Ron's Laboratory - Menyantap gelato di laboratorium

Ron's Laboratory - Menyantap gelato di laboratorium - Gara-gara ke PPIPTEK dimana anak-anak sempet nyicipin biskuit yang dicelupin ke nitrogen cair, Nai jadi kepengen nyobain lagi. Tapi, gak mungkin juga, kan, eksperimen sendiri di rumah. Main-main dengan nitrogen cair hehehe. Nai pun mulai googling, dimana tempat yang bisa menyajikan makanan dengan menggunakan nitrogen cair. Dan, ketemulah info restoran yang bernama Ron’s Laboratory.

Ron's Laboratory - Menyantap gelato di laboratorium

Di Jakarta, Ron’s Laboratory ada 3 lokasi, yaitu Grand Indonesia Mall, Pondok Indah Mall, dan Lippo Mall–Puri Indah. Di Surabaya ada di Ciputra World. Dan, di Medan ada di Sun Plaza. Kami memilih datang ke outlet di Grand Indonesia Mall karena lebih dekat dengan rumah.

Ron's Laboratory adalah outlet yang menjual gelato. Keunikan dari Ron's Laboratory ada di cara pembuatannya yang menggunakan teknik molecular gastronomy. Gelato yang telah dibuat dibekukan dengan liquid nitrogen.

Karena cara pembuatannya yang mengingatkan kita dengan pelajaran kimia, suasana di dalam outletnya pun seperti berada di laboratorium kimia. Para karyawan Ron's Laboratory yang memakai seragam seperti scientist. Juga sesekali terlihat kepulan asap seperti sedang melakukan sebuah eksperimen.


Rons Laboratory Grand Indonesia

Kami datang ke Grand Indonesia pukul 10.00 pagi. Ron's Laboratory maish terlihat kosong. Saya dan anak-anak pengennya langsung ke sana. Tapi, suami menolak karena belum sarapan. Kami pun mencari sarapan dulu. Setelah kenyang, baru ke Ron's Laboratory. Huff, untung aja masih belum terlalu ramai.


Gelato Berbeda dengan Ice Cream


Es krim, kok, mahal harganya? Mending beli es krim bla ... bla ...

Kami beberapa kali menolak permintaan Nai untuk datang ke Ron's Laboratory karena merasa harga seporsi es krim di sana lumayan mahal. Tapi, karena Nai terus meminta dan dia sampe belain nabung, kami pun mulai mempertimbangkan permintaannya. Apalagi 8 February adalah hari ulang tahun pernikahan kami. Ya, anggap aja mensyukuri hari ulang tahun pernikahan bersama anak-anak.


 gelato berbeda dengan ice creamDi dinding pun tertulis gelato, bukan ice cream


Setelah saya cari info sana-sini lagi, Ron's Laboratory itu menjual gelato bukan es krim. Gelato memang masih terdengar asing namanya di sini. Teksturnya yang mirip es krim, membuat banyak orang yang menyangka kalau itu es krim.

Es krim terbuat dari kepala susu, sedangkan gelato terbuat dari susu murni. Tekstur es krim lebih ringan daripada gelato. Sehingga, kalau makan gelato itu bikin kenyang karena teksturnya yang padat. Walopun lebih padat, gelato justru lebih rendah lemak daripada es krim. Makanya, untuk yang lagi diet, cocoknya mengkonsumsi gelato. Proses pembuatannya pun berbeda. Gelato juga lebih tidak tahan lama, cuma dalam hitungan hari saja. Sedangkan es krim, bisa sampe berbulan-bulan asalkan penyimpanannya tepat. Melihat dari beberapa perbedaannya, mungkin karena itulah kenapa harganya jadi agak mahal dibandingkan es krim.

Awalnya, karena pertimbangan harga, kami berniat mau beli 2 macam gelato aja. Biar anak-anak aja yang beli. Kami, orangtuanya, bagian icip-icip aja. Yang terjadi kemudian adalah kami semua memesan hahaha.

Di Ron's Laboratory, Nai pengen beli gelato yang ada popcornnya dan saus caramel. Pas kami kesana, gelato yang Nai mau tidak tersedia. Bukan karena habis, tapi sebulan sekali menu gelato yang ditawarkan disana memang berubah. Ada menu baru atau bisa juga menu lama yang dikeluarkan lagi.


ultimate dark vadder ron's laboratory 
Ultimate Dark Vadder *menu lama yang dikeluarkan lagi*
Dark chocolate gelato with chocolate cookies. Inside topped with bittersweet chocolate sauce
Gelato, IDR 55K
Additional injection (chocolate), IDR 8K
Lebih dominan rasa pahit dark chocolate. Rasa manisnya rada samar.
accio red velvet ron's laboratory
 Accio Red Velvet
The signature red velvet gelato topped with crunchy kayaking honey roasted peanut and cream cheese injection
Gelato, IDR 60K
Additional injection (cream cheese), IDR 8K


Setelah order di kasir, kami pun memilih tempat dudukdi paling ujung. Gak perlu menunggu terlalu lama, satu per satu, gelato yang kami pesan berdatangan. Rasa gelatonya memang sangat lembut, tapi benar-benar mengenyangkan. Apalagi, sebelumnya perut kami sudah penuh dengan sarapan berat. Padahal, menyantap gelatonya sebaiknya segera dihabiskan karena mudah sekali mencair.

Karena mudah mencair pula, ketika disajikan pun memang sudah terlihat meluber seperti yang ada di foto. Makanya, dikasih tissue sama mereka. Dan, gak bisa lama-lama difoto. Keburu tambah cair nanti gelatonya :D

Untuk gelato, kita bisa menambahkan saus yang disajikan di dalam suntikan (additional injection for gelato), tentunya ada harga untuk tambahan untuk tiap 1 suntikan. Ada 3 additional injection yang ditawarkan, yaitu coffee, cream cheese, dan chocolate.Selain gelato, dijual juga sorbet, coffe, tea, dan juga air putih kemasan.


the breakfast ron's laboratory
The Breakfast
Plain base gelato with nutella swirl topped with crunchy cornflakes
Gelato, IDR 60K
Additional injection (chocolate), IDR 8K
take me to the peach ron's laboratory
Take Me To The Peach *menu baru*
Peach sorbet with blueberry swirl and topped with sliced peach
Sorbet, IDR 60K
Rasa sorbetnya segeeerr ^_^


Untuk sebuah sensasi sekaligus menuntaskan rasa penasaran kayak apa rasa gelato yang dikasih nitrogen cair, boleh lah sesekali ke sana. Saya sarankan, datang kesana itu sebelum pukul 12 siang. Karena masih bisa langsung dapat tempat duduk. Pas jam makan siang, saya lihat mulai terjadi antrean karena outlet Ron's Laboratory memang gak terlalu besar. Paling cuma bisa menampung sekitar 30 customer.

Tidak hanya nama menu di Ron's Laboratory unik-unik. Tapi, rasanya juga ada yang unik. Seperti The Winter Dream yang merupakan chocolate gelato, di bagian dalam dikasih 'Tolak Angin', dan marsmallow sebagai toping. Kami tidak mencoba menu yang ini. Walopun penasaran juga seperti apa gelato kalau dicampur 'Tolak Angin' hihihi. Karena menunya yang selalu berubah setiap bulan, ada baiknya mencari tau lewat twitter atau instagramnya, supaya tau menu spesial apa yang akan dijual untuk bulan ini.


gelato ron's laboratory


Ron's Laboratory


Grand Indonesia Mall,
Lantai 5, West Mall
Jl. MH Thamrin, Jakarta

Jam buka: 10.00-22.00
Telp: 021-98782192

FB Fanpage: ronslaboratory
Instagram: ronslaboratory
Twitter: @ronslaboratory


 

Post a Comment

22 Comments

  1. ternyata.. mahal beneran harganya myra? kisarannya berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 60 ribu untuk gelato, 8 ribu untuk satu injeksi, Mbak

      Delete
  2. unik banget,kayaknya pernah lihat di tv mak...wakz,hargaya memang mihil banget yak hehe

    ReplyDelete
  3. Eskrimnya menggiurkan, ada yang dikasih tolak angin jugaak, kaya apa ya rasanya

    ReplyDelete
  4. waaahh... mahal, tapi kaya'nya enak... dan yang penting pengen coba sensasinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, sensasi dan rasa penasaran itu yang membuat saya sekeluarga pengen nyobain ke sana :D

      Delete
  5. Beuh bikin iler meleleh mak......😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo cobain, Mak. Kayaknya di Surabaya juga udah ada, deh

      Delete
  6. langsung berhitung aku myr 60 di kali 4 kalau aku kesana jadi berapa ya hehehe. Tapi rasanay enak ya bikin nelen ludah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga berhitung dulu pas kesana hehehe. Tapi, memang rasanya enak. Gak mengecewakan

      Delete
  7. Di Malang juga lagi heboh sama Gelato. Pas promo, antriannya panjang bener. Untung kesampaian icip icip gelato :))

    ReplyDelete
  8. mAU MAU Gelatonya dunk?

    #sdh membayangkan Nai lg di Lab Nuklir je. Trnyta asyik uji coba dengan nitrogen cair dan slurrrpppp..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup. cara bikin gelatonya menarik buat anak-anak :)

      Delete
  9. Saya pun hobi sekali jajan di Ron's Laboratory, hehe ^^ Menurut saya, menilai dari konsep toko yang memberikan pengalaman tersendiri untuk para konsumen yang ngga didapat di toko-toko lain juga menilai dari produk yang dijual, jelas harga segitu sangat sepadan. Apalagi setiap bulan Ron's Laboratory selalu berinovasi mengeluarkan menu baru. Seringkali kita memang patut 'bayar mahal' sebagai bentuk penghargaan untuk kerja keras orang-orang di balik kreatifitas ini ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju, Mak. Kreativitas mereka termasuk 'harga' yang harus kita bayar. Tapi gak apa-apa juga sih buat saya. Selama itu sepadan

      Delete
  10. buset, fotonya spoiler banget ne :(
    jadi pengen...

    waktu ke GI, sempat lewat
    tapi ujung2nya mampir ke magnum cafe
    he he he

    abisnya, belom familiar sih sama gelato ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah belum pernah ke Magnum Cafe. Penasaran juga pengen nyobain :D

      Delete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)