zomato aplikasi mencari resto untuk pecinta kuliner


Sebagai pecinta kuliner, seringkali saya pengen coba berbagai makanan. Makanan yang di pinggir jalan hingga berbagai resto. Cuma masalahnya kalau pengen nyobain makan di resto yang belum pernah saya cobain, suka ada pikiriran, "Mahal gak, ya?" Gak lucu banget, kan, kalau pas makan di suatu resto sampe harus nguras tabungan hehehe. Kalau enak atau enggak, sih, kembali ke selera masing-masing, ya.

Google selalu jadi andalan saya. Seneng banget kalau ketemu blog yang mereview resto yang saya lagi mau datengin. Lebih seneng lagi kalau ulasannya komplit sampe ada harganya segala. Jadi, saya bisa kira-kira berapa uang yang akan saya keluarkan. *Maklum, lah, belom punya pohon duit :D* Ditambah foto yang cakep, saya makin kepengen makan di sana.

Saya lupa, sejak kapan kenal sama aplikasi Zomato. Tapi yang pasti, awal taunya itu setiap kali mau cari resto lewat google, selalu ada link Zomato di mesin pencarian. Seneng banget setelah aplikasi ini bisa untuk Windows phone. Yaaa, windows phone aplikasinya, kan, rada terbatas. Jadi, kalau ada aplikasi bagus yang bisa bikin saya sreg, bakal seneng banget.

Emang ada apa, sih, di Zomato? Yuk! Saya mulai reviewnya, ya...


Tampilan awal / home



Tampilan awal, ada beberapa bagian:

  1. Search
  2. Nearby - menunjukkan berbagai resto terdekat dngan lokasi saat kita buka aplikasi ini
  3. Kelompok resto
  4. Dan lain sebagainya


Kelompok resto

Ada sekitar 34 kelompok resto, dibagian homepage. Beberapa diantaranya adalah Trending This Week, Newly Opened. Kids Friendly, Authentic Indonesia, Rooftops, Business Dining, Sports Bar, Pizza Time, Pocket Friendly, Mexican Magic, dan masih banyak lagi. Silakan diklik sesuai yang kita cari.

Saya suka mencari di bagian Kids Friendly, karena masih punya anak. Jadi, pengen tahu resto apa aja yang friendly buat mereka. Kalau kantong lagi menipis tapi pengen wisata kuliner? Coba cari di kelompok Pocket Friendly


Search


  

Saya paling sering klik bagian Search. Lihat gambar di atas, setelah diklik bagian search, akan ada pembagian resto lagi. Go out for meal, Get home delivery, atau lainnya? Silakan pilih sesuai yang kita cari.


Beberapa waktu lalu, kami berencana mau ke Ron's Laboratory. Saya ketik aja nama ron's (ditulis komplit juga boleh), langsung keluar beberapa outlet Ron's Laboratory yang ada di Jakarta.


Kalau kita lagi ada di suatu lokasi atau sedang menuju suatu lokasi trus bingung mau makan dimana, coba ketik tempatnya di bagian Current Location. Di gambar itu, ceritanya saya mau ke Mall Gandaria City, tapi bingung mau makan dimana. Setelah diklik, akan keluar banyak sekali resto yang ada di Gandaria City.


Intip Resto



Ketika saya search Ron's Laboratory, langsung keluar 3 outletnya yang di Jakarta. Sahabat KeNai tinggal memilih jarak yang paling dekat dengan lokasi saat sedang berada.

Kalau dilihat dari nilai review, Ron's Laboratory yang paling tinggi nilainya adalah outlet yang di PIM (nilai tertinggi adalah skala 5). Saat itu, kami memang memilih berdasarkan lokasi dan sesudahnya memang berencana mau lihat Galeri Indonesia Kaya. Makanya tetep pilih yang di Grand Indonesia.

Ada ikon telpon, kalau kita klik langsung ke nomor telpon resto yang dituju. Ikon kamera menunjukkan berapa banyak foto yang sudah dishare di resto tersebut. Kalau ikon pena menunjukkan berapa banyak review yang sudah ditulis



Saya lalu coba klik Ron's Laboratory, GI untuk dapat info lebih detil. Ada nama resto dan alamat lengkap. Ada peta, siapa tau nyasar hehe. Ada review hingga tags.

Yang paling saya suka itu adalah bagian menu. Di bagian menu akan tertera harganya. Setau saya, Zomato cukup update. Buat saya, mengetahui harga terlebih dahulu termasuk penting. Biar gak kaget begitu lihat bill :D

Selain untuk mengetahui harga,  bagian menu juga tentunya untuk mengetahui menu apa aja yang dijual. Pernah saya mau datang ke salah satu resto. Ketika saya lihat daftar menunya di Zomato, gak taunya ada beberapa menu pork. Saya pun membatalkan rencana untuk datang ke resto tersebut. Coba, kalau gak lihat zomato dulu, mungkin saya akan kaget begitu baca menunya. Bisa-bisa cuma minum air putih aja nanti hehe.


Social media



Kalau saya lagi anteng alias gak kelihatan di FB, pinterest, atau instagram, coba cari di Zomato. Bisa jadi saya lagi asik lihat berbagai resto di sana hehe. Saya masih lebih sering menjadi silent reader. Tapi, sejak sebulan lalu memutuskan membuat akun di Zomato walopun teteuup masih silent reader.

Zomato ini menurut saya semacam social media juga tapi khusus kuliner. Kita bisa nulis review, share foto, bahkan saling follow dan reply seperti social media lainnya. Karena saya masih belum aktif, jadi masih belum ada yang follow. Udah gitu review saya juga baru 1 :D

Beberapa review yang saya baca, ada yang dibalas oleh pihak restonya, lho. Saya jadi mikir, seandainya pihak resto puas dengan review dan foto-foto yang dishare, mungkin gak ya jadi semacam lahan penghasilan baru? Ihiiiyy, asik juga kayaknya.

Zomato juga ada di 20 negara. Jadi, kalau kita ada di suatu negara trus bingung mau makan dimana, buka aja Zomato. Dan, kita juga bisa berteman dengan reviewer dari mancanegara juga. Asik, ya! Oiya, kalau untuk Indonesia, baru ada 2 kota yang masuk Zomato, yaitu Jakarta dan Bali. Saya berharap ke depannya banyak retso di seluruh Indonesia yang masuk. Apalagi Indonesia itu termasuk negara yang kaya akan kuliner.

Mumpung malam minggu, cari-cari resto di Zomato, ah. Kali aja ada yang resto yang menarik buat dikunjungin :)