Drama Menuju Ngunduh Mantu di Malaysia

Drama Menuju Ngunduh Mantu di Malaysia - Awal Oktober 2018, keluarga besar kami ada acara ngunduh mantu di Malaysia. Setelah 2 minggu sebelumnya akad dan resepsi pernikahan berlangsung di BSD City.

Mengatur pernikahan antar negara lumayan ribet juga mencari waktu yang tepat. Apalagi antara September-Oktober itu lagi musim ujian tengah semester di 2 negara. Malah 3 negara ding sama Singapore karena beberapa keluarga bersar dari pihak pengantin pria juga ada yang tinggal di Singapore.


ngunduh mantu di malaysia

Setelah dapat tanggal pun, keluarga besar sepupu saya dari pihak ayahnya pada gak bisa datang ke acara ngunduh mantu. Hanpir semua berprofesi sebagai guru. Di awal Oktober, mayoritas sekolah sedang mengadakan UTS. Tentunya sebagai guru harus ada di sekolah. Gak kayak Keke dan Nai yang minta izin untuk gak ikut UTS 😄

Drama lainnya adalah paspor yang kerendem. Gak tau alasannya apa, salah seorang bibi saya bawa paspor sekeluarga ke acara pernikahan di BSD. Jangan-jangan karena mampir dulu ke Bekasi (rumah orang tua saya), makanya bawa paspor hahaha.

Setelah acara pernikahan selesai, makanan yang tersisa masih lumayan banyak. Sampai rumah, makanan dibagi-bagi untuk dibawa pulang, termasuk sama bibi saya. 

Lah ternyata dendeng balado yang dibawa, plastiknya bocor dan bikin kotor tas. Makanya begitu sampai rumah, tasnya langsung direndam selama beberapa hari. Bibi saya lupa kalau di dalam tas ada paspor. Baru ingatnya setelah saya minta paspor untuk difotocopy. Udah keburu rusak deh itu paspor sekeluarga.


Besoknya, mereka segera mengurus paspor ke kantor imigrasi. Tetapi, prosesnya tentu gak semudah membuat atau memperpanjang paspor baru. Bahkan ada kemungkinan ditangguhkan selama 6 bulan hingga 2 tahun karena ada unsur kelalaian/kecerobohan yang membuat paspor jadi rusak. Jadi, batal deh sekeluarga ke Malaysia. Hiks!

[Silakan baca: Table Service di McDonald's Bukit Bintang, Malaysia]


Berangkat Naik Air Asia


ke malaysia naik air asia

"Teteh, kita harus berangkat bareng, ya! Soalnya tempat resepsi Hadi dan Ghea itu dekat sama tempat papah waktu berobat di Malaysia. Setahu papah, gak ada transportasi umum di sana. Harus naik taxi."

Papah beberapa kali mengingatkan saya supaya berangkat bareng. Kami berangkat tanggal 28 September 2018, kalau gak salah penerbangan pukul 8 atau 9 pagi. Kami semua naik Air Asia.

Ini juga sempat ada sedikit drama. Waktu saya sekeluarga mau pesan tiket, ternyata paspor suami udah kurang dari 6 bulan. Setahu kami, kalau ke Malaysia, minimal usia paspor 6 bulan. Jangan sampai kurang.

Jadi, saya dan anak-anak pesan tiket duluan. Kata suami, daripada tunggu-tungguan nanti malah kehabisan tiket. Saya sempat agak kesal karena ada kemungkinan gak bisa bareng sama suami kalau sampai gak dapat tiket. Alhamdulillah, cepet juga proses perpanjangannya. Jadi kami bisa berangkat dan pulang bareng meskipun beli tiketnya gak barengan.


Pulang Naik KLM


pengalaman naik klm

"Yaaaa, Teteh kok naik KLM. Papah kan juga mau kalau gitu."

Kami memang pesan tiket tidak berbarengan. Papah dan sebagian keluarga besar udah beli tiket duluan. Sedangkan saya karena tadinya sempat maju mundur mau beli tiket karena ngotot mau barengan ma suami, jadinya baru beli tiket belakangan. Eh, gak taunya lagi ada promo KLM. Ya udahlah beli meskipun jam kepulangannya jadi selisih 1 jam dan gak satu pesawat.

Saya sempat merasa gak enak hati. Tapi, ya kapan lagi merasakan penerbangan dengan pesawat seperti KLM dapat harga promo. Kan belum tentu saya sering ke Malaysia hehehe. *Maaf, Pah hehehe

5 hari di Malaysia ternyata gak cukup, ya. Padahal tadinya mau ke Melaka segala. Tetapi, semua rencana bubar jalan, deh. Berada di Kuala Lumpur aja masih berasa kurang lama. Mudah-mudahan suatu saat bisa balik ke sana lagi. Aamiin.

Sebelum berangkat ke Malaysia, saya dan suami sempat berdiskusi mau naik apa ke bandara. Sebetulnya pengen nyobain naik kereta bandara. Tetapi, kalau berangkat subuh kayaknya ribet.

Jadilah kami memutuskan naik Blue Bird. Pulangnya pun kami kembali memilih taxi. Tapi, lumayan ngepas di dalam karena sedan dan bawaan kami lumayan banyak.

[Silakan baca: Ketinggalan Barang di Blue Bird? Jangan Panik, Ikuti Cara Ini untuk Menemukannya]

Lain kali, mau cobain naik Golden Bird yang memang masih jadi bagian dari Blue Bird Group. Cari tiket Golden Bird Jakarta lewat Traveloka biar lebih mudah. Selain pelayanan 24 jam, Golden Bird memungkin pengguna untuk memilih mobil sesuai kebutuhan. Dari mulai Toyota Avanza hingga Mercedez Benz E-Class. Nah, cocok banget kan sama keluarga kami kalau jalan-jalan. Kendaraan nyaman, ada sopir, udah berasa kayak naik mobil pribadi hehehe.

Golden Bird gak hanya di Jakarta aja, kok. Ada di beberapa kota lain di Indonesia. Saat menulis ini, saya jadi pengen jalan-jalan lagi. Hmmm ... enaknya ke mana, ya? 

*Btw, cerita resepsi ngunduh mantunya nanti saya ulas juga, ya

Post a Comment

40 Comments

  1. Aku blm tahu golden bird sudah ada ngga ya di semarang?

    ReplyDelete
  2. Ngunduh mantu sekalian kumpul keluarga yg bisa hadir ya, mba. Transportasi menuju dan selama perjalanan juga tak ada kendala. Alhamdulillah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, transportasi aman. Cuma pas berangkat aja ada beberapa drama hehehe

      Delete
  3. Ceritanya seru. Meski banyak drama ternyata bisa juga nyampe Malaysia ya mbak...jadi ngebayangin betapa ribetnya saat ngurus pasport. Tapi memang bepergian ke tempat lain, apalagi ke LN tidak cukup hanya beberapa hari saja...butuh waktu ekstra agar bisa mengeksplor tempat wisata disana....mungkin kalau kita tidak memanfaatkan aplikasi Traveloka biayanya pasti besar. Beruntunglah ada Traveloka yang menawarkan kemudahan dan memberikan harga lebih murah....pergi ke Malaysia pun makin seru pastinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! Kayaknya harus beberapa minggu. Tapi, kasihan yang kerja dan sekolah. Kelamaan gak masuknya :D

      Delete
  4. Memang lebih enak pesan tiket secara online sih kita juga bebas pilih waktu dan jenis mobil. Btw pengen donk foto-foto serunya ngunduh mantu di Malaysia 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak perlu menunggu lama juga. Cerita ngunduh mantunya nanti saya tulis

      Delete
  5. Alhamdulillah,
    ending ceritanya semua keluarga bisa hadir...meskipun banyak drama mewarnai dari mulai pasport yang terendam sampai masa berlaku yang tinggal dikit lagi.
    Setiap perjalanan membawa hikmahnya masing-masing yaa, kak Myr..

    ReplyDelete
  6. Saya juga pensaran sama Golden Bird
    Belum pernag coba dan ternyata kata teman jauh lebih murah

    ReplyDelete
  7. hahah seru banget drama perjalanannya maak, aku berasa ikut jadi rombongan ngunduh mantunya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkw ... Jalan-jalan ma Mbak Diah kan memang selalu rame :D

      Delete
  8. Wah kebalikan aku nih kemarin perginya naik KLM, eh pulangnya anak2 ketagihan padahal gak naik pesawat itu lagi :)
    Enak ya sekarang dari Bandara gak usah antri taksi lagi kalau udah bisa pesan dari traveloka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! Kalau ada layanan full service yang promo mendingan ambil aja hahaha.

      Praktis kalau pesan lewat Traveloka

      Delete
  9. Astagaaa nggak kebayang ribetnya koordinasi keluarga besar antar negara gitu ya Mbak.... Aku juga shock pas baca bagian paspor kerendem, duuuhhh ada-ada aja, pasti makin panik dan rame ya.... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heboh dan sempat sedih banget tuh bibi saya. Tapi, sekarang mah udah ketawa lagi

      Delete
  10. Di Semarang belum nemu nih yang Golden Bird. Masih mengandalkan trans Semarang untuk keluar dari bandara. Semoga aja segera ada ya agar nyaman perjalanan keluar dari bandara.

    ReplyDelete
  11. Photo-photo ngunduh mantunya mana Mbak Say?

    Saya pernah di bandara bawa pasport tinggal 2 bulan. Saya gak ngeh, tahunya pas mau melintasi pintu sama petugasnya dibilangin. Harusnya udah gak bisa terbang, tapi Alhamdulillah akhirnya bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu baru satu yang paling atas. Nanti saya share lagi.

      Untung bisa terbang dan diterima di negara tujuan ya, Mbak. Tetapi, memang sebaiknya jangan sampai terjadi lagi. Pernah ada kasus kan dilolosin di sini, begitu sampai di negara tujuan ditolak. Mending kalau langsung disuruh pulang, ini kalau saya gak salah inget sempat menginap di kantorimigrasi dulu buat diinterogasi

      Delete
  12. Mohon maaf bu,mau tanya,passpor saya juga sempet terendam,,, ibu waktu ngurus paspor rusak itu selesai berapa hari/minggu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu. Begitu tau ancaman ditangguhkannya 6 bulan sampai 2 tahun, keluarga mamang saya belum juga mengurus passpornya sampai sekarang. Padahal mah harusnya diurus, ya. Siapa tau gak butuh lama masa penangguhannya

      Delete
  13. Menjawab pertanyaan di akhir pos... enaknya ke Ende saja, Kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau banget itu saya sekeluarga ke Ende. Insya Allah, ada jalannya. Aamiin

      Delete
  14. Jujur, aku gregetan pas drama paspor kerendem itu. Aku yang cowok petakilan aja pasti cek seluruh isi tas sebelum dicuci, make sure nggak ada barang apa pun di dalam, even ke area yang jarang diisi barang juga.

    Ketentuan minimal 6 bulan itu nggak cuma buat ke Malaysia kok, tapi buat semuanya. Mau ke mana pun, baru mau apply visa sekali pun, tetep harus minimal 6 bulan sebelum kadaluwarsa. Kalo traveling karena ada urusan mah, apalagi sama keluarga, emang harus legowo karena pasti banyak yang ke-skip. Gpp, yang penting urusannya selesai mbak, nanti ke sana lagi khusus buat traveling.

    Btw mbak, aku baru enjoy nikmatin ceritanya eh udah kelar aja tulisannya :((
    Mungkin harusnya judulnya, "Drama Perjalanan Ngunduh Mantu ke Malaysia" :D
    Aku tunggu cerita ngunduh mantu benerannya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, udha saya edit judulnya. Terima kasih sudah menikmati tulisan ini ya, Mas :)

      Delete
  15. Itu epic banget, ada paspor terendam. Kukira tadinya terendam sambal balado. Tasnya segeda apa ya Bibinya? Duh...sayang banget yah engga jadi berangkat. Btw...baladonya enak ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baladonya enak banget. Tetapi, jadi sepet kalau ingat paspornya hahaha

      Delete
  16. Aku ngakak baca ceritanya Mak, ya ampun paspor kok bisa kena dendeng, terus tercuci padahal paspor itu sakral ya ngurusnya ribet soalnya hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. untung kerendemnya masih di negara sendiri, ya :D

      Delete
  17. Ya Allah dramanya bakalan berepisod panjang ini. Nunggu2 foto ngunduh mantunya belom ada hihihi. Kudu teliti berarti ya tiap mau merendam pakaian ngeri ada dokumen penting kayak paspor ini hihihi. Asik juga naik KLM ya? Mantap.

    ReplyDelete
  18. Promo KLM nya kudu dipantengin terus hehehe jarang2 soalnya ada promo

    ReplyDelete
  19. Wah, seru banget bisa naik KLM. Saya juga dari dulu pengen nyobain maskapai Belanda yang satu itu tapi belum sempat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya cuma sebentar kalau Malaysia - Jakarta. Jadi belum puas menikmati segala fasilitasnya

      Delete
  20. Sambungannya please..hahhaa

    Sepertinya drama demi dramanya lumayan bikin dada sesak ya mbak. Paspor kerendam, paspor kurang dari 6 bulan, hingga naik KLM. What a story. Hehe

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)