Jalan-Jalan KeNai

Blog family traveling tentang adventure, kuliner, hotel, dan tips perjalanan

Gemerlap Malam di Jogja

gemerlap malam di jogja, bukit bintang

Gemerlap Malam di Jogja

Sumber foto: pixabay.com

Suami: "Nanti di Jogja mau ke mana, Bun?"
Saya: "Gak tau, nih. Bunda juga bingung. Makanya dari kemarin googling terus."

Insya Allah, bila gak ada halangan dan perubahan, adik saya akan menikah tahun ini. Memang belum dipastikan tanggal pernikahannya, tetapi sejauh ini rencananya akan menikah di Jogja. Keluarga besar calon istrinya banyak yang tinggal di kota tersebut.

Rencana memang bisa aja berubah. Contoh paling nyata adalah lamaran. Rencananya mau diselenggarakan di salah satu tempat di Kemang, Jakarta Selatan. Tetapi, dengan beberapa alasan jadinya diselenggarakan di hotel Santika Premier ICE BSD, Tangerang. Alhamdulillah acara lamaran sudah dengan lancar dijalankan akhir pekan lalu.

Sementara menunggu kepastian tanggal dan tempat untuk akad pernikahan, mendingan saya cari berbagai info tentang wisata di Jogja dulu aja, deh. Ya kali aja beneran jadi di Jogja. Kan, pengennya sekalian liburan gituuuuu.

Saya memang agak bingung memilihnya. Pengennya mengulang perjalanan beberapa tahun lalu waktu keliling pulau Jawa. Jogja termasuk kota yang kami kunjungi. Saya pengen banget ke Goa Jomblang lagi mumpung lagi di kota Gudeg ini. Tetapi, kayaknya gak mungkin deh kalau bawa keluarga besar.

Hmm .. Enaknya ke mana, dong? Pastinya saya gak begitu tertarik ke tempat makan kekinian. Di Jakarta banyak pilihan makanan yang kekinian. Iya, saya tau meskipun di Jakarta juga banyak, pasti setiap resto akan punya ciri khas masing-masing. Tetapi, rasanya kalau lagi di Jogja atau daerah lainnya, saya lebih ingin menikmati menu lokal dengan nuansa yang kedaerahan juga.

Kalau untuk wisata alam, saya juga sebetulnya lebih suka yang alami gitu. Tetapi, saya lihat sekarang ini banyak wisata nuansa alam yang kemudian sudah ada unsur modernnya juga di Jogja. Mungkin maksudnya supaya lebih instagramable, ya. Menyesuaikan dengan selerah netizen zaman now. 😎

Ya mengingat rasanya gak mungkin jalan-jalan ke Goa Jomblang kalau ramean. *Pasti yang udah sepuh pada gak mau hehehe*. Jadi, bolehlah dilirik tuh tempat wisata alam lain yang instagramable. Kalau jalannya malam, bisa sekalian menikmati gemerlap taburan lampu da bintang di sana.

Bukit Bintang


Baru juga menulis tentang restoran cepat saji di Bukit Bintang, sekarang udah ada niatan mau ke Bukit Bintang. Eits! Tapi, ini 2 tempat yang berbeda, kok. Kalau postingan saya yang sebelumnya tentang Malaysia. Kali ini, lokasinya di Jogja. Persamaannya adalah sama-sama menawarkan sesuatu yang gemerlap.

Pertama kali saya tau tentang kawasan Bukit Bintang ini waktu pulang dari Gunung Kidul. Kalau mau ke Jogja kan melewati kawasan ini. Area yang terletak di ketinggian 150 meter di atas permukaan laut ini mengingatkan saya dengan  Puncak, Jawa Barat.

Hawanya dingin kalau di sini. Jadi buat yang gak kuat dingin kayak saya, harus pakai baju hangat. Jalan-jalan ke sini bersama keluarga sambil menikmati aneka kuliner serta minuman yang menghangatkan tubuh yang dijual oleh para pedagan kaki lima sepertinya akan terasa nikmat. Tentunya sambil menikmati gemerlap lampu kota di malam hari.

Alamat: Jalan Raya Jogja-Wonosari KM 15, Bukit Batuk, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul

Open hours: 24 hours

HTM: Gratis

[Silakan baca: Table Service di McDonald's Bukit Bintang, Malaysia]

Pintu Langit Dahromo


Wah! Apalagi, nih? Apakah kita akan bisa masuk ke langit? 😄

Pintu Langit Dahromo ini juga tempat wisata yang instagramable. Kalau saya lihat berbagai foto di Google, di objek wisata tersebut ada ornamen pintu dengan menghadap hamparan terbuka seolah-olah Sahabat KeNai sedang membuka pintu menuju ke langit.

Pintu langit ini katanya menghadap ke barat. Terlihat bagus fotonya saat sunset. Tetapi, bila tidak keburu mengejar sunset, berfoto di sini saat malam hari dengan background taburan cahaya lampu kota juga bagus, kok. Tidak hanya pintu, di sini juga ada ornamen piano. Bila Sahabat KeNai berfoto dengan ornamen piano, juga akan mendapatkan hasil foto yang gak kalah cantiknya.

Menuju lokasi ini tidak sulit. Dari Kebun Buah Mangunan, Sahabat KeNai bisa ambil jalan lurus ke arah Hutan Pinus Asri. Sekitar 500 meter dari sana akan menemukan Bukit Lintang Sewu yang lokasinya ada di utara Pintu Langit Dahromo

Alamat: Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul

Open Hours:
  • Senin, Kamis dan Jumat (08.00-23.00 WIB)
  • Selasa-Rabu (08.00-22.00 WIB)
  • Sabtu-Minggu (07.00-00.00 WIB)

HTM:
  • IDR5K per orang 
  • IDR2K untuk parkiran

Pinus Pengger


Seperti namanya, tempat ini berada di kawasan hutan pinus. Suasananya masih asri karena banyaknya pohon pinus dan dengan wanginya yang khas. Meskipun demikian, disediakan juga beberapa spot menarik kekinian yang sudah dibuat oleh pengelola.

Berlokasi di kawasan Dlingo, Kabupaten Bantul. Sahabat KeNai bila dari Jogja bisa menuju ke Wonosari. Hingga di perempatan Pathuk, mengarah ke Dlingo yang jaraknya kurang lebih 4,5 km.

Alamat: Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul

Open hours: 06.30-23.00 WIB

HTM: Gratis, kecuali parkiran yaitu IDR3K (motor) dan IDR5K (mobil)

[Silakan baca: Ray of Light Goa Jomblang yang Bikin Speechless]

Bukit Paralayang


Pantai yang paling saya ingat kalau ke Jogja adalah Parangtritis. Alasannya karena tiap kali ke Jogja, diajakinnya ke sini melulu. Padahal di daerah Gunung Kidul sepertinya banyak memiliki pantai yang indah.

Sampai saya bertekad, gak mau lagi diajak ke pantai saat di Jogja, kecuali ke pantai lain selain Parantritis. Etapi, ternyata saya baru tau kalau di Parangtriris ada Bukit Paralayang. Tampat yang awalnya bernama Bukit Gupit ini kerap digunakan sebagai lokasi landasan paralayang. Makanya, namanya jadi berubah.

Berubah pikiran lagi deh saya hehehe. Kayaknya seru kalau bisa melihat yang lagi paralayang. Seperti yang pernah kami lihat di puncak beberapa waktu lalu. Kalau Sahabat KeNai ingin ikut Paralayang harus datang pagi, ya.

Bukit Paralayang ini hanya buka sampai pukul 18.30 wib. Ya gak apa-apa juga. Tetapi, nanti jadinya sekalian berburu sunset, bukan gemerlap malam.

Alamat: Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul

Open Hours: 05.00-18.30 WIB

Tiket masuk: Gratis, kecuali biaya parkir sebesar IDR2K (motor) dan IDR5K (mobil)

[Silakan baca: Menanti (Kabar) Burung yang Gak Kunjung Tiba]

Bukit Lintang Sewu


Bukit Lintang Sewu atau Bukit Seribu Bintang. Bila berkunjung ke sini, Sahabat KeNai tidak hanya disuguhkan dengan berbagai spot yang instagramable. Kawasannya yang masih memiliki udara segar dan juga alami menjadi daya tarik untuk datang ke sini.

Sahabat KeNai bisa datang pagi atau malam. Tetapi, sepertinya sore dan malam adalah waktu yang terbaikyang paling banyak direkomendasikan. Apalagi kalau malam hari karena gemerlap cahaya terlihat indah.

Alamat: Karang Asem, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul

Operational Hours: 04.30-22.00 WIB

HTM:
  • IDR2K per orang
  • Parkiran - Motor IDR2K dan mobil IDR3K

Jadi kira-kira tempat mana yang bakal dikunjungi? Kalau saya masih memilih-milih karena semuanya kelihatan menarik. Syukur-syukur kalau bisa mendatangi semuanya.

Sahabat KeNai punya tempat wisata lain di Jogja yang bisa direkomendasikan? Kasih tau, ya. Biar saya semakin semangat membuat rencana perjalanan ke kota ini.

[Silakan baca: 7 Hari Keliling Pulau Jawa]

40 komentar:

  1. enak gak ya klo bawa bocil ke tempat-tempat begini, ada rencana nih pgn ke Jogja lagi tp masih bingung ke mana aja enaknya hahahaha.

    BalasHapus
  2. Pintu langitnya mungkin pernah dilalui doraemon kali ya

    BalasHapus
  3. Murah meriah ya HTM nya pemandangan juga bagus-bagus nih Jogja the best. Kalo di Bandung mah udah mahal mbak

    BalasHapus
  4. Wah rencana yang bagus buat jalan jalan di Yogya. Apalagi lengkap dengan harga parkiran.

    Sayangnya Mpo kalau ke Yogya naik travel. Nanti nyari ah yang ada wisata bukit bintang sewu

    BalasHapus
  5. Fotonya bikin iri. Itu kalau malam suasana kota terlihat dari situ kah, Kak?

    BalasHapus
  6. Jogja oh jogja ceritamu enggak pernah habis. Waktu ke Jogja gagal ke Bukit Bintang kata orang2 bagus tapi masih penasaran sampai sekarang. Semoga tercapai jalan kesana mba :)

    BalasHapus
  7. Jogjaaaa.. emang sejuta cerita ya, bund. Destinasi dan suasananya bikin kangen terus. Udah beberapa kali kesana tetep aja pengen balik lagi. Tapi Ujame blm pernah ke bukit bintang yang di Jogja, pernahnya yang di Bandung. Jadi penasaran....

    BalasHapus
  8. yaaa ampuun..masih banyaaak banget PR aku kalau main ke Jogja lagi niiih mba. Ngga sabar ke tempat-tempat kereen ini

    BalasHapus
  9. Kalau saya pengen merasakan suasana malam di Bukit Bintang sambil makan-makan dan minum yang menghangatkan bandan. Cuma, udara dingin memang harus dipertimbangkan. Juga apakah tempatnya mudah dijangkau pelancong backpacker yang terdiri dari keluarga kecil (ayah, ibu dan anak).
    Atau enaknya malan hari ngapain di Yogya, ya? He he.
    Semua spot-nya bagus. Tempat yang Mbak ulas juga keren serta punya beragam kelebihan. Semoga bisa kesampaian mengunjungi semuanya.
    Ada bagusnya juga hutan pinus dikelola jadi tempat wisata. jadinya hutan negara bisa lebih berdaya guna. Di desa saya juga gitu, dijadikan tempat wisata yang murah meriah dan terjangkau. Namanya Pesona Jati Ciwangi. Meski masih kalah jauh dengan yang ada di Yogya namun sudah lumayanlah, ada sarana hiburan bagi masyarakat sekitar dan membantu perekonomian penduduk di sekitar lokasi wisatanya.
    Semoga acaranya sukse, ya, Mbak. Salam.

    BalasHapus
  10. Jogja selalu indah untuk dikunjungi ya mbak. Banyak destinasi tempat wisata yang membuat betah berlama-lama disana. Apalagi ditunjang spot2 yang instagramable, pasti puas ya mbak. TFS mbak... Semoga aku bisa ke Jogja dan menikmati destinasi wisata disana.

    BalasHapus
  11. Wah klo ke jogja kudu kesini ya.. Tapi kurang fotonya nih mb di tiap tempatnya. Kayaknya lbh asyik klo ada foto

    BalasHapus
  12. Kalau jalan sama sepuh sih banyak yang harus dipikirkan ya, tempatnya susah gak, banyak jalan atau gak. Tapi kalau tempatnya instagramable mungkin mereka juga suka hihihi.

    Aku penasaran sama PIntu Langit Dahromo, jadi bayangin bisa terbang ke langit lewat pintu-pintu itu ya.

    Banyak banget lah wisata alam di Jogja ya, kalau dikunjungi dalam satu hari mah gak puas ya, kayanya Myra harus 1 minggu di sana :-D

    BalasHapus
  13. Bukit paralayang ini dengar di tipi saat Asian Games, duhhh jadi penasaran kayak apa tempatnya 😍😍

    BalasHapus
  14. dari beberapa tempat destinasi jogya diatas, baru satu tempat destinasi yang sudah aku rasakan keindahannya.. yaitu bukit paralayang, waktu kesana pagi menjelang siang.. tapi ngga tau deh kalo malam hari bagaimana.. siang aja indah banget, kalo malam ditemani gemerlap bintang juga ya mba

    BalasHapus
  15. Betapa banyak tempat wisata di Jogja yang bisa dikunjungi yaa, Mba. Tinggal kita aja nih yang mau milih berkunjung kemana duluan :)

    BalasHapus
  16. Jogjaaaa, pengennya ku kembali menginjakkan kaki ke kotamu, tapi itu kapan yaa? Semoga secepatnya bisa ke sana lagi dan bisa berkunjung ke beberapa tempat wisata yang sering dibagikan teman-tman di sosmednya :)

    BalasHapus
  17. Di bandung juga ada bukit paralayang, sempet mau main ke sana. Tapiiii, bukitnya terlalu curam jadi saya dan suami sepakat buat balik lagi karena ngeri banget, hahahaha.
    Moga2 di jogja akses jalannya lebih baik dan jadi pengalaman yg menyenangkan nanti ya mbak

    BalasHapus
  18. Aku ke Jogja bberapa kali mba tapi belum pernah mampir ke tempat tempat di atas. Hihihi. Kayaknya harus datang lagi dan berkunjung biar tahu gemerlap malam di Jogjakarta ;)

    BalasHapus
  19. Bukit Bintang itu dibawahnya Pengger, rutenya sejalan. Sama-sama asik buat liat sunset. tapi kalau di pengger agak amleman udah dingiiin banget, anginnya kenceng dan niup pucuk pohon pinusnya bikin suasana jadi agak gimana gitu hahaaa, tapi seru dan aman kok :)

    BalasHapus
  20. Wah ternyata banyak juga tempat wisata ketje di Jogja yang belum terjamah olehku yah. Selama ini aku tahunya cuma yang mainstream doang nih kayak Malioboro, keraton ama pasar beringharjo hehehe.

    Nanti kapan2 pengen nyobak ah :))

    BalasHapus
  21. Belum pernah ke Jogja tapi semoga suatu hari bisa ke sana dan minimal bisa mengunjungi salah satu dari tempat wisata yang mbak sebutkan di atas tapi paling penasaran dengan pintu langit Dahromonya...

    BalasHapus
  22. Jogja selalu memiliki destinasi wisata yang baru dan kekinian. Dan tiketnya juga murah ya. Saya kok tertarik sama Pintu Langit Dahromo.

    BalasHapus
  23. Aaaahhh jadi kangen Jogja... Btw aku belum pernah tuh ke pintu langit, insya Allah kalau nanti ada kesempatan ke Jogja lagi aku mau mampir ah...

    BalasHapus
  24. Sekarang makin banyak aja tempat wisata buatan ya, Mba. Jadi tambah banyak tempat yg mesti dikunjungi kalo main ke satu kota. Kalo Jogya gak ada wisata baru aja udah banyak tempat yg mau dikunjungi walo udah pernah ke sana sekalipun :D

    BalasHapus
  25. Beberapa kali ke Jogja, ke daerah wisata, tapi kok nggak ada yang kukenal ya dengan list-mu, Mbak? :D Aku kruanga piknik nih kayaknya hahhaha. Etapi kalau Bukit Bintang mayan sering sih soalnya kalau dari pantai kan ngelewatin tuh malemnya. Biasanya mampir makan sekalian. :)

    BalasHapus
  26. Belum pernah ke tempat yang mbak Myra rekomendasiin. Entar aku bookmark ah, setiap.ke Jogja ga tau mau kemana lagi kecuali ke candi candi gitu hehe saking minimnya panduan.

    BalasHapus
  27. Semua destinasi wisata Jogja yang ditulis di atas kok aku belum pernah semua ya ke sana. Next time saat piknik bareng keluarga kudu disempatin nih mengunjungi tempat-tempat tersebut. Asyik-asyik semua soalnya saat baca di artikel di atas tadi.

    BalasHapus
  28. Ah Jogja selalu ngangenin deh baca2 ini jd pengen banget mengulang perjalanan ke jogja..asyik banget kalau bs kumplitbsekeluarga..

    BalasHapus
  29. Jogja makin banyak destinasi wisata kerennya ya. Jadi mupeng nih pengen eksplor lagi

    BalasHapus
  30. Asyiknya kalau liburan ke Jogja itu banyak pilihan tempat wisatanya ya, terakhir ke Jogja itu sekitar 2 th lalu tp ga kemana-mana sih huhu soale urusan kerjaan bukan piknik.

    BalasHapus
  31. Sekarang di Yogya banyak banget ya wisata2 alam yang lokasinya tinggi trus bisa liat pemandangan sekitar gtu. Kebayang kalau malam pasti bagus banget liat lampu2 dr sana. Sore pun bisa sunsetan hehe.

    BalasHapus
  32. Besok kalo ke Jogja lagi meet up ya mak Chi. Lama nih ga ketemuan mak Chi

    BalasHapus
  33. Ya Allah jadi kangen Jogja. Kemarin mau diajakin temen tapi ga bisa bentrok ama jadwal
    Semoga besok-besok bisa main ke Jogja. Hiruk pikuk malamnya Jogja itu keren AKu pernah ngalamin sampai jam 2 pagi

    BalasHapus
  34. Seringkali ngantar piknik anak-anak ke Jogja tapi sama sekali belum pernah ke beberapa tempat di atas, Mbak. Palingn kalau ke Jogja ya Parangtritis, Jogja Bay, Taman Pintar, Malioboro. Pokoknya ublek-ublek di situ aja.

    Pengen sesekali ke Bukit Bintang atau yang hutan pinus itu.

    BalasHapus
  35. Wow panjang juga daftar Wisata Alam Jogja yang instagrammable. Semoga lancar nikahannya yaa

    BalasHapus
  36. aku pernha diajakin ke bukit lintang itu sama speupu aku waktu ke jogja katanya memag kalao malam keren banget ya di sana buat foto2an. tapi karena waktu itu masih hamil dan cuma punya motor takut kecapekan , nggak jadi deh .

    BalasHapus
  37. Ku terpana dg biaya tiket masuknya yang murah banget mbaaaa .. ku kangen Indonesia di buatnya. Banyak tempat wisata bagus2 yg enak buat dikunjungi ya tanpa harus rogoh kantong kita ..

    BalasHapus
  38. Jogja nih selalu bikin kangen deh, apalagi dengan wisata kulinernya. Sayangnya aku selalu bersama keluarga kalau kesana, jadi pengen deh kapan-kapan kesini solo traveling atau bersama teman-teman biar bisa explore Jogja lagi.

    BalasHapus
  39. Rupa-rupanya Jogja semakin bersolek ya mbak ya mengikuti trend wisata modern yang ada. Duh jadi kangen Jogja! :-)

    BalasHapus
  40. Aku belum pernah semuaaaa...Hiks!
    Jogja memnag enggak ada habisnya dieksplor ya. Berkali-kali ke sana tetap ada yang belum didatangi.
    Jadi pengin masukin itinerary ini juga buat wishlist Jogja:)

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)

Saat ini blog Jalan-Jalan KeNai sedang diperbaiki tampilannya. Mohon maaf bila terlihat kurang nyaman selama masa perbaikan.