Nasi Uduk Betawi Dapur Hj Dona

Kayaknya lama-lama blog ini bakal makin banyak posting tentang nasi uduk. Abis saya dan suami doyan banget sana nasduk. Malah beberapa tahun lalu bisa hampir tiap malem beli nasi uduk. Bukan karena gak pernah masak, tapi memang suka aja. Biasanya makannya tengah malam. Akhirnya mengurangi, deh. Disadarkan jarum timbangan yang semakin ke kanan hihihi. 
 
nasi uduk betawi dapur hj dona tebet
 
Nah, untuk pengalaman yang ini, awalnya suami ngajakin ke coffee shop milik temannya di Tebet. Udah sampai lokasi, ternyata tutup. Katanya lagi buka booth di JIExpo di salah satu acara festival musik. Saya lupa nama festivalnya. Pokoknya termasuk event musik besar juga.

Karena udah masuk jam makan siang, suami ngajak cari makan di tempat lain. Di Tebet ada banyak banget pilihan kuliner. Suami memilih ke Dapur Hj Dona. Pasti karena ada tulisan Nasi Uduk Betawi, deh.

[Silakan baca: Makan Malam di Nasi Uduk Ayam Goreng Betawie Pasar Rawamangun]


nasi uduk dapur hj dona tebet jakarta
Restonya bersih, tetapi suasana agak gelap. Mungkin karena warna cat temboknya yang abu-abu tua


Saat kami ke sana, suasana restonya sepi. Hanya ada kami pembelinya. Nuansanya agak gelap. Mungkin karena catnya yang berwarna abu-abu tua. Tapi, tempatnya bersih, termasuk mejanya.

Tempatnya gak luas. Ada sekitar 7 meja panjang. 3 meja di antaranya untuk duduk lesehan. Kira-kira per meja bisa untuk 8 orang.


suasana resto dapur hj dona
Ada area lesehan di deretan belakang.


Dapur Hj Dona tidak hanya menjual nasi uduk. Tetapi, juga nasi ulam. Saya sendiri belum pernah mencoba nasi ulam. Kalau membaca banyak ulasan, tampilannya memang mirip. Bedanya nasi uduk dimasak dengan santan. Sedangkan nasi ulam tidak, tetapi ditaburi serundeng kelapa.

Lauk dan sayur yang ditawarkan ada ayam bakar taliwang, ayam goreng serundeng, tahu, tempe, sayur asem, hingga jengkol goreng. Empal gentong pun ada. Ditawarkan juga menu paketan.

nasi uduk ayam goreng hj dona
Paket 2 Goreng, IDR 32K (harga kalau pakai nasi putih)


Suami memilih Paket 2 Goreng. Sedangkan saya memilih Paket 1 Bakar. Bedanya paket 1 dan 2 hanya di sayur asem. Kalau paket 1 gak pakai sayur asem. Untuk paketan menggunakan nasi putih. Bisa diganti dengan nasi uduk atau ulam, tentu dengan sedikit tambahan harga. Tentu aja kami memilih nasi uduk.

Biasanya saya selalu memilih ayam bagian paha di resto yang baru pertama kali didatangi. Karena terkadang ada yang jual ayam bagian dada teksturnya keras. Saya gak suka. Makanya paling aman milih paha, deh.

Sedangkan suami selalu memilih dada. Dia gak masalah teksturnya keras. Memang lebih doyan yang garing. Etapi, tumbenan waktu itu milihnya paha. Yaaaa ... saya jadi gak tau tekstur dada ayamnya, deh.

ayam bakar taliwang dapur hj dona
Paket 1 Bakar, IDR26K (harga pakai nasi putih)


Ayam bakar taliwang yang saya pesan teksturnya lembut. Rasanya enak, tapi lebih mirip kayak ayam bakar kecap. Perasaan ayam taliwang yang saya tau ada ciri khas di rasanya. Ada pedes-pedesnya dengan bumbu yang medok. Nah, ini agak kurang kalau buat saya.

"Mungkin biasanya Bunda makan ayam taliwang sama plecing kangkung. Makanya rasanya jadi khas," kata suami.

Mungkin benar juga pendapat suami. Saya juga udah lama gak makan ayam taliwang. Jadi, udah agak lupa sama rasanya.

Es teh manis sudah termasuk dalam paket ayam goreng/bakar yang kami pesan


Kalau dibandingin, menurut kami enakan ayam gorengnya. Bumbunya lebih meresap, tekstur garing di luarnya pas, dan bagian dalamnya tetap lembut. Serundengnya gurih dan bikin ayam gorengnya makin enak. Untuk tekstur kedua ayamnya pas banget. Empuk dan sangat mudah lepas dari tulang.

Isian sayur asemnya gak banyak, tapi rasa kuahnya enak! Sayur asem tuh kadang suka ada yang rasanya asem doang atau malah anyep. Nah, ini pas banget buat kami. Gak keaseman dan ada rasa sedikit manis. Tipe sayur asem yang mau saya gadoin tanpa nasi atau tanpa lauk apapun.

sambal dadak nasi uduk betawi
Saya lebih suka sambal gorengnya, daripada sambal dadak.


Dikasih sambal dadak untuk paketannya. Enak, tapi saya ternyata lebih suka sambal gorengnya. Perpaduan rasa pedas, manis, asinnya lebih pas aja gitu. Semua sambalnya gak pedes banget, kok.

Kalau untuk sambal gorengnya disediakan di meja. Jadi, gak perlu minta disediakan. Bebas nambah, tapi jangan kebablasan, ya.

Jangan lupakan juga nasi uduknya. Rasanya pas, gurih santannya berasa. Kami lebih suka nasi uduk yang pera. Kalau di Dapur Hj Dona, teksturnya pulen. Tapi, masih bisa masuk ke selera kami. Karena gak kelembekan teksturnya. Masih agak  ngeprul nasinya.

[Silakan baca: Nyobain Nasi Uduk OK yang FYP di TikTok]

 
Kami menyediakan sarapan pagi untuk para karyawan/karyawati dan adik-adik yang mau beraktivitas di sekolah. Kami menyiapkan makan siang untuk semua customer dengan menu sayur asem, ayam goreng, tempe goreng, tahu goreng, dan sambal dadak ataupun sambal goreng. Disediakan pula menu-menu tambahan seperti nasi uduk dan cemilan seperti mie instant, roti bakar, pisang bakar, dan bermacam hidangan kopi panas maupun dingin Kami jug menyediakan makan malam untuk keluarga Anda tercinta. Dapur Hj Dona"
 
Kalimat di atas, saya copas dari Google Maps Dapur Hj Dona. Kalau lihat daftar menu, gak ada roti bakar atau camilan lainnya. Mungkin harus pesan khusus, ya. Atau nanti bisa tanya langsung ke Dapur Hj Dona.

makan siang di dapur hj dona

Dapur Hj Dona juga menerima pesanan catering. Menu nasi kotakan. Menurut saya, termasuk rekomen untuk nasi kotakan. Rasanya enak, porsinya pas, dan harga juga masih bersahabat, lah.


Dapur Hj Dona


Jl. Tebet Raya No.72B
Jakarta Selatan 12820

Telp: 0218298809

IG: @dapur_hj_dona

Open hours: 11.00 s/d 21.00 WIB

Post a Comment

59 Comments

  1. eh iyaa ayam taliwang itu memang ada pedasnya, bumbunya enak deh. Kalau yang ini dari penampilan memang cenderung ke ayam kecap.
    akupun penggemar nasi uduk, setiap makan kalau ada pilihan nasi uduk ya milih itu dibanding nasi putih.

    ReplyDelete
  2. Saya suka banget sama nasi Uduk, walau khas Betawi tapi bersyukur di Surabaya ada banyak dijual. Coba Nasi Uduk Betawi Dapur Hj. Dona ini bisa membuka gerai di Surabaya, pasti akan saya kunjungi dan beli.

    ReplyDelete
  3. Kalau kedai kopinya gak tutup jd gak nemu tempat makan nasi uduk ini ya? Tebet memang termasuk area yg ok utk kulineran. Etapi aku gak salah baca nih? Cemilannya antara lain mie?

    ReplyDelete
  4. Duh saya jadi pengen nasi uduk sama ayam goreng nih setelah baca review ini. Saya dan suami juga penggemar nasi uduk. Kalau kami biasanya nyari yang sambelnya enak. Kalau sambelnya enak, udah enak tuh nasi uduk.

    ReplyDelete
  5. waduh langsung lafar Saya lihat foto2 nya andai dekat lokasi sdh sya borog deh nasi uduknya enak banget nasi uduk itu gurih dan aromanya harum

    ReplyDelete
  6. Toss mbak Myra aku juga suka nasi uduk. Bedanya kalau aku dan suami, sukanya dimakan pagi hari, buat sarapan. Sesekali makan nasi uduk kalau pas makan malam pesen pecel lele atau pecel ayam.

    Dilihat dari fotonya, lebi terkesan sebagai menu Pecel Ayam yang nasinya pakai nasi uduk :D Padahal di sini yang jadi menu utama adalah nasi uduk pakai lauk ayam ya mbak.

    Info nasi uduk di Tebet nya kucatet mbak, siapa tahu kalau sedang lewat bisa mampir. Soalnya kalau ke Depok sering juga belok belok dulu ke Tebet.

    ReplyDelete
  7. sebenarnya belum pernah aku makan nasi uduk pakai sayur asem tapi aku penggemar sayur asem yang rasanya asem manis itu. Apalagi ada potongan jagung manis, makin sukaaa!
    Kalau dari Tebet Eco Park dekat apa ga ke nasi uduk Hj Dona?

    ReplyDelete
  8. Nasi uduk memang lezaaaat, apalagi kalau santannya terasa, legiiit gitu deh. Ayam goreng enak, bakar juga mantap. Yang penting sambalnya wajibbb pedesss banget sama lalapannya. AKu suka emping sih daripada kerupuk hihihi. Nasi uduk Betawi Dapur Hj. Dona kudu aku mampirin ah kapan2.

    ReplyDelete
  9. Duh, ngiler. Hihihi. Untuk paketnya sendiri, harganya lumayan terjangkau ya Mba. Untungnya rasa dan harga bisa dibikin balance. Semoga bisa nyobain kalau pas lagi lewat

    ReplyDelete
  10. Bahagia kalau nemu nasi lemak atau nasi biasa tapi rasanya enak. Aku juga penasaran nasi uduk itu seperti apa karena rasanya belum pernah coba

    ReplyDelete
  11. Jadi pengen banget nyoba, tapi jauh hehehe. Semoga pas ke Jakarta bisa icip-icip menu andalan disini

    ReplyDelete
  12. Gak apa apa banyakin aja konten Nasi Uduk. Aku setuju hahhaa. Apalagi Nasi Uduk H Dona unik lho pakai Ayam Taliwang. Jarang jarang ini terjadi karena biasanya pakai ayam goreng doang. Man a tekstur nasinya pulen kan jadi kepengen

    ReplyDelete
  13. Mbak Myr, ini sama kasusnya dengan suamiku, sukaaaa banget makan nasi uduk. Nah kalau pulang ke Lampung, hampir tiap hari nyari nasi uduk. Aku sampai ter-neq2 deh ngikutin.
    Ngomong-ngomong kedai Nasi Uduk H Dona emang agak gelap ya. Mungkin karena cat abu-abu tuanya itu. Semoga ada yang menyarankan mereka agar ganti jadi cat putih, biar lebih cerah, biar lebih banyak orang yang masuk, menikmati nasi uduknya yang enak :)

    ReplyDelete
  14. yeay nasi uduk betawi dapur hj Dona ini memang enak banget ya kak, menggoda banget ayam gorengnya...

    ReplyDelete
  15. Aku kangen banget makan nasi uduk di Jakarta. Kalau pas ke Jakarta pasti carinya nasi uduk. Jadi pengen nyobain nasi uduk betawi ini juga.

    ReplyDelete
  16. Ah... pas kebetulan semalam keliling Gresik buat nyari nasi uduk gak dapet. Liat postingan ini jadi makin kangen ama nasi uduk Betawi.

    ReplyDelete
  17. Jarang-jarang nih ada nasi uduk betawi di daerah Tebet. Memang paling enak deh nasi uduk apalagi sambel kacang khas betawi

    ReplyDelete
  18. Semenjak tinggal di Jakarta, hampir setiap hari kalau sarapan cari nya nasduk wkwk.. kalau dulu masih di Bandung selalu cari nya kumat tahu atau nasi kuning. Emang yaa nasduk betawi ini khas..

    ReplyDelete
  19. mba aku udah liat postingan kamu di instagram, wah mantap sih makan nasi uduk ayam goreng dengan sambal yang maknyus ituh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem..
      Berseliweran dah di temlen daku juga. Apalagi nasi uduk kan kegemaran daku juga eh 😁

      Delete
  20. sebagai pencinta nasi uduk jadi pingin cobain juga nih mba nasi uduk betawi dapur hj dona, gak jauh lagi ini lokasinya dari kantor bisa sekalian untuk makan siang sm temen-temen

    ReplyDelete
  21. Yummy sekali mak Chi.. aku pun juga paling senang nasi uduk dengan ayam goreng beserta lalapannya. Biasanya ini adalah makan for the rescue kalau malas masak sih. Heheheee

    ReplyDelete
  22. Hmm.. enaknya nasi uduk. Baru aja makan jd mupeng lagi. Saya blm pernah nyoba nasi uduk khas betawi nih. Keknya bumbunya beda ya drpd nasi uduk biasa

    ReplyDelete
  23. Menu Ayam-ayaman kaya gini emang gak ada matinya. Enak aja kalau dimakan. Dari tempatnya simpel. Untuk sambal, kusuka nih kalau disediakan di meja. Bisa nambah secukupnya

    ReplyDelete
  24. Waaaaa nasi uduuuk, favorit anak saya banget nih. Dia paling suka nasi uduk dan paha goreng. Sekali makan bisa nambah. Duh baca ini jadi pengen nasi uduk nih.

    ReplyDelete
  25. Ya ampun dulu makan nasi uduknya tengah malam..hihihi belum pernah saya. Nasi uduk biasanya buat sarapan , apalagi kalau harga bersahabat seperti di nasi uduk betawi hj dona ini...

    ReplyDelete
  26. Senang banget loh kalau mencicipi nasi uduk Betawi. Jujur aku juga suka banget makan nasi uduk apalagi anakku tapi yang ngasih udah Betawi belum pernah nyobain

    ReplyDelete
  27. Meski enak buat Sarapan, nasi uduk juga cocok buat makan siang ya mbak
    Kalau saya makan nasi uduk lebih senang dengan sambal kacang

    ReplyDelete
  28. hmm yummy banget yaa. kebayang itu ayam goreng yang lezat plus sayur asem betawi yang segar dan enak itu jadi kepingin nyicipin.

    ReplyDelete
  29. Nasi uduk selalu di hati. Udah bertahun-tqhun neh gak ngerasain nasi uduk betawi lagi. Kangen rasanya.

    ReplyDelete
  30. Nasi uduk selalu cocok dimakan kapan saja sih kalau menurutku hehehe.. tapi memang lebih enak pas sarapan. Untuk pilihan ayam, aku dan suamiku sama-sama suka yang dada, entah kenapa kami tidak pernah pilih yang paha. Soal selera aja sih ya sepertinya.

    ReplyDelete
  31. Nasi uduk memang debest banget apalagi untuk menu sarapan. seluruh keluargaku doyan nasi uduk, apalagi ini di hj dona pake ayam bakar dan ayam goreng, dicocol sambal makin mantap jadinya

    ReplyDelete
  32. Aduh nasi uduk. Udah lama banget kayaknya aku gak makan nasi uduk. Aku jarang banget nyengajain makan atau sarapan nasi uduk. Biasanya kalo lagi mau pergi, atau lagi ada di suatu tempat. Heuheu, kangen juga deh. Enak banget atuh itu mah nasi uduknya. Lengkap sama ayam. Aku juga gak terlalu suka kalo nasi uduk sama sambal dadak. Enaknya sama sambal goreng. Dijamin banyak sambelnya, dan nambah nasinya. :D

    ReplyDelete
  33. Cat ruangannya yang warna abu-abu emang berasa bikin suasana pas makan di sana jadi gelap sih ya, Teh. Mungkin memang tujuannya biar pas makan di sana pun berasa adem karena warna catnya. Lengkap juga ya di sana ada menu Empal Gentong-nya juga. Lha, ini khas Betawi apa jadi ala ala Cirebon sama NTB juga karena ada menu Ayam Taliwang-nya? Btw aku khan jadi penasaran sama si sambal gorengnya. Mana disediakan bebas di meja pelanggan pula.

    ReplyDelete
  34. Asyik banget nih keliling cari nasi uduk enak, aku juga suka tapi jarang nemu yang enak di sini. Lauknya menggoda juga ya makan jadi tambah nikmat deh ada ayam bakarnya juga

    ReplyDelete
  35. Wah aku jadi mupeng sama sayur asam betawi
    Di surabaya jarang ada yang jual, meskipun katanya kedai betawi

    ReplyDelete
  36. Aduuuh soto betawiii favorit banget sih Mak. Aku prefer soto jenis kuah kentel begini daripada yang clear kayak soto seger. Enak aja gitu kalo dimakan pake nasi

    ReplyDelete
  37. Sebagai penyuka nasi uduk, aku juga enggak akan bosan makan nasi uduk tiga kali sehari pun. Apalagi kalau sambal dan lauknya enak rasanya. Bakalan jadi menu fav terus

    ReplyDelete
  38. Wah harganya cukup terjangkau untuk paket 2 ayam bakar. Plus sayur asem jadi 32 RB. Sepi tapi pas ke sini ya Mba. Padahal kayanya kalau dari menu rekomended ya. Soal harga juga terjangkau

    ReplyDelete
  39. Siap mba myra sudah aku catat alamat nasi uduk ini. Aku dan suami juga penggemar nasi uduk, mau yg dipinggir jln ato rssto pokonya harus nasi uduk apapun lauknya

    ReplyDelete
  40. Samaaa ih aku pun kalau pesen ayam pasti bagian paha karena lebih juicy. Suami ku jg sama kaya suami mbaknya, suka yg garing dan suka bagian dada. Baca ini jadi terinspirasi, apa buat besok bikin nasi uduk aja ya buat bekel ehehe

    ReplyDelete
  41. Rekomendasi yg menawan hati nih, karena sambalnya gak pedas banget ya kak, tapi bikin seger dan selera buat nambah, eh 😂

    ReplyDelete
  42. Nasi uduk dengan olahan ayam, pasti nikmat. Mau dibakar, mau digoreng, buat saya yg penting matang, langsung tandas. Hehehe...
    Senang ya itu harga udah termasuk minumnya

    ReplyDelete
  43. Suamiku pecinta nasi uduk, dulu suka banget ke nasi uduk kebon kacang. Duuh jadi pengen nyobain nasi uduk betawi Dapur Haji Dona 😁

    ReplyDelete
  44. Saya juga penggemar berat nasduk dengan nasi yang pera plus kualitas santan yang begitu terasa. Ketimbang berlauk ayam, saya lebih suka makan nasduk dengan telor (diolah apa aja) plus tahu bacem dan bihun goreng yang sudah dicampur sayur. Sebagai pelengkap tentu saja sambal goreng, kerupuk dkk. Duuhh nikmatnyaaaa. Bisa lupa daratan dan ingat lautan itu sih hahahaha.

    ReplyDelete
  45. Bagaimana daku tidak ngiler siang-siang liat nasi uduk plus ayam bakar dan lalapan huhuhu.

    ReplyDelete
  46. Auto pegang perut, dan terasa laparrrrr .....hehehhe
    Besok bikin nasi uduk ah, karena jarang banget ke Jakarta
    atau ada cabangnya?
    Preferensi orang memang berbeda-beda ya?
    Terlebih menyangkut kuliner yang umumnya hasil akulturasi

    ReplyDelete
  47. Sama kek suamiku milihnya dada mulu. Kalau aku mah sembaraaang, wong kepala sama kakinya juga aku makan wkwkwk.
    Enak banget ini kyknya makan nasduk apalagi kalau yang masak org Betawi asli ya mbak.
    Lauknya juga sangat lengkap. Duh aku jd laper lagi deh abis baca postingan ini :D

    ReplyDelete
  48. Menggoda untuk nyoba, Mba...
    Satu paket termasuk es tehnya kisaran berapa Mba? Es tehnya seger banget hehehe, suka lagi pas Mba tulis kalau sambal gorengnya tersedia di meja boleh ambil sesuai selera, enakkk...

    ReplyDelete
  49. Enak banget menu nasi uduk Dapur Hj Dona.
    Dipadu dengan es teh, wah.. semakin lahap. Sambel yang dipadukan untuk lauk ayamnya, hmm...so yummii~

    ReplyDelete
  50. Seperti saya dan suami, kalau beli makanan, pilihannya beda dan nanti saling incip. Yang paling enak diberikan ke saya. Hahaha.

    ReplyDelete
  51. sambal gorengnya terlihat menggoda banget, dan ayam bakarnya. duuhh jadi laper nih, lihat postingan ini malam-malam jadi ngiler..

    ReplyDelete
  52. Jd ke pengin nyobain nasi ulam. Pakai ayam goreng sama sayur asem di tambah sambal makin enak deh... Bs jadi rekomendasi tempat makan pas lagi di daerah Tebet nih.

    ReplyDelete
  53. Aku suka nasi uduk hangat+ ayam goreng plus sambal terasi, sayur asam cocok kalo nasinya nasi putih...tapi tetep semuanya enak dimakan

    ReplyDelete
  54. jadi pengen cobain nih nasi uduk, ayam bakar dengan sambal, kayaknya itu serundeng kalau ditabar ke ayam bakar juga enak kali ya :D

    ReplyDelete
  55. uuu... yummy! baru aja tadi siang saya pengen pesan nasi uduk di ojek online, tapi berujung pesan chicken wings bumbu bbq ala-ala korea. sekarang bacain artikel ini tentang nasi uduk kok jadi pengen ya hehehe

    ReplyDelete
  56. Favorit aku ini selama 4 tahun ngekost di Pejaten Pasar Minggu. Tiap hari makan nasi uduk pas sarapan. Mau Nasi Udul Haji Dona, Haji Awi, Haji mana aja, always lezat dan mengenyangkan.

    ReplyDelete
  57. udah lama nggak makan nasi uduk, nah kan jadi kangen nasduk pas baca ini hahaha.
    Dan udah lama juga ga makan ayam taliwang, kadang kalau pas pengen tinggak pesen online, cuman vibesnya kalau makan di Lombok sana sama yang deket rumahku beda hahaha. Dulu pernah nemuin ayam taliwang di Jember dan enakk, ternyata ownernya orang Lombok

    ReplyDelete
  58. Nasi lemakk enak bangett
    Kalau ada porsi paketan kayak gitu biasanya suka aku pilih juga mbak, apalagi kalau makan sama suami, bisa pilih paket beda biar bisa tukar atau icip icip juga menu yang kami pesan

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)