    Masih suasana lebaran, Selamat Idulfitri 1444 H ya Mbak...

    ReplyDelete
  4. Kalo saya nandain Lebaran dari mulai keluar nya biskuit dan botol sirup yang dijejer sepanjang area masuk supermarket dan minimarket

    ReplyDelete
  5. Bagi anak-anakku sekarang (karena uda pada pra-remaja), Lebaran berarti kumpul sama sodara, terus mereka panen angpau. Hehhe, ini bikin semangat dan tentunya makna lebaran adalah sebuah kemenangan ini menjadi lebih terasa ketika bisa bertemu raga, tidak lagi melalui vc.

    ReplyDelete
  6. Kalau di tempat saya tinggal, sudah terdengar suara petasan mba, padahal lebaran masih dua mingguan lagi, hiks.
    Aroma kue kering di siang hari itu sukses menggelitik perut, hehehe.

    ReplyDelete
  7. Aamiin....doa yg sama saya panjatkan.
    Saya yg tinggal di kampung merasakan banget ciri ciri itu semua. Banyak wajah asing tandanya mau lebaran, karena banyak orang kota yg mudik san saya udah banyak yg tidak kenal

    ReplyDelete
  8. Bener kak, kalau udah ada iklan yang bersambung itu tuh dan gak ada tulisan "bersambung" lagi udah dah lebaran di depan mata hehe

    ReplyDelete
  9. iya, saat kecil lebaran itu berarti baju baru, makan dan pergi silaturahmi. Kini ya memperdalam ilmu agama dengan dukungan provider internet terbaik tentunya

    ReplyDelete
  10. Iya nih....
    Kalau udah ada iklan "Rayakan Lebaran dengan Penuh Kebahagiaan dan Berkah Bersama Kami!" tandanya Lebaran sudah dekat...

    ReplyDelete
  11. Kalau di daerahku jalanan makin ramai karena banyak oemudik datang juga bisa salah satu tanda kalau lebaran udah dekat hehe

    ReplyDelete
  12. Bahkan sebelum Ramadhan iklah bertema lebaran sudah ada. Tapi seru sih kalau mengamati pendapat netizen tentang lebaran. Apa saja bisa jadi bahan.

    ReplyDelete
  13. Yap, setuju banget. Itu kalau belanja, pasti sebagian besar akan ada kue dan makanan khas lebaran yang menuhin tempat. Hilal lebaran sudah dekat!

    ReplyDelete
  14. Yap, setuju banget. Itu kalau belanja, pasti sebagian besar akan ada kue dan makanan khas lebaran yang menuhin tempat. Hilal lebaran sudah dekat!

    ReplyDelete
  15. tanda Lebaran sudah dekat ketika mencium aroma masakan dari para tetangga. kelg saya dan tetangga punya tradisi saling mengirim makanan saat hari raya masing2. Jd sama2 ikut senang menyambut hari Raya Lebaran.

    ReplyDelete
  16. Hahahaha. Di TV juga makin ramai iklan sirup dan sarung. Ya gak sih? Hihihi. Jadi kangen sama masa kecil kalau udah bahas puasa dan lebaran.

    ReplyDelete
  17. Ada lagi mbak biasanya barisan tarawih jadi lebih sepi, keramaian pindah ke toko baju ehehehe... Etapi ada juga sih yang masjid jadi makin ramai buat itikaf kejar Lailatul Qadar

    ReplyDelete
  18. Biskuit bertebaran ya mba Chi, taqabalallahu minna wa minkum mbaa..
    kuker yg khas banget ya, toko bahan kue antriiii beneer deh. Iklan2 tv, tapi nih sekarang anak2 di rumah utupan aja, ku kangen iklan ramadhan...

    ReplyDelete
  19. Iya nih, berkat internet cepat saya bisa nyetok kue kering, meski ga browsing resepnya sih hihi, tapi tertarik sama postingan teman yang terima pesanan. Ikutan PO deh jadinya buat sajian lebaran

    ReplyDelete
  20. Betul mbak. Tanda2 bulan Ramadan itu sudah bergentayangan iklan aneka makanan dan minuman serta produk2 Idulfitri. Ketika masuk mall, minimarket, dll juga terlihat semua dengan berbagai promo menarik. Semoga amal ibadah kita setelah puasa dst bisa istiqomah ya aamiin.

    ReplyDelete
  21. Satu lagi tanda lebaran udah dekat: bagi-bahi hampers hehehe. Kalau mulai udah dapet kiriman hampers tandanya udah deket lebaran. Sama udah pada nyetok kue lebaran. Apalagi kalau uda dapet THR hihihi.

    ReplyDelete
  22. Betul banget, Mba Myra. Saya yang enggak mudik, euforianya di kantor. War biasaak. Apalagi tahun ini, di tempat kerja saya ganti pimpinan, dan kebetulan beliau muslim juga. Ya udah, wah banget. Hampers di mana-mana.

    Masya Allah, alhamdulillah banget.

    ReplyDelete
  23. Dan toko mainan anak-anak mulai tambah ramai,karena anak-anak pada dapet amplop pusaka lebaran hahaha :)

    ReplyDelete
  24. tapi ya Lebaran kali ini tuh kayak kurang greget mba, apa karena pas ramadan kemarin pas anak ujian akhir ya, jadi rasanya ya kurang greget aja gitu

    ReplyDelete
  25. Aku nyetok lagi kue kering sesudah lebaran karena belum bisa move on dari nastar cs...

    ReplyDelete
  26. MashaAllah ya..
    Gegap gempita kemenangan telah terasa kalau sudah muncul beberapa hal diatas ya...

    Bahkan sampai sekarang, berkirim kartu lebaran tetap bisa dilakukan, walau kadang suka diselipkan diantara hampers cantik.

    ReplyDelete
  27. Bagiku yang paling ikonik saat tanda tanda lebaran sudah dekat adalah banyaknya iklan bertema lebaran yang muncul di TV

    ReplyDelete
  28. Sudah tidak konsen solat tarwih hehehe semoga kita kembali fitri ya maak dan ktm ramadhan tahun depan

    ReplyDelete
  29. Tanda Lebaran sudah dekat paling utama di sini adalah sedia kue kering meski beli di teman yang usaha jualan

    ReplyDelete
  30. tambahan lagi, mbak sekarang kalau dekat lebaran orang-orang mulai berkirim hampers ke teman-temannya. hehe

    ReplyDelete
  31. Iya iklan-iklan tuh lebarannya duluan ya, Mbak :D
    Kalau anak-anak sih iya, yang ditunggu-tunggu angpaunya. Haha.

    ReplyDelete
  32. THR sesuatu yang selalu ditunggu tunggu oleh semua anak anak dari jaman aku kecil sampai sekarang.

    ReplyDelete
  33. Hampers dimana - mana artinya sudah mau lebaran dan juga sudah banyak iklan cookies dan sirop

    ReplyDelete
  34. Haha bener. Aku pengikut faham ini. Baca hilal lebaran gak dari langit. Tapi dari tanda-tanda yang disebut netizen. Dari udah banyaknya yang bikin kue, banyak yang udah dapat THR, dan udah riweuhnya anak-anak minta baju. Hahahaha.

    ReplyDelete
  35. saat banyak orang jual kulit ketupat berarti lebaran besok hahahaha. meskipun lebaran diundur kalau penjual ketupat udah di pasar mah tetep lebaran

    ReplyDelete
  36. Bener banget, kalau lebaran sudah dekat, di rumah sudah mulai banyak kue kering, hampers juga berdatangan, kampung halaman jadi rame, pun anak - anak juga sudah beli baju baru.

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)