Manfaat Kalender untuk Content Creator

Perlu gak seorang content creator memiliki kalender? Menurut saya, perlu banget memiliki kalender. Terutama bila membuat konten sudah menjadi profesi. Nah, apa aja manfaat dari memiliki kalender. Simak tulisan ini sampai tuntas, ya.

manfaat kalender untuk content creator


Memudahkan dalam Mengatur Jadwal


Saya jarang terikat waktu ketika membuat tulisan organik. Gak harus selesai dalam sehari. Terkadang, bisa berhari-hari baru tulisannya selesai. Biarkan mengalir aja.

Tetapi, tentu tidak bisa seperti itu ketika membuat postingan kerjasama. Selalu ada deadline yang harus dipatuhi. Apalagi terkadang bisa ada kerjasama dengan beberapa pihak dalam waktu berdekatan.

Blogger memang gak sekadar membuat tulisan lalu tinggal publish. Harus motret juga. Apalagi sebagai travel blogger tentu butuh foto-foto yang membuat tulisan semakin menarik. Kalau membuat artikel kerjasama, terkadang datang ke lokasi untuk meliput. Membuat konten di medsos juga. Kalau semua itu gak dicatat jadwalnya, khawatir jadi keteteran.

Makanya, biasanya saya akan cek kalender. Diusahakan jangan ada  deadline tulisan yang berbarengan postingannya dalam 1 hari. Dilihat juga apakah di hari itu harus keluar rumah atau enggak. Jangan sampai seharian keluar rumah, trus malamnya ngebut banget menyelesaikan beberapa tulisan sekaligus. Jangan sampai deh ya lewat deadline hanya karena kelalaian kita dalam mengatur jadwal.


Sebagai Pengingat Waktu


Bagi saya, kalender cetak dan digital sama-sama penting. Kalender cetak biasanya bisa saya coret-coret untuk menandakan di hari tersebut ada aktivitas penting atau enggak.

Kalender cetak juga biasanya buat lihat tanggal merah. Ya, siapa tau bakal merencanakan liburan. Saya jarang banget bawa kerjaan saat berlibur, kecuali terpaksa. Karena ada yang harus segera diselesaikan.

Kalau kalender digital, lebih sering sebagai reminder. Karena bisa setting notifikasi untuk pengingat waktu. Memang perlu juga sesekali diingetin lewat notifikasi dan alarm.

Nah, kalau mau lihat kalender lengkap bisa juga lewat website. Jadi tau tentang berbagai jenis kalender, tanggal merah setiap bulannya, dan lain sebagainya. 
 
Yup! Kalender memang banyak manfaat. Bagi content creator seperti saya pun juga jadinya lebih semangat ketika membuat konten. Karena semuanya sudah ada jadwalnya. Jadi kerjanya pun lebih sistematis. Bikin tenang juga karena gak terburu-buru.

Post a Comment

4 Comments

  1. Betul sekali Mbak. Kalender itu penting banget si menurut saya. Saya suka taro note kecil gitu di kalender, utk menginngatkan event2 apa aja yang ada di bulan itu. Jadi ga lupa sama kegiatannya :)

    ReplyDelete
  2. Aku awalnya ga begitu konsen sih sama kalender gini, tapi semakin banyak client, lama-lama makin ruwet juga.
    Sekarang aku bikin template jadwal konten di Excel, terus dipadukan juga sama detail konsep kontennya di Trello. Alhamdulillah lah, ada perbaikan malah masih suka murtad update kontennya wkwkwk

    ReplyDelete
  3. harusnya bikin kayak gini juga ya aku :D, cuman kadang nggak konsisten, dan malah mengandalkan kepala buat pengingat yang mana ujung-ujungnya pasti ada yang kelupaan.
    Ingetnya mungkin kalau jadwal traveling aja hahaha

    ReplyDelete
  4. Walopun udah resign, buatku kalender penting. Justru setelah resign aku jadi lebih sering cek tanggalan mba, Krn skr setiap hari itu hari libur 😄. Jadi aku suka lupa skr hari apa yaa. 😅

    Cuma, fungsinya lebih ke cek cuti suami dan tanggal merah. Buat kamu planning traveling 😄 jadi bisa tau sisa cuti suami berapa hari lagi, enak nya berangkat di bulan apa, yg mana peak season, yang mana bukan peak season. Mempermudah book tiket soalnya 😄

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)