Monas Week 2019 kembali digelar untuk kedua kalinya. Yeaaay!

Sesuai rencana, kalau yang pertama adalah pameran hologram. Maka, digelaran kedua ini dalam rangka menyambut HUT RI ke-74, Monas membuat Festival of Light.

festival of light, monas week 2019

Gemerlap Cahaya di Festival of Light, Monas Week 2019


Festival ini memberi makna pada taman kota (public space) di malam hari. Kreasi lampu-lampu di sini tidak hanya kreatif. Tetapi, juga ada beberapa lampu yang mengambil bentuknya dari diorama yang ada di Museum Sejarah Monas. Jadi, Sahabat KeNai gak sekadar seseruan foto instagramable di sini, tetapi ada unsur sejarah juga.

monas, event di monas

Selain pameran lampu, wisatawan juga akan dihibur dengan laser show yang diiringi musik dari DJ. Saat saya ke sana, musik yang dimainkan cukup beragam. Ada juga beberapa musik bernuansa kebangsaan dan daerah.

pertunjukan musik di monas

Untuk laser show dan musik ada jadwalnya yaitu

  • Pertunjukan 1: 18.30 - 18.55 wib
  • Pertunjukan 2: 20.00 - 20.25 wib
  • Pertunjukan 3: 21.00 - 21.25 wib

[Silakan baca: Monas Week 2019 Menggelar Sejarah Jakarta dalam Ilustrasi Hologram]


Lokasi Festival of Light


festival of light, monas week 2019

Mengingat area Monumen Nasional atau Monas itu luas, sebaiknya jangan salah pintu masuk. Ya kecuali kalau Sahabat KeNai memang ingin sekalian jalan-jalan dulu di Monas.

Festival of Light diadakan di Taman Monas bagian selatan. Patokannya adalah Balai Kota atau Lenggang Jakarta (kawasan food cout Monas). Ada parkiran kendaraan pribadi yang cukup luas di sana. Bila Sahabat KeNai naik TransJakarta, turun di halte Balai Kota. Nanti tinggal nyebrang dan masuk dari pintu yang terdekat.

Begitu masuk pintu Monas, belum kelihatan festivalnya. Jalan kaki dulu ke arah tugu monas. Festivalnya ada di sekitar tugu.


Tips Menikmati Festival of Light


tips menikmati festival of light

Area festival of light ini lumayan luas. Ada beberapa spot yang hanya saya nikmati sesaat dan tidak sempat foto. Karena jalan sendiri, saya gak berani pulang terlalu malam meskipun di kawasan Monas masih tetap ramai saat malam. Saya memutuskan pulang sekitar pukul 20.30 wib.


Datanglah Beramai-Ramai

spot instagramable di monas

Saat press conference (14/8), saya datang sendirian. Agak ribet kalau mau foto-foto. Enaknya memang rame-rame bersama keluarga atau teman. Akhirnya, saya minta tolong salah seorang pengunjung untuk fotoin 😂


Jangan Lupa Bawa Kamera dan Perlengkapannya

Selain menikmati cahaya lampu, memang bagusnya sekalian foto-foto. Apalagi kalau punya kamera yang bagus buat motret di malam hari. Buat yang jalan sendiri kayak saya, sebaiknya bawa tripod. Saya agak nyesel karena lupa bawa tripod hehehe.

[Silakan baca: Menikmati Malam di La Piazza Bersama OPPO Reno]



Antre dengan Tertib

festival monas week 2019
Ini juga salah satu spot yang ramai

Di beberapa spot akan terlihat antrean. Seperti area yang ada lampu merah putih. Mungkin karena pencahayaan di sini lebih terang. Jadi bagus buat foto-foto.


Awas Kabel!

pameran cahaya lampu monas

Tentunya akan banyak kabel di lapangan rumput karena pencahayaannya menggunakan listrik. Gak bahaya sih sebetulnya selama kita melangkah dengan santai. Tetapi, bila Sahabat KeNai bawa anak kecil tetap harus diperhatikan. Kadang-kadang ada anak kecil yang berlarian ke sana-sini. Hati-hati, jangan sampai tersandung kabel.


Pakai Outfit yang Nyaman

Menurut saya, pakaian yang nyaman untuk menikmati Festival of Light itu yang casual. Alas kaki pakai sepatu kets atau sandal aja. Kalau sepatu berhak apalagi high heels nanti khawatirnya nancep-nancep ke rumput. Area festivalnya juga lumayan luas. Capek kayaknya kalau pakai sepatu hak tinggi. Lumayan berangin kalau ke Monas di malam hari. Makanya, saya juga memilih menambahkan cardigan.


Jangan Buang Sampah Sembarangan

Ini sih peraturan di manapun, ya. Kalau belum menemukan tong sampah, jangan dijadikan alasan untuk buang sampah sembarangan. Masukkan dulu sampahnya ke tas. Nanti baru dibuang ke tong sampah.


Sewa Sepeda

penyewaan sepeda monas

Di sini juga ada penyewaan sepeda. Gratis! Sahabat KeNai hanya perlu menyerahkan KTP dan bisa menyewa sepeda selama 1 jam. Kalau sudah selesai, kembalikan sepeda pada tempatnya. KTP pun bisa diambil kembali.


Kapan Festival of Light Berlangsung?


dinas pariwisata pemprov dki jakarta

Festival ini berlangsung dari tanggal 15-25 Agustus 2019. Dimulai pukul 18.30 s/d 22.00 wib. Terbuka untuk umum dan gratis. Dibuka setiap hari, kecuali Senin. Monas memang selalu libur setiap hari Senin.

hut ri ke-74, festival di monas

Insya Allah, di akhir tahun 2019, Monas akan menggelar kembali video mapping. Tetapi, sebelum itu nikmati dulu dong Festival of Light Monas Week 2019.

Ayo ke Monas!

[Silakan baca: Video Mapping di Monas untuk Menyemarakkan Asian Games 2018]



Monas


Gambir, Jakarta Pusat

IG: @monumen.nasional

Jam Buka: 08.00 s/d 22.00 wib (setiap hari, kecuali Senin tutup)