Ketemu Domo di NHK WORLD Exhibition 

Ketemu Domo di NHK WORLD Exhibition



Sahabat KeNai lebih suka jalan-jalan ke luar negeri atau Indonesia? Kalau saya, lebih suka jalan-jalan di Indonesia. Alasannya, takut gak ketemu nasi kalau jalan-jalan ke luar negeri wkwkwkkw. *Becanda, ding*

Ada 1 negara di mana saya pengen banget bisa ke sana, yaitu Jepang. Ada beberapa alasan kenapa saya berharap bisa ke Jepang. Banyak animasi yang lucu-lucu dan keren di Jepang. Sebut aja Doraemon, Sailor Moon, Detective Conan, hingga yang sekarang lagi jadi favorit Keke dan Nai adalah Gudetama.

Jepang sebagai negara maju juga sisi budaya tradisional tetap kuat. Itu juga jadi salah satu kekaguman saya dengan negara matahari terbit ini. Banyak perayaan tradisional yang sangat menarik untuk dinikmati dan dipelajari. Belum lagi tentang tempat wisata dan juga kulinernya. Kalau dipikir-pikir, Jepang ini kurang lebih sama dengan Indonesia, ya. Kaya dengan budaya tradisional, tempat wisata, dan juga kuliner.

[Silakan baca: Ennichisai - Little Tokyo di Jakarta]



Bertemu dengan Big Domo


Ketemu Domo di NHK WORLD Exhibition 
Snap a photo with big Domo (hashtag #domonhk) or download NHK WORLD Tv app. Show your upload photo or downloaded app to any NHK WORLD app booth staff. And receive exclusive Domo sticker.


Selama 1 minggu (26 September s/d 2 Oktober 2016) di mall Kota Kasablan ada NHK WORLD Exhibition. Di sini, Sahabat KeNai bisa bertemu dengan Big Domo setinggi 3,6 m. Bisa foto-foto sama Domo.

Domo is official mascot of NHK WORLD sejak tahun 2004

Domo pertama kali muncul sejak Desember 1998 sebagai perayaan 10 tahun penyiaran NHK. Berarti sudah lebih dari 15 tahun Domo hadir. Gak heran kalau karakter Domo ini sangat  terkenal di Jepang.  Monster kotak, bergigi tajam, dan (kelihatannya) gak pernah mingkem ini sudah terkenal di Jepang. Bahkan aksesoris karakter Domo ini lucu-lucu. Coba pas exhibiton ini dijual aksesorisnya juga, ya. Boroooong! Tapi setidaknya saya cukup puas foto di depan big Domo :)

[Silakan baca: Yeay! Penggemar Kuliner Jepang Dimanjakan di Food Culture AEON Mall BSD City]



Mengenal Jepang Melalui NHK WORLD


Ketemu Domo di NHK WORLD Exhibition 
Mencoba menonton di tv dan aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Tayangannya sama, hanya selisih sekian menit saja. Menceritakan tentang buah melon, buah yang terkenal di Jepang karena harganya yang sangat mahal. Sehingga biasanya buah ini dihadiahkan untuk orang-orang yang dianggap istimewa. 

Melon yang biasanya hanya disantap begitu saja, oleh salah seorang chef di acara tersebut di buat menjadi berbagai kuliner. Dari mulai dessert hingga savory dish. Kemudian buah ini disajikan kepada salah seorang wisatawan mancanegara


[Silakan baca: Ketagihan Green Salad with Japanese Dressing Tokyo Skipjack]

Kalau di Indonesia ada TVRI sebagai stasiun televisi tertua. Maka, di Jepang ada NHK yang jadi tv nasional. Rasanya, saya sudah mulai mengenal NHK ini sejak kecil. Waktu itu belum nonton, sih. Sekadar tau aja. Saya mulai menonton NHK WORLD setelah berlangganan tv kabel.

Ada perbedaan antara televisi NHK dan NHK WORLD. NHK untuk masyarakat Jepang dan seluruh bahasa (termasuk di websitenya) menggunakan bahasa Jepang. Sedangkan NHK World lebih internasional karena disiarkan dalam bahasa Ingris.

Tujuannya agar negara lain, termasuk Indonesia lebih mengenal Jepang. Dan, akhirnya akan mendatangkan wisatawan mancanegara ke Jepang. Fokus utama NHK World yang sudah disiarkan ke 150 negara, termasuk Indonesia adalah tentang pariwisata Jepang.


Selama ini hubungan Indonesia dan Jepang di berbagai bidang sudah terjalin dengan baik. Mudahnya pengajuan visa kunjungan ke Jepang serta semakin banyaknya fasilitas publik bagi muslim membuat jumlah wisatawan asal Indonesia ke Jepang mengalami peningkatan yang singnifikan. Tayangan informatif tentang pariwisata Jepang di NHK WORLD juga mampu menarik wisatawan untuk datang ke Jepang.

Salah satu tayangan pariwisata Jepang di NHK WORLD adalah "Journeys in Japan". Di acara ini wisatawan mancanegara akan mengenalkan berbagai tempat wisata Jepang dari sudut pandang mereka. Ada juga berbagai tayangan tentang kuliner Jepang. Bahkan belajar bahasa Jepang pun ada.

[Silakan baca: Sushi Nobu di Bintaro X'Change Mall]



3 Cara Menikmati Channel NHK WORLD


Televisi Kabel

Di Indonesia ada 10 televisi kabel yang memiliki channel NHK WORLD, yaitu Indovision (Ch 355), Okevision (Ch 161), TopTV (Ch 355), Big (Ch 547), First Media (Ch 341), Biznet Home (Ch HD 207), Myrepublic (Ch 123), Transvision (Ch 48 untuk Surabaya dan Ch 26 untuk Bandung), Zum (Ch 42), dan Dens TV (Ch 27). Saya berlangganan salah satu televisi kabel ini. Jadi, biasa nonton NHK World dari tv kabel.


Website

Jangan khawatir bila Sahabat KeNai tidak berlangganan tv kabel tapi tetap ingin menonton NHK WORLD. Bisa ke website nhk.jp/nhkworld untuk melihat berbagai acara yang ada di NHK WORLD. Di website ini juga tersedia dalam 18 bahasa. Salah satunya adalah bahasa Indonesia.


Aplikasi

Semakin banyaknya masyarakat dunia yang tidak memiliki banyak waktu untuk menonton tv di rumah atau berdiam di suatu tempat dalam waktu lama, maka aplikasi NHK WORLD bisa menjadi solusi apabila ingin tetap menonton tv dengan cara mobile. Saya yang sudah berlangganan tv kabel pun tetap instal aplikasi ini. Biar kapan pun dan dimana pun tetap bisa menonton NHK WORLD. Sudah tersedia aplikasinya untuk iOS dan Android.

Ketemu Domo di NHK WORLD Exhibition 

Tidak hanya bisa ditonton di manapun. Kalau pakai aplikasi juga ada notifikasi. Kadang, saya suka lupa pukul berapa acara yang mau saya tonton ditayangkan. Tinggal setting notifikasi di aplikasi nanti akan ada reminder. Setelah itu, nontonnya sih bisa di mana aja. Kalau lagi di rumah saya tetap nonton di tv.

Live streaming melalui website atau aplikasi itu real time. Jadi sama dengan yang disiarkan di televisi pada saat yang bersamaan.

Bila Sahabat KeNai ingin tahu lebih banyak tentang NHK World sekaligus bertemu Domo, silakan catat tanggal-tanggal di bawah ini, ya

  • 26 September - 10 Oktober 2016, Kota Kasablanka - Bisa foto bersama Big Domo setinggi 3,6 meter
  • 1 September - 2 Oktober 2016, Senayan City - Pop up booth
  • 7 Oktober - 9 Oktober, Garuda Indonesia Travel Fair 
 
[Silakan baca: Hiroya Japanese Restaurant - Ada Karena Rindu Masakan Ibu]