Wiki Koffie, Kongkow Hemat dan Asik di Sudut Braga

wiki koffie braga bandung

Wiki Koffie, Kongkow Hemat dan Asik di Sudut Braga - Cerita ini masih sambungan dari jalan-jalan mengunjungi beberapa taman di kota Bandung dengan berjalan kaki dalam sehari. Sebetulnya bisa sampai 5 taman, tetapi karena dikabarin kalau ada tamu yang udah menunggu dari tadi di rumah, kami memutuskan untuk pulang saja.

Dari Taman Balai Kota, kami berjalan kaki sedikit sampai persimpangan Braga. Dari situ, kami menunggu angkot. Sebetulnya jalan kaki juga bisa. Tapi, udah malah juga. Udah gak semangat karena jalan-jalannya harus diakhiri 😂.

[silakan baca: Banyak Hiburan di Taman Balai Kota, Bandung]


waiting list wiki koffie

Kami menunggu angkot di depan salah satu coffe shop. Saya sempat intip ke dalam, kayaknya menarik juga. Bangunannya klasik dan kelihatan nyaman buat kongkow di sana. Saya melihat nama tempatnya adalah Wiki Koffie. Saya langsung bertekad begitu sampai rumah mau ajak suami makan di sini.

Alam: "Teteh mau ke Wiki Koffie? Rame pisan (banget) kan tempatnya."
Saya: "Oh, gitu? Tapi, Teteh penasaran kayaknya enak juga nongkrong di sana. Rame ya, Lam."
Alam: "Iya, rame. Malah antreannya suka panjang. Apalagi kalau malam minggu."
Saya: "Alam pernah makan di sana?"
Alam: "Pernah."
Saya: "Enak, gak?"
Alam: "Lumayan. Harganya juga gak mahal, Teh. Makanya rame."
Saya: "Ya, coba aja kita lihat, ya. Tadi siang sih Teteh lihat belum rame. Tapi, kalau nanti ke sana trus antreannya panjang banget, cari makan di tempat lain aja. Alam mau ikut, gak?"
Alam: "Hayuk."


braga di sore hari

Ya, namanya juga lagi kumpul keluarga begini, enaknya memang jalan rame-rame. Makanya sore itu, saya sekeluarga bersama dengan beberapa sepupu berjalan kaki ke Wiki Koffie. Kalau jalannya rame-rame begini gak bakal berasa jauh. Etapi, emang gak jauh juga, ding. Apalagi menyusuri Braga kan semakin sore ke malam memang semakin ramai.

[Silakan baca: Sepanjang Jalan Braga]


Nongkrong Santai di Wiki Koffie


Begitu sampai sana, Wiki Koffie terlihat sudah ramai, tetapi kami masih kebagian tempat duduk. Meskipun sudah tidak bisa memilih karena tinggal satu-satunya meja dan kursi yang kosong. Coba kalau datangnya agak sorean dikit, pasti harus antre. Antrean mulai terlihat walaupun belum sampai mengular juga. Entah kalau hari semakin malam.

chicken lasagna wiki koffie
Chicken Lasagna, IDR25K
iced oreo borneo Wiki Koffie
Iced Oreo Borneo, IDR18K


Kami pun mulai memilih makanan dan minuman. Menu di Wiki Koffie ini lebih banyak menawarkan camilan. Memang ada juga paket nasi, tetapi tidak banyak pilihannya. Memang enaknya kalau ke sini buat ngobrol santai sambil ngemil.

Kalaupun ajak keluarga memang pas bawa yang sebaya atau yang masih pada muda gitu, deh. Kalau saya ajak orang tua atau paman dan bibi ke sini, kayaknya memang kurang cocok.
 
bangunan klasik wiki koffie

Eksterior Wiki Koffie masih mempertahankan bangunan klasik. Begitupun di bagian dalam, meskipun terlihat juga sentuhan modern dari beberapa ornamen yang dipajang. Coffee shop di sudut jalan Braga ini memang menarik perhatian. Dengan kaca yang besar-besar, kita bisa menikmati makanan/minuman sambil mengamati keramaian Braga.

chicken wing Wiki Koffie
Chicken Wing, IDR22K
sosis goreng, potato wedges
Spicy Wedges + Sosis, IDR25K


Seperti yang sepupu saya bilang, harga makanan dan minuman di sini memang relatif ramah alias gak mahal juga. Tetapi, porsinya ya gak banyak juga. Apalagi kalau buat Keke, Nai, dan para sepupu saya yang kayaknya lagi pada masa pertumbuhan semua alias makannya lagi pada banyak-banyaknya, jadinya order 1 porsi gak cukup. Makanya hampir semua makanan yang kami pesan, kemudian diorder lagi. Abis kurang kenyang buat mereka 😂

kue telur coklat Wiki Koffie
Kue Telur Coklat, IDR18K 
quiche spicy hawaiian Wiki Koffie
Quiche Spicy Hawaiian, IDR25K
cake galunggung lava wiki koffie
Cake Galunggung Lava, IDR18K


Untuk rasa yaaa ... biasa aja, lah. Tetapi, saya mau cerita tentang Spicy Hawaiian Quiche yang saya pesan. Awalnya pesan Hawaiian Pizza. Alasannya cuma gara-gara sebelumnya bawa tweet Gordon Ramsay kalau dia gak suka pizza dengan toping nanas. Kayaknya Ramsay ini sebel banget sama pizza nanas. Jadinya malah bikin saya penasaran. 😂 Sayangnya Hawaiian Pizza yang saya order lagi kosong. Akhirnya pilih quiche yang Hawaiian.

milkshake tiramisu coffee wiki koffie
Milkshake Tiramisu Coffee, IDR20K 
Ada 1 minuman yang lupa difoto yaitu Milkshake Avocado Coffee, IDR20K.
Sosis goreng dan air mineral juga gak difoto
vietnam drip wiki koffie
Vietnam Drip, IDR15K


Beberapa menu yang kami order ternyata lagi kosong. Saya gak bertanya alasannya. Tapi, feeling saya kayaknya bukan karena suasana lagi ramai. Masih sore juga, kan. Mungkin karena masih dalam suasana hari raya. Jadi dengan beberapa pertimbangan stoknya gak banyak atau bagaimana gitu, deh.

[Silakan baca: Mudik Lebaran Lagi di Hotel Ibis Styles Bandung Braga]

Tidak ada ruangan ber-AC di sini. Tetapi, buat saya gak masalah. Langit-langit coffee shop yang lumayan tinggi dan suhu udara Bandung yang cukup sejuk, membuat kami gak kegerahan. Hanya saja di sini tidak ada pemisahan antara smoking dan non smoking area.


tidak ada toilet di wiki koffie
carribean coffee wiki koffie
Carribean Coffee, IDR20K


Selain itu lahan parkir di sini juga minim, terutama bagi yang membawa mobil. Beberapa hari setelahnya, saya membaca beberapa ulasan kalau di Wiki Koffie juga gak ada toilet. Hmmm ... Saya baru tau, nih. Untung aja waktu itu gak kebelet pipis. Padahal kadang-kadang saya suka beser. Apalagi kalau habis minum kopi. Kalau kebelet, kayaknya harus nebeng di minimarket atau resto sekitar kali, ya 😆

milkshake cream caramel wiki koffie
Milkshake Cream Caramel, IDR20K
cammomile tea wiki koffie
Cammomile Tea, IDR15K
jus sayur wiki koffie
Tang Teng Tong, IDR20K
Saya lupa lagi ini jus apa. Pastinya ada sayurannya


Katanya sih di sini juga ada live show. Tapi, saya gak tau setiap hari apa. Pada saat kami ke sana memang sedang tidak ada pertunjukkan.

Terlepas dari beberapa kekurangannya, Wiki Koffie masih asik buat tempat nongkrong. Tinggal dipilih aja waktunya. Kalau gak ingin terlalu ramai, Sahabat KeNai bisa datang pagi hingga menjelang siang. Kalau sudah sore hingga malam, maka harus sabar aja kalau sampai harus antre.

[Silakan baca: Kuliner Klasik dan Sepenggal Sejarah di Braga Permai, Bandung]


kongkow di wiki koffie

 

Wiki Koffie


Jl. Braga no 90
Bandung

Open Hours: 09.00 s/d 24.00 wib
RSVP Mon-Thu only

IG: @wikikoffie


Post a Comment

30 Comments

  1. Ice oreo borneo itu menarik banget Mbak Myr. Emangbsih ya kalau jakan2 bareng keluarga kemana aja seru. Apa lagi ke Wiki Cafe seperti ini

    ReplyDelete
  2. Jadi pengen ke Braga lagi hahaha. Semoga terwujud dan bisa mampir ke Wiki Koffie ini :D

    ReplyDelete
  3. Aneh juga, Kafe engga dilengkapi toilet. Melipirnya jauh dong yah...
    Mustinya ditulis kali ya..."no toilet here"...hehe...
    Harga makminnya mayan, engga mahal yah...Mudah²an enak semua...

    ReplyDelete
  4. Wah, kenapa enggak dilengkapi dg toilet ya?

    ReplyDelete
  5. Harganya mayan nih, tempatnya asyik juga. Pas banget akhir bulan ini mau stay 3 hari di bandung. Semoga sempat jalan ke sini. Tapi kudu agak siangan nih, bawa bocils repot kalau antre lama.

    ReplyDelete
  6. Wah, dari foto, tempatnya keren. Tapi gak ada toilet? Waduh...

    ReplyDelete
  7. Asyik ya mba tempatnya, cuman yang paling mengganggu buat saya adalah, gak dipisah smooking dan non smooking room nya.
    Sama toilet itu juga penting.
    Kayaknya mungkin awalnya ini tempat nongkrong biasa, terus jadi rame, dan belum sempat dilengkapin ini itu.
    Tapi harganya lumayan terjangkau sih, meski juga gak murah-murah amat hehehe :D

    ReplyDelete
  8. Harganya relatif ya sama kaya di tempat2 lain, btw itu chicken wingsnya menggoda banget yes, dengan harga segitu termasuk murah lho.

    ReplyDelete
  9. Berapa orang kah rombonganmu, Mbak? Pesannya banyak banget, nambah pula. Hahaha.
    Braga emang nyaman buat bersantai

    ReplyDelete
  10. YaAllah ngiler. Semua makanannya di Wiki Koffie enak banget
    Aku pengen kue telurnya itu Mba, sama chicken wingsnya. Itu pedes nggak sih, kalo pedes makin mantep pasti. Pengennnke Braga deh, Bandung kapan aku bisa ke sana. Semoga ada rezeki aamiin

    ReplyDelete
  11. Aku kemarin pas di Braga ga sempet mampir2 cuman foto2 aja terus pergi soalnya acaranya suamiku mepet

    ReplyDelete
  12. Huhuhu... Pas ke Bandung 3x bolak balik ke Braga tapi nggak sempat jalan kaki disini, padahal tempatnya adik banget ya mbk. Aku pingin banget ke Bandung lagi, 2hari nggak cukup

    ReplyDelete
  13. Haduh Bandung emang gak ada matinya ya mba. Braga emang salah satu tempat nongki nongki anak muda nih, yang suka ngafe, ngopi dan ngemil pas banget nih ke sini

    ReplyDelete
  14. Ya ampuun, makanannya bervariasi banget dan itu keluarga kecil bahagia yg seringkali berkuliner ria dan sll menciptakan suasana ke
    bersamaan. Salut.buat Chi dan keluarga.

    ReplyDelete
  15. Aku suka pengen masuk ke tempat itu sebenarnya hehe...nanti pas ke braga aku sempetin ah mampir, penasaran sama oreonya

    ReplyDelete
  16. Chicken wings sama tiramisunya bikin ngeces mbaa. Ya ampun pengen... Catet ah kapan kapan kalo ke Braga aku mampir ke sini

    ReplyDelete
  17. Waaaahhh.... Saya penasaran sama lasagnanya ni Mbak. Chicken Lasagna. Biasanya kan pakainya beef ya, ini pakai ayam.... Hmmm.... Choco Galunggungnya juga tampak enak....

    ReplyDelete
  18. Waaahhh kerennn, rame bener pengunjung wiki koffie, trs makanan dan minumannya juga enak2 gitu. Tempatnya juga asyik ya mbk buat nongki nongki syantiek.

    ReplyDelete
  19. Mba Myra...
    Ada keluarga yang tinggal di Bandung kah?

    Kalau di sepanjang jalan Braga biasanya cafe ngadain show atau live music pas malam hari...Jadi berisiiik gitu deeh...
    Hahah~

    **anaknya ga suka berisik

    ReplyDelete
  20. Kalau begini yang penting tempatnya asyik dan ada minuman segar ya mba. Aku tuh ke Bandung selalu buru-buru or kerja.. jadi ngg sempet terlalu explore the city

    ReplyDelete
  21. Wah, cozy ya tempatnya. Aku sering lewat di depannya. Lewat aja belom pernah masuk. Kayaknya nanti kudu deh sesekali nyobain. Itu kue blenuk-blenuk telur cokelatnya nggemesin. Kriuuuk kayaknya. :D

    ReplyDelete
  22. Kayaknya emang pasnya buat anak muda ya Mbak Myra. Apalagi anak-anak yang dikit-dikit butuh toilet. Hehehe, tapi kalau cuma mau nongkrong dan makan sebentar kayaknya oke aja tuh ya makan di Wiki Coffe gini.

    ReplyDelete
  23. Chicken wings sebanyak itu hanya Rp 22 ribuan termasuk murah ya mba. Dan udah kliatan enak banget. MIlkshakenya juga kliatan segar dan enak. Aih semua pilihan makanan enak-enak. Aku belum kesampaian nih mba menikmati makanan di sepanjang jalan Braga. Padahal pengen banget

    ReplyDelete
  24. Kafenya kyknya luas dan terang pencahayaannya ya mbak? Aku suka kafe2 kyk gtu krn kyknya nyaman buat anak kecil. Harganya juga gak seberapa mihil ya masih ramah kantong. Tengkyu reviewnya, kali kapan2 ke Braga bisa ke sana jg :D

    ReplyDelete
  25. Interiornya homy banget mba chi. Jenis makanannya juga ini mah kedoyanannya anak2. Harganya terjangkau pula ya 👍

    Kapan2 nyobain lah kalo pas lagi jalan ke braga

    ReplyDelete
  26. Yaelah, itu apaaa minuman namanya Tang Teng Tong, kok unyuuukkk ;)
    Rata-rata makanan dan minumannya memang kesukaan anak2 kekinian sih ya, bener banget kalau bawa kakek dan nenek kayaknya kurang pas. Dari segala macam makanan yang ditampilkan tadi, aku paling penasaran sama Quiche Spicy Hawaiian, rasanya kayak gimana tuh Chi?

    ReplyDelete
  27. braga mah memang ga ada matinya mba. Banyak coffee shop dan restoran keren di sana.

    ReplyDelete
  28. Wahhh...dicatat. Semoga tahun depan jadi nih ke Bandung. Bakal mampir kemari. TFS Mbak Chi.

    ReplyDelete
  29. Wah..... banyak ya... pilihannya padahal masih satu area.

    ReplyDelete
  30. Bagusbjuga ya ini buat kongkow-kingkow anak gauul wkwk

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)