Jalan-Jalan KeNai

Blog family traveling tentang adventure, kuliner, hotel, dan tips perjalanan

Banyak Hiburan di Taman Balai Kota, Bandung

taman balai kota, bandung, taman labirin, bandros

Banyak Hiburan di Taman Balai Kota, Bandung


Taman Balai Kota menjadi taman ke-4 sekaligus taman terakhir yang kami kunjungi dalam setengah hari. Lho, katanya 5 taman? Iya, rencananya memang begitu. Tetapi, karena saat di Skywalk Teras Cihampelas dapat WA kalau di rumah kedatangan sodara jauh, saya memutuskan untuk pulang aja. Kedua bibi dan mamang mah gimana saya aja.

Dari Teras Cihampelas, kami naik angkot. Saya lupa angkotnya yang mana. Tetapi, jaraknya juga lumayan deket, kok.

[Silakan baca: Menikmati Skywalk Teras Cihampelas Bandung, Enaknya Sore Hari]

Pernah berencana Menggelar Resepsi Pernikahan di Taman Balai Kota


Flashback dulu, ah. Mundur jauhan dikit ke masa lebih dari 15 tahun lalu. Saat saya dan suami sedang merencanakan pernikahan. Keputusan dari kedua belah pihak adalah menggelar akad dan resepsi di Bandung. Kebetulan keluarga besar saya dan suami kebanyakan tinggal di Bandung. Jadi daripada keluarga besar yang berbondong-bondong ke Jakarta, mendingan keluarga pengantin aja yang ke Bandung.

Saya dan suami pengennya menggelar pesta taman. Bukan resepsi di gedung. Masalahnya tempat yang ada area terbuka kebanyakan di daerah atas kayak Dago, Lembang, dan sekitarnya. Keluarga besar kelihatannya keberatan. Maunya di tengah kota. Lagipula dulu menikah di taman belum banyak kayak sekarang. Makanya masih banyak keluarga yang bertanya tentang konsep ini.

Makanya saya dan suami sempat punya ide 'gila' untuk menggelar pesta taman di halaman Balai Kota. Saking bingung mau cari taman di mana. Ya kali aja lahannya boleh disewa 😂. Dulu taman Balai Kota gak seramai sekarang. Sepi banget malah. Ramainya hanya kalau ada event tertentu. Makanya kami sempat kepikiran buat menggelar resepsi pernikahan di sana. Saking kepengennya bikin resepsi pernikahan di taman.

Untungnya di dekat sana ada resto namanya Baraya yang konsepnya setengah terbuka areanya. Ada taman yang lumayan luas di tengahnya. Sayangnya resto ini sekarang udah gak ada, ya. Jadi kami gak bisa bernostalgia. 😄

Sejarah Taman Balai Kota, Bandung


taman balai kota, bandung, taman labirin, bandros


Kalau membaca sejarahnya yang saya dapat dari berbagai artikel, area taman balai kota ini tadinya dimiliki oleh dr. Andreas de Wilde (1781 - 1865) yang juga merupakan tuan tanah pertama di bumi Priangan. Dulu, taman Balai Kota merupakan gudang kopi.

Pada tahun 1927, gudang kopi tersebut diserahkan kepada pemerintah kolonial Belanda untuk kemudian dihancurkan. Kemudia area ini dibangun gedung balai kota pada tahun 1927.

Masih panjang cerita sejarah taman balai kota. Termasuk kisah dr. Andreas de Wilde sendiri yang tadinya sangat kaya raya dan memiliki tanah yang sangat luas. Tetapi, konon bangkrut karena kepemilikan tanahnya dibatalkan sehingga memaksanya untuk kembali ke Belanda.

[Silakan baca: Teras Cikapundung, Bandung - Setengah Hari Mengelilingi 5 Taman di Bandung dengan Berjalan Kaki]

Ada Apa Aja di Taman Balai Kota Sekarang?


taman balai kota, bandung, taman labirin, bandros

Taman Balai Kota bisa dibilang taman rakyat. Tidak ada tiket masuk bila ingin bermain di taman ini. Di dalamnya ada beberapa taman tematik. Saya gak hapal nama taman-tamannya. Saat ke sini, tujuan saya hanya ingin melihat taman labirin. Gara-gara para mamang dan bibi saya pernah ke taman labirin, trus share ke WAG. 😄

taman balai kota, bandung, taman labirin, bandros
taman balai kota, bandung, taman labirin, bandros

Di sini ada 2 kolam kecil buat anak-anak main air. Siap-siap aja bawa baju ganti kalau ajak anak-anak ke sini. Tapi, airnya agak butek. Ya gak tau apa memang airnya seperti itu, lantainya yang berwarna coklat, atau karena lagi banyak yang main.

taman balai kota, bandung, taman labirin, bandros

Ada juga gembok cinta. Beberapa pasangan ada yang memasang gembok di sini sebagai simbol kesetiaan. Mungkin buat lucu-lucuan, tetapi mungkin juga ada yang percaya kalau itu bisa hubungan jadi langgeng. Saya mah enggak. Sekadar buat lucu-lucuan pun gak mau. Jadi paling foto-foto di depan area gembok aja 😎

Kalau Sahabat KeNai pengen naik bandros juga bisa dari sini. Sebetulnya, saya juga pengen cobaik naik bandros. Tetapi, waktu itu antreannya panjang banget. Lain kali aja, deh.

taman balai kota, bandung, taman labirin, bandros

Kalau ingat bandros, biasanya langsung ke makanan. Ya gak salah juga, sih. Bandros kan juga salah satu kuliner khas Jawa Barat. Tetapi, Bandros di sini adalah Bandung Tour on The Bus. Wisatawan diajak keliling Bandung naik Bandros.

Selesai keliling Taman Balai Kota, kami pun memilih pulang. Padahal gak jauh dari taman ini juga ada Taman Alun-Alun. Tapi, sikon memang gak memungkinkan. Gak enak ditungguin tamu di rumah. Lain kali ke Bandung dan keliling taman-tamannya lagi.

[Silakan baca: Forest Walk Babakan Siliwangi, Bandung - Setengah Hari Mengelilingi 5 Taman di Bandung dengan Berjalan Kaki]

taman balai kota, bandung, taman labirin, bandros

Kalau di 3 taman lain yang kami kunjungi, ada area untuk makan. Kalau di sini sepertinya lebih bebas. Pedagang kaki lima memang berkumpulnya di pintu masuk. Tetapi, makan di dalam taman balai kota pun sepertinya tidak ada larangan. Ya asalkan pada sadar untuk menjaga kebersihan aja.

taman balai kota, bandung, taman labirin, bandros

Kami berjalan kaki, sebelum akhirnya naik angkot. Sebetulnya udah dekat rumah. Tapi, ya udah pada capek kayaknya hahaha.   

Taman Balai Kota




 

Open hours: 24 jam


81 komentar:

  1. Sama..waktu ke Bandung September lalu, Bandros nya antriiiii. Mau naik enggak jadi.
    Tapi memang makin Bandung euy. Enggak bisa lagi kalau diinapi waktu akhir pekan saja dari Jakarta. Musti beberapa hari kalau mau puas ke sana...:)

    BalasHapus
  2. Bandung nih banyak tamannya ya dan bagus-bagus. Nanti kalo ke Bandung harus didatengin ah yg di balaikota ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, banyak taman yang menarik di Bandung dan rata-rata gratis. Malah kayaknya semua gratis

      Hapus
  3. Jadi pengen ke Bandung ... lagi ...

    BalasHapus
  4. Jarang pulang ke Bandung (padahal mah deket ya) Bandung sekarang tambah rame ya, andai masih di Bdg pasti tiap hari nongki sama bocil dari taman ke taman,hihi. Tapi skrng jg kalo pun lagi pulang ke Bandung nyampe rumah udah mager malas sama macetnya, huhu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga sekarang jarang ke Bandung. Lagi gak ada waktu. Sok sibuk hehehe

      Hapus
  5. Seru banget. Jadi kangen Bandung. Tapi Bandung sekarang panas ya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat orang Jakarta kayak saya, tetap aja Bandung terasa lebih dingin. Tetapi, memang gak sedingin dulu

      Hapus
  6. Dua tahun ga ke Bandung udha banyak yg berubah. Ada kolam rennagnya juga yaa mok 😍

    BalasHapus
  7. sejujurnya kalo ke bandung, aku dan keluarga lbh sering ke atas :) dan jrg main di kota. alasannya krn di atas lbh sejuk aja sih :D.. tp memang kalo mau liat banyak taman dan tempat wisata murah meriahnya, kebanyakan di kota sih yaa...dan itu bandros aku jg blm prnh naikin :D. anak2 pasti seneng naik ini..

    BalasHapus
  8. Beberapa kali ke bandung bln sempet ke taman balaikota bandung. Next harus masuk.list nih, kece buat pepotoan

    BalasHapus
  9. Ouh ini toh penampakan Bandros.
    Aku penasaran sekali waktu ada yang sebut Bandros sebagai Bus.
    Makin kuat alasan mau ke Bandung...

    BalasHapus
  10. Saya belum puas main si sana, soalnya wkt itu penuh banget

    BalasHapus
  11. Nah ada Bandros, April lalu aku ke Bandung, liburan keluarga, ponakan-ponakan pada seneng banget naik Bandros. Murah, trus ada tour guidenya yang nyeritain sejarah dari tempat-tempat yang dilewati. Seruuuu!

    BalasHapus
  12. Sekilas mirip taman Suria KLCC, apalagi pas bagian tempat basah-basahannya haha, anak-anak mesti suka ini :)

    omnduut

    BalasHapus
  13. Aku udha lama ga halan2 ke Taman Kota dll padahal aku urang Sunda ti Bandung. Entah kayaknya kok sumpek kalo pas weekend ke sana. Maunya pas hari biasa tapi anak2 dan suami ga bisa. Penasaran naik bus wisatanya, mau duduk di atas hehehe. Banyak jajanan ini mantap de hati dan perut bahagia ya.

    BalasHapus
  14. Ya Allah meuni waas udah lama ga liat taman balkot. Dulu mah minimal mgelewatin meski ga mampir. Jadi pengem tinggal di Bandung lagi kaannn.

    BalasHapus
  15. Waa...anak2 bakalan happy deh disini. Apalagi anakku mbak, nggak mau deh diajak pulang kalau sudah lihat air seperti itu.

    BalasHapus
  16. wah mba ga kebayang kalau nikahnya di Balkot wkwk...aku terakhir ke Balkot itu pas jadi panitia lomba warnai pas kuliah skrg pangling yah Balkot

    BalasHapus
    Balasan
    1. keamrin pas pumping ngobrolin balkot jadi inget lagi postingan mba dan aku penasaran pengen kesini lagi hahaha

      Hapus
  17. Seru banget ya ini taman balai kota, ke Bandung malah belum pernah mampir sini. Karena kalau sudah staycation di Bandung biasanya pergi yang dekat sama penginapan, boleh juga ini di agendakan pas nanti ke Bandung

    BalasHapus
  18. Menariiik! Nanti kalau ke Bandung mampir ahh. Anyway, ini pernah ada di Jurnal Risa ga sih? hehehe.

    BalasHapus
  19. Memang asik nih jelajah taman-taman di seputar Balaikota
    Tahun lalu aku berdua Prema ngiderin sampai kaki pegal hahaha

    BalasHapus
  20. Taman favorit karena luasss dan rindang. Dan udah ngga ada yang jualan di sana, Chi. Palingan nyebrang ke Jl. Jawa kalau mau cari jajanan.

    BalasHapus
  21. paling suka nyusuri taman2 di bandung

    BalasHapus
  22. Belum pernah ke sini. Wah aku lihatnya itu hijau banget di foto mba chiii.. cakep ya
    Jajanan juga banyak lagi. Yaampun mau ksana jadinya

    BalasHapus
  23. Postingan beruntun tentang Bandung ini pas banget buat bekal jalan-jalan akhir tahun nanti. Karena ke Bandung untuk kondangan, penginnya jalan-jalan non shopping di wilayah kota aja. Nah, pas banget pakai rekomendasi dari Mbak Myra ini.Nice sharing Mbak.

    BalasHapus
  24. Aku tuh sering bolak balik lewat Taman BalKot ini krn rmh mertuaku sekitar situ. Tp entah knp,ku kog gak tau klo ternyata taman itu menarik juga

    BalasHapus
  25. Tamannya asyik banget ya mb.. memang bikin anak2 betah klo seperti itu. Bisa jadi alternatif wisata meriah untuk anak

    BalasHapus
  26. seru kayaknya kalo jadi bikin resepsi nikah di taman balai kota.
    kalo aku malah ngayal bikin pesta nikah di atas sawah pake lantai kaca ygn keliatan padi hijau di bawahnya :D

    BalasHapus
  27. Saya belum kesampaian naik bandros nih, penih terus, pdhal harga tiketnya lumayan ya

    BalasHapus
  28. Aku tuh sebetulnya pengen jalan kaki keliling taman juga di Bandung. Tapi belum terwujud. Hehhe. Kalo ada partnernya yang asyik dan mendukung, jalan kaki jadi menyenangkan ya mba

    BalasHapus
  29. seru jalan jalan ke bandung ya kak.. apalagi naik busnya yang unik tuh...


    sae

    BalasHapus
  30. Gak bosan kalau jalan-jalan ke Bandung, tempat wisatanya banyak, termasuk Taman Balai Kotanya. Tapi saya belum kesampaian naik bandros nih mom..hiks

    BalasHapus
  31. Terakhir naik Bandros September lalu. Saking asyiknya Fahmi naik yang bayar juga yang gratisan berkali2!. Kebetulan saat itu kami memang menginap di Bandung. Liburan besok yuk ah eksplore Bandung lagi, hehehe

    BalasHapus
  32. Dari kemarin kepengen ke bandung tapi belom sempet sempet ..seru nieh kayaknya ..bisa jalan2 ke bandung dan ada taman kece kayak gini

    BalasHapus
  33. Seru juga ya ternyata kalau bisa berkunjung ke taman balaikota Bandung. Duh, jadi pengen liburan ke Bandung.

    BalasHapus
  34. Mba Miraaaaa suka bolak balik jakarta Bandung ya? Aku udah nyobain sekali naik bandros tapi yang warna pink. Erysha seneng di ajak jalan-jalan naik bandros dan belajar sejarah kota bandung juga diperjalanannya

    BalasHapus
  35. Dua tahun lalu saya kesana belum terlalu ramai dan kolamnya kering hehehe, sekarang tambah bagus aja yaa, nanti liburan kesana ahh

    BalasHapus
  36. Kapan-kapan kalo ke Bandung bisa nih kesini. Tempatnya asik ya mbak. Luas pula.

    Eh, btw gembok cintanya masih kosong ya.

    BalasHapus
  37. Jadi kangen Bandunggggg, mengapa coba Bandung itu jauh banget dari Surabaya hahaha
    Rasanya semacam berlomba-lomba dengan Surabaya ya, kotanya makin cantik, dengan berbagai fasilitas gratis untuk masyarakat.
    Salut deh :)

    BalasHapus
  38. Suka deh sama blognya mba Myra yg ini, isinya jalan jalan. Jadi menginspirasi aku buat bkin blog khusus jalan jalan keluarga to keknya skrg blm bs sering krn si baby msh bayi, hehe. Btw tanyaku blm terjawab, mba Myra domisiki Bdg or Jkt kah?

    BalasHapus
  39. Nyesel bener bulan September ke Bandung cuma muter di sini, enggak turun. Gile aje jam 1 siang sampe situ. Ada mertua yang pakai kursi roda pula. Dan Beliau tampak keberatan kalau pakai acara turun dulu kwkwkw
    Wah, nanti ke Bandung lagi musti puas-puasin ke sini

    BalasHapus
  40. Kalau pestanya jadi di taman balai kota, bersejarah juga jadinya ya? Tapi dimanapun tetap bersejarah sih.. hehe

    BalasHapus
  41. Kemudian pak RK membuka lagi bagi warganya yang mau menikah di Balai Kota dipersilahkan, tapi ada kuotanya. Haha. Tahun lalu jg sempet kepikiran mau nikah di sini.. tapi gak jadi.. haha..

    BalasHapus
  42. Saya juga seneng ke Taman Balai Kota, yang cantik banget setelah direnovasi oleh Pak RK. dari sana sekalian jalan-jalan ke Braga, trus balik lagi dan nyobain naik Bandros keliling kota. Sekarang Bandrosnya masih bisa dipakai oleh umum atau nggak mbak?

    BalasHapus
  43. Selalu suka sama foto-foto di postingan blog ini. Ajarin aku jepret foto biar fotonya bagus dong, Mbak. Hehehe.

    BalasHapus
  44. wah bandung makin seru ya, makin banyak tempat tempat wisata gratisan

    BalasHapus
  45. wow keren ih. Rapih ya mba susunan tata bangunan nya. Bersih pula lagi, sudah kaya diluar negeri deh. Suka lihatnya. Indonesia sudah makin keren karena mulai pada memperhatikan kebersihan tempat wisata nya

    BalasHapus
  46. Bandung dengan segala isinya bikin aku meradang karena rindu. Rindu teramat sangat. Pengen main main ke taman balai kotanya yang dulu masih hanya ada taman biasa nggak scenatik sekarang

    BalasHapus
  47. Padahal sering banget lewat depan Taman Balaikota, tapi entahlah, ga pernah sempay mampir..

    BalasHapus
  48. Ada arena main air & bus lucunya, mirip taman pintar kalau di jogja. Bandung makin keren yaa sekarang, terus bebenah & mempercantik diri :)

    BalasHapus
  49. Selalu ada yang istimewa dengan Bandung, makanannya, tempat wisatanya, nostalgianya, semuanya lah. Kalau pengen naik Bandros harus bayar berapa Mbak Myra?

    BalasHapus
  50. Loh ini taman taman balai kotanya ada kolam, taman labirin, kereta keliling, kuliner, tapi ga bayar? Serius keren banget kota bandung

    BalasHapus
  51. Ya ampuuuun, sering banget nemu bacaan tempat wisata di Bandung, tambah pengen ke Bandung rasanya

    In taman ya free untuk umum yah mba, selain itu bernilai historis lagi 😍

    BalasHapus
  52. Catat ah..siapa tahu dalam waktu dekat bisa jalan2 ke Bandung juga..

    BalasHapus
  53. Nggak kayak taman balai kota pada umumnya yah mbak, karena selain ada kolam renang, spot nya kece badai buat update di medsos 😍

    BalasHapus
  54. Kalau ke Balaikota doang udah seneng ya Mbak. Aku penasaran pengen naik Bandrosnya. Lumayan buat keliling Bandung

    BalasHapus
  55. Makin mupeng ke Bandung kalo lihat foto-foto yang dishare ini, mbak. Apalagi ada sejarah penting di taman tersebut

    BalasHapus
  56. Sekarang para kantor pemerintahan/ balai kota ni pada berjuang biar jadi cakep dan nyaman untuk di datangi ya Mbak.... Bandung, Surabaya.... duh.... semuanya menyenangkan.... Bandung si paling kece memang....

    BalasHapus
  57. Udah 2-3 kali ke Bandung tapi aku belum pernah ke Taman Balai Kota ini. Suka banget lihat lukisan tokoh yang berjejer itu.

    BalasHapus
  58. Cucok niih.....infonya.
    Kebetulan adik mau berwisata ke Bandung pas liburan ini.
    Bisa jadi pilihan kan yaa...jalan-jalan ke Taman Balai Kota Bandung.

    BalasHapus
  59. Sayang banget ya resto Barayanya udah tutup padahal bisa sekalian anniversary di sana tuh :) jangan2 skr restonya ganti bisnis travel Baraya ya hehehe.
    Enak ya di Bandung taman-tamannya luas juga enak buat jalan-jalan

    BalasHapus
  60. Bandung selalu sukses bikin ngiler.
    Pengne bisa ke Bandung ih, traveling puas-puasin ke sana.

    BalasHapus
  61. Wah ternyata di Taman Balai Kota banyak hiburannya ya baik buat dewasa maupun anak2. Aku blm sempet ke area ini mbak. Moga2 ntr kalau balik Bandung lg bisa mengunjungi taman ini. Wisata murah meriah tapi fun ya :D

    BalasHapus
  62. Aaaahhh keren amaaattt tamannyaaa! Ini jadi bucket list aku kalau ke Bandung lagi. Biar nggak melulu jajan di mol ajah haha

    BalasHapus
  63. Fixed! Aku haru mampir ke bandung lagi dan main ke taman yang kondang ini! Kereeen penataannya dan hijau..tapi itu selalu ramai yaa mba Chie hehee

    BalasHapus
  64. Wouh ada kolam buat mandi2 juga, anakku bakal betah pasti klo diajak kesitu

    BalasHapus
  65. Jadi pengin ke Bandung deh setelah baca tulisan ini hehe

    BalasHapus
  66. Dulu saya ke Bandung pas bulan madu, nggak kesampean naik bandros karena Bandung diguyur hujab sejak pagi. Bikin mager di hotel. Next time harus nyobain ah

    BalasHapus
  67. duh bandung tamannya dah kaya di eropa, bagus banget. semoga yang daten pada sadar diri buang sampah ga sembarangan

    BalasHapus
  68. Waaaah tamannya seruuu banget, jadi kangen bandung dan pengen ke bandung huhuhu

    BalasHapus
  69. Beruntung 4 tahun aku tinggal di bandung pas kang emil jadi walikota. Jadi selama di bandung nyaris setiap wiken dulu udah berasa jadi turis mulu jalan2 terus, sasaran utamanya taman2 tematik gratisan yg tersebar seantero kota bandung hihi

    BalasHapus
  70. Banyak juga yaaa kegiatannya. Nanti kalau ke Bandung mampir ah

    BalasHapus
  71. Taman balai kota sekarang berubah banget ya... sudah lama banget aku gak ke bandung :(

    BalasHapus
  72. kangen bandung euy, terakhir ke sana 6tahun lalu dan sekarang tambah keren aja..

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)

Saat ini blog Jalan-Jalan KeNai sedang diperbaiki tampilannya. Mohon maaf bila terlihat kurang nyaman selama masa perbaikan.