Tips Memilih Printer Wireless, Jangan Sampai Keliru

Printer pada zaman ini tidak hanya cocok untuk mencetak dokumen saja. Alat ini juga mampu mencetak foto berkualitas yang tinggi. Dengan kemampuan teknologi yang sudah semakin maju, memungkinkan printer kini mampu memadukan warna dengan lebih baik, dapat menghasilkan cetakan yang tajam, serta penuh kehidupan di berbagai jenis kertas. Namun, karena menggunakan tinta basah, printer inkjet mungkin bukan pilihan terbaik jika kamu ingin mencetak dokumen dengan banyak teks, garis persis, dan diagram.

Tips Memilih Printer Wireless

Dalam hal kecepatan, inkjet memang kalah dibandingkan dengan inktank. Tetapi, ada satu hal yang perlu diperhatikan oleh printer inkjet yaitu tidak memiliki waktu "pemanasan" sebelum mulai mencetak. Langsung nyalakan saja (pastikan dulu printernya masih masih memiliki tinta), dan Sahabat KeNai langsung siap mencetak.

Sedangkan kelemahannya adalah bahwa printer inkjet cenderung memiliki printhead atau kepala printer yang tersumbat. Sehingga dapat menyebabkan efek pendarahan pada kertas. Tapi jangan terlalu khawatir, ya. Sahabat KeNai bisa mengatasinya dengan mempelajari saja cara yang benar merawat printer pilihan.

Dalam hal biaya, harga beli pada saat awal pembelian mesin printer inkjet relatif lebih rendah daripada  inktank. Namun, ini bisa sangat mahal dalam jangka panjang karena mungkin perlu sering mengganti kartrid tinta. Tergantung seberapa sering Sahabat KeNai menggunakannya.

Pasalnya, biaya tinta merupakan biaya terbesar saat operasional. Printer inktank memiliki kelebihan khusus di mana teknologi tangki isi ulang dan botol tintanya lebih murah daripada inkjet.

Sama halnya dengan device atau gadget yang Sahabat KeNai miliki saat ini, printer zaman sekarang telah menawarkan beberapa opsi konektivitas dan tersedia dalam versi kabel dan wireless. Jika ingin mencari printer berkabel, pertimbangkan printer wireless yang menawarkan dukungan untuk tipe USB terbaru (USB 4.0) untuk menikmati transfer data antara printer dan komputer dengan kecepatan tinggi.

Sahabat KeNai juga dapat memilih salah satu yang terhubung langsung ke jaringan atau router. Tetapi, jika ingin memiliki meja yang bersih dari kabel, makan dapat menggunakan printer yang dapat terhubung langsung ke jaringan WiFi tanpa kabel dan batasannya. Dengan cara ini, siapa pun yang komputernya atau perangkat nirkabel lainnya terhubung ke jaringan dapat menggunakan printer dari jarak jauh dengan mengirimkannya langsung dari perangkat ke layanan berbagi foto atau dokumen secara online.

Pilihan konektivitas nirkabel lainnya tersedia saat ini, seperti WiFi Direct, yang memungkinkan dua perangkat membuat koneksi WiFi langsung tanpa memerlukan router nirkabel, seperti Bluetooth. Selain itu, juga ada printer wireless berukuran mini atau compact. Printer compact dan nirkabel cukup ringkas dan sangat cocok untuk penggunaan di kantor, rumah, atau di mana pun yang membutuhkan hanya sedikit ruang.

Pada akhirnya, ada berbagai pilihan printer wireless yang tersedia saat ini. Memilih printer yang tepat perlu ditanyakan kembali pada alasan utama mengapa Sahabat KeNai membutuhkannya sejak awal. Identifikasi tujuan menggunakan printer dan juga biaya yang akan dibutuhkan dalam jangka panjang. Semoga info ini bermanfaat!

Post a Comment

0 Comments