Jalan-Jalan KeNai

Blog family traveling tentang adventure, kuliner, hotel, dan tips perjalanan

5 Menu Andalan Rock 'N Sugar, Luminor Hotel Pecenongan yang Wajib Dicoba

5 Menu Andalan Rock 'N Sugar, Luminor Hotel Pecenongan yang Wajib Dicoba


Kawasan Pecenongan sejak dulu dikenal sebagai salah satu wisata kuliner di Jakarta Pusat. Banyak sekali resto serta jajanan kaki lima di sana. Sebetulnya saya termasuk yang jarang ke daerah Pecenongan. Tapi, setidaknya pernah punya 1 kenangan yang masih teringat meskipun kejadiannya udah lama banget. Kira-kira lebih dari 20 tahun lalu saat masih pacaran ma suami.

Saat itu salah satu wisata kuliner yang terkenal di Pecenongan adalah seafood kaki lima. Banyak pedagang seafood kaki lima di sana. Pastinya kami pun ikut penasaran ingin merasakan kelezatannya. Dengan pedenya kami pun memesan menu. Gak banyak sebetulnya yang kami pilih, tapi untuk pertama kalinya saya mencicipi Kepiting Saus Padang yang rasanya enak bangeeeett! Kami main order aja tanpa tanya harganya dulu. Begitu disodorin kami pun agak keselek. Seingat saya sekitar IDR100K gitu. Eits! Itu kejadian udah lama banget, ya. Masa di mana isi bensin mobil IDR10K saja udah bisa bikin saya bolak-balik kampus dan rumah setiap hari selama seminggu. Jadi nilai IDR100K pada saat itu memang gede aja. Apalagi buat kami yang saat itu masih mahasiswa. Untung ada duit meskipun menghabiskan jatah uang jajan bulanan 😂

Sekarang wisata kuliner di Pecenongan bertambah satu lagi. Tepatnya di Rock 'N Sugar Restaurant, Luminor Hotel Pecenongan. Hotel berbintang 3 ini baru berdiri sekitar setahun dan lokasinya cukup strategis. Saya ke sana naik commuter line dan turun di stasiun Juanda. Dari stasiun, saya lanjut naik ojek online tapi kemudian saya baru tau kalau jalan kaki juga dekat. Akhirnya, ketika pulang saya memilih berjalan kaki dari hotel ke stasiun dan ternyata memang dekat.

[Silakan baca: Staycation di Airy Rooms Menteng Wahid Hasyim, Jakarta]

5 Menu Andalan Rock 'N Sugar, Luminor Hotel Pecenongan


Namanya juga andalan, berarti wajib dicoba 5 menu ala carte Rock 'N Sugar, Luminor Hotel Pecenongan.

Empal Picung

Empal Picung, IDR60K

Sahabat KeNai tau apa itu picung? Mungkin kita lebih mengenal dengan nama kluwek daripada picung. Biasanya kluwek dimasak untuk makanan seperti rawon. Nah, picung ini kluwek yang masih muda. Warnanya putih, bukan hitam.

Mamah saya cukup sering bikin bikin tumis picung. Picung memang makanan rumahan banget. Makanya agak mengejutkan juga ketika picung bisa jadi menu hotel. Mencari picung juga agak sulit. Setiap kali pulang dari Bandung, biasanya mamah bawa picung. Karena mencari picung muda di Jakarta kayaknya gak ada. Chef Ardi dari Luminor hotel aja mengatakan kalau picung yang digunakan berasal dari Depok.

[Silakan baca: Kedai Nyonya Rumah, Serasa Makan di Rumah]

Empal adalah daging yang sudah diproses sedemikian rupa dengan berbagai bumbu. Proses membuat empal biasanya cukup lama seperti membuat rendang. Empal picung ini rasanya cukup pedas dan segar. Sahabat KeNai bisa meminta tingkat kepedasannya.

Luminor Beef Bistick

 Luminor Beef Bistick, IDR85K

Steak dengan mushroom sauce ini dilengkapi dengan sayur (buncis dan jagung) serta kentang yang digoreng masih beserta kulitnya. Sahabat KeNai bisa meminta tingkat kematangan steaknya. Dagingnya berasal dari sapi lokal dan menggunakan bagian tenderloin. Kebanyakan tamu meminta tingkat kematangan well done. Tetapi kalau saya lebih suka medium atau medium rare untuk tingkat kematangan steak

[Silakan baca: Ketagihan Green Salad with Japanese Dressing Tokyo Skipjack]

Burger Ireng

Burger Ireng, IDR85K

Makanan dan minuman yang berwarna ireng (hitam) termasuk lagi trend, nih. Warna hitamnya berasal dari charcoal (arang). Kadang-kadang suka ada yang tanya ke saya tentang keamanan serta rasa makanan yang menggunakan charcoal. Arang ini aman untuk dimakan karena memang khusus untuk campuran makanan. Selama ini, saya pun merasa aman saja. Meskipun menggunakan charcoal, rasanya tidak berubah. Malah makanan yang mengandung charcoal juga bisa berfungsi untuk detox, lho.

Rotinya dibuat sendiri oleh chef Luminor Hotel. Ukurannya cukup besar dengan taburan wijen di bagian atas. Dagingnya juga cukup besar, sekitar 125 gram. Saya sempat bertanya, mengapa masih ada tambahan salad coleslaw serta mayonnaise lagi padahal di dalam burger kan sudah ada sayuran. Ternyata menurut chef Ardi, beberapa tamu suka ada yang request salad untuk teman makan burger.

Rasa burgernya enak, tetapi saya kurang suka dengan platingnya. Burger disatukan dengan salad, membuat dasar burger menjadi lembek karena basah. Mungkin kalau order burger ireng ini, saya akan minta plating yang dipisah atau gak usah pakai salad sekalian karena sudah ada sayur di burgernya.

Sop Iga Kedondong

Sop Iga Kedondong, IDR120K

Begitu baca daftar 5 menu unggulan, saya paling antusias dengan sup iga kedondong. Saya termasuk penggemar sop iga, kalau ditambah dengan kedondong sudah bisa membayangkan rasa segar sopnya. Kalau lagi pulang kampung, saya suka minta tolong untuk dipetikin daun kedondong yang ada di pinggir kolam ikan. Daun kedondong akan membuat segar rasa masakan. Tapi karena di sini susah mendapatkan daun kedondong, maka buahnya pun gak apa-apa karena tetap terasa segar. Buahnya juga bisa dimakan dan memiliki tekstur yang 'kres'.

Sahabat KeNai pernah mencicipi garang asem? Nah mirip-mirip deh rasanya. Ketika saya mencicipi sop ini, tekstur iganya lembut. Gak bikin saya harus 'berantem' ketika mengunyah. Seperti yang sudah saya duga, buah kedondongnya membuat kuah sop ini menjadi segar. Kedondongnya sudah dipotong-potong jadi serabutnya tidak ikut terbawa ke dalam sop.

Nabulupe Iga

 
Nabulupe Iga, IDR120K

Keunikan nama menu ini membuat saya langsung browsing. Tetapi, gak juga menemukan infonya. Saya pikir nabulupe adalah makanan khas dari daerah tertentu. Ternyata saya salah. Nabulupe merupakan singkatan dari Nasi Bambu Luminor Pecenongan. Eyaaampuuunn! Pantes aja gak ketemu infonya 😂

Dari kelima menu andalan yang dikeluarkan, Nabulupe Iga menjadi favorit saya. Nasi yang dimasukkan ke dalam bambu ini rasanya gurih, mirip nasi uduk. Di dalam nasi dikasih tumisan jamur dan wortel. Daging iganya lembut dan semakin nikmat dengan adanya sambal pencok yang pedas. Sahabat KeNai bisa memilih iga bakar atau goreng.

Sambal pencok ini bahannya sangat sederhana yaitu bawang putih dan rawit yang diulek kemudian dikasih minyak panas. Biasanya sambal pencok menggunakan kacang panjang. Tapi kalau di Luminor Hotel Pecenongan selain menggunakan kacang panjang juga jagung. Pokoknya mantap banget rasa Nabulupe Iga. Favorit! 😋

Penyajian setiap makanan membutuhkan waktu sekitar 15-25 menit untuk disajikan, tergantung dari menu yang dipilih. Kalau Sahabat KeNai tertarik dengan menu a la carte andalan ini, tetapi mau tetap berhemat bisa coba beli voucher di HotelPon. Coba Sahabat KeNai membeli voucher IDR10K value IDR50K di Hotel Pon. Artinya, Sahabat KeNai cukup bayar IDR10K, sudah mendapatkan voucher nominal IDR50K untuk pembelian minimal IDR200K. Lumayan juga penghematannya. Semua harga yang tertera sudah nett.


Kelima menu andalan yang merupakan best seller Luminor Hotel Pecenongan memang unik-unik. Selain makanan juga disajikan 2 minuman khas Luminor Hotel Pecenongan, yaitu Red Velvet Ice Blended dan Rock Bubble Tea.

Sesuai namanya, Red Velvet Ice Blended ada tekstur crush di es batunya. Keunikan dari minuman ini adalah ada potongan red velvet cake di atasnya. Minuman kedua adalah rock bubble tea yang tidak lain merupakan Thai tea yang diberi bubble.

All You Can Eat Quick Lunch



Tidak hanya menu ala carte, di Rock 'N Sugar Restaurant juga tersedia menu All You Can Eat untuk makan siang. Setiap harinya, Luminor memiliki Thematic Food, yaitu
  • Selasa: Kampung Betawi
  • Rabu: Gebyok Jawa
  • Kamis: Sunda Ngariung
  • Jum'at: Nusantara


Saya ke sana hari Kamis (4/5), kebetulan banget thematic foodnya Sunda Ngariung. Karena saya orang Sunda jadi penasaran sama rasa masakan sunda di Luminor Hotel.

Pilihan menu Sundanya banyak. Sambal dan lalapannya juga. Tau aja nih kalau orang Sunda memang penggemar sambal dan lalap. Ada kue-kue jajanan pasarnya juga, bakso, Laksa Bogor, dan berbagai menu khas sunda yang biasa ditemui di kaki lima.

Rasa sambalnya kurang pedas. Tapi, saya gak cobain semuanya, sih. Hanya 3 sambal aja dari sekian banyak pilihan. Lain kali saya cobain sambal yang lainnya, deh. Pilihan dessertnya juga banyak. Ada juga yang khas Sunda seperti rujak beubeuk. Wajib coba rujak bebeuknya!

Tidak hanya makanan dan minumannya yang menu sunda, suasananya pun dibuat seperti sedang ngariung (berkumpul) di tanah sunda. Alunan musik sunda pun menemani sepanjang makan siang.

 

 Wajib cobain rujak beubeuknya 😋

Harga All You Can Eat Quick Lunch di Luminor Hotel sebesar IDR85K. Mengingat banyaknya pilihan kuliner yang ditawarkan, menurut saya harga segitu tidak mahal. Malah kalau beli vocher Quick Lunch di HotelPon, cukup membayar IDR76,5K. Sahabat KeNai udah bisa makan sampe kenyang banget. Gak usah terburu-buru juga. Nikmati suasana restonya yang nyaman. Udara panas dan jalanan yang lumayan padat di Pecenongan, gak berasa deh kalau udah makan di sini. Bisa santai sejenak.

Tidak hanya itu, setiap Jum'at malam juga Sahabat KeNai bisa menikmati All You Can Eat BBQ Dinner. Cukup dengan harga IDR135K (normal price), Sahabat KeNai bisa menikmati aneka menu BBQ sepuasnya. Asik banget, kan? Kalau beli voucher Promo BBQ Dinner di HotelPon, Sahabat KeNai cukup membayar IDR121,5K.

Beli Voucher Fasilitas Hotel di HotelPon


Dari tadi saya menyarankan untuk beli voucher di HotelPon. Penasaran kan ya apa itu HotelPon?

Jadi e-commerce di Indonesia bertambah satu lagi dengan kehadiran HotelPon. Namanya memang ada kata hotelnya tetapi e-commerce yang satu ini tidak menjual kamar. HotelPon menjual fasilitas berbagai hotel bintang 3 ke atas. Di Indonesia, HotelPon mengklaim sebagai e-commerce pertama yang menjual berbagai voucher fasilitas hotel.

HotelPon adalah produk asli Indonesia. Cara membelinya kurang lebih sama dengan e-commerce lain, tapi yang membedakan adalah pembeli tidak harus menjadi member HotelPon terlebih dahulu untuk bertransaksi. Sahabat KeNai silakan cek di website HotelPon, deh.

Ya kadang-kadang kita kan pengen menikmati fasilitas hotel tapi gak sedang ingin menginap. Misalnya hanya ingin bersantap di resto, nge-gym, beauty treatment, atau berbagai fasilitas lainnya. Wedding package juga termasuk salah satu fasilitas yang ditawarkan hotel.

Suka merasa harganya pasti mahal aja kalau fasilitas hotel gak? Nah, (sekali lagi) urusan mahal atau murah memang relatif. Tapi kalau bisa dapat harga lebih murah pastinya senang, dong. *Saya banget ini yang suka dengan penawaran spesial 😂* Kalau Sahabat KeNai buka website HotelPon, akan menemukan berbagai penawaran voucher yang menarik. Beberapa diantaranya udah saya tulis di atas, ya.

 
Foto milik: HotelPon

Kayak gini bisa jadi lifestyle juga. Misalnya pengen ngumpul bersama teman-teman. Daripada ke mall yang cenderung ramai, bisa pilih suasana resto di hotel. Lebih nyaman, makanannya juga enak-enak, dan instagramable pastinya. Hari gini, udah gak aneh kan kalau ngumpul sambil cekrak cekrek trus upload ke social media. Bakal makin keceh kalau ngumpulnya di tempat yang instagramable. Atau ajak teman-teman untuk nge-gym bareng sepulang kerja juga seru. Badan sehat, pertemanan juga semakin akrab.

Ajak kumpul keluarga juga asik. Makan bersama di restonya abis itu berenang sekalian. *Rata-rata fasilitas kolam renang di hotel itu free asalkan Sahabat KeNai menginap atau paling tidak menggunakan fasilitasnya, misalnya makan di resto hotel.* Buat menyenangkan anak-anak sudah cukup banget. Biasanya anak-anak kan betah di air. Perut pun kenyang. Pulang ke rumah udah capek trus tidur nyenyak, deh. 😊

Di dunia e-commerce, HotelPon masih termasuk 'bayi'. Baru resmi launching sejak Maret 2017. Pilihan hotelnya pun masih di Jakarta saja. Ke depannya, jumlah hotel yang bekerjasama dengan HotelPon akan semakin banyak. Termasuk ke beberapa kota besar di Indonesia. Setidaknya dalam waktu dekat ini, kabarnya beberapa hotel di Tangerang seperti Novotel, Grand Zuri, Atria, dan lain sebagainya akan bekerja sama juga dengan HotelPon.

[Silakan baca: Menikmati Long Weekend Staycation di Grand Zuri BSD City Part 2]

Kalau sesuai rencana, bulan depan HotelPon juga akan membuat aplikasi. Diawali dengan aplikasi untuk Android dan menyusul iPhone. Tentunya akan semakin memudahkan karena zaman sekarang masyarakat lebih banyak menggunakan smartphone termasuk dalam hal bertransaksi.

Kira-kira, Sahabat KeNai paling antusias ingin menikmati fasilitas hotel yang mana, nih? Kalau beli voucher di HotelPon bisa dipindahtangankan, lho Ya siapa tau aja Sahabat KeNai mau kasih voucher untuk orang-orang tersayang 😊


Luminor Hotel Pecenongan





32 komentar:

  1. Balasan
    1. Asik dong kalau mau lunch di sana :)

      Hapus
  2. Kayaknya asyik ya sop iga kedondong itu, gurih-gurih asam mungkin rasanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanya segar karena kedondongnya

      Hapus
  3. Makanannya bikin ngiler.
    Numpang ngiler ya mbak. :D

    BalasHapus
  4. Ngiler liatnya. Tapi pas liat harganya bikin nyengir :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh tapi kalau buffet kan bisa puas banget :)

      Hapus
  5. Masakannya fresh, rasanya nyuus, bikin nagih

    BalasHapus
  6. masakan nusantaranya banyak variasi ya bun.. celeguk aku bayangin sup iga kedondongnya hehehe

    BalasHapus
  7. all you can eat buffetnya bagus banget ya pake tema gt. jadi ga bosen
    karena beberapa kali nyobain buffet lunch di bbrp hotel gampang bosen karena menynya itu-itu aja..

    dan murce lagihh

    tfs mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, Mbak. Kalau di Luminor ganti-ganti menunya

      Hapus
  8. Asik klo bisa dipindahtangankan. Oia suka liat nih kayaknya dari luar kecil tapi dalemnya lucu yah tiap hotel punya khas masing masing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitu masuk ke dalam, lumayan juga luasnya :)

      Hapus
  9. Aku sekeluarga sering sekali sih menikmati fasilitas renang dan makan di hotel. Mungkin karena senang makan dan berenang ya. Hihihi
    LIhat makanannya enak-enak mbaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. abis renang biasanya laper. Jaid memang enaknya cari yang sepaket hehhe

      Hapus
  10. Sbg orang Depok aku ikut seneng mba, picungnya dari Depok hihihi.. :D Aku pingin nyobain Black burger sama nasi yg di bambu itu mba.. Tampak enaaak.. Iya ya bener jg buat ngumpul2 ternyata asik jg di restoran hotel ya kalo di mol suka terlalu ramai kan.. Thaanks info soal Hotel Pon-nya yah mba, baru tau aku.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nabulupe iganya enak, Mbak. Kalau untuk burger kayaknya saya akan minta saladnya dipisah biar burgernya gak basah :)

      Hapus
  11. Baru kali ini nemu burger yang warna nya ireng gitu..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya pernah makan di salah satu event tapi udah beberapa tahun lalu :D

      Hapus
  12. Sup iga kedondongnya emang juara yaahh.. unik and enaak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sukanya nabulupe, Lin. Tapi sop iga kedondong juga enak

      Hapus
  13. Nama menu makanannya unik unik amat sih. Haha. Penasaran sama Nabulupe ituuu. Iganya empuk enggaak mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak, Noe. Saya masih kepengen cobain makan di sana karena waktu itu cuma nyicip aja :D

      Hapus
  14. huwaaa seruuuu makan makan teruuuss

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena makan bikin bahagia hehehe

      Hapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)