Jalan-Jalan KeNai

Blog family traveling tentang adventure, kuliner, hotel, dan tips perjalanan

7 Event Tahunan Keren di Jakarta dan Sekitarnya yang Gak Boleh Dilewatkan

7 Event Tahunan Keren di Jakarta dan Sekitarnya yang Gak Boleh Dilewatkan

Keterangan: Foto di atas adalah saat di acara Jakarta Custom Culture di JIExpo, Kemayoran

Indonesia termasuk negara yang terkenal dengan keindahan alamnya. Tetapi, bila Sahabat KeNai ke Jakarta mungkin pemandangan alam yang alami akan cukup sulit ditemui. Sebagai ibukota negara Republik Indonesia, Jakarta sudah dipenuhi dengan hutan beton alias gedung-gedung perkantoran, apartmen, dan mall terutama di pusat Jakarta dan juga di kawasan bisnis.

Bukan berarti Jakarta dan sekitarnya menjadi tidak menarik dikunjungi. Jakarta ibarat kota yang terus hidup selama 24 jam setiap hari. Selalu ada saja event menarik di Jakarta, bahkan di beberapa kota sekitarnya.

Event Tahunan Keren di Jakarta dan Sekitarnya


GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show)

GIIAS rutin diadakan setiap tahun di ICE - BSD City. Event ini merupakan event otomotif terbesar se-Asia Tenggara. Sebelum ada GIIAS, kami rutin mengunjungi IIMS (Indonesia International Motor Show) di Kemayoran. Bagi Keke, mengunjungi pameran otomotif udah kayak ke taman bermain. Bisa seharian kami di event ini.

[Silakan baca: GIIAS 2015 - Grand New Veloz si Stylish yang Siap Berpetualang]

Ennichisai


Buat Sahabat KeNai penggemar kuliner dan kebudayaan Jepang, wajib datang ke event Ennichisai. Di sini tidak hanya ada kuliner dan festival kebudayaan Jepang saja. Banyak pengunjung yang menggunakan kostum menatik ala cosplay. Sahabat KeNai juga bisa membeli berbagai souvenir dnegan ciri has Jepang. Event tahunan ini biasanya diadakan di 'Little Tokyo' Blok Square, Jakarta

[Silakan baca: Ennichisai - Little Tokyo di Jakarta]

Jak Japan Matsuri

Kurang lebih acaranya mirip seperti Ennichisai, tetapi dengan skala lebih besar. Biasanya diselenggarakan di Plaza Tenggara Senayan, Jakarta. Dengan skala yang lebih besar, tentunya lebih banyak lagi hiburan yang ditampilkan. Ada panggung besar di sana dengan beberapa artis ternama Indonesia yang manggung. Ada juga berbagai permainan ala Jepang yang bisa Sahabat KeNai ikuti.

Pekan Raya Jakarta

Bisa dikatakan kalau event ini mungkin termasuk yang tertua karena sudah diselenggarakan sejak tahun 1968. Biasanya berlangsung selama 1 bulan dalam rangka memperingati ulang tahun Jakarta. Tentunya saya banyak sekali cerita tentang PRJ ini karena sejak kecil cukup sering datang ke sini. Event yang diadakan Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran ini biasanya sangat ramai pengunjung terutama di akhir pekan. Memang banyak sekali promo yang ditawarkan dari berbagai brand yang ada di PRJ.

Jakarta Fashion Week

Sahabat KeNai yang menyenangi dunia fashion, wajib datang ke acara tahunan yang sudah digelar sejak tahun 2008. Akan ada banyak desainer ternama yang akan menampilkan rancangan terbaru di acara ini.

Java Jazz Festival

Nah, kalau ini untuk penggemar musik Jazz. Event tahunan dengan kualitas international ini memiliki banyak panggung pertunjukkan. Pengisi acaranya tidak hanya dari Indonesia. Musisi jazz kelas dunia juga hadir menyemarakkan acara ini. Makanya gak heran setiap kali event ini digelar, penontonnya bisa membludak

Big Bad Wolf

Setidaknya di Jakarta dan sekitarnya ada 3 pameran buku terbesar yaitu Indonesia International Book Fair, Islamic Book Fair, dan Big Bad Wolf. 2 pameran buku yaitu Indonesia International Book Fair dan Islamic Book Fair biasanya diadakan di JCC, Jakarta. Sedangkan Big Bad Wolf diadakan di Ice - BSD City.

Dulu, saya termasuk yang selalu datang ke Indonesia International Book Fair. Gak hanya datang, tetapi juga borong buku. Tetapi, pernah kejadian sepulang dari pameran, alergi saya kambuh. Kemungkinan karena memegang beberapa yang ada di sana. Kumpulan buku bekas yang diletakkan secara berantakan di wagon.

Memang memiliki keasikan tersendiri bisa cari-cari buku dan kemudian dapat yang diinginkan. Tetapi, buku kan juga berdebu, akhirnya alergi saya kambuh dan sembuhnya lumayan lama hingga beberapa bulan. Kapok jadinya hehehe. Makanya sampai sekarang saya belum sekalipun datang ke Big Bad Wolf. Padahal kepengen banget, tetapi masih trauma kalau ingat alergi.

Datang ke Event Sekalian Staycation di Grand Zuri BSD City


Sebetulnya event tahunan di Jakarta dan sekitarnya banyak banget. Tapi, gak mungkin juga kan saya tulis semuanya di sini. Bisa gak selesai-selesai postingannya hehehe.

2 dari 7 event yang saya tulis di sini, berlokasi di ICE - BSD City. Di sini memang sering diadakan event dalam skala besar. Tidak hanya pameran, konser pun beberapa kali diadakan di sini.

Rumah tante saya ada yang dekat BSD City. Jadi asik aja kalau di sini lagi ada event. Tetapi, kalau yang jauh kayak saya kayaknya harus staycation. Bisa aja sih menginap di rumah tante, tetapi sesekali staycation kan enak juga.

Video saat kami staycation di Grand Zuri

Salah satu hotel yang saya rekomendasikan kalau menginap di BSD City adalah Grand Zuri. Kami pernah staycation di sana selama 3 hari 2 malam. Bener-bener puas sama kualitas hotelnya. Kamarnya bersih, makanannya enak-enak, servicenya ramah, pokoknya gak ada komplen.

Grand Zuri ini juga dekat dengan beberapa pusat keramaian di BSD City. Dari hotel ke ICE BSD hanya sekitar 10 menit saja dengan menggunakan kendaraan pribadi. Kalau datang ke BBW kayaknya bakal asik banget. Borong buku sampai jam berapapun, pulangnya tinggal ke hotel.

Mall terdekat adalah Teras Kota yang hanya berjarak 700 meter. Tetapi, kalau Sahabat KeNai mau ke AEON pun hanya membutuhkan waktu 12-13 menit. Kulineran di sini juga banyak pilihan . Dari mulai mall hingga di pasar. Cobe deh kulineran di Pasar Modern BSD. Banyak pilihan makanan dan minuman enak di sana. Salah satunya adalah Kong Djie Coffee.


Sebentar lagi mau tahun baru. Biasanya hotel-hotel di Jakarta ataupun sekitarnya mulai persiapan, nih. Sahabat KeNai udah tau mau menghabiskan malam tahun baru di mana? Coba deh mulai cari tau info acara menarik dari hotel-hotel yang ada di Jakarta. Nanti bookingnya via Pegipegi. Alasannya karena udah pasti booking pakai Pegipegi harganya lebih murah dan banyak keuntungan lainnya.

8 komentar:

  1. Wah banyak juga ya event kece di Jakarta, enak sekalian nginep biar gak repot buru2 balik dan menikmati eventnya

    BalasHapus
  2. Wahaaaaaaaa bagusbagus juga yaaa event tahunan di Jakarta :D Seruuuuuu pasti :)

    BalasHapus
  3. Asyik ya,selalu banyak event2 seru di jkt

    BalasHapus
  4. Enaknya kalau pas ke Jakarta, pas eventnya sedang berjalan hehehe :D

    BalasHapus
  5. Dateng ke pameran buku langsung kalap pulang bawa seabrek buku.

    BalasHapus
  6. mbaaaa...kami mau dooong diingatkan kalau ada event-event seru ini Mba. Aku pengeeen ikutan!

    BalasHapus
  7. Penasaran Ennichisai dehhh...meriah banget ya kayaknya..

    BalasHapus
  8. kalo sedang tandang ke Jakarta, saya selalu cari cari event yang sedang ebrlangsung, kali aja bisa melipir tandang dan lihat. bagi saya mendatangi event event kece di Jakarta itu bagai sedang study banding tanpa perlu banyak prosedural. tinggal datang, nikmati, amati lalu dapat inspirasi. menyenangkan.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)