Dapoer Podjok, Tempat Nyaman Buat Mojok

Dapoer Podjok, Tempat Nyaman Buat Mojok - Ketika hadir di acara #WeGoWithKids, saya mendapatkan 2 tiket gratis ke Kidzania karena berhasil menjawab pertanyaan. Alhamdulillah rezeki anak. Lumayan dapat 2 tiket.

Dapoer Podjok, tempat nyaman buat mojok sambil menikmati berbagai makanan dan minuman khas Indonesia

Sayangnya Keke gak mau ikutan. Dia mulai malas jalan-jalan ke tempat bermain anak, termasuk Kidzania. Jadi hanya kami berdua, saya dan Nai, yang jalan ke Kidzania. Keke dan ayahnya di rumah.

[Silakan baca: #WeGoWithKids: Jakan-Jalan Bersama Anak-Anak Itu Ribet, Tapi Bernilai]

Setelah bermain selama sekian jam di Kidzania, kami pun mulai lapar. Saya dan Nai berkelililing mencari restauran yang sekiranya nyaman dan kelihatannya enak di Pasific Place. Setelah muter-muter dan lumayan bingung juga memilihnya, akhirnya kami pilih Dapoer Podjok.

Saya dan Nai lagi ingin makan menu Indonesia. Sebetulnya ada beberapa resto yang menjual makanan Indonesia. Saya agak lupa juga kenapa akhirnya memilih Dapoer Podjok. Kayaknya karena tempatnya gak terlalu ramai dibandingkan beberapa resto lain di sekitarnya.


makan siang di dapoer podjok

Kami berdua langsung memilih tempat duduk di pojokan. Tempat yang kelihatannya nyaman untuk mojok. Di samping dinding kaca lebar. Saya suka juga melihat pemandangan sekitar dari ketinggian. Suasanya juga cukup nyaman. Lumayan berasa suasana tradisionalnya dengan beberapa dekorasi jadul.

Agak lama kami memilih menu makanan di Dapoer Podjok. Pilihannya banyak dan semuanya terlihat menggiurkan. Tapi, harganya sedikit overpriced. Kalau enak, ya gak apa-apa. Tapi, kalau gak enak? Masalahnya, kami belum pernah makan di sana. Jadi bingung juga hahaha


es cincau hijau dapoer podjok
Es Cincau Hijau, IDR33K
jus jambu dapoer podjok
Jus Jambu, IDR33K


Satu-satunya yang gak bikin saya ragu ketika memilih yaitu es cincau hijau. Saya suka banget es cincau hijau. Sayangnya, minuman satu ini udah jarang banget saya temui, termasuk di penjual kaki lima. Bahkan, tetangga yang pernah menanam pohon cincau hijau pun udah ditebang pohonnya. Hiks!

pindang patin dapoer podjok
Pindang Patin, IDR54K


Akhirnya, saya memilih pindang patin. Saya suka menu pindang, tapi agak jarang mendapatkan rasa yang pas di lidah. Biasanya ada aja yang kurang. Makanya rada deg-degan sama rasanya waktu pesen.

Ternyata, rasanya enak! Rasa manis dan asamnya pas. Gak terlalu berminyak juga. Walaupun saya ke sini pada tahun 2016, saya masih ingat banget sama rasanya. Daging ikan patinyya lumayan tebal dan mengenyangkan. Kuahnya saya seruput hingga habis. Menandakan memang rasanya beneran enak.


tongseng kambing dapoer podjok
Tongseng Kambing, IDR83K


Kalau Nai memilih tongseng kambing. Rasanya enak dan kuahnya juga gak terlalu kental. Sayangnya rasanya pedas. Padahal gak dikasih potongan cabai rawit, lho. Biasanya kalau beli tongseng kan dikasih potongan cabai rawit kalau mau pedas, tapi ini kuahnya memang sudah pedas. Sama dagingnya kurang banyak, sih, kalau untuk harga segitu 😁

Buat saya mungkin gak terlalu pedas. Tapi, buat anak kecil, apalagi gak suka pedas memang bakal berasa banget. Pelayannya juga gak menginformasikan tentang hal ini. Padahal dia tau kalau yang pesan adalah anak-anak. Akhirnya, Nai cuma makan dagingnya. Itupun cuma sedikit karena dia gak tahan dengan pedasnya. Saya udah kekenyangan, jadi gak sanggup menghabiskan sisa tongseng punya Nai. *Sayang juga, uy, karena harganya lumayan.

Kalau dari suasana dan rasa makanan, kami suka. Suasanya cukup nyaman, termasuk bila bersantap bersama keluarga. Rasa makanan yang kami pilih juga gak mengecewakan. Porsinya juga pas. Penyajiannya juga menggunakan wadah dengan api kecil yang tetap menyala. Sehingga makanan bisa terus hangat.


menu di dapoer podjok

Cuma harga aja yang untuk porsi segitu kayaknya sedikit overpriced. Iya, makanan di resto tentu berbeda dengan kaki lima. Tapi, tetap aja saya merasa sedikit overpriced. Saya lihat di Zomato, harga seporsi nasi goreng berkisar IDR55K - 63K. Seporsi bebek penyet IDR107K. Saya lupa apakah makanan yang kami pilih sudah termasuk nasi atau belum. Kalaupun belum, saya lupa dengan harganya.

Kami makan di Dapoer Podjok pada tahun 2016. Harga yang saya tulis di blog ini adalah harga terbaru (April '18) yang saya lihat lewat Zomato. Tentunya ada kenaikan harga makanan. Seperti yang dilihat di foto menu untuk nasi goreng, ada kenaikan sekitar IDR5K per porsi.

[Silakan baca: Zomato, Aplikasi Mencari Resto untuk Pecinta Kuliner]

Selain harga yang juga sudah mengalami perubahan, Dapoer Podjok di Pacific Place juga sudah tutup. Saya baru mengetahuinya, sesaat menjelang tulisan ini publish. Tetap sayang kalau tulisan ini didelete. Biar jadi kenang-kenangan. Lagi pula, berdasarkan info dari Google, Dapoer Podjok di Senayan City dan Pondok Indah Mall 2 masih ada.


Dapoer Podjok






Post a Comment

7 Comments

  1. Kalau menurut saya sih yg rasanya mahal banget minumannya hehe.. segelas itu 33rb😃

    ReplyDelete
  2. Harganya beneran overpriced, hehehe,. Tapi memang di beberapa resto harga sekian sudah umum ya, Mbak. Gak perlu sebut nama restonya, saya pernah juga minum es jeruk medan mix kelapa muda di deerah Cikini. Harganya 40/gelas tahun 2014, wkwkwkwk mehong nggak pengin balik lagi kecuali pas dapat bonus. Tapi intinya asal sepadan sm rasa plus kenyamanan tempatnya sih oke-oke aja, asal gak tiap hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah itu tahun 2014. Berarti sekarang udah berapa, ya? :D

      Delete
  3. Ceritanya lagi gonta ganti tampilan template kah teh chi soale aku kemaren ke sini templatenya dari tabku kekecilan, nah yang ini baru pas lebarnya #duh malah komen hal teknis

    Nah iyak sama aku klo menu ikan berkuah jg suka rada deg degan takut ada yg kyurang pas,

    Itu es cincau meuni membikin cleguk2

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, lagi cari yang pas. Alhamdulillah, akhirnya dapat template yang pas :)

      Padahal kalau bumbunya pas bakal enak banget, ya. Es cincaunya memang menggoda hehehe

      Delete
  4. Tempatnya sih asik dan betah sepertinya, tapi lihat harga segelas minumnya cukup mahal buat saya..hehe

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)