Jalan-Jalan KeNai

3 Alasan Membuat Undangan Menggunakan Canva Pro

“Ini undangan pernikahan atau ulang tahun?”

Pertanyaan tersebut dilontarkan kakek (adik nenek saya) ketika keluarga kami menyampaikan undangan pernikahan. Kejadian hampir 20 tahun yang lalu. Saat saya dan suami akan menikah.

Alasan Membuat Undangan Menggunakan Canva Pro

Saya ngikik aja ketika kakek nanya seperti itu. Saya tau maksud kakek sekadar bertanya. Gak ada niatan untuk mengatur apalagi memaksa untuk mengganti.

Wah! Bisa pusing nanti saya kalau disuruh mengganti. Masa’ harus nyebar undangan 2x. Kan, udah terlanjur disebar. Lagipula bujetnya juga udah ngepas.

Jadi waktu itu saya dan suami minta izin diberi keleluasaan untuk mengatur pernikahan sendiri. Tapi, bujetnya dari orangtua hehehe.

Masih ingat banget pesan almarhum, “Papah kasih kepercayaan penuh. Tapi, jangan sampai bikin acara yang malu-maluin orangtua, ya.”

Alhamdulillah punya orangtua yang memang pengertian dan mau kasih kepercayaan. Tapi, di balik kepercayaan tersebut memang ada tanggungjawab yang berat. Gak mau dong sampai bikin malu keluarga, terutama orangtua.

Tidak hanya tentang tema pernikahan. Papah memberikan sejumlah bujet. Kami berdua bebas menentukan pos-posnya. Harus diatur sebaiknya mungkin. Jangan sampai over limit. Kan, gak enak juga udah dikasih kepercayaan penuh trus disepelein. Makanya pusing juga kalau sampai undangan disuruh ganti. Untungnya enggak kejadian.


Persiapan Membuat Undangan Pernikahan


persiapan membuat undangan pernikahan
Undangan pernikahan tema kalender


Pernikahan seringkali melibatkan banyak pihak. Semakin banyak yang terlibat, semakin banyak opini. Siap-siap juga pusing kalau perbedaan pendapat sulit menentukan titik temu.

Saya dan suami termasuk yang bersyukur diberi kepercayaan penuh. Alhamdulillah pernikahan pun berjalan lancar. Sehingga sejak itu beberapa kali diminta mengatur pernikahan. Makanya ikut merasakan juga ketika berada di suasana yang banyak maunya. Semuanya ingin dipenuhi keinginannya.

Membuat undangan pernikahan juga gak sekadar menyiapkan kata-kata, lho. Biasanya disesuaikan dengan tema pernikahan. Disesuaikan juga dengan selera yang punya hajat. Harga undangan juga bervariasi. Dari yang murah sampai mahal.

Saat itu, kami ingin undangan yang sederhana. Kalau bisa jangan mahal-mahal, lah. Karena berdasarkan pengalaman, undangan biasanya dibuang setelah acara selesai. Makanya sayang aja gitu kalau bikin yang mahal.

Tentu aja kami tidak sekadar ingin cari yang murah. Pengen bikin undangan yang sederhana dan unik. Tadinya pengen bikin kayak poster film gitu. Salah seorang teman suami pernah kirim undangan pernikahan dalam bentuk poster. Tapi, setelah dipikir lagi, khawatir mengundang kehebohan. Jadi sedikit cari ‘aman’.


undangan pernikahan bentuk postcard
cara membuat undangan pernikahan yang unik
Kira-kira seperti ini undangan pernikahan kami. Berbentuk selembar kartu pos. Hanya dulu gak pakai QR code karena belum tren undangan digital.


Kami pun sepakat bikin undangan seperti kartu pos. Bener-bener didisain seperti post card. Tetapi, malah dibilang kayak undangan ulang tahun ma kakek. Ya, memang sih sepintas kayak undangan ulang tahun dari resto fast food karena bentuknya hanya selembaran hehehe.

Karena dibikin mirip seperti kartu pos, tidak banyak kata-kata di undangan. Karena kami juga tidak begitu menginginkan. Pokoknya yang penting ada nama, tanggal dan waktu resepsi pernikahan, alamat, serta peta.

Undangannya memang terkesan unik dan sederhana. Tetapi, proses pembuatannya yang sedikit rumit. Karena gak ada undangan seperti yang kami mau di tempat cetak undangan. Makanya harus nge-desain sendiri dari nol.

Lumayan lama prosesnya. Upload foto, hapus background, dan lain sebagainya. Masih dikerjakan manual. Coba dulu udah ada Canva, ya. Bisa lebih sat set bikin undangannya.


Bikin Undangan Anti Ribet Menggunakan Canva


Bikin Undangan Anti Ribet Menggunakan Canva

Banyak pilihan undangan dengan harga yang gak terlalu mahal di percetakan. Tetapi, kami juga menginginkan yang unik. Makanya bela-belain nge-desain sendiri pakai salah satu software computer. Belajarnya juga otodidak hehehe.

Memang jadinya ribet dan memakan waktu lama. Tapi, kami bener-bener puas dengan hasilnya. Karena punya undangan seperti yang diinginkan.

Kalau sekarang gak perlu ribet lagi, deh. Langsung pakai Canva aja. Beneran anti ribet. Berikut beberapa alasannya:


Cocok Banget untuk Desainer Pemula

Canva adalah platform desain terdepan di dunia. Bisa digunakan oleh siapapun. Bahkan termasuk desainer pemula atau sekadar ingin coba-coba ngedesain.

Banyak fitur di Canva yang memudahkan ketika akan melakukan editing. Rasanya gak perlu kayak kami dulu yang sampai baca buku petunjuk dan belajar otodidak.


Bisa Diedit di Laptop atau Ponsel

Canva ada yang berbayar, ada juga yang gratis. Kalau baru perkenalan bisa coba yang gratis dulu aja. Tinggal ketik canva.com bila ingin mengedit di laptop. Tetapi, bila Sahabat KeNai lebih suka atau sering mengedit menggunakan smartphone, bisa install aplikasinya. sudah tersedia di iOS, Android, dan Windows.

Semua hasil editan terkoneksi ke akun cloud Sahabat KeNai. Misalnya, saya membuat undangan di menggunakan laptop. Saya bisa melanjutkan editan di smartphone tanpa harus mengulang. Asalkan pakai akun yang sama, ya.


Download, Share, atau Print

cetak undangan lewat canva
Total harga cetak untuk 25 kartu pos


Setelah desain jadi, Sahabat KeNai bisa download . Ada beberapa format yang bisa dipilih yaitu JPG, PNG, PDF, SVG, MP4 Video, atau GIF.

Sahabat KeNai juga bisa langsung share ke berbagai akun medsos. Apalagi sekarang sedang tren undangan digital.

Btw, undangan digital memang praktis karena minim biaya pengiriman. Tetapi, saran saya tetap berhati-hati ketika menyebar, ya. Kalau bisa, sih, jangan disebar secara terbuka di medsos. Karena jadi gak bisa terhitung siapa aja yang akan datang. Jangan sampai konsumsi gak cukup karena ternyata jumlah yang datang di luar dugaan karena melihat undangan yang Sahabat KeNai share di medsos.

Fitur terbaru yang saya baru tau adalah print. Saya pribadi belum pernah mencoba fitur ini. Tetapi, Canva jadi semakin banyak bisanya. Karena gak perlu lagi ke percetakan.


Pakai Canva Banyak Bisanya, Apalagi yang Pro


pakai canva banyak bisanya
Masih banyak lagi fitur Canva Pro yang bisa dimanfaatkan


Awalnya saya menggunakan Canva gratisan. Karena dipikir paling cuma buat iseng doang. Buat saya udah cukup banget versi gratisannya. Meskipun terkadang gregetan kalau lihat element yang lucu, tapi gak bisa digunakan karena harus pakai yang pro. Beberapa pilihan penyimpanan pun gak bisa kalau pakai yang gratis.

Kemudian saya lihat Nai suka desain. Dia memang hobi berkreasi. Ya udah saya pun mulai berpikir untuk pakai Canva Pro. Alasannya, sih, supaya Nai semakin rajin ngedesainnya. Eh, ternyata saya pun merasakan manfaatnya. Jadi semakin betah nge-Canva.


tutorial membuat undangan menggunakan canva

Sekarang, saya mau coba kasih tutorial singkat untuk Sahabat KeNai membuat undangan pakai Canva. Saya pakai template dari undangan model kartun yang udah dibikin sebelumnya. Hanya kali ini diganti dengan foto pribadi.

Kalau lihat screenshot di atas, tampilannya jadi berantakan. Fotonya tabrakan sama tulisan. Background foto juga kelihatan terlalu ramai dan 'mengganggu'. Memang bagusnya dihapus aja latar belakangnya. Asiknya kalau pakai Canva Pro, udah ada fitur background remover. Gak perlu pindah aplikasi lagi.

Setelah backgroundnya dihapus, saya kasih fitur shadow supaya semakin terlihat semakin menarik. Kemudian posisi tulisannya pun dirapihkan lagi. Biar gak saling tabrakan.

Biar semakin cantik undangannya, saya tambahin element bunga. Banyak banget elemen cakep di Canva. Apalagi kalau pakai yang pro. Sahabat KeNai bisa dapat element dan template yang premium.


membuat undangan menggunakan canva pro

Seperti itu hasil utak-atik saya di Canva. Kalau Sahabat KeNai masih pengen lihat ide undangan pernikahan Canva juga disediakan banyak. Nanti kalau bisa juga disimpan di folder.

Sahabat KeNai mulai tertarik pengen cobain Canva Pro atau masih betah dengan versi gratisan?

Saran saya, cobain dulu aja Canva Pro versi gratis selama 30 hari. Silakan klik Canva Pro Gratis. Tetapi, sebelumnya Sahabat KeNai, harus ikuti tahapan berikut


  1. Untuk klaim gratis coba 30 hari, Sahabat KeNai harus melalui proses metode pembayaran yang sudah diverifikasi
  2. Transaksi harus menggunakan web browser
  3. Bila tidak memiliki kartu kredit, Sahabat KeNai bisa menggunakan Bank Jago, BTPN Jenius, atau KoinWorks. Pastikan akun rekening bank sudah diverifikasi dan memiliki saldo yang cukup, ya.

Bila masa klaim Canva Pro versi gratis sudah habis akan ada notifikasi. Sahabat KeNai bisa berhenti dan kembali menggunakan versi gratis atau berlanjut ke yang pro. Tentu kali ini berbayar bila memilih pro. Harga berlangganan Rp95.000,00/bulan. Dalam satu akun bisa dipakai tim, maksimal 5 orang - hingga jatuhnya hanya Rp19.000/bulan/orang. Jadi bisa patungan nih sama teman-teman atau keluarga.

Bisa jadi peluang bisnis, nih! Siapa tau ada yang suka dengan desain Sahabat KeNai, trus minta dibikinin. Pastinya di Canva gak hanya untuk desain undangan. Silakan ngulik aja dan temukan keseruannya, deh. Bergabung juga di Facebook Group Canvalove Indonesia. Biar semakin nambah skill nge-canvanya.

Post a Comment

59 Comments

  1. jaman sekarang mah bikin undangan pernikahan bisa dari Canva ya mba, kalo aku lagi seneng bikin konten ala video presentasi gitu dari Canva

    ReplyDelete
  2. Hahhaahaa.. Lucu Undangannya ituuu, so sweet pisaan. Kirain mau pra-wedding Chi. Hasil otak atik yang menghasilkan karena dengan Canva Banyak Bisanya yaaa.
    Udah ga diragukan lagi kalo Canva juara deh desainnya, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Trus sekarang kalo nerima undangan2 kebanyakan udah berupa PDF, sungguh kereen!!
    Btw, ditunggu undangan pra-weddingnya Chi, aku dataang ntar, bawa kado sprei hahaa.

    ReplyDelete
  3. Gemesh banget emang Canva ini, bener2 merupakan solusi buat kita, terutama aku sih yang gak bisa nge-desain. Kalo udah pake Canva, berasa kece aja padahal kemampuan cuma gitu-gitu doang yang penting mau ngulik kan yaaah. Bahkan sekarang bisa bikin undangan sendiri yaaah, padahal lumayan menyita budget tuh kalo di nikahan bikin undangan. Jadi kepengen upgrade ke pro juga nih, aku masih pake gratisan sih

    ReplyDelete
  4. Coba Canva udah ada dari dulu teh. Rasanya aku bikin kartu undangannya bisa desains sendiri pakai Canva hihihi 😂. Aku pengguna Canva juga soalnya. Suka banget ama desainsnya yang tampak profesional. Ga usah punya teknik tingkat tinggi. Kita bisa pakai template yang ada dari Canvanya aja ya

    ReplyDelete
  5. Aku juga suka banget deh ngoprek canva, apalagi canva premium banyak banget pilihannya. Untung sekarang jaman lebih canggih. Bisa bikin undagan apa aja lewat canva.

    ReplyDelete
  6. Canva emang banyak bisanya yaa.
    Seneng banget semenjak ada canva aku tu. Soalnya bikin tampilan atau infografis yang lucu buat blog dan media sosial juga jadi semakin mudah dan menyenangkan. Mana langganannya bisa displit berlima pula. Terjangkau sangaaatt pokoknya

    ReplyDelete
  7. Zaman nikah belum ada Canva sih ya, haha. Aku ngebayangin saat itu ada Canva puas banget pastinya utak-atik deaign undangan nikah sendiri pake Canva. Canva memang banyak bisanya.

    ReplyDelete
  8. Aku juga pakai Canva teh tapi untuk sekarang ini masih pakai Canva yg gratisan, masih belajar ngotak-ngatik dulu 😀

    ReplyDelete
  9. Sebagai pengguna Camva, saya pun sangat terbantu oleh aplikasi designer itu Mbak Myr. Belum pernah bikin undangan sih tapi yah desain2 sederhana aja untuk blog dan sosmed. Menyenangkan lagi, yang langganan premium kita bisa minjam foto yang dibutuhkan untuk ilustrasi blog. Pokoknya happy banget dengan kehadiran Canva

    ReplyDelete
  10. Wihh ada foto pengantin baruuu... Aku setuju banget kalau pakai Canva bisa bikin dan desain apa aja. Bener banget ya bisa jadi peluang cuan juga nih Canva.

    ReplyDelete
  11. Canva emang terbaeekkk

    Paham banget kebutuhan mendesain dgn mudah sat set dan hasilnya ciamik.

    Super duper Love dgn Canva ini yak

    ReplyDelete
  12. Daku pernah pakai template undangan ini buat bikin judul ilustrasi blog hihi. memang keren dan variasinya banyak. Jadi mau dipake buat ngasih undangan beneran eeaaa...doakan lancar ya kak.

    ReplyDelete
  13. Wah iya ya, seru juga ya kalau buat undangan pernikahan sendiri
    Bisa disain sesuai keinginan kita
    Hasilnya pasti unik
    Apalagi ada aplikasi Canva, bisa bantu kita bikin undangan pernikahan sendiri

    ReplyDelete
  14. Canva pro betul2 memudahkan kita untuk mendesain. Tinggal bongkar pasang bisa untuk banyak desain.

    ReplyDelete
  15. Wah hebat mbak bisa bikin desain undangan sendiri. Bagus juga ini ya buat calon pasangan pengantin yang sudah kenal Canva, jadi bisa desain sendiri.

    ReplyDelete
  16. Sweet banget undangan nikahnya Mak sekarang kita bisa desain undangan sendiri ya pakai Canva apalagi kalau pakai Canva premium makin banyak pilihan template nya ternyata biayanya murah ya langganannya

    ReplyDelete
  17. Ngomongin undangan pernikahan, bener banget mbak zaman dulu kita bergantung banget dengan desainer ya. Kalau sekarang sudah makin mudah, sat set sat set tinggal ngulik Canva bisa jadi deh desain yang sesuai keinginan kita. Aku belum join grup FB Canva, makasih referensinya ya

    ReplyDelete
  18. Wah, pengantin lama rasa baru lihat undangan pernikahannya Mba Myra
    Ya ampun semudah itu bebikinan undangan di Canva, senangnya, bisa jadi peluang usaha juga ini ya

    ReplyDelete
  19. Canva aplikasi langganan saya maak selalu suka.pake canva karena bagus banyak pilihannya.

    ReplyDelete
  20. wah nikahannya pas pandemi, jadi enggak bisa datang deh. *LOL
    akupun dulu undangan macem kartu pos, mbak. Yang buat ya temanku tapi belum zaman Canva. Memang seperti undangan ulang tahun, hahah ...
    eh tapi di Canva banyak pilihan, mau yang fun atau elegan tinggal pilih template.

    ReplyDelete
  21. Momen paling bikin ribet adalah pernikahan.
    Tapi sekaligus bikin bahagia, karena memikirkan akan bersama dengan orang yang dicintai 24/7.
    Bener, kak Chie.. aku jadi inget masa-masa membuat undangan. Karena aku dulu theme-nya Jepang dan pink, jadi aku pesen desain begitu sama yang bikin undangan.

    Andaikan zaman itu sudah ada canve dan bisa memanfaatkan canva pro, maka sudah paling seneng utak-atik dasain sendiri. Selain lebih memuaskan juga lebih "memorable moment".

    ReplyDelete
  22. Aku juga belum pernah pakai fitur print. Selama ini langsung save file aja soalnya.

    Canva ini emang andalan banget ta Mbak. Mau bikin apa saja bisa. Meski gak bisa design sama sekali juga tetap bisa pakai.

    ReplyDelete
  23. Aku udah lama pakai canva pro ini ..memang banyak membantu ya... tapi perlu belajar nih otak atik di hp karena selama ini baru bs di laptop. Di hp masih jarang2 belum piawai...hehe..

    ReplyDelete
  24. Menggunakan canva pro untuk desain pas, hasil lebih kreatif tampilannya. Canva pernah menggunakan untuk support visual gambar blog.

    ReplyDelete
  25. Cocok untuk anak jaman now nih. Bisa sekaligus jadi peluang usaha disampingnya kita mengembangkan bakat dan terus menggali ide kreativitas ya
    Saya juga pakai canva Oro

    ReplyDelete
  26. Canva solusi terbaik buat para editor pemula ya, apalagi bisa sampai bikin undangan dan lainnya. Sampai sekarang saya juga masih pakai Canva bahkan sampai mencoba Canva premium, suka bangett

    ReplyDelete
  27. Jadi inget dulu waktu kami mau nikah juga bikin kartu undangan sendiri. Suami yang ngedesign, aku yang cerewet minta tambahin ini itu biar manis. Lumayan irit tapi gak secakep pake Canva sihh, haha. Coba dari dulu ada ya. Makin keren aja Canva Pro, pakai yang gratisan aja udah manis, apalagi pakai yang berbayar, makin keliatan profesional

    ReplyDelete
  28. Canva memang selalu membuat segalanya serba mudah ya kak, termasuk membuat undangan ini jadi lebih simple Dan sesuai dengan design Kita sendiri

    ReplyDelete
  29. Canva pro emang keren ngebantu banget kalau bikin infografis. Kalau bikin flyer aku pakai Canva Pro, tapi kalau undangan pernikahan menarik juga nih dicoba untuk keponakanku

    ReplyDelete
  30. Hooh praktis banget ya sekarang bisa desain undangan pakai Canva. Kemaren kami juga bikin undangan ulag tahun buat keponakan pakai Canva. Desainnya dibikin ama anak-anak sendiri, aku ikut supervisi aja. Seruu.

    ReplyDelete
  31. Setuju mba, undangan apapun zaman now mau sekreatif mungkin ya dari kata dan desain. Terima kasih banyak infonya nih sangat membantu

    ReplyDelete
  32. simpel tp hasilnya tetap seperti profesional ya mbak. Keren ih, canva nggak cuma buat mendukung konten blog dan medsos aja ternyata. tp bisa juga buat desain undangan pernikahan dll

    ReplyDelete
  33. waaa keren banget Chi undangannya walaupun kayak kartu pos hahahhaa tapi sangat sangat kreatif!

    ReplyDelete
  34. Canva tuh semacam hero gitu deh ya... Segalanya jadi mudah untuk urusan desain haha.. Mana keren-keren lagi.. Apalagi kalo pake yang pro ya..

    ReplyDelete
  35. Membuat undangan dengan canva rpo jadi lebih mudah ya, soalnya Canva ini emmamng bikin kita semakin kreatif..

    ReplyDelete
  36. Tahun 2016 Canva udah ada belum ya? Keingetan Wak tuh nikah, aku rempong soal undangan. Soalnya vendor yang dipercaya tiba tiba ga ada kabar huhu alhasil pake yang versi percetakan dan biasa banget wkwk tapi untug tetap ada biru birunya sih.

    ReplyDelete
  37. Aku bayangin undangan nikahnya Mba Myra dan suami pasti unik sekali. Senangnya diberi kebebasan untuk handle acara sendiri
    Kalau aku, yang mantu ortuku tapi yang ngatur acara mertuaku huhuhu..eh malah curhat kwkwk
    Memang bebikinan pakai Canva Pro mudah dan menyenangkan termasuk bikin undangan

    ReplyDelete
  38. Ternyata bisa ya membuat undangan menggunakan canva pro.
    Canva memang banyak bisanya. Gak salah kalau sejak setahun yang lalu, awal aku ngeblog, pilih canva pro untuk desain ilustrasi. Selain pilihan elemen dan templatenya komplit, juga canva sangat user friendly...

    ReplyDelete
  39. senangnya budget pernikahan dari ortu
    tapi saya setuju, bikin undangan pernikahan jangan terlalu mahal tapi harus bagus
    Beruntung sekarang ada Canva ya? Jadi bisa bikin undangan yang keren

    ReplyDelete
  40. Undangannya cantik bgt mba, aku juga masih belajar Canvanya mba, seneng KLO udah ngoprek Canva sampe lupa waktu, soalny hasilnya bisa bagus banget, dan gampang di sharenya , kedepannya aku juga mau pakai yang pro ah

    ReplyDelete
  41. Selama ini canva cuma buat bikin infografis blog aja 🙈 blum explore banyak di canva..makasi idenya mba

    ReplyDelete
  42. Undangan yang model kalender menarik banget si. Kalau minim budget emang bisa diakalin bikin sendiri pake canva ya.

    ReplyDelete
  43. Asiik,,,undangan pernikahan jadinya bisa dibuat dalam hitungan menit dengan canva ya, Kak. Apalagi bisa pilih mau save pdf atau format gambar. canva bikin hidup lebih hidup

    ReplyDelete
  44. Nah bener banget tuh, undangan biasanya dilihat sebentar aja trus gak tau diapain lagi, seringnya di buang. Bikin undangan yang murah tapi bagus juga banyak kok ya, apalagi sekarang semua serba bisa dengan bantuan canva yang punya banyak fitur & element bagus-bagus

    ReplyDelete
  45. Sekali coba mendesign di Canva itu seru dan bikin ketagihan ya, apalagi templatenya gemesin. Jadi makin kreatif buat bikin kartu undangan

    ReplyDelete
  46. Yang pasti, undangan digital tuh menghemat biaya ya. Bisa kok kita bikin sendiri. Di Canva Pro juga banyak template dan elemen yang tinggal kita upload untuk dijadikan materi. Paling nambahin text yang disesuaikan dengan kebutuhan kita.

    ReplyDelete
  47. Wah banyak manfaatnya ya canva ini mulai dari buat presentasi sampai buat undangan pernikahan keren ya kak

    ReplyDelete
  48. Wah...jadi inget juga zaman aku nikah. Undangannya malah nyablon...wkwkwk. Enaknya sekarang ada CanvaPro, desainnya unik-unik ya...
    Btw...mau dong langganan CanvaPro, baru tahu lho segitu tuh bisa ber-5. Kirain Rp95ribu/bulan/orang. Masih mahal menurutku, karena kadang-kadang untuk image di blog

    ReplyDelete
  49. Asiikk asiikk Canva nih banyaakkk bgt bisanyaaa
    Beneran bikin hidup makin gampiill.
    😉👍

    ReplyDelete
  50. Dennise SihombingJuly 12, 2022 at 1:11 PM

    Canva Pro memang sudah tidak diragukan lagi dengan fitur-fitur menarik. Termasuk buat undangan. Puas memang memakai Canva Pro

    ReplyDelete
  51. Harga canva pro makin kesini makin bestie banget yaah..
    Aku sukaa..
    Aku uda langganan dari 2 tahun yang lalu dan gak pernah kecewa sama Canva. Pokoknya kudu ada jaringan internet yang gak putus nyambung, aja. Biar nge-desainnya lancar dan cepet.

    ReplyDelete
  52. Canva pro memang the best deh, bisa jadi solusi memang buat yang mau desain buat undangan nikahan, lamaran atau ulang tahun anak, banyak template desain yang bagus

    ReplyDelete
  53. Ahahah kalau dulu ada Canva mungkin aku juga akan desain sendiri undangan nikahanku. Kyknhya malah bisa lebih menghemat budget ya mbak, tinggal cetak aja di percetakan dan mestinya gak seberapa mahal menurutku. Sekarang sih enak undangan pun bisa desain sendiri, baik dicetak maupun gak dicetak yang penting bikin yang menarik dan niat mengundang dengan tulus :D

    ReplyDelete
  54. Asyik juga ya kalo mau bikin undangan di canva, bisa desain sesuai keinginan kita

    ReplyDelete
  55. LAgi naik daun lagi canva pro ini, banyak yag membahasa fitur menarik di canva pro, auto jadi mikir panjang karena selalma ini menggunakan yang gratisan, semoga selalu ada yang gratisan di canva, takutnya kedepan jadinya harus berbayar semua

    ReplyDelete
  56. Peluang bisnis sudah pasti nih secara design itu jaman sekarang seperti Salha satu anak kunci untuk bisa membuka pintu usaha. Apalagi di perkampungan seperti daerah saya, persaingannya masih sedikit

    ReplyDelete
  57. canva adalah jalan ninjaku, aku sudah pakai yang pro hampir setahun mba dan gak nyesel banget deh walau harus bayar karena worth it sekali

    ReplyDelete
  58. Wahh emang ya berlangganan canva multifungsi banget, apalagi yang pro-nya. Puas banget mau buat apapun

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)