Apa yang membuat Sahabat KeNai tertarik untuk datang ke resto atau cafe untuk pertama kalinya? Tampilan resto/cafe, suasana yang ramai, atau review di internet? Di Sagoo Kitchen, kami tertarik karena dari bagian depan aja udah menarik. Berasa kayak dikembalikan ke zaman dulu.

"Bunda, kita makan di sana, yuk!" Nai menunjukkan resto bertuliskan Sagoo Kitchen ketika kami sedang jalan-jalan di Summarecon Mall Bekasi. Nai tertarik karena di area depannya dijual berbagai camilan. Saya malah ikut kesenengan karena camilan-camilan itu mengingatkan saya dengan masa kecil.

sagoo kitchen, restoran di summarecon mall bekasi

Sagoo Kitchen, Resto Favorit Para Toean dan Njonjah



[Silakan baca: Yeaay! Ada Fish & Co. di Summarecon Mall Bekasi]

Nuansa jadul semakin berasa saat kami masuk ke dalam. Udah berasa kayak dilempar ke tahun 80-an. Malah mungkin lebih jauh lagi ke masa lampau kalau melihat buku menunya. Semua nama menu dan keterangannya pakai ejaan lama dengan tulisan huruf sambung.

makanan dan minuman sagoo kitchen
Baca buku menu yang tulisannya menggunakan ejaan lama 😅

Itulah kenapa di judul postingan ini pun saya tulis 'Toean dan Njonjah'. Saya gak tau apakah pada ejaan lama kaya 'njonjah' menggunakan h atau tidak. Tetapi, seperti itu yang tertulis di buku menu Sagoo Kitchen. Lucu sih, tetapi buat Keke dan Nai mungkin agak sedikit sulit membacanya. 😂

Back to Content ⇧



orange crush, minuman jadul
orange crush, es soda gembira, es milo
Ijs Soda Genit, IDR34K
Orange Crush, IDR25K
Ijs Milo Dinosaoers, IDR34K

Selain nama menu yang menggunakan ejaan lama semua, saya juga senang karena di sini disediakan minuman yang jadul. Ada badak dan orange crush. Badak itu minuman bersoda asal Indonesia yang legendaris. Logonya memang binatang bercula tersebut.

tahu telor sagoo kitchen
Tahoe Kopjok Telor, IDR43K
Tahoenya didadar ama telor, dimakan ketjap petis

nasi goreng sapi sagoo kitchen
Nasie Goreng Sapie Pedas, IDR46,5K
Nasie goreng dipakein sapie tjintjang ploes ploes banjak tjabe rawitnja
nasi goreng tempo dulu
Nasie Goreng Tempo Doeloe, IDR39K
Supaja Toean dan Njonjah makin tambah seroe makanja, kita kasih sama ebi

mi kangkung cah sapi
Mee Kangkong Sapie, IDR51K
Mee disirem kangkong tjah sapie dan telor poejoeh

sapo tahu jepang
Sapo Tahoe Jepang, IDR49,9K
Lemboet tahoenja menggoegah selera

Keunikan lainnya adalah makanan di sini disajikan di piring yang berbeda. Beberapa piring malah ada yang gompal pinggirnya. Tetapi, buat saya selama bukan retak dan masih layak untuk digunakan, gak masalah. Malah jadi berasa kayak makanan di rumah. Ya, meskipun di rumah saya gak ada piring yang gompal juga.

Sagoo Kitchen menawarkan berbagai menu makanan. Dari mulai camilan hingga makanan berat. Bagaimana dengan rasanya? Semua menu yang kami pesan rasanya enaaaak! Porsinya pun lumayan banyak. Pengennya pesen lebih banyak lagi karena rasanya yang enak. Tetapi, kapasitas perut udah gak bisa menampung. Pokoknya saya puas banget deh makan di sini. *Baidewei, nama makanan dan semua keterangannya saya tulis persis seperti di buku menu

[Silakan baca: Segarnya Es Kepal Jadoel di Summarecon Mall Bekasi]

Back to Content ⇧


Mengenang Nuansa Tempo Dulu


nuansa jaman dulu di sagoo kitchen
Fotonya memang agak blur. Tetapi, saya suka dengan jendela dan dinding di sini. Kayak rumah almarhum kakek di kampung

Saya tertawa ketika melihat Orang Aring masih dijual di sana. Seriusan itu produk masih ada sampai sekarang? Gak menyangka juga!

minyak kayu putih cap ayam
Kalau minyak kayu putih cap ayam ini masih saya pakai sampai sekarang
orang aring
Orang Aring, produk perawatan rambut yang sering saya pakai waktu kecil

Dulu saya akrab banget sama produk ini. Asisten rumah tangga atau tante saya paling rajin kasih Oerang Aring ke rambut saya. Katanya saya anaknya pendiam. Dikasih Oerang Aring juga gak pecicilan. Malah bisa sampai ketiduran. Padahal bau produknya kan menyengat, ya hihihi. Etapi, bisa jadi memang Orang Aring yang bikin rambut saya jadi tebal dan hitam. Kalau sekarang udah mulai beruban, ding 😜

Camilannya juga jadul semua. Ada coklat payung, coklat rokok, permen jahe, hingga permen karet Yosan. Masih inget misteri huruf 'N' di permen karet Yosan? Kayaknya hanya generasi jadul yang tau hihihi. Sayangnya saya gak melihat coklat Superman di sana. 😂

camilan jaman dulu
camilan jaman dulu di sagoo kitchen
Gak ada coklat superman!
Ada coklat payung
Belum pernah ketemu huruf N permen karet Yosan. Tetapi, dulu dikasih tato-tatoan juga udah seneng 😂

Selain di Bekasi, Sagoo Kitchen juga ada di Depok, Bogor, Tangerang, dan Bandung. Dulu, pernah ada di Jakarta. Tetapi, sekarang udah tutup. Kalau Sahabat KeNai pengen nostalgia sama masa kecil, recommended deh Sagoo Kitchen. Di sini gak hanya makanannya yang enak. Tetapi, nuansanya jadulnya juga dapat banget.

[Silakan baca: Kuliner Klasik dan Sepenggal Sejarah di Braga Permai, Bandung]

Kira-kira sekarang saya masih jago main bekel gak, ya?
Sagoo Kitchen Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

Back to Content ⇧


Sagoo Kitchen


Summarecon Mall Bekasi
Lantai 1 #DW-119
Jl. Bulevard Ahmad Yani, Marga Mulya, Bekasi Utara
Jawa Barat 17142

Open hours: 10.00 s/d 22.00 wib