Buka Puasa Bersama di Gastromaquia dengan Menu Spesial Ramadhan

Buka Puasa Bersama di Gastromaquia dengan Menu Spesial Ramadhan

Buka Puasa Bersama di Gastromaquia dengan Menu Spesial Ramadhan - Bukber di mana, nih?
Ih, belum juga puasa udah nanya bukber aja!

Iya, sih, bulan Ramadhan belum tiba tapi Kamis (11/5) lalu kami ke Gastromaquia untuk santap siang. Sejak menonton liputan kuliner di salah satu televisi swasta, saya udah tertarik banget pengen ke Gastromaquia. Nah, abis itu saya suka perhatiin Instagram Gastromaquia. Akhirnya kesampaian juga. Nah karena sudah mendekati bulan suci Ramadhan, Gastromaquia juga memiliki beberapa menu spesial.




2 hari sebelum datang ke sana, saya sempat reserved terlebih dahulu via telpon. Saya bilang akan datang sekeluarga (4 orang) di hari Kamis pukul 11.00 wib. Datang ke Gastromaquia pada saat resto baru buka adalah saat yang tepat. Suasana masih sepi sehingga kami leluasa memilih tempat duduk dan berfoto sejenak. Menjelang makan siang, resto pun mulai ramai.

Jalanan tol di Jakarta cukup lengang. Tapi, karena kami sempat salah keluar pintu tol, jadinya agak lama sampai ke tujuan. Membutuhkan waktu tempuh sekitar 40 menit. Harusnya keluar di pintu tol Pancoran, ini malah di Kuningan. Jadi agak sedikit jauh jarak tempuhnya.

Resto yang berlokasi di jalan Ciniru ini hanya memiliki lahan parkir sedikit. Kami harus menggunakan jasa vallet. Ya gak apa-apa sih daripada ribet juga cari parkir. Tulisan Gastromania pada bangunan bercat putih agak kecil dan kurang terlihat. Tapi, gak sulit mencari lokasinya, kok.




Begitu masuk resto kami langsung disambut dengan ramah *Iyeees! Para pelayan di sini ramah-ramah.* Saya pun mengkonfirmasi sehingga langsung disajikan daftar menu spesial Ramadhan. Sudah lama saya suka Gastromaquia dan berniat datang ke sana. Sejak melihat liputannya di tv, saya langsung suka dengan suasananya yang clean. Didominasi dengan warna putih baik di luar maupun ruangan membuat resto ini terlihat terang terutama di lantai atas. Di sini pun banyak properti yang menarik yang instagramable banget.


Menu Spesial Ramadhan


Gastromaquia adalah resto yang menyajikan berbagai kuliner Spanyol. Ada juga kuliner Indonesia  tetapi pilihannya sedikit. Beberapa menu spesial Ramadhan yang ditawarkan juga ada di menu reguler dan ada juga yang tidak.


Aglio Olio with Crispy Calamary

Aglio Olio with Crispy Calamary
Aglio Olio with Crispy Calamary, IDR68K


Seperti yang sudah saya duga, Keke pasti akan langsung memilih menu ini karena dia sedang senang makan Aglio Olio. Beberapa kali dia minta dibikin lagi. Jadi pas di Gastromaquia ada menu ini, dia langsung order.

Keke: "Enakan Aglio Olio yang di sini daripada buatan Bunda."
*Hufff! Ini semacam kode kalau saya harus meningkatkan rasa Aglio Olio kalau bikin sendiri 😂

Aglio Olio juga ada di menu reguler. Bedanya kalau di menu reguler dikasih prawn juga, tidak hanya calamary. Selain itu, Aglio Olio di Gastromaquia juga dikasih beef bacon dan chili flakes.


Arroz Negro

Arroz Negro
Arroz Negro, IDR95K


Kuliner ini juga ada di menu reguler. Saya tertarik karena katanya ini nasi paella tapi diberi tinta cumi sehingga warnanya hitam. Arroz Negro ini diberi udang, green pepper, serta kerang. Langsung jadi santapan Keke dan Nai, padahal ini pesanan saya. Mereka langsung suka ma rasanya 😋

Selain menggunakan tinta cumi, berasnya juga menggunakan beras hitam. Jangan kaget kalau tekstur berasnya lebih crunchy karena beras hitam memang tidak sepulen beras putih.  Perpaduan nasi dengan tinta cumi rasanya gurih. Di atasnya dikasih mayonnaise. Kucuri dengan jeruk lemon supaya ada rasa segar di nasinya.

[Silakan baca: Yeaay! Ada Fish & Co. di Summarecon Mall Bekasi]


Seafood with Salted Egg Yolk Sauce

Seafood with Salted Egg Yolk Sauce
Seafood with Salted Egg Yolk Sauce, IDR58K


Menu ini pilihan Nai. Cumi dan udang yang digoreng tepung kemudian diberi kuning telur asin. Sebagai pelengkap diberi sedikit tumis sayur. Rasanya gurih dan asin. Ada beberapa cabai juga tapi gak pedas, kok.


Paella de Marisco

Paella de Marisco
Paella de Marisco, IDR268K


Tadinya suami memilih Acehnese Chicken Curry, yaitu kari ayam yang disajikan bersama roti canai. Tapi, roti canai belum siap disajikan saat kami ke sana, sehingga ditawarkan nasi putih sebagai pengganti. Suami saya gak mau mau dan lebih memilih Paella de Marisco.

Paella adalah menu khas Spanyol. Kuliner ini seperti perpaduan antara nasi kuning dan nasi goreng. Secara penampilan mirip nasi kuning, tetapi kalau melihat bahan-bahannya jadi seperti nasi goreng seafood. Ada rasa yang unik dna segar karena diberi kucuran air jeruk lemon.

Untuk menu spesial Ramadhan juga ditawarkan Seafood Fideua. Bedanya dengan Paella de Marisco adalah kalau seafood fideua isinya mie dan seafood. Karena suami gak mau mie jadinya memilih Paella de Marisco. Selain itu porsinya juga berbeda. Kalau Paella de Marisco memang untuk makan bersama. Makanya kami masing-masing dikasih piring kecil buat makan. Tapi, kami lebih suka makan langsung dari pan bersama-sama.

Secara keseluruhan, rasa makanan di Gastromaquia itu yuuummm! Enak-enak semuanya. Akhirnya bikin saya penasaran ingin cobain menu lainnya. Sayang aja perut udah kenyang banget. Apalagi setelah menyantap Paella de Marisco. Mungkin lain kali ke Gastromaquia lagi untuk mencoba menu yang berbeda.


Minuman Spesial Ramadhan


Untuk menu spesial Ramadhan, pengunjung akan mendapatkan gratis ginger tea dan ta'jil. Pilihan minuman lainnya ada 2 yaitu orange juice (IDR15K) dan ice/hot tea (IDR10K).


Orange Juice, IDR35K


Untuk kedua minuman spesial Ramadhan yang ditawarkan ada perbedaan dengan menu reguler. Orange juice di menu reguler adalah fresh juice. Sedangkan menu Ramadhan, *saya lupa istilahnya* bukan fresh juice, tapi sirup. Keke dan ayahnya memilih fresh juice. Rasanya enak, lho. Biasanya saya gak terlalu suka orange juice karena asam. Tapi, ini gak terlalu asam, juga gak terlalu manis. Pas aja gitu rasanya.


Ice chocolate, IDR45K
Ice tea, IDR25K


Saya pesan regular ice tea. Sama seperti orange juice, harganya lebih mahal dari ice tea di menu spasial Ramadhan. Tapi, saya lupa menanyakan perbedaan regular ice tea dengan menu spesial Ramadhan. Es teh yang saya pesan ini rasanya tawar. Saya sedang tidak ingin minum yang manis.

Ice chocolate pilihan Nai rasanya gak terlalu 'berat' karena rasanya yang gak kemanisan. Malah cenderung pahit seperti black chocolate.


Ice Caffe Latte, IDR35K


Selesai makan, Keke order Caffe Latte. Sayangnya saya gak nyicipin, keburu dihabisin ma Keke. Kata dia rasanya enak. Suami pesan classic lemonade. Menurut saya rasanya asam banget. Tapi, suami dan anak-anak malah bilang segar. Apalagi kalau diminum saat lagi panas terik, rasanya pas.


Classic Lemonade, IDR35K


Trus suami mulai keluar deh usilnya. Suami kembali kasih tantangan ke anak-anak. Yang kuat menghisap lemonnya dikasih IDR10K. Kalau kuat kumur-kumur dengan classic lemonade selama sekian detik baru ditelan akan dapat IDR50K. Tumben kali ini Nai gak kuat. Bukan karena gak tahan rasa asamnya, tapi gak kuat nahan ketawa. Jadilah kali ini rezeki Keke dapat IDR60K dari ayahnya 😂

[Silakan baca: Seaside Suki dan Tantangan 200 Ribu]

Udah tau, kan, mau buka puasa di mana? Mengingat Gastromaquia adalah salah satu resto yang lagi hits, mendingan reserved aja dulu. Apalagi kalau bukbernya rame-rame dengan teman atau keluarga. Jangan sampe bukber di Gastromaquia gagal karena gak dapat tempat.


Gastromaquia






www.

Post a Comment

32 Comments

  1. Aku mau ajakin temen bukber di sana ah ntr :D. Tp kyknya bakal ruamee bgt ya mba.. Apa bgsnya jgn pas puasa kali yaa.. Hihihihi galaau...

    Penasaran rasa arroz negro.. Kyknya kebayang enak bgt ihh.. Cumi tinta hitam kesukaanku banget soalnya :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya bukan bulan puasa pun rame. Tempatnya juga sering dipakai gathering. Jaid sebaiknya memang reservasi dulu. Sama, saya juga suka tinta cumi. Bikin masakan jadi gurih

      Delete
  2. saya penasaran ama Paella de Marisco-nya, kayaknya walaupun harganya IDR268K worth it deh kalo sekeluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak, Mbak. Memang untuk rame-rame porsinya. Jadi asik aja makan bersama :)

      Delete
  3. Itu cangkir2nya cantik banget ya. Unik juga restonya. Cumi tinta hitam gak pahit ya Mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinta cumi gak bikin pahit, Mbak. Malah kalau kata saya bisa bikin makanan jadi makin enak. Asal jangan amis aja :)

      Delete
  4. Menu berbuka untuk mulai dikeluarkan ya, gak berasa bentar lagi puasa

    ReplyDelete
  5. Waaah tempatnya ala ala shabby chic yah
    Aku salah fokus sama lampu gelasnya itu lucu banget

    Untuk nama makanannya, semuanya asing di telinga aku hahaha
    Belum pernah nyobain makanan spanyol ternyata.
    Next time harus nyoba nih

    Eh tapi kalau ngajakin temen kampus, kayaknya makanan harga segitu tergolong pricey untuk mahasiswa huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak foto deh kalau makan di sana. Instagramable hehehe.

      Nama makanannya memang agak asing. Tapi ada keterangan di bawa nama setiap makanannya. :D

      Delete
  6. Itu arroz negro pake tinta cumi jgga amis kah mbaa? Sempet nyicip ngga mbaa, apa tandas sama kenai? Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinta cumi gak amis, Noe. Nyicipin, dong. Itu juga saya minta kalau enggak bisa abis sama mereka hahaha

      Delete
  7. Dekorasinya antik ya..Suka banget sama Thema nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dekorasi, makanan, hingga service semuanya saya suka :)

      Delete
  8. Wah lampunya pake cangkir2, unik banget tempatnya. Makanannya juga unik2 kayaknya. Intip website nya ah, penasaran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya unik banget, kan. Makananya pun unik dan enak :)

      Delete
  9. Enak banget makanan-makanannya, tempatnya juga kece banget :-D
    mupeng banget.

    ReplyDelete
  10. Interiornya lucu bingits...
    Pake cangkir dan kacanya juga lucu2, instagramable banget nih

    Kalau makanannya asing sih, cuman yg aku pahami, cumi pake saos kuning telor asin. XD

    ReplyDelete
  11. lampunya itu keren, mengalihkan perhatianku.

    ReplyDelete
  12. Ngiler abis nih aduuuh mupeng deh

    ReplyDelete
  13. h-5 hari puasa, noted lah buat acara buber mbak hihi
    sayangnya saya nggak di jekardaah *heuheu

    jalan ciniru sama daerah kebagusan deket nggak mbak? sapa tau pas ke tempat bude di jaksel bisa mampir kesini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebagusan dan Ciniru sama-sama di selatan tapi lumayan jauh. Sekitar 15 km, lah

      Delete
  14. Penasaran dengan beras hitam pake tinta cumi. Btw, apa menu dari Spanyol itu mostly spicy?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya termasuk yang jarang banget menikmati kuliner spanyol. Tetapi, kalau yang saya coba di Gastromaquia ini memang cukup kayak rasa. Dan kebanyakan pakai seafood

      Delete
  15. Mbak tempatnya instagramable banget, menunya dapet, fotonya nuga dapet deh

    ReplyDelete
  16. pernik2nya keren.... vintage banget ya mbak

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)