Jalan-Jalan KeNai

Blog family traveling tentang adventure, kuliner, hotel, dan tips perjalanan

Wiki Koffie, Kongkow Hemat dan Asik di Sudut Braga

kongkow hemat di braga

Wiki Koffie, Kongkow Hemat dan Asik di Sudut Braga


Cerita ini masih sambungan dari jalan-jalan mengunjungi beberapa taman di kota Bandung dengan berjalan kaki dalam sehari. Sebetulnya bisa sampai 5 taman, tetapi karena dikabarin kalau ada tamu yang udah menunggu dari tadi di rumah, kami memutuskan untuk pulang saja.

Dari Taman Balai Kota, kami berjalan kaki sedikit sampai persimpangan Braga. Dari situ, kami menunggu angkot. Sebetulnya jalan kaki juga bisa. Tapi, udah malah juga. Udah gak semangat karena jalan-jalannya harus diakhiri 😂.

[silakan baca: Banyak Hiburan di Taman Balai Kota, Bandung]

waiting list wiki koffie

Kami menunggu angkot di depan salah satu coffe shop. Saya sempat intip ke dalam, kayaknya menarik juga. Bangunannya klasik dan kelihatan nyaman buat kongkow di sana. Saya melihat nama tempatnya adalah Wiki Koffie. Saya langsung bertekad begitu sampai rumah mau ajak suami makan di sini.

Alam: "Teteh mau ke Wiki Koffie? Rame pisan (banget) kan tempatnya."
Saya: "Oh, gitu? Tapi, Teteh penasaran kayaknya enak juga nongkrong di sana. Rame ya, Lam."
Alam: "Iya, rame. Malah antreannya suka panjang. Apalagi kalau malam minggu."
Saya: "Alam pernah makan di sana?"
Alam: "Pernah."
Saya: "Enak, gak?"
Alam: "Lumayan. Harganya juga gak mahal, Teh. Makanya rame."
Saya: "Ya, coba aja kita lihat, ya. Tadi siang sih Teteh lihat belum rame. Tapi, kalau nanti ke sana trus antreannya panjang banget, cari makan di tempat lain aja. Alam mau ikut, gak?"
Alam: "Hayuk."

braga di sore hari

Ya, namanya juga lagi kumpul keluarga begini, enaknya memang jalan rame-rame. Makanya sore itu, saya sekeluarga bersama dengan beberapa sepupu berjalan kaki ke Wiki Koffie. Kalau jalannya rame-rame begini gak bakal berasa jauh. Etapi, emang gak jauh juga, ding. Apalagi menyusuri Braga kan semakin sore ke malam memang semakin ramai.

[Silakan baca: Sepanjang Jalan Braga]

Nongkrong Santai di Wiki Koffie


Begitu sampai sana, Wiki Koffie terlihat sudah ramai, tetapi kami masih kebagian tempat duduk. Meskipun sudah tidak bisa memilih karena tinggal satu-satunya meja dan kursi yang kosong. Coba kalau datangnya agak sorean dikit, pasti harus antre. Antrean mulai terlihat walaupun belum sampai mengular juga. Entah kalau hari semakin malam.

chicken lasagna
Chicken Lasagna, IDR25K

iced oreo borneo
Iced Oreo Borneo, IDR18K

Kami pun mulai memilih makanan dan minuman. Menu di Wiki Koffie ini lebih banyak menawarkan camilan. Memang ada juga paket nasi, tetapi tidak banyak pilihannya. Memang enaknya kalau ke sini buat ngobrol santai sambil ngemil.

Kalaupun ajak keluarga memang pas bawa yang sebaya atau yang masih pada muda gitu, deh. Kalau saya ajak orang tua atau paman dan bibi ke sini, kayaknya memang kurang cocok. 

bangunan klasik wiki koffie

Eksterior Wiki Koffie masih mempertahankan bangunan klasik. Begitupun di bagian dalam, meskipun terlihat juga sentuhan modern dari beberapa ornamen yang dipajang. Coffee shop di sudut jalan Braga ini memang menarik perhatian. Dengan kaca yang besar-besar, kita bisa menikmati makanan/minuman sambil mengamati keramaian Braga.

chicken wing
Chicken Wing, IDR22K

sosis goreng, potato wedges
Spicy Wedges + Sosis, IDR25K

Seperti yang sepupu saya bilang, harga makanan dan minuman di sini memang relatif ramah alias gak mahal juga. Tetapi, porsinya ya gak banyak juga. Apalagi kalau buat Keke, Nai, dan para sepupu saya yang kayaknya lagi pada masa pertumbuhan semua alias makannya lagi pada banyak-banyaknya, jadinya order 1 porsi gak cukup. Makanya hampir semua makanan yang kami pesan, kemudian diorder lagi. Abis kurang kenyang buat mereka 😂

kue telur coklat
Kue Telur Coklat, IDR18K 

quiche spicy hawaiian
Quiche Spicy Hawaiian, IDR25K

cake galunggung lava
Cake Galunggung Lava, IDR18K

Untuk rasa yaaa ... biasa aja, lah. Tetapi, saya mau cerita tentang Spicy Hawaiian Quiche yang saya pesan. Awalnya pesan Hawaiian Pizza. Alasannya cuma gara-gara sebelumnya bawa tweet Gordon Ramsay kalau dia gak suka pizza dengan toping nanas. Kayaknya Ramsay ini sebel banget sama pizza nanas. Jadinya malah bikin saya penasaran. 😂 Sayangnya Hawaiian Pizza yang saya order lagi kosong. Akhirnya pilih quiche yang Hawaiian.

milkshake tiramisu coffee
Milkshake Tiramisu Coffee, IDR20K 
Ada 1 minuman yang lupa difoto yaitu Milkshake Avocado Coffee, IDR20K.
Sosis goreng dan air mineral juga gak difoto

vietnam drip
Vietnam Drip, IDR15K

Beberapa menu yang kami order ternyata lagi kosong. Saya gak bertanya alasannya. Tapi, feeling saya kayaknya bukan karena suasana lagi ramai. Masih sore juga, kan. Mungkin karena masih dalam suasana hari raya. Jadi dengan beberapa pertimbangan stoknya gak banyak atau bagaimana gitu, deh.

[Silakan baca: Mudik Lebaran Lagi di Hotel Ibis Styles Bandung Braga]

Tidak ada ruangan ber-AC di sini. Tetapi, buat saya gak masalah. Langit-langit coffee shop yang lumayan tinggi dan suhu udara Bandung yang cukup sejuk, membuat kami gak kegerahan. Hanya saja di sini tidak ada pemisahan antara smoking dan non smoking area.

tidak ada toilet di wiki koffie
carribean coffee
Carribean Coffee, IDR20K

Selain itu lahan parkir di sini juga minim, terutama bagi yang membawa mobil. Beberapa hari setelahnya, saya membaca beberapa ulasan kalau di Wiki Koffie juga gak ada toilet. Hmmm ... Saya baru tau, nih. Untung aja waktu itu gak kebelet pipis. Padahal kadang-kadang saya suka beser. Apalagi kalau habis minum kopi. Kalau kebelet, kayaknya harus nebeng di minimarket atau resto sekitar kali, ya 😆

milkshake cream caramel
Milkshake Cream Caramel, IDR20K

cammomile tea
Cammomile Tea, IDR15K

jus sayur
Tang Teng Tong, IDR20K
Saya lupa lagi ini jus apa. Pastinya ada sayurannya

Katanya sih di sini juga ada live show. Tapi, saya gak tau setiap hari apa. Pada saat kami ke sana memang sedang tidak ada pertunjukkan.

Terlepas dari beberapa kekurangannya, Wiki Koffie masih asik buat tempat nongkrong. Tinggal dipilih aja waktunya. Kalau gak ingin terlalu ramai, Sahabat KeNai bisa datang pagi hingga menjelang siang. Kalau sudah sore hingga malam, maka harus sabar aja kalau sampai harus antre.

[Silakan baca: Kuliner Klasik dan Sepenggal Sejarah di Braga Permai, Bandung]

kongkow di wiki koffie
Wiki Koffie Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

Wiki Koffie


Jl. Braga no 90
Bandung

Open Hours: 09.00 s/d 24.00 wib
RSVP Mon-Thu only

IG: @wikikoffie

53 komentar:

  1. Ice oreo borneo itu menarik banget Mbak Myr. Emangbsih ya kalau jakan2 bareng keluarga kemana aja seru. Apa lagi ke Wiki Cafe seperti ini

    BalasHapus
  2. Mba templatenya baru nih hehehehe sukaaa

    Suka banget sama jalan Braga, jadi referensi nih sama koffienya buat ke Bandung

    BalasHapus
  3. Jadi pengen ke Braga lagi hahaha. Semoga terwujud dan bisa mampir ke Wiki Koffie ini :D

    BalasHapus
  4. Aneh juga, Kafe engga dilengkapi toilet. Melipirnya jauh dong yah...
    Mustinya ditulis kali ya..."no toilet here"...hehe...
    Harga makminnya mayan, engga mahal yah...Mudah²an enak semua...

    BalasHapus
  5. Wah, kenapa enggak dilengkapi dg toilet ya?

    BalasHapus
  6. Harganya mayan nih, tempatnya asyik juga. Pas banget akhir bulan ini mau stay 3 hari di bandung. Semoga sempat jalan ke sini. Tapi kudu agak siangan nih, bawa bocils repot kalau antre lama.

    BalasHapus
  7. Ku tuh beberapa kali ada niat pengen ke Bandung buat hunting cafe kok ya belum kesampaian gitu yaa.. sedih..

    Wiki Koffie nih kayaknya harus masuk list cafe yg wajib dikunjungi nih.. itu makanannya kayaknya enak2 semua.. apalagi ada vietnam drip coffee favoritkuj

    BalasHapus
  8. Luas ya tempatnya dan menunya juga cocok banget nih aku dengan 2 anak.. terakhir 3 tahun lalu ke Bandung.. dan Braga termasuk daerah yang sering banget kita lewatin tapi belum pernah mampir ke kesini.. well note rekomendasinya ya teh

    BalasHapus
  9. Wah, dari foto, tempatnya keren. Tapi gak ada toilet? Waduh...

    BalasHapus
  10. braga jalan penuh kenangan masa kecil

    BalasHapus
  11. Lucu ya interiornya. Rame bgt pengunjungnya. Kenapa namanya wiki? Aku suka lho hawaiian pizza😍

    BalasHapus
  12. Asyik ya mba tempatnya, cuman yang paling mengganggu buat saya adalah, gak dipisah smooking dan non smooking room nya.
    Sama toilet itu juga penting.
    Kayaknya mungkin awalnya ini tempat nongkrong biasa, terus jadi rame, dan belum sempat dilengkapin ini itu.
    Tapi harganya lumayan terjangkau sih, meski juga gak murah-murah amat hehehe :D

    BalasHapus
  13. Harganya relatif ya sama kaya di tempat2 lain, btw itu chicken wingsnya menggoda banget yes, dengan harga segitu termasuk murah lho.

    BalasHapus
  14. Berapa orang kah rombonganmu, Mbak? Pesannya banyak banget, nambah pula. Hahaha.
    Braga emang nyaman buat bersantai

    BalasHapus
  15. YaAllah ngiler. Semua makanannya di Wiki Koffie enak banget
    Aku pengen kue telurnya itu Mba, sama chicken wingsnya. Itu pedes nggak sih, kalo pedes makin mantep pasti. Pengennnke Braga deh, Bandung kapan aku bisa ke sana. Semoga ada rezeki aamiin

    BalasHapus
  16. Tempatnya menarik dan menunya enak semua. Aku jadi ingin berkunjung ke wiki koffie braga juga setelah baca postingan ini.

    BalasHapus
  17. Tempatnya menarik dan menu makanan dan minumannya enak semua. Aku jadi ingin berkunjung ke wiki koffie braga juga setelah baca postingan ini.

    BalasHapus
  18. cemilannya enak2 semua nih. harganya juga terjangkau. untungnya bandung cuacanya adem ditambah langit2 bangunannya tinggi. jadi ga kegerahan deh.

    BalasHapus
  19. Aku kemarin pas di Braga ga sempet mampir2 cuman foto2 aja terus pergi soalnya acaranya suamiku mepet

    BalasHapus
  20. Huhuhu... Pas ke Bandung 3x bolak balik ke Braga tapi nggak sempat jalan kaki disini, padahal tempatnya adik banget ya mbk. Aku pingin banget ke Bandung lagi, 2hari nggak cukup

    BalasHapus
  21. Haduh Bandung emang gak ada matinya ya mba. Braga emang salah satu tempat nongki nongki anak muda nih, yang suka ngafe, ngopi dan ngemil pas banget nih ke sini

    BalasHapus
  22. Menunya banyak & menarik2 ya mba.. harganya juga murah, cuma kayanya mikir lagi kalau mau bawa baby & balita ke sini karena ga ada smoking room khusus. Buat nongkrong sama temen2 aja kayanya yaa :)

    BalasHapus
  23. Klo pas traveling terus kulineran kyk gini seneng bngt mba apalg pas ada yg fotoin,, pdhl kmrn makan d Braga cuma momentny gk pas buat foto2 diajak temen soalnya

    BalasHapus
  24. Setiap kali ke Bandung, ngga semoas aja mampir jalan Braga, selalu waktu enggak cukup.
    Padahal jalan Braga cukup tenar dan bener-bener bikin aku penasaran.
    Makanan sama minumannya bikin kepengen mba

    BalasHapus
  25. Ya ampuun, makanannya bervariasi banget dan itu keluarga kecil bahagia yg seringkali berkuliner ria dan sll menciptakan suasana ke
    bersamaan. Salut.buat Chi dan keluarga.

    BalasHapus
  26. Okay jadi ingat terakhir ke braga 2010 pas mau wisuda. Oke fine hahaha aku pengen banget nongki2 lagi tapi sekarang ga sama geng tp keluarga hahaha

    BalasHapus
  27. Tempatnya terlihat nyaman dan luas banget. Mau kesana rame rame pun bisa, tapi sayang ya ga ada toiletnya. Padahal kalau tempat nongkrong kan orang suka berlama lama di situ.
    Tapi kalau makanan dan minumannya enak, pasti orang orang tetep balik lagi kesitu hehehe...

    BalasHapus
  28. Aku suka pengen masuk ke tempat itu sebenarnya hehe...nanti pas ke braga aku sempetin ah mampir, penasaran sama oreonya

    BalasHapus
  29. Aku orangnya gak suka nyobain ke tempat yang hitam gitu, apalagi sampai ngantri.

    Cemilannya terlihat enak mba ditambah harga terjangkau, kalau saya tenang deh makannya soalnya isi dompet aman :D

    BalasHapus
  30. Chicken wings sama tiramisunya bikin ngeces mbaa. Ya ampun pengen... Catet ah kapan kapan kalo ke Braga aku mampir ke sini

    BalasHapus
  31. Kalau lihat foto-foto plating makanannya, menunya unik-unik dan menarik ya, tempatnya juga asyik sepertinya untuk sekadar nongkrong atau ngumpul, sayang nggak ada toilet ya katanya, soalnya saya anaknya suka rada beseran hehe

    BalasHapus
  32. Waaaahhh.... Saya penasaran sama lasagnanya ni Mbak. Chicken Lasagna. Biasanya kan pakainya beef ya, ini pakai ayam.... Hmmm.... Choco Galunggungnya juga tampak enak....

    BalasHapus
  33. Duh sayang banget ya, Mbak, tempat seramai itu nggak ada toiletnya. Semoga saja nih makin banyak yang review bisa menjadikan pengelola Wiki Koffie ini menambah toilet di sana. Biar pengunjung tenang dan nyaman.

    BalasHapus
  34. Wah aku aja yg orang Bandung asli belum pernah ke sini. Ke Braganya aih sukaaaaaà Asyik ya harganya terjangkau juga

    BalasHapus
  35. Waaahhh kerennn, rame bener pengunjung wiki koffie, trs makanan dan minumannya juga enak2 gitu. Tempatnya juga asyik ya mbk buat nongki nongki syantiek.

    BalasHapus
  36. Mba Myra...
    Ada keluarga yang tinggal di Bandung kah?

    Kalau di sepanjang jalan Braga biasanya cafe ngadain show atau live music pas malam hari...Jadi berisiiik gitu deeh...
    Hahah~

    **anaknya ga suka berisik

    BalasHapus
  37. Kalau begini yang penting tempatnya asyik dan ada minuman segar ya mba. Aku tuh ke Bandung selalu buru-buru or kerja.. jadi ngg sempet terlalu explore the city

    BalasHapus
  38. Kalau sama sebaya atau yang masih muda kemungkinannya cocok ya tapi kalau sama orangtua harus pilih2 juga tempat makannya apalagi kalau lidahnya beda selera. AKu penasaran sama namanya kenapa Wiki ya kirain tadi wikipedia. Itu kue telur cokelat kaya egg wafle gitu ya Myr?
    Nah senengnya kalau makan rame2 banyak menu yang dipilih bisa nyicipin hehehe

    BalasHapus
  39. Wah, cozy ya tempatnya. Aku sering lewat di depannya. Lewat aja belom pernah masuk. Kayaknya nanti kudu deh sesekali nyobain. Itu kue blenuk-blenuk telur cokelatnya nggemesin. Kriuuuk kayaknya. :D

    BalasHapus
  40. Kayaknya emang pasnya buat anak muda ya Mbak Myra. Apalagi anak-anak yang dikit-dikit butuh toilet. Hehehe, tapi kalau cuma mau nongkrong dan makan sebentar kayaknya oke aja tuh ya makan di Wiki Coffe gini.

    BalasHapus
  41. Chicken wings sebanyak itu hanya Rp 22 ribuan termasuk murah ya mba. Dan udah kliatan enak banget. MIlkshakenya juga kliatan segar dan enak. Aih semua pilihan makanan enak-enak. Aku belum kesampaian nih mba menikmati makanan di sepanjang jalan Braga. Padahal pengen banget

    BalasHapus
  42. Kafenya kyknya luas dan terang pencahayaannya ya mbak? Aku suka kafe2 kyk gtu krn kyknya nyaman buat anak kecil. Harganya juga gak seberapa mihil ya masih ramah kantong. Tengkyu reviewnya, kali kapan2 ke Braga bisa ke sana jg :D

    BalasHapus
  43. Sayang sekali non smoking dan smoking tidak dipisah ya, Chi.
    Bisa dipastikan aku akan memilih tempat lain.

    Apalagi kalau usai makan masih mau lanjut ke tempat lain, paling anti kalau jilbab dan tubuh sudah tercium aroma rokok.
    Berasa ada aja yang kurang.

    BalasHapus
  44. Interiornya homy banget mba chi. Jenis makanannya juga ini mah kedoyanannya anak2. Harganya terjangkau pula ya 👍

    Kapan2 nyobain lah kalo pas lagi jalan ke braga

    BalasHapus
  45. Yaelah, itu apaaa minuman namanya Tang Teng Tong, kok unyuuukkk ;)
    Rata-rata makanan dan minumannya memang kesukaan anak2 kekinian sih ya, bener banget kalau bawa kakek dan nenek kayaknya kurang pas. Dari segala macam makanan yang ditampilkan tadi, aku paling penasaran sama Quiche Spicy Hawaiian, rasanya kayak gimana tuh Chi?

    BalasHapus
  46. braga mah memang ga ada matinya mba. Banyak coffee shop dan restoran keren di sana.

    BalasHapus
  47. Aku pernah lewat situ tapi cuma lewat haha dan nggak berani mampir-mampir karena pertama kukira sepanjang jalan itu kalau ada resto atau ruangan pameran kupikir cuma hiasan aja haha buat artistik kota. Kedua, takut harga makanan dan minumannya mahal. Lha ternyata lumayan terjangkau. Tau gitu entar-entar kalo balik sana langsung cuss lah ya

    BalasHapus
  48. Asik buat nongkrong nih kyknya mak, apalgi penasaran sama jus tang teng tong, hahaha nama jusnya lucu ya Mak :)

    BalasHapus
  49. Wahhh...dicatat. Semoga tahun depan jadi nih ke Bandung. Bakal mampir kemari. TFS Mbak Chi.

    BalasHapus
  50. Harganya tiap makanan cukup terjangkau ya mba, buat nongkrong-nongkrong ma temen gak nguras isi dompetlah ya hihihi... Emang braga tuh gak ada matinya kalau soal cafe keknya ya, menjamur :D

    BalasHapus
  51. Wah..... banyak ya... pilihannya padahal masih satu area.

    BalasHapus
  52. Bagusbjuga ya ini buat kongkow-kingkow anak gauul wkwk

    BalasHapus
  53. Wiki Koffie ini emang asik banget mbak~ apalagi interiornya yang cakep...
    Kalo mau agak sepi, dateng sekitar jam 11an siang kalo udah siang apalagi ke sore, siap-siap jadi waiting list heheh... dan paling enak kesitu tuh pake ojol atau angkot soalnya bener emang minim parkirannya karena posisinya diper4an gitu ya

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)

Saat ini blog Jalan-Jalan KeNai sedang diperbaiki tampilannya. Mohon maaf bila terlihat kurang nyaman selama masa perbaikan.