Menikmati Skywalk Teras Cihampelas Bandung, Enaknya Sore Hari

Menikmati Skywalk Teras Cihampelas Bandung, Enaknya Sore Hari - Masih melanjutkan cerita tentang mengelilingi 5 taman di Bandung dalam setengah hari. Kami pun melanjutkan ke taman yang ke-3 yaitu Skywalk Teras Cihampelas. Kali ini jalan kakinya agak jauhan. 1,5 km dengan waktu tempuh sekitar 20 menitan berjalan santai. Lumayaaan.

Menikmati Skywalk Teras Cihampelas Bandung, Enaknya Sore Hari

Kami sempat berhenti sekali di salah satu warung buat beli minum. Biasanya saya selalu membawa 1 botol besar air minum. Tetapi, karena awalnya dipikir hanya jalan-jalan di satu taman, jadinya gak bawa. Eh, ini malah lanjut ke beberapa taman.

jalan-jalan ke cihampelas
Hayati eh saya lelah 😂


Saya sempatkan juga foto-foto dulu di beberapa tempat, termasuk di tumpukan daun kering di pinggir jalan. Karena sudah semakin mendekati tengah hari, jalanan mulai ramai. Saya pasang muka tembok aja saat foto-foto, deh hehehe. Sempat kepikiran juga kalau daun-daun itu pasti kotor. Tetapi, biarin aja lah. Sekalian duduk buat istirahat sejenak.

Jalan Cihampelas sebetulnya panjang. Tetapi, jangan tanya saya ya batasnya dari mana sampai mana. Kebanyakan orang terutama yang bukan warga Bandung seperti saya ini taunya jalan Cihampelas ya yang banyak toko jeans.

Nah, kawasan pertokoan ini semacam daerah yang saya suka sekaligus benci hehehe. Salah satu mall yang paling kami suka di Bandung adalah Cihampelas Walk (Ciwalk). Tetapi, kalau gak penting atau gak kepengen banget kayaknya enggak mau deh lewat sini. Abis di sini kayaknya macet tiada akhir. 😅

[Silakan baca: Forest Walk Babakan Siliwangi, Bandung - Setengah Hari Mengelilingi 5 Taman di Bandung Dengan Berjalan Kaki]


Pedagang Kaki Lima Pindah ke Skywalk


Sejak dulu, Cihampelas memang terkenal dengan toko-toko jeans. Sebetulnya gak hanya menjual jeans aja, baju atau celana dari bahan lain juga ada. Tetapi, memang terkenalnya adalah pusat jeans. Biasanya kalau di pusat keramaian begitu pedagang kaki lima juga berderet. Zaman saya masih jadi anak sekolah, berkunjung ke Cihampelas sepertinya jadi salah satu destinasi wajib kalau lagi mengadakan field trip.

Selain macet yang tiada akhir, efek lain yang agak bikin Cihampelas jadi kurang nyaman adalah kurang ramah dengan pejalan kaki. Trotoar banyak dipenuhi dengan pedagang kaki lima. Enak juga sih karena banyak jajanan. Tapi, kalau mau jalan kaki juga jadi agak susah. Kadang-kadang para pejalan kaki harus turun ke jalan. Ya syukur-syukur kalau para pengendara roda dua dan empat mengerti. Kalau pengendaranya agak galak, siap-siap aja diklaksonin bahkan diomelin. *Beginilah nasib pejalan kaki.

Belum lagi lahan parkir pertokoan Cihampelas yang memang terbatas banget. Adanya Cihampelas Walk (Ciwalk) yang memiliki lahan parkir juga gak menjadi solusi. Tetap aja susah banget cari parkir kalau ke sana. Jadinya semakin ribet. Udahlah trotoar banyak dikuasai PKL, trus para pejalan juga banyak ngalah dan sabar dengan kendaraan yang lewat atau mau parkir. Hufff!


Pedagang Kaki Lima Pindah ke Skywalk
Area kulineran. Banyak aja pilihan makanan kaki lima di sini. Ada tempat duduk dan mejanya juga, kok kalau mau makan di tempat


Memperlebar trotoar juga kayaknya gak mungkin. Lebar jalan Cihampelas cuma segitu, kalau mau diperlebar bakalan kayak gimana coba? Mungkin karena itulah Ridwan Kamil, wali kota Bandung yang saat ini menjadi Gubernur Jawa Barat, memiliki gagasan memindahkan trotoar ke atas sekaligus dengan pedagang kaki limanya. Caranya? Ya dengan membangun Skywalk Teras Cihampelas.

Skywalk Teras Cihampelas Bandung
Kalau ini area souvenir dan pakaian. Kebanyakan pakaian yang dijual sih kaos dan jaket.


Skywalk Teras Cihampelas ini termasuk yang baru diresmikan yaitu Februari 2017. Sebetulnya namanya Teras Cihampelas. Tetapi, banyak yang bilang skywalk. Ya mungkin karena trotoarnya ada di atas, ya.

Menurut saya dengan adanya skywalk ini jadi semakin berasa nyaman berjalan kaki di Cihampelas. Para pedagang kaki lima juga diatur berdasarkan area. Tidak lagi bercampur baur antara penjual makanan dengan penjual souvenir dan pakaian. Di area makanan kaki lima juga disediakan meja dan kursi sehingga pembeli nyaman bila ingin makan di tempat.


pagi hari di cihampelas
Start dari sini
kondisi skywalk cihampelas
Ini track untuk difabel, di bawahnya mulai masuk area Ciwalk


Teras Cihampelas Skywalk Bandung sepanjang 500 meter dengan tinggi 4,6 meter dan lebar 7,6 meter ini start dari dekat rumah sakit advent hingga hotel Promenade. Di beberapa titik ada tangga yang akan memudahkan Sahabat KeNai bila ingin turun untuk belanja pakaian di salah satu toko atau ngemall di Ciwalk. Menariknya lagi, Teras Cihampelas ini nyaman bagi para difabel. Ada track bagi difabel untuk naik dan turun skywalk. Teras ini juga dilengkapi dengan beberapa charging station dan juga toilet.

Saran saya, sebaiknya ke Teras Cihampelas itu sore hari. Kalau nyaris tengah hari kayak yang kami lakukan saat itu rasanya gerah. Memang ada beberapa pohon di beberapa titik. Tetapi, tetap aja gerah. Kalau sore atau malam hari selain lebih teduh, bahkan dingin, juga bisa menikmati lampu-lampu di kawasan Cihampelas. Sepertinya akan lebih romantis, asalkan jangan hujan aja hehehe.


Skywalk Teras Cihampelas


open hours: 24 jam


[Silakan baca: Teras Cikapundung, Bandung - Setengah Hari Mengelilingi 5 Taman di Bandung Dengan Berjalan Kaki]


Ke Bandung Naik Pesawat, Booking Tiketnya di Pegipegi


Saat kedua bibi saya sedang menawar tape di salah satu lapak, whatsapp saya berbunyi. Ternyata dari sepupu yang mengabarkan kalau di rumah kedatangan sodara agak jauh. Saat itu hanya dia yang di rumah.

belanja oleh-oleh di cihampelas

Segera saya tunjukkan WA tersebut ke salah seorang bibi. Eh gak taunya bibi saya malah bilang kalau tamunya biarkan menunggu saja. Katanya, sebaiknya kalau mau bertamu mengabarkan dulu. Lagipula saat ini para bibi dan paman saya sedang mengajak jalan-jalan keponakannya yang udah lama gak ke Bandung.

Saya sempat merasa gak enak hati. Tapi, memang benar juga apa yang dikatakan bibi. Kalau saat itu kami langsung pulang, mungkin ada sedikit rasa kecewa di hati saya. Udahlah lagi jarang banget ke Bandung, sekalinya bisa jalan malah terpaksa pulang. Hmmm ... pelajaran banget, nih. Kalau bertamu sebaiknya kasih kabar dulu biar sama-sama enak.


tempat pariwisata cihampelas

Cihampelas memang salah satu jalan di kota Bandung yang gak ada matinya. Kawasan ini selalu saja ramai wisatawan sejak dulu hingga sekarang. Bahkan beberapa waktu lalu kami sekeluarga sempat sengaja menginap di salah satu hotel di Cihampelas demi bisa menikmati kawasan ini tanpa harus keluar masuk mobil.

skywalk, teras cihampelas, pegipegi, bandung

Saat itu Teras Cihampelas belum ada. Tanda-tanda mau dibangun juga belum kelihatan. Dengan adanya skywalk ini, sepertinya akan sangat menarik bagi wisatawan. Apalagi kabarnya Teras Cihampelas tahap 2 akan segera dibangun.

Tidak hanya wisatawan lokal. Wisatawan mancanegara pun banyak yang tertarik ke kota Bandung. Kalau begini saya suka ingat dengan keluarga besar suami dari sepupu saya yang memang warga negara Malaysia. Bila ke Indonesia, Bandung seringkali menjadi salah satu kota yang disinggahi. Apalagi kalau bukan untuk beli oleh-oleh.

Sekarang ke Bandung memang semakin banyak pilihan transportasi. Tidak hanya jalan darat, melalui udara alias naik pesawat pun sudah bisa. Banyak wisatawan yang langsung datang ke Bandung dengan menggunakan transportasi udara.

Sahabat KeNai sudah coba beli tiket pesawat via Pegipegi? Keunggulan beli tiket pesawat di Pegipegi adalah Sahabat KeNai bisa mendapatkan harga termurah setiap hari. Lebih murah dari harga resmi karena Pegipegi sudah bekerjasama dengan berbagai maskapai dan juga ribuan hotel.


skywalk, teras cihampelas, pegipegi, bandung

Metode pembayarannya pun banyak pilihan. Sahabat KeNai bisa melakukan pembayaran melalui ATM, virtual account, e-banking, kartu kredit, minimarket, dan lainnya. Sahabat KeNai akan mendapatkan voucher hotel atau tiket elektronik hanya dalam waktu kurang dari 2 jam setelah proses pembayaran selesai. Mudah dan cepat, kan? *Kalau saya sih iyeeess. Anaknya males ribet. 😂

Biasanya Pegipegi juga menawarkan berbagai harga promo yang menarik. Makanya rajin-rajin juga deh buka web atau apps Pegipegi. Seneng banget kan tuh kalau bisa liburan dengan harga tiket pesawat yang cakep banget. Apalagi sekarang udah menjelang musim libur, nih. Yuk cek Pegipegi!


skywalk, teras cihampelas, pegipegi, bandung 
Beberapa kota di Indonesia yang memiliki rute pernerbangan ke Bandung

Post a Comment

49 Comments

  1. kangen juga nih bisa balik ke Bandung nih. Udah beberapa tahun lah belum balik ke Bandung.

    ReplyDelete
  2. Udah berapa purnama gk main ke Bandung jadi kangen nih

    ReplyDelete
  3. Saya tinggal di Bandung nih, mbak. Harapan saya sih Teras Cihampelas ini dioptimalkan supaya seluruh pedagang kaki lima di bawah pindah ke skywalk, lalu ada tangga penghubung antara skywalk dengan beberapa tempat ternama seperti Ciwalk atau hotel.

    ReplyDelete
  4. Saya bolak-balik ke Teras Cihampelas tetep aja nggak bosen, hehehe. Adaaa aja yang baru di sana

    ReplyDelete
  5. Aku pernah pagi pagiii, alamak jajan di situ mahaall wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Kangen blusukan dan kulineran di Bandung. Cihampelas ini salah satu pusatnya kan ya mbak :) Semoga bisa balik lagi dalam waktu dekat amin.

    omnduut dot com

    ReplyDelete
  7. Wah, mau ada tahap 2 nya ya mba, saya baru tau... Udah lama jg ga ke sana, emang paling enak sore ya

    ReplyDelete
  8. Wah pas terakhir ke Bandung liat kok ada Skywalk di Cihampelas..penasaran ternyata jadi taman yaa

    ReplyDelete
  9. Bandunggg.
    Tempat yang dulu ajdi favorit buat menghabiskan weekend hahaha.
    Jauh jauh ke Bandung dari Bogor kala itu.

    Anyway udah lebih dari 4 tahun belom balik lagi ke Bandung. Dan aku pengen banget kulineran di Bandung segala macem. Sudah ada pesawat pula dari Jakarta - Bandung yah. *brbbb tengok celengan.

    ReplyDelete
  10. Selalu banyak hal menarik dari kota Bandung dan untuk cihampelas ini kini semakin instagramable dengan adanya skywalk warna warni nan ceria

    ReplyDelete
  11. Apik yaaa. Aku belum pernah ke sana mba. Tau ini dari foto2 aja 😭
    Etapi salut juga ama tantenya mba. Bener kalau berkunjung kudu bilang ya, kan kalau udah ada yang rencana pergi kayak gini kan jadi bisa bagi waktunya

    ReplyDelete
  12. Aku pernah nih ke skywalk ini pas masih baru-barunya diresmikan. Asyik banget yaa..

    ReplyDelete
  13. Udah lama banget ga main2 ke Bandung lagi. Udah banyak banget perubahannya ya, jadi makin cantiiiik :))

    ReplyDelete
  14. Pak ridwan kamil ini memang kereeeeen sekali idenya. Ini bisa jd solusi utk para pedagang pinggiran yg banyak di jkt ga yaaa. Malah jd cakep gitu kan yaa dibikin skywalk. Jalanan di bawah ttp rapi juga :)

    ReplyDelete
  15. Pertama kali saat Skywalk Cihampelas ini diresmikan aku langsung kesana dan tempatnya bagus sekali banyak spot foto juga

    ReplyDelete
  16. Mesti dijadwalin nih kalau ke Bandung mampir ke Cihampelas, keren euy

    ReplyDelete
  17. Belum pernah pakai PegiPegi nih, kayaknya boleh deh dicoba.

    Kangen deh ama Bandung, makanannya, wisatanya, sungguh melambai pada saya :D

    ReplyDelete
  18. Wah makin tertata rapih ya mba, semoga kota-kota lain ikut menyusul ya mba, cantik bandung sekarang warna-warni.. Kya kalo kebandung harus siap alas kaki yg nyaman nih utk jalan kaki

    ReplyDelete
  19. Pernah kesini juga Mbak, cuapeknya luar biasa. Kayaknya sangat pas nih buat yang masih muda dan kuat.

    ReplyDelete
  20. Selalu suka Ciwalk...meski jalan ke situ macetnyaaaa
    Tapi keren ide Teras Cihampelas ini, Jadi pejalan kaki enggak numpuk lagi di bawah, akhirnya jalanan di situ lancar meski padat.

    ReplyDelete
  21. Aku jg bbrp kl ke Bandung krn anakku kost disana dan slalu mampir ke sky walk meni rame pisan oleh2 dan jajanannya

    ReplyDelete
  22. Ya ampuun aku udh lama banget ngga ke Bandung dan ke Skywalk. Rapih banget ya mba tempatnya. Kaya lagi jalan-jalan ke Luar Negeri. Hebat euy Pak Ridwan Kamil menata kota Bandung.

    ReplyDelete
  23. Tumpukan daun kering itu justru instagramable banget mbak, keren menurut aku :)

    ReplyDelete
  24. Jadi pengen ke Bandung kalau kayak gini, apa daya hayati kudu ngatur jadwal libur suami dan prepare segalanya buat kesana termasuk ongkos...hahaha...aseliii bikin mupeng pengen kesana

    ReplyDelete
  25. Hm, kapan ya aku bisa mampir ke sini..pengen ngerasain suasana di Ciwalk Teras Cihampelas ini euy..

    ReplyDelete
  26. Iya, Makassar ke Bandung ada penerbangan .... ada adik juga di sana. Kapan ya bisa main ke sana dan berkunjung ke Skywalk Teras Cihampelas ini .... menarik banget kelihatannya.

    ReplyDelete
  27. Et dah foto yang dedaunan kering itu ternyata perjalanan ke bandung toh mbak.. Kirain dimana gitu 😂 nggak menyangka pinter yang membidik

    ReplyDelete
  28. Waktu aku datang ke sini, masih dalam pembangunan. Sekarang udah bagus ya. Bisa jalan2 gratis pula.

    ReplyDelete
  29. ya mapun mbak, foto disatas daun kering aja bisa cantik gitu... Kalau aku sih suka banget kalau diajak jalan gini, biar capek tapi bahagiyyah...

    ReplyDelete
  30. Promo menarik nih dari PegiPegi. Tapi kalau nanti atau entah kapan bisa ke Bandung maka aku pun pengen naik kereta aja dari Kendal untuk bisa sampai ke Bandung. Soalnya kalau naik pesawat belum berani aku. Huhuhu.

    ReplyDelete
  31. Sek aku kok salfok saya sama foto mu yang duduk di antara dedaunan itu, serasa lagi musim semi ya kak duduk disana hehe.

    ReplyDelete
  32. Uhuk, lagu2 nemu spot wisata terbaik di Bandung, top wish destinasi ku banget. Alhamdulillah ada pegi2 di save aja dulu referensinya. Thanks mba

    ReplyDelete
  33. Seruuuu! Aku waktu ke Bandung si skywalk ini masih tahap pembangunan. Jadi penasaran kesana lagi buat nyobain jalan jalan di Skywalk hihi

    ReplyDelete
  34. Oalahbitunjembatan Cihampelas yg hits itu yaa. Kelihatannya sempit tapi terneyata banyak juga penjual di atasnya ya. Jajan smabil ngelihatin keramaian kota Bandung XD

    ReplyDelete
  35. Aku pernah juga booking hotel via pegi-pegi. Tapi kalo booking tiket pesawat belum pernah. Lha wong naik pesawat saja seumur hidup baru 2x. Ehhehe

    ReplyDelete
  36. Belum pernah ke ciwalk kalau ke Bandung. Kudu disempatkan nih ke sana. Bareng gadis gadis kali seneng hihi mumpung masih belum kuliah. Uminya juga masih sehat. Makasih ulasannya ya mbak Mira.

    ReplyDelete
  37. Aku dr Serang ke Bandung enakan naik bis jurusan Merak - Bandung. Blm pernah kako pesawat, tp dulu aku ke Bali naik AirAsia via bandara Bandung loh. Haha. Btw, aku blm oernah ke Cihampelas euy.

    ReplyDelete
  38. Itu foto di dedaunan kering itu fotonya bagus, Mbak. Jadi berasa kayak foto di luar negeri malahan. Jalan-jalan sore itu memang asik banget apalagi bisa jalan-jalan sore di Skywalk Teras Cihampelas Bandung.

    ReplyDelete
  39. Belum pernah ke Skywalk hihihi. Kayaknya seru ya bisa jalan-jalan sore trus cari camilan sore2, agak malam dikit kulineran di sana :D
    Ini kalau wiken pasti rame banget ya mbak?

    ReplyDelete
  40. Aduhaiii seru banget. Skywalk Cihampelas, pwngen bwrburu kuliner di sana aku Mbaaa hehehehehe seru pastinya aku belum pernah menjelajah Bandung

    ReplyDelete
  41. Enakan naik kereta dari Jakarta ke Bandung... Lebih pasti waktunya.

    Cihampelas sangat crowded ya... Beda banget jaman 30 th saat masih tinggal di sana

    ReplyDelete
  42. aduuuh mbaaa aku kangeeen Bandung banget! Dan memang Cihampelas tuh legendaris dari jaman dahulu kalaaa ya

    ReplyDelete
  43. Liburan ke Bandung bersam keluarga sungguh mengasyikkan ya.. Cihampelas juga tempat yg patut dikunjungi..

    sasyazawafa.com

    ReplyDelete
  44. Kangen Bandung euy. Itu Pikachu ngegemesin banget sih haha

    ReplyDelete
  45. Bandung salah satu Kota yang rapiii banget tatanan kotanya dan selalu ngangenin buat di datangi krn banyk sekali pilihan wisatanya, pdhal macetnya minta ampun, aq lom pernah ke skywalk thanks reviewnya mbak

    ReplyDelete
  46. Setelah kemarin baca soal resto Braga Permai dan sekarang baca ini, saya sukses jadi kangen sama Bandung.

    ReplyDelete
  47. Aku sering lewat tapi gak pernah mampir loh mbak, trus ada penyesalan pas liat postingan mbak di blog duh keren banget dulu mah macet terus kan daerah ini

    ReplyDelete
  48. Bandung mah pusatnya kulineran dan jalan-jalan, asyik banget. Selain itu, selalu ada tempat wisata yang baru untuk di eksplore. Seru!

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)