Senin, 07 November 2016

Splish Splash di Hotel Bentani, Cirebon

 

Seperti halnya ketika berangkat ke Cirebon, hujan turun dengan deras sepanjang jalan tol. Membuat saya sedikit cemas apakah perjalan pertama kami sekeluarga ke Cirebon ini akan seru atau tidak kalau hujan terus. Alhamdulillah, selama kami di sana, hujan tidak turun sama sekali. Bahkan cuaca termasuk teduh membuat kami merasa sangat nyaman dan ingin kembali lagi. Hujan baru turun dengan deras ketika kami dalam perjalanan pulang.

Beruntung arus perjalanan termasuk lancar walaupun hujan deras. Anak-anak tertidur dengan pulas. Saya pun mulai kriyep-kriyep matanya. Ikutan ngantuk juga ketika kemudian ada telpon dari papah.

Papah menelpon untuk bertanya tentang Cirebon. Katanya, bulan depan ada rencana mau ke Cirebon untuk menghadiri undangan pernikahan. Saya pun spontan langsung berkata, "Pah, Chi sekeluarga ikut, yaaa!" Jalan-jalan sama papah dan mamah itu berarti kata gratis ada di depan mata huahahaha. Minimal penginapannya, lah. Apalagi, Nai sempat susah diajak pulang. Dia masih kepingin berlama-lama di Cirebon. Begitu bangun tidur, Nai senang banget tau akan berlibur kembali ke Cirebon.

Mamah sempat bertanya tentang penginapan kami selama di Cirebon. Chi pun merekomendasikan hotel tempat kami menginap selama di sana. Keputusannya sih terserah mamah dan papah, lah. Yang akhirnya memilih Hotel Bentani untuk menginap. Saya gak tau persis alasan kenapa memilih hotel Bentani. Papah pernah bilang kalau undangannya belum juga datang, khawatir gak dapat penginapan kalau terlalu mepet. Setelah undangan diterima, papah juga bilang kalau hotel dan tempat resepsinya cuma berjarak beberapa ratus meter saja itupun gak pake belok-belok jalannya. Ya, mungkin 2 alasan itu yang akhirnya memilih hotel Bentani.

[Silakan baca: Batiqa Hotel, Penginapan Strategis di Cirebon]


Seperti perjalanan pertama kami ke Cirebon, kali ini hujan pun kembali mengguyur. Bahkan di Cirebon pun hujan masih turun dengan deras. Agak macet juga dari pintu keluar tol menuju hotel. Gak sulit sih sebetulnya mencari hotel Bentani ini. Untuk gampangnya, cari aja stasiun Cirebon. Jarak antara hotel Bentani dan stasiun Cirebon sangat dekat. Masih di jalan yang sama dan kami sempat berjalan kaki ke stasiun, hanya 5 menit saja jalan santai. Deket banget, kan.
Bentani adalah hotel bintang 3. Saya gak tau sudah berapa usia hotel ini tapi kalau dari tampilannya sih termasuk hotel tua. Apalagi di sekitarnya banyak berdiri hotel baru dengan tampilan yang modern. Kelihatan banget kalau ini hotel udah senior hehehe. Meskipun hotel tua, kesan spooky dan kumuh tidak terlihat di sana. Hotelnya terlihat bersih dan nyaman.


Kami booking 3 kamar superior. Kamar dengan luas 24 m2 ini cukup, lah. Masih leluasa bergerak. Kamar mandinya menggunakan bath tub. Rasanya saya udah agak jarang menemukan hotel yang tipe kamar standar atau superior trus kamar mandinya menggunakan bath tub. Kebanyakan sudah menggunakan shower. Kalau tipe kamar suite mungkin masih ada yang menggunakan bath tub.

Trus, di kamar juga disediakan berbagai camilan. Tentu aja berbayar kalau kita makan camilannya. Ini juga mulai agak jarang saya temukan kalau menginap di hotel. Sekarang paling cuma disediakan air putih, kopi, atau teh aja. Bath tub dan snack memang mengingatkan saya ketika menginap di hotel zaman dulu. Kalau udah gini siapa yang bakal senang? Tentu aja anak-anak! Apalagi Nai ditambah lagi ada kolam renang pula. Makin kesenengan deh dia nginep di hotel Bentani

Kereta Singabarong

Empal Gentong oh Empal Gentong ...

Hujan masih turun dengan sangat deras. Nai udah merengek aja kepengen berenang. Padahal kalau hujan begini kayaknya paling enak boci (bobo ciang), ya hehehe. Atau ngopi di kamar. View kamar kami menghadap kolam renang jadi rasanya makin adem.

Susah juga sih buat boci. Perut menuntut buat diisi. Tapi, di mana, ya? Masa ikut papah dan mamah ke resepsi pernikahan buat numpang makan siang? Udah coba googling tetep aja bingung. Kami putusin buat ngopi dulu, deh. Kayaknya di hotel ini ada coffee shop. Pas, kami ke sana ternyata masih ditutup padahal seharusnya udah buka. Saya sempat bertanya ke resepsionis, katanya bisa dibuka kalau memang kami ingin ngopi.

Setelah dipikir lagi, mendingan langsung makan siang aja. Hujan juga udah reda. Saya pun bertanya tempat makan empal gentong yang enak dan terdekat dari hotel karena rencananya kami mau jalan kaki.

Resepsionisnya bilang kalau dari hotel ke arah kanan, sekitar 300 meteran ada empal gentong Krucuk. Tapi, resepsionisnya bilang sebaiknya kami ke arah kiri. Mengarah ke stasiun karena di sana ada empal gentong mang Darma. Jaraknya pun lebih dekat daripada empal gentong Krucuk.

Menurut saya, 300 meteran sih gak jauh, lah. Tapi karena resepsionisnya bilang empal gentong Mang Darma lebih dekat, kami pun menurut. Memang sih jarak ke stasiun gak jauh. Seperti yang saya bilang di awal, cuma sekitar 5 menit jalan kaki udah sampe stasiun. Tapi, mana restoran empal gentongnya? Kami pun bertanya ke tukang parkir yang ada di sana. Gak langsung jawab dan sekilas saya seperti melihat wajah bingung.

"Kalau Mang Darma di jalan Cipto, Bu."

Apaaa??! Jalan Cipto kan tempat kami menginap waktu itu. Berapa jauh jaraknya dari Bentani? Kami pun memutuskan untuk terus berjalan kaki. Sesekali saya melihat ke Google Maps. Beberapa kali juga saya bingung karena Google Maps terus mengarahkan ke arah hotel lagi. Ketika kami berjalan ke arah berlawanan, maka rerouting mapnya. Begitu terus.

Hotel Bentani rupanya berlokasi di pusat kota. Selain dekat dengan stasiun, di sekitarnya ada alun-alun, masjid besar, dan pusat pemerintahan. Ada juga beberapa sekolah. Dan, dekat dengan banyak pusat oleh-oleh. Makanya, kami sempat mencari oleh-oleh sebelum pulang. Suami juga terpikat dengan batik megamendung berwarna biru dengan dasar hitam. Ingin punya batik dengan motif itu. Sayangnya pas kami ke salah satu pusat oleh-oleh, gak dapat yang diinginkan. Batik dengan motif megamendungnya sih ada tapi warna lain :)


Hujan deras yang baru saja reda, tidak membuat cuaca Cirebon jadi sejuk. Matahari langsung terasa lumayan menyengat. Anak-anak mulai rewel. Nai malah mulai nangis. Mau berapa jauh berjalan kaki? Ya, karena Nai juga udah mulai nangis, kami memilih rumah makan Ampera aja yang kebetulan ada di depan mata. Gagal deh makan siang pake empal gentong

Byuuuur! Splish Splash Sampe Sore!

Sekitar pukul 13.30 wib kami sudah di kamar hotel lagi. Pengennya sih boci di kamar tapi Nai mulai nagih berenang. Ya udahlah, saya dan para krucil pun mulai berenang. Cuma suami yang memilih boci. Enak bangeeeettt!

Kolam renangnya gak terlalu besar. Tapi nyaman karena gak banyak yang berenang. Mungkin karena masih siang juga. Sekitar pukul 14.00 wib kami berenang. Dan, kolam renang kelihatannya mulai agak rame menjelang sore.


Teteuuup dong, foto-foto mah wajib. Tapiiii ... Ya, batterenya sekarat. Perasaan baru dicharge? Jangan-jangan mulai rusak nih kamera? Padahal andalan kalau lagi berenang biar tetep narsis hahaha. Lem biru aja kali, ya? Cari kamera gopro terbaik, ah! 2 jam aja kami berenang. Selain mulai rame, kamera juga udah mati padahal cuma dipake sebentar :D
Jarak kamar ke kolam renang gak jauh. Tapi yang bikin lama adalah ngetok pintu kamar dan gak dibukain ma suami. Dia tertidur pulas dan padahal kami udah berkali-kali ngetok. Coba kamarnya ada bel, kayaknya gak bakal selama itu kami ada di lorong hihihi
Selesai berenang, kami bersiap makan malam. Kali ini barengan sama orang tua. Asiiikk bakal ditraktiiirrr hehehe. Makan malam di empal gentong H. Apud. Akhirnya, kesampean juga makan empal gentong. Reviewnya nanti aja ya di postingan lain.

 

 Cuma Nai yang ikut menemani ayah dan bundanya. Keke memilih tidur di kamarnya. Nai pesan Banana Split. Sayangnya whipped creamnya habis. Tapi, Nai tetap pengen order

Menjelang tidur, rasanya pengen ngopi. Sebetulnya di kamar juga ada kopi tapi pengen ke restonya. Wijaya Kusuma nama restonya. Suasana di pinggir kolam renang terasa romantis, lho. Suami yang turun duluan sempat pesan minuman dan duduk di pinggir kolam. Tapi, gak lama kemudian hujan turun lagi. Kami pun memilih ngopi di resto saja.
Selain bel kamar, ada satu lagi kekurangan hotel ini yaitu pilihan channel tv nya kebanyakan tv lokal. Sebetulnya kalau menginap di hotel kami gak pernah memikirkan tentang tv. Bahkan pernah nginep di hotel yang siarannya lebih banyak semutnya pun kami gak peduli. Karena biasanya kalau lagi jalan-jalan gitu lebih banyak keluar dan di hotel cuma untuk tidur.

Tapi, di hari itu saya terpaksa begadang menyelesaikan beberapa kerjaan. Paling males kalau lagi jalan-jalan masih bawa kerjaan. Cuma gara-gara selama 2 hari internet di rumah mati, saya pun terpaksa bawa kerjaan saat liburan. Hasilnya, ketika semua sudah terlelap, saya masih begadang hingga lewat tengah malam. Siaran televisi gak ada yang bagus, saya tetap menyalakan supaya berasa ada yang nemenin aja. Tapi bagusnya jadi gak terdistraksi sama tv. Kalau acaranya bagus-bagus bisa-bisa saya malah nonton bukannya nyelesain kerjaan, ya :D
[Silakan baca: Bersantai di Hotel Neo Green Savana Sentul City by Aston]

Main Air Lagiii ....

 


Hujannya awet banget. Sampe pagi masih juga turun. Resto pun penuh dengan tamu untuk sarapan. Sampe resto Jepang yang ada di sebelahnya dibuka untuk para tamu yang akan sarapan. Di hotel Bentani ada 2 resto dengan menu international. Selain resto Jepang, ada juga resto Korea. Sebetulnya ada resto Thailand juga rapi masih direnovasi. Menu sarapannya lumayan beragam. Tapi, untuk rasa biasa aja, sih.

Dan entah karena saat itu tamu sedang ramai atau bagaimana, agak lambat mengisi beberapa tray yang kosong. Apalagi di bagian omelette, rasanya lumayan lama menunggunya. Saya pun memutuskan gak jadi ambil omelette.

Selesai sarapan, Nai pengen berenang lagi. Tapi hujan gak juga berhenti. Saya pun meminta Nai untuk main air di bath tub aja. Lumayan menghibur dia. Bisa berlama-lama main air di bath tub :D


Selesai di situ main airnya? Enggak. Nai masih nagih untuk berenang di Cirebon Waterland! Oke, deh makan siang dulu aja di sana sambil nunggu hujan turun. Tapi ternyata gak reda juga sampai kami selesai makan. Dengan wajah lesu Nai pun menurut diajak pulang. Etapi, malah kami yang gak tega lihat wajah sedihnya hehehe.

Kami pun membolehkan Nai berenang. Tapi sebentar aja dan jangan jauh-jauh. Karena saya dan suami gak ada yang mau berenang. Keke juga gak mau. Nai pun berenang cuma sama sepupunya. Makanya kami minta jangan jauh-jauh berenangnya. Jangan sampai hilang dari pandangan kami. Walaupun cuma sebentar, Nai tetap senang.

Selesai berenang, kami pun pulang. Walaupun hujan terus tapi cukup puas lah jalan-jalannya. Pastinya yang paling puas itu Nai karena 2 hari berturut-turut main air terus. Penginapannya pun nyaman. Staff nya pun ramah-ramah. Fasilitasnya juga lumayan komplit. Boleh lah kapan-kapan nginep di sana lagi. Oiya, Bentani juga kayaknya ada apartmentnya di lokasi yang sama. Mungkin info lebih lanjutnya bisa tanya langsung ke Bentani, ya :)

Hotel Bentani & Residence

Jl. Siliwangi No. 69, Kejaksan
Kota Cirebon
Jawa Barat 45121
Indonesia

Telp: (0231)203246

www.bentanihotel.id

 

30 komentar:

  1. Seru bisa liburan bareng keluarga. Kalau di cirebon banyak banget empal gentong sama nasijamblang. Trus oleh2 nya batik trusmi..

    Nah hotelnya ini yang saya baru tau.

    BalasHapus
  2. Oke sip! pas aku ke cirebon buat kulineran (lagi) aku akan menginap di sini. ahahhaa. makasih ya mbak infonya :))

    BalasHapus
  3. wah Nai seneng bgt tuh, dua hari berenang gak henti. lokasi hotelnya strategis ya mb, di tengah kota.

    BalasHapus
  4. Wah wah. Anak-anak pasti betah banget ya renang terus di sana. :D Jadi pingin ke Cirebon

    BalasHapus
  5. Waaa...ini kota kelahiranku, Mak. Sering juga lewat situ. Malah belum pernah nginep di Bentani hehe. Btw, jadi pingin mudik ๐Ÿ˜€

    BalasHapus
  6. Ah, kapan ya dolan ke Cirebon. *mupeng

    BalasHapus
  7. Klo sudah nyebur di air..pasti betah anak-anak. Hotelnya nyaman ya mbak... Bisa nih..klo suatu saat ke Cirebon.

    BalasHapus
  8. haha kalo pergi sama ortu enaknya apa2 dibayarin ya... :P

    BalasHapus
  9. Nah ini hotel jg direkomen ama temenku kalo aku k cirebon nanti des mbak.. katanya bgs.. aku liat foto2nya sih jg kyknya nyaman yaa.. sekalian baca reviewmu jd sprtinya bakal jd nginep di sana aja :D

    BalasHapus
  10. Seru banget sih mbaa!
    Aku dah masukin wishlist juga nih buat jalan-jalan ke Cirebon sama krucils, semoga tahun depan bisa terlaksana deh :D

    Hotelnya bagus yaa, nggak terkesan serem ah walau udah tua juga.

    BalasHapus
  11. wah keliatan bagus juga hotelnya, thanks for sharing :)
    kapan2 kalo main ke cirebon bisa ke sini :)

    BalasHapus
  12. Berarti kayak di Novotel Semarang. Ada bath ub sm cemilan๐Ÿ˜€

    BalasHapus
  13. ooo gitu ya dalemnya. waktu saya masih sekolah di cirebon, Bentani ini salah satu hotel terbaik dan termahal. sekarang mah udah banyak hotel di cirebon sih ya. Mau ah sesekali nginep di Bentani.

    BalasHapus
  14. Jalan-jalan bareng keluarga memang selalu menyenangkan ya. apalagi jaman-jaman dulu saat tempat wisata belom begitu ramai kayak sekarang bisa lepas menikmatinya. Kalau skrg udah pada ramai :( kdg memilih dirumah aja.

    BalasHapus
  15. Kereeen ya dan seruuuu....
    Kalau ke Cirebon mau mampir juga ahh hihihi

    BalasHapus
  16. wahh makanannya enak tuhh...

    BalasHapus
  17. Hihihi anak-anak emang kalau liat air ya >.< macam ikan saja! Seruuuuuu ihhhh >.<

    BalasHapus
  18. Kalau ada acara resepsi pengantin yang ada menu empal gentongnya, biasanya saya ambil. Saya suka. Semoga suatu saat bisa ke Cirebon, apalagi nginap di Bentani. Aamiin...

    BalasHapus
  19. Aku belum pernah ke cirebon. Oneday kalau ke cirebon kayaknya mau nginep disini aja. soalnya tempatnya keliatan bagus buat foto foto.. Hehe *tetap ya :D

    BalasHapus
  20. Pengen jg nyobain Bentani kapan2.. Kebayang smgtnya Nai yg keturutan main air berkali-kali hehe..

    BalasHapus
  21. Mbak, kok pesen kamarnya 3?

    BalasHapus
  22. baru tahu kalo di cirebon ada hotel ini. dicatet buat kapan2 klo mampir. haha

    BalasHapus
  23. Aku kok mau ke cirebon dari kapan tau malah ngak kesampean mulu

    BalasHapus
  24. Wah.. cirebon. Kalau mudik cuman lewat aja. Nyicip empal genting juga ngga mba? hehehe

    BalasHapus
  25. wah eskrimnya menggoda mbak hehehe seru ya mbak keke seru bareng keluarga tuh...

    BalasHapus
  26. Aku pernah juga nginap di Cirebon, hotelnya juga punya bathtub. Masih keinget deh mbak, lagi berendam tiba-tiba kamar rasanya bergoyang-goyang. Ternyata ada gempa, langsung lari keluar kamar mandi cuma handukan, hihiii

    BalasHapus
  27. Kamar superior tp dapet bathtub asik bgt mba, luas jg ya kamarnya. Walopun di Cirebon udh makin banyak hotel baru tp hotel ini masih tetep eksis.. Deket bgt sama stasiun lagi ya mbaa..

    BalasHapus
  28. Asyik banget yg liburan ke cirebon niy. Aku terakhir 3 tahun yg lalu ke sana. Ga menemukan hotel senior ini. Tempatnya emang bersih dan nyaman banget yaa..
    Baiklah rekomen niy ya, noted!

    Naii ikotan selpih sambil nyelem donk..

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...