Shalat di Mushola Mall Kelapa Gading

Shalat di Mushola Mall Kelapa Gading - Oktober 2023, keponakan Chi menginap di rumah. Katanya lagi libur sekolah. Singkat cerita, kami bertiga (saya, Nai, dan Bian) jalan-jalan ke Mall Kelapa Gading.


Kami datang saat mall buka. Main dulu di Play 'N Learn. Tempat bermain anak yang baru dibuka di Summarecon Mall Kelapa Gading 1. Selesai bermain, kami makan siang dulu baru shalat Dzuhur.

[Silakan baca: Playdate Asik di Play 'N Learn Summarecon Mall Kelapa Gading 1]

suasana mushola mall kelapa gading

Tentu ada banyak mushola di MKG. Kami memilih yang terdekat aja dari tempat bermain. Seingat saya lokasinya dekat Rambla Super Department Store. Karena kami sempat belanja sebentar di sana sebelum shalat.

tempat wudhu mushola mkg
Tidak ada tempat untuk menaruh tas


Mushollanya gak besar. Kami ke sana sekitar pukul 13.20 wib. Suasana cukup ramai. Tempat wudhu hingga area shalatnya bersih. Hanya saja di area wudhu gak ada tempat buat menaro tas. Kebetulan, Nai sedang haid. Jadi saya bisa nitip tas. Kalau gak, mungkin harus nenteng tas sambil wudhu.

lokasi mushola mkg

Ketika kami ke sana, petugas mushola sedang beristirahat. Ada keterangan juga kalau disediakan mukena di dalam musholla. Sebetulnya agak membingungkan untuk saya. Sepertinya saya gak melihat rak tempat penyimpanan mukena. Tapi, saya melihat ada 2-3 mukena tergeletak di karpet.

penyediaan mukena mushala mkg
Kirain saya mukena ini milik salah seorang pengunjung mall


"Sepertinya pemiliknya lagi wudhu."

Saya sempat menyangka pemilik mukena-mukena tersebut sedang berwudhu. Tetapi, sepertinya saya keliru. Karena ternyata mukenanya dipakai beberapa kali sama orang yang berbeda. Mungkin memang di sana tidak ada rak penyimpanan, tapi diletakkan begitu saja di karpet. Asalkan dilipat rapi setelah dipakai.


kondisi mushola mkg
Meunggu kursi untuk shalat


Saya selalu membawa mukena atau langsung shalat tanpa mukena bila memakan gamis dan kerudung panjang. Saya sempat mengamati mukena-mukena tersebut karena sedang menunggu kursi untuk shalat. Kaki saya masih bermasalah. Masih harus shalat dengan duduk.

Sebetulnya saya juga bawa kursi lipat sendiri. Tapi, malas mengeluarkannya ketika tau di mushola mall Kelapa Gading juga disediakan kursi. Mending menunggu sejenak. Saya pikir gak akan lama antrenya karena biasanya gak banyak yang shalat sambil duduk.


fasilitas mushola mall kelapa gading

Hanya disediakan 1 kursi di mushala ini. Udah ada sedikit koyak di bagian tempat duduknya. Tapi, masih nyaman dan kokoh dipakai shalat.

kebersihan mushala mkg
Mushola sudah sepi ketkka saya selesai sholat. Baru saya tau kalau beberapa mukena yang tergeletak rapi di karpet adalah fasilitas mushola MKG


Menurut saya, shalat di salah satu musholla MKG ini masih cukup nyaman. Tapi, mengingat tempatnya yang gak besar, Sahabat KeNai juga harus lihat situasi, ya. Jangan berlama-lama di dalam. Bukan berarti shalatnya harus terburu-buru, lho. Tapi, juga jangan terlalu berlama-lama kalau sedang ramai. Gantian tempatnya dengan yang lain. Apalagi kalau mukena yang dipakai adalah milik mall.

pintu masuk mushola mkg
Dari pintu masuk udah kelihatan ya kalau itu ke mushola


Oiya, saya juga pernah shalat di salah satu mushola di MKG 3. Lokasinya dekat banget sama Solaria. Cukup nyaman juga area sholatnya. Hanya mungkin tempat wudhunya yang agak kurang.

Seingat saya, begitu buka pintu langsung masuk ke area wudhu. Jadi agak kelihatan ke luar. Jadi, kalau ada kemungkinan aurat terlihat laki-laki yang sedang lewat. Sebaiknya memang berhati-hati aja. Tapi, tempatnya sih bersih.

[Silakan baca: Shalat di Mushola Plaza Senayan]


Mall Kelapa Gading


Jl. Boulevard Raya
Jakarta Utara


Post a Comment

7 Comments

  1. Wah, jadi nambah pengetahuan disana. Sekalian study tour musholla ya mba, hehe


    Newsartstory

    ReplyDelete
  2. Kalau tidak ada lemari kita jadi ragu ya kalau mau kalau mukena takutnya milik orang lain seperti perkiraan Mak Chi gitu
    Nunggu kosong dulu mana bisa, kecuali kebetulan hehe...

    ReplyDelete
  3. Biasanya memang mukena yang diletakkan di karpet begitu memang milik musholla, Teh. Tapi dari dulu aku lebih nyaman bawa mukena sendiri sih daripada pakai yang punya musholla gini. Kelihatan banget tempatnya nyaman. Suka deh Teteh bahas musholla mall. Udah 2 mall nih yang kutandain musholla-nya nyaman dari blogpost Teteh.

    ReplyDelete
  4. Paling seneng kalo shalat di musholah Mall itu pasti bersih, sejuk, dan lengkap fasilitasnya. 😊

    ReplyDelete
  5. Seneng banget kalo Musholanya lengkap, wangi, dan bersih. Rasanya betah. Kalo saya pernah nunggu di mushola Blok M plaza dan stafnya ramah banget padahal belum masuk jam solat zuhur tapi dibolehin nunggu di dalem buat tadarusan.

    ReplyDelete
  6. Aku lupa2 ingat pernah sholat di mall MKG gak yaaa hehe, kyk gak asing. Kyknya pernah sih sekali dua kali aku ke mall ini pas ada event.
    Iya kalau bepergian enak bawa mukena sendiri ya mbak soalnya kadang gak sreg ma mukena mushola umum, tau sendiri lha yaa, kadang gk tau dah dicuci pa belum hehe.
    Eh kursi lipat yg ringkes dibawa yg kek apaan mbak?

    ReplyDelete
  7. Untuk sekilas, tempat sholat dan wudhunya bagi saya terbilang nyaman. Tapi saya rasa memang perlu ditambahkan rak, yang itu bisa diletakkan di pintu masuk sebelum ke musholla ya. Rak ini bisa dijadikan sebagai tempat untuk mukena, jadi gak ada lagi momen bingung atau malah rebutan mukena

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)