Ketagihan Tongseng Kambing Masjid Agung Sunda Kelapa. Tongseng Kambing depan Masjid Sunda Kelapa ini sukses bikin saya ketagihan sejak pertama kali mencobanya. Bahkan saya sudah menjadikan standar enak kalau mau makan tongseng kambing di mana pun.

tongseng kambing masjid sunda kelapa

Saya sudah mengenal kuliner di sini sejak masih kuliah. Berarti udah lebih dari 20 tahun lalu. Lama aja, ya hehehe.

Dulu, tempatnya belum serapi sekarang. Para penjual bisa jualan di mana pun. Memang jadinya memakan area parkir. Kursi-kursi untuk makan juga ditempatkan di trotoar. Ada juga yang mepet ke pagar. Istilahnya Amigos (Agak Minggir Got Sedikit), tetapi tetap aja suka makan di sana karena rasanya memang enak. Kalau lagi ramai, saya memilih makan di dalam mobil.

tongseng kambing enak di jakarta

Sekarang udah lebih tertata. Saya lupa sejak tahun berapa penataan ini. Tetapi, semua pedagang kaki lima disatukan di satu area. Tidak lagi mencar-mencar sesuka mereka. Mau makan juga lebih nyaman karena ada meja. Kalau dulu 'kan hanya bangku.

[Silakan baca: Pendakian Gung Prau via Patak Banteng]

tongseng kambing enak di jakarta, tongseng kambing depan masjid sunda kelapa
Tongseng Kambing, IDR20K
Es Kelapa Muda Jeruk, IDR15K


Di sini gak hanya ada penjual tongseng. Ada banyak pilihan makanan dan minuman yang bisa Sahabat KeNai pilih. Tetapi, buat saya sekeluarga setiap kali makan di Masjid Agung Sunda Kelapa selalu pilihnya tongseng kambing atau nasi goreng kambing. Gak pernah beli makanan yang lain. Begitu pun dengan minumannya. Selalu beli es kelapa muda. Kadang-kadang es kelapanya dikasih jeruk juga.


Banyak pendapat kalau nasi goreng itu enaknya yang nasinya pera. Tetapi, nasgor di sini enggak. Cenderung ke pulen nasinya. Mungkin karena gak dibedain ya nasi untuk tongseng dan nasgor. Khusus nasi goreng di sini, saya tetap suka meskipun pulen.

nasi goreng kambing masjid sunda kelapa
Nasi Goreng Kambing, IDR20K


Meskipun sama-sama bernama Sunda Kelapa, tetapi lokasinya berbeda dengan pelabuhan. Kalau masjid ini berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Dikeliling berbagai rumah mewah. Rumah Dinas Wakil Presiden dan beberapa bangunan vital lain juga ada di sini. Makanya gak heran kalau suka ada tank di sekitar sana. 


Lokasi kulinernya ada di parkiran Masjid Agung Sunda Kelapa. Saat jam makan siang selalu ramai. Apalagi kalau di masjid sedang ada acara, misalnya pernikahan. Bisa lumayan susah cari parkir.

[Silakan baca: Jalan-Jalan KeNai di Pelabuhan Sunda Kelapa]


Meskipun berada di kawasan mewah, tetapi harga makanan dan minumannya termasuk bersahabat. Di bawah IDR50K udah bisa kenyang. Porsinya memang pas kalau buat saya. Potongan dagingnya juga gak pelit. Pedasnya dari irisan cabe rawit merah dan Sahabat KeNai bisa minta tambahan pedas sebanyak apapun.

tongseng kambing masjid agung sunda kelapa

Daging kambing untuk tongseng menggunakan bagian paha. Makanya terasa empuk meskipun dimasak dengan cepat. Rempah-rempahnya berasa, kuahnya gak terlalu berlemak jadi gak bikin enek. Proses memasaknya juga masih menggunakan tungku arang. Ini juga yang bikin rasanya semakin nikmat. Tentunya berbeda bila memasak dengan kompor gas.

Sejak dulu hingga sekarang memang saya nagih banget sama Tongseng Kambing Masjid Sunda Kelapa. Dari zaman masih kuliah hingga sekarang punya 2 anak yang udah beranjak remaja. Bahkan Nai yang suka malas-malasan kalau diajak makan di kaki lima, gak pernah protes kalau makan di sini.


Oiya, Nai bukan anti makanan kaki lima, ya. Dia malah suka banget. Hanya gak begitu suka dengan lokasi. Makanya dia lebih suka ngebungkus bila beli makanan di kaki lima. Tetapi, kalau diajak makan di sini, dia gak menolak.

Kulineran di sini cuma buka sampai sore. Datanglah sebelum pukul 5 sore, deh. Supaya bisa menikmati berbagai kuliner dengan nikmat.

Tongseng Sate Kambing Pak Agus Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato


Tongseng Kambing Masjid Agung Sunda Kelapa


Jalan Taman Sunda Kelapa
Menteng, Jakarta Pusat 10310

Open hours: 10.00 s/d 17.00 wib