Jalan-Jalan KeNai

Blog family traveling tentang adventure, kuliner, hotel, dan tips perjalanan

7 Event Tahunan Keren di Jakarta dan Sekitarnya yang Gak Boleh Dilewatkan

7 Event Tahunan Keren di Jakarta dan Sekitarnya yang Gak Boleh Dilewatkan

Keterangan: Foto di atas adalah saat di acara Jakarta Custom Culture di JIExpo, Kemayoran

Indonesia termasuk negara yang terkenal dengan keindahan alamnya. Tetapi, bila Sahabat KeNai ke Jakarta mungkin pemandangan alam yang alami akan cukup sulit ditemui. Sebagai ibukota negara Republik Indonesia, Jakarta sudah dipenuhi dengan hutan beton alias gedung-gedung perkantoran, apartmen, dan mall terutama di pusat Jakarta dan juga di kawasan bisnis.

Bukan berarti Jakarta dan sekitarnya menjadi tidak menarik dikunjungi. Jakarta ibarat kota yang terus hidup selama 24 jam setiap hari. Selalu ada saja event menarik di Jakarta, bahkan di beberapa kota sekitarnya.

Event Tahunan Keren di Jakarta dan Sekitarnya


GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show)

GIIAS rutin diadakan setiap tahun di ICE - BSD City. Event ini merupakan event otomotif terbesar se-Asia Tenggara. Sebelum ada GIIAS, kami rutin mengunjungi IIMS (Indonesia International Motor Show) di Kemayoran. Bagi Keke, mengunjungi pameran otomotif udah kayak ke taman bermain. Bisa seharian kami di event ini.

[Silakan baca: GIIAS 2015 - Grand New Veloz si Stylish yang Siap Berpetualang]

Ennichisai


Buat Sahabat KeNai penggemar kuliner dan kebudayaan Jepang, wajib datang ke event Ennichisai. Di sini tidak hanya ada kuliner dan festival kebudayaan Jepang saja. Banyak pengunjung yang menggunakan kostum menatik ala cosplay. Sahabat KeNai juga bisa membeli berbagai souvenir dnegan ciri has Jepang. Event tahunan ini biasanya diadakan di 'Little Tokyo' Blok Square, Jakarta

[Silakan baca: Ennichisai - Little Tokyo di Jakarta]

Jak Japan Matsuri

Kurang lebih acaranya mirip seperti Ennichisai, tetapi dengan skala lebih besar. Biasanya diselenggarakan di Plaza Tenggara Senayan, Jakarta. Dengan skala yang lebih besar, tentunya lebih banyak lagi hiburan yang ditampilkan. Ada panggung besar di sana dengan beberapa artis ternama Indonesia yang manggung. Ada juga berbagai permainan ala Jepang yang bisa Sahabat KeNai ikuti.

Pekan Raya Jakarta

Bisa dikatakan kalau event ini mungkin termasuk yang tertua karena sudah diselenggarakan sejak tahun 1968. Biasanya berlangsung selama 1 bulan dalam rangka memperingati ulang tahun Jakarta. Tentunya saya banyak sekali cerita tentang PRJ ini karena sejak kecil cukup sering datang ke sini. Event yang diadakan Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran ini biasanya sangat ramai pengunjung terutama di akhir pekan. Memang banyak sekali promo yang ditawarkan dari berbagai brand yang ada di PRJ.

Jakarta Fashion Week

Sahabat KeNai yang menyenangi dunia fashion, wajib datang ke acara tahunan yang sudah digelar sejak tahun 2008. Akan ada banyak desainer ternama yang akan menampilkan rancangan terbaru di acara ini.

Java Jazz Festival

Nah, kalau ini untuk penggemar musik Jazz. Event tahunan dengan kualitas international ini memiliki banyak panggung pertunjukkan. Pengisi acaranya tidak hanya dari Indonesia. Musisi jazz kelas dunia juga hadir menyemarakkan acara ini. Makanya gak heran setiap kali event ini digelar, penontonnya bisa membludak

Big Bad Wolf

Setidaknya di Jakarta dan sekitarnya ada 3 pameran buku terbesar yaitu Indonesia International Book Fair, Islamic Book Fair, dan Big Bad Wolf. 2 pameran buku yaitu Indonesia International Book Fair dan Islamic Book Fair biasanya diadakan di JCC, Jakarta. Sedangkan Big Bad Wolf diadakan di Ice - BSD City.

Dulu, saya termasuk yang selalu datang ke Indonesia International Book Fair. Gak hanya datang, tetapi juga borong buku. Tetapi, pernah kejadian sepulang dari pameran, alergi saya kambuh. Kemungkinan karena memegang beberapa yang ada di sana. Kumpulan buku bekas yang diletakkan secara berantakan di wagon.

Memang memiliki keasikan tersendiri bisa cari-cari buku dan kemudian dapat yang diinginkan. Tetapi, buku kan juga berdebu, akhirnya alergi saya kambuh dan sembuhnya lumayan lama hingga beberapa bulan. Kapok jadinya hehehe. Makanya sampai sekarang saya belum sekalipun datang ke Big Bad Wolf. Padahal kepengen banget, tetapi masih trauma kalau ingat alergi.

Datang ke Event Sekalian Staycation di Grand Zuri BSD City


Sebetulnya event tahunan di Jakarta dan sekitarnya banyak banget. Tapi, gak mungkin juga kan saya tulis semuanya di sini. Bisa gak selesai-selesai postingannya hehehe.

2 dari 7 event yang saya tulis di sini, berlokasi di ICE - BSD City. Di sini memang sering diadakan event dalam skala besar. Tidak hanya pameran, konser pun beberapa kali diadakan di sini.

Rumah tante saya ada yang dekat BSD City. Jadi asik aja kalau di sini lagi ada event. Tetapi, kalau yang jauh kayak saya kayaknya harus staycation. Bisa aja sih menginap di rumah tante, tetapi sesekali staycation kan enak juga.

Video saat kami staycation di Grand Zuri

Salah satu hotel yang saya rekomendasikan kalau menginap di BSD City adalah Grand Zuri. Kami pernah staycation di sana selama 3 hari 2 malam. Bener-bener puas sama kualitas hotelnya. Kamarnya bersih, makanannya enak-enak, servicenya ramah, pokoknya gak ada komplen.

Grand Zuri ini juga dekat dengan beberapa pusat keramaian di BSD City. Dari hotel ke ICE BSD hanya sekitar 10 menit saja dengan menggunakan kendaraan pribadi. Kalau datang ke BBW kayaknya bakal asik banget. Borong buku sampai jam berapapun, pulangnya tinggal ke hotel.

Mall terdekat adalah Teras Kota yang hanya berjarak 700 meter. Tetapi, kalau Sahabat KeNai mau ke AEON pun hanya membutuhkan waktu 12-13 menit. Kulineran di sini juga banyak pilihan . Dari mulai mall hingga di pasar. Cobe deh kulineran di Pasar Modern BSD. Banyak pilihan makanan dan minuman enak di sana. Salah satunya adalah Kong Djie Coffee.


Sebentar lagi mau tahun baru. Biasanya hotel-hotel di Jakarta ataupun sekitarnya mulai persiapan, nih. Sahabat KeNai udah tau mau menghabiskan malam tahun baru di mana? Coba deh mulai cari tau info acara menarik dari hotel-hotel yang ada di Jakarta. Nanti bookingnya via Pegipegi. Alasannya karena udah pasti booking pakai Pegipegi harganya lebih murah dan banyak keuntungan lainnya.

70 komentar:

  1. Wah banyak juga ya event kece di Jakarta, enak sekalian nginep biar gak repot buru2 balik dan menikmati eventnya

    BalasHapus
  2. Asyik ya,selalu banyak event2 seru di jkt

    BalasHapus
  3. Enaknya kalau pas ke Jakarta, pas eventnya sedang berjalan hehehe :D

    BalasHapus
  4. Dateng ke pameran buku langsung kalap pulang bawa seabrek buku.

    BalasHapus
  5. mbaaaa...kami mau dooong diingatkan kalau ada event-event seru ini Mba. Aku pengeeen ikutan!

    BalasHapus
  6. Penasaran Ennichisai dehhh...meriah banget ya kayaknya..

    BalasHapus
  7. kalo sedang tandang ke Jakarta, saya selalu cari cari event yang sedang ebrlangsung, kali aja bisa melipir tandang dan lihat. bagi saya mendatangi event event kece di Jakarta itu bagai sedang study banding tanpa perlu banyak prosedural. tinggal datang, nikmati, amati lalu dapat inspirasi. menyenangkan.

    BalasHapus
  8. Kayaknya yang gak aku lewatkan setiap tahun ini Jakarta Fashion Week sama GIIAS doang nih, yang lain suka kelupaan. Terus kalau mau dateng suka mikir riweh pasti penuh.

    BalasHapus
  9. Nggak usah jauh-jauh ya Kak ... buat ikutan event keren

    BalasHapus
  10. duh saya udah berkali2 missed nih yg event tahunan kebudayaan Jepang... Nyesel2...

    BalasHapus
  11. Duuh..kapan ya aku bisa nonton langsung Java Jazz..terus nginepnya di hotel2 keren hasil hunting di PegiPegi ..mantaab deh..

    BalasHapus
  12. Jak Japan Matsuri tuh jadi event wajib buat aku kunjjngi mba. Eh sama PRJ juga. Soalnya nemanin suami piket. Hehehhe

    BalasHapus
  13. Blom pernah rejeki datang ke Jakarta pas ada event...selalu yg dilihat macetnya ajah...semoga bisa main ke Jakarta pas ada event

    BalasHapus
  14. wah cakeppp nih, noted lah kali aja pas ke Jakarta bisa menyaksikan salah satu eventnya nih

    BalasHapus
  15. Wah iya ya
    Kalau dilist kayak gini, event-event tahunan Jakarta banyak juga dan menarik semua

    BalasHapus
  16. aku pengen datang ke BBW.. lihat buku----- :)

    BalasHapus
  17. yang paling penasaran aku yang GIIAS atau pameran mobil itu kak

    BalasHapus
  18. Aku langganan dateng ke Java Jazz Festival. Pas di JJF juga sering ketemu turis dari luar negeri yang datang dengan rombongan tour demi nonton JJF.

    BalasHapus
  19. Dari 7 event di atas yang belum aku datengin yang Big Bad Wolf dan Jak Japan Matsuri

    BalasHapus
  20. Eh aku habis staycation di Grand Zuri, seru mbak, liburan abis

    BalasHapus
  21. Di Jakarta banyak event keren yaaak, Semarang sering dilewatkan nih, hiks.

    BalasHapus
  22. Rmhku kebetulan msh areal bsd,enak memang tinggal di sini pameran sampai konser ngak jauh hehheheh

    BalasHapus
  23. Saya pernah #aiptrip ke BSD banyak banget tempat tujuan wisata. Senang

    BalasHapus
  24. Nah...aku paling demen deh ke pameran buku. Happy deh kalo ke Big Bad Wolf Book Fair di ICE BSD sampe aku tulis juga ulasannta di blog hahaha. Bikin kalap. Eh ha gatal2 juga karena debu buku mjngkin ada semacam binatang yang terlihat oleh mata telanjang. Suami dan si bungsu suka ke pameran Gaikindo gitu. Bawaannya mengkhayal kepengen beli wkwkwkwk 😊 Mau ngapain aja pake Pegipegi bakalan praktis, hemat suka ada promo. Mantul deh.

    BalasHapus
  25. kalau di kota besar selalu banyak even yang bagus ya

    BalasHapus
  26. Wah, enaknya kalau pas ke Jakarta, pas eventnya sedang berjalan hehehe :D

    BalasHapus
  27. Ennichisai akan datang lagi. Tiap tahun selalu usahain buat datang ke sana. Sayangnya kadang suka mepet sama Jak Japan Matsuri dan bikin aku nggak sanggup memilih.

    BalasHapus
  28. Banyak juga event tahunan di Jakarta ya.
    Nah, Big Bad Wolf ini kayaknya paling diminati oleh anak-anakku, terutama yg sulung. Sukanya bukuuu. Harus pake masker nih haha

    BalasHapus
  29. Ennichisai, jak japan Matsuri ini nih yang ditunggu-tunggu hehe, tahun lalu gak datang soalnya :(.

    BalasHapus
  30. Pengen deh bisa ke pekan raya Jakarta.
    Terus nginapnya di Grand Zuri ya hahaha
    Langsung buka Pegipegi buat intip promo dan ratenya :D

    Semoga bisa ke Jakarta pas lagi ada event kayak gini ya, asyik banget kayaknya meski ya pastinya lebih ramai hahaha.
    Pesan hotel jauh-jauh hari di PegiPegi kayaknya bisa jadi solusi banget nih :)

    BalasHapus
  31. Event tahunan di Jakarta selalu keren-keren ya, Ma Chi. Aku tuh sampe mupeng banget pengen liat Jak Japan Matsuri, soalnya di Semarang ga ada. Kalo event lainnya macam PRJ di Semarang sih ada

    BalasHapus
  32. Even di atas yang sering saya datangi Jakarta Fashion Weeks wkwkwk. Even buku itu biasa yang saya datangi yang lokasi di Senayan karena lebih dekat, maklum bawa bocil ga punya mobil sendiri

    BalasHapus
  33. Pingin ke Big Bad Wolf, selama ini gak kesampaian ke sana karena waktunya gak pas dengan jadwal cuti si bapak. Sedikit sebel kenapa sih BBW ini gak pernah diadakan di Jogja huhuhuu :(

    BalasHapus
  34. Cuman pernah ke PRJ doang aku mba wkwkwk yang lainnya belum pernah datangin eventnya cuman menyaksikan dan membaca lewat media keseruan acaranya

    BalasHapus
  35. Wah.. Keren. Banyak banget event tahunannya. Untung jauh, bisa kalap kalo deket. Wkwk

    BalasHapus
  36. Yang aku pengen banget itu nonton java jazz festival! Belum kesampaiannn euiiiii!

    BalasHapus
  37. Jak Japan Matsuri yang hingga kinni masih jadi event tahunan yang pasti aku datang, mba bersama keluarga. Hehehe

    BalasHapus
  38. out of 7, at least I have participated in 4 of them. Seru memang dan selalu beda tiap tahunnya..cuma ngga tahan parkir sama antri panjaaang kalau sama anak-anak :)

    BalasHapus
  39. Giias ini lumayan sering ya mbk,dan yang paling rame dan heboh kayaknya big bad wolf ya. Tapi PRJ sama JFW juga nggak kalah ramai,sering masuk tivi

    BalasHapus
  40. Aku penasaran sama BBWnya. Di Semarang belum ada nih. Kalau dekat kan bisa tuh main liat buku2. Kalau di kota besar pilihan acaranya banyak

    BalasHapus
  41. udah meramaikan 3 event, jak japan matsuri, PRJ, n JFW, ada aja yg seru tiap tahunnya, dan bikin seger mataa.. semoga di tahun 2019 ini bisa ngunjungin event lainnya :)

    BalasHapus
  42. Nah, aku beruntung banget rumah dekat ICE juga. Gak pernah kelewatan klo ada GIIAS sama BBW, udah pasti datang, meski gak ada yang mbayarin juga ttp datang hahahaha.

    BalasHapus
  43. Bbrp event Pernah hadir aku mba, cuma JFW aja yg ngga malam terus soalnya yg bagus2 rancangan favorite akuh,,

    BalasHapus
  44. semua event di jakarta emang menarik sekali ya. yg paling aku pengen adalah JFW, Jak Japan Matsuri dan Big Bad Wolf. semoga tahun 2019 bisa saya kunjungi.

    BalasHapus
  45. Wealaaaah aku baru tahu ada Ennichisai iniiiii! Tahunya yang Jak Matsuri aja, kudet amat diriku ini ya.... Thanks infonya ya Mbak!

    BalasHapus
  46. Kece2 juga event2nyaaa di Jakarta.

    Btw, pesan hotel di pegipegi emang mudah yaaa....

    BalasHapus
  47. Banyak event seru ya di Jakarta. Jadi teringat kakak kandungku dan adik sepupu yang sering cerita tentang PRJ. Tapi apa daya sampai saat ini aku belum pernah ke Jakarta.

    BalasHapus
  48. Jak Japan itu cuma di Jakarta ya, Mbak?
    Duh andai dekat tu Jakarta, mungkin dah bolak balik naik kereta saya.

    BalasHapus
  49. aku nunggu BBW aja deh ga sabar borong buku lagi hahaha, sama java jazz juga ugh

    BalasHapus
  50. Sebetulnya asyik banget tuh, sebagai ibu kota negara pasti banyaklah event di jkt sayang jarang bs satang...mdh2an next ya..

    BalasHapus
  51. aku dulu pernah ke PRJ.. dan yang bikin penasaran itu BBW .. keren sih itu bisa berribu2 eksemplar ludes.. aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    BalasHapus
  52. Ennichisai ini biasanya bulan apa ya Myr? Mudah-mudahan tahun ini aku bisa ke BBW nih kemarin gak sempat kesana

    BalasHapus
  53. Aku malah jarang banget datang ke acara acara tahunan di atas. Padahal pingin juga ya sesekali.

    BalasHapus
  54. Event tahunan yang suka aku datangi itu dulu adalag pameran buku di JCC atau gelora bung karno. Tapi dah lama nggak kesana.

    BalasHapus
  55. Paling ngebet sama Jak Jalan Matsuri. Dari dulu belum kesampean buat dateng di Eventnya. Padahal udah beberapa kali even 😂, semoga tahun depan bisa kesana.

    BalasHapus
  56. Baru pernah ngerasain dateng ke PRJ, Mak Chi. Secara rumah mertua di Kemayoran, jadi deket kalau ke sana. Dan aku tau event tahunan lainnya malah pas udah nggak tinggal di Jakarta, jadi yaa cuma mupeng sama kemeriahan yang lewat di temlen, hihi.

    Yang mupeng berat sih pastinya BBW, selama ini cuma bisa nitip lewat jastip online. Pengen banget gitu, ngerasain berburu buku murah dan berkualitas langsung ke BBWnya. Ah, semoga kapan-kapan dikasih kesempatan sama Allah. Amiin^^

    BalasHapus
  57. Udah lama pengen bisa ubek-ubek buku di Big Bad Wolf. Katanya harganya murah dibandingkan dengan di toko buku. Tapi kalo jadi alergi malah bikin sedih ya mba. Pengennya bisa jaoan-jalan sambil belanja buku tapi malah sakit

    BalasHapus
  58. Kalau bisa ke Jakarta, pengen banget main ke Jak Japan Matsuri, mbk hheee

    BalasHapus
  59. Bunda sukak banget tiap naca postingan Chi. Selalu jeli deh melihat kalo ada event2 yh bisa bikin anak2 bahagia. Padahal Grand Zuri kan t4tinggal anak2 bunda, hehe...selalu aja kelewat ada acara bagus seperti ini.

    BalasHapus
  60. Aku cuma pernah ke GIIAS dan BBW saja hehe, lainnya blm.
    Jd gak sabar nih nungguin BBW lagi, moga lbh baik lg dr taun2 kemarin :D
    Iya BBW selalu di BSD ya, gk pernah pindah temat jd baiknya sekalian staycation :D

    BalasHapus
  61. Belum pernah mengikuti semua event di atas.
    Maklum domisili Balikpapan.

    Sementara ini jadi penikmat artikelnya saja dulu lah :)

    BalasHapus
  62. Duh aku baru pernah ke GIIAS dan Pekan Raya Jakarta aja nih. Pengen juga dateng ke yang Jejepangan.

    BalasHapus
  63. Java Jazz festival nih yang sering banget kuikutin via youtube hihiii.. habisnya kan ga bisa pergi ke sana langsung untuk menikmatinya. Jauuuhhh... Nggak pernah bosen lho aku melihat yang satu itu, termasuk favorit buat aku tuh.

    BalasHapus
  64. Keren-keren lah ya event-event di Jakarta. Pengen liat yang Jak Japan Matsuri. Rasanya kayak lagi di Jepang gitu ya mungkin. Hehe.

    BalasHapus
  65. Oh pegi pegi sih aku sering buka kak. Lagi ada promo Gempita yang keren banget. Btw makasih rekomendasi eventnya ya kak. Pasti keren nih

    BalasHapus
  66. Aku cuma ke Big Bad Wolf sama PRJ aja yang jadi ritual tahunan yang ga pernah dilewatkan. Pengen deh nambah di tahun ini. Udah beberapa tahun Inacraft aku skip, mungkin tahun ini harus mulai datang lagi.

    BalasHapus
  67. Eventnya bagus2 ya. Jadi kalau ke Jkt bisa sekalian lihat. Kalau ke mall melulu sama aja soalnya isinya dg disini :))

    BalasHapus
  68. Penasaran dengan PRJ karena cuma bs lihat dr tv doang

    BalasHapus
  69. Event yang berbau jepang2 itu sepertinya menarik

    BalasHapus
  70. PRJ sama Jakarta Fair itu sama atau beda ya ?

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)

Saat ini blog Jalan-Jalan KeNai sedang diperbaiki tampilannya. Mohon maaf bila terlihat kurang nyaman selama masa perbaikan.