Tips Staycation yang Aman di Era New Normal - Jelang akhir tahun 2020 ini memang terasa berbeda ya Sahabat KeNai. Setelah beberapa bulan kita #dirumahaja dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), saat ini kita sudah masuk ke era new normal untuk beraktivitas outdoor. Jika biasanya kita travelling ke luar negeri atau luar kota, tetapi saat ini lebih aman jika kita staycation aja. Berlibur sebentar tetapi bisa menyegarkan pikiran.

tios staycation aman dan nyaman di era new normal

Supaya staycation semakin aman di era new normal ini, Sahabat KeNai bisa menyimak tips berlibur atau staycation berikut ini ya.


Pastikan Kondisi Badan Fit Sebelum Berangkat


Meski hanya staycation singkat, tetapi kondisi badan yang tetap fit harus jadi prioritas. Sebelum berangkat, pastikan badan kita benar-benar fit ya. Jangan sampai menyepelekan sakit ringan seperti flu atau batuk karena kita tidak pernah tau apakah akan membahayakan orang lain.


Siapkan Checklist Daftar Barang Bawaan


Selain daftar bawaan wajib seperti dokumen, bukti pesan hotel, pakaian ganti, perlengkapan mandi sendiri seperti handuk, jangan lupa untuk memasukkan perlengkapan sanitasi pribadi seperti hand sanitizer dan juga masker cadangan. Selain itu, peralatan elektronik seperti action cam untuk berkeliling area tempat penginapan dan chargers handphone juga pastinya tidak boleh terlewat. Ada baiknya Sahabat KeNai membuat checklist barang bawaan untuk mencegah ada barang yang tertinggal.


Pilih Tempat Menginap yang Letaknya Dekat dengan Rumah


Namanya juga staycation, tidak perlu jauh hingga ke luar kota untuk menginap beberapa hari. Sahabat KeNai bisa memilih hotel atau tempat menginap bergaya villa yang sekarang sedang marak, dan berada tidak terlalu jauh dari rumah kita. Tujuannya untuk meminimalisir kontak di transportasi umum, sehingga bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi ya. Sahabat KeNai juga bisa menggunakan taksi atau transportasi online yang sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat, demi keamanan bersama.


Pastikan Tempat Menginap Sudah Menerapkan Protokol Kesehatan


Pandemi memang mengubah cara orang beraktivitas, salah satunya dengan menjaga kesehatan dan kebersihan yang lebih baik, begitu juga saat travelling. Untuk Sahabat KeNai yang mau staycation, sebelum booking hotel/tempat menginap, pastikan dulu apakah tempat tersebut sudah benar-benar menerapkan protokol kesehatan yang baik. Cara memastikannya, kamu bisa langsung kontak ke tempat bersangkutan atau cek juga akun media sosial yang mereka miliki.


Bawalah Alat Makan Sendiri Demi Keamanan Ekstra


Pastinya ada saat Sahabat KeNai makan di kamar atau di restoran hotel tempat menginap. Kalau Sahabat KeNai merasa khawatir untuk sharing alat makan bersama, ada baiknya membawa alat makan sendiri seperti tempat bekal, sendok, garpu, dan juga sedotan stainless. Setelah makan, bisa langsung mencucinya sehingga bisa digunakan untuk makan selanjutnya.


Hindari Menggunakan Fasilitas Umum Bersama


Jika Sahabat KeNai menginap saat masa ramai, lebih baik menghindari tempat-tempat yang ramai seperti kolam renang dan juga tempat fitness. Hal ini dikarenakan tempat tersebut adalah fasilitas sharing yang juga digunakan bersama sehingga tidak tahu bagaimana keadaan orang-orang yang pernah menggunakan fasilitas tersebut.


Jangan Lupa Selalu Sedia Vitamin dan Buah-buahan


Minum vitamin ini adalah hal wajib untuk menjaga kesehatan kita ya. Namun, satu hal yang tidak boleh terlewatkan adalah makan makanan sehat seperti buah-buahan dan juga sayuran. Jika memungkinkan, Sahabat KeNai bisa membawa buah-buahan atau membeli dari sekitar tempat penginapan. Biasanya saat breakfast, hotel menyediakan buah, jadi pilihan makanan sehat yang tidak boleh terlewatkan ya.


Pastikan Sahabat KeNai Terus Mematuhi Protokol Kesehatan


Sudah menginap di hotel atau tempat menginap yang memenuhi protokol kesehatan yang baik, dari diri kita juga harus mematuhinya. Salah satu caranya adalah dengan selalu pakai masker di luar kamar, mencuci tangan dengan air dan sabun, juga menggunakan hand sanitizer. Hal ini tentunya demi kenyamanan dan kesehatan bersama.

Itu dia beberapa tips aman dan nyaman untuk Sahabat KeNai yang punya rencana staycation di era New Normal. Kalau Sahabat KeNai punya tips tambahan, langsung saja tinggalkan komentar di bawah ini ya. Selamat staycation dengan aman dan jaga kesehatan ya, Sahabat KeNai!