Nikmatnya Nasi Bancakan Abah Barna

Nikmatnya Nasi Bancakan Abah Barna
Nikmatnya Nasi Bancakan Abah Barna


bancak, bancakan/ban·cak, ban·cak·an/ n 1 selamatan; kenduri; 2 hidangan yang disediakan dalam selamatan; 3 selamatan bagi anak-anak dalam merayakan ulang tahun atau memperingati hari kelahiran disertai pembagian makanan atau kue-kue

Sejujurnya, saya gak tau persis arti bancakan. Walaupun orang sunda tapi kemampuan berbahasa sunda saya pas-pasan. Dan saya gak pernah bertanya pula ke orang tua ataupun keluarga lainnya tentang arti bancakan. Dengan sok taunya, saya menyimpulkan kalau bancakan artinya makan bersama 😁.

Di Bandung, tepatnya di jalan Trunojoyo ada rumah makan bernama Nasi Bancakan Abah Barna. Tapi biasanya kalau bilang makan di Bancakan juga udah tau, kok. Saya udah tau warung nasi ini lumayan lama dan langsung jatuh cinta dengan rasa masakannya.


Warung nasi Bancakan

Warung nasi Bancakan memiliki berbagai menu rumahan tradisional dengan suasana warung nasi yang terasa sederhana. Peralatan makan dan minumnya pun terbuat dari enamel. Terkesan jadul, kan?

menu prasmanan di abah barna bandung

Masakannya disajikan prasmanan. Rasanya pengen cobain semua, deh. Bener-bener menggiurkan, euy. Tapi biasanya saya pilih jeroan. *Gak usah inget kolesterol dulu deh kalau lagi menikmati jeroan 😜*, sambal, dan juga lalapan.

masakan sunda abah barna
masakan rumahan nasi bancakan abah barna
suasana di Nasi Bancakan Abah Barna

Ada juga makanan yang harus pesan dulu, seperti lotek, karedok, gado-gado, sop buntut, sop gurame, dan beberapa menu lainnya. Cara memasaknya pun masih tradisional. Masih menggunakan hawu alias tungku dengan kayu bakar.

reservasi tempat Nasi Bancakan Abah Barna
menu di Nasi Bancakan Abah Barna

Yang juga bikin saya senang adalah di sini ada es cincau hijau. Saya penggemar berat es cincau. Sayangnya, sekarang minuman yang satu ini udah susah dicari. Dulu pernah ada tetangga yang punya pohonnya dan kami bebas memetik daunnya kapanpun. Tapi sekarang tetangganya udah gak tinggal di sana. Pohonnya pun udah gak ada.

[Silakan baca:  Gubug Makan Mang Engking, Kopo, Bandung - Kumpul Keluarga untuk Syukuran Ulang Tahun Papah]


Tidak Bisa Reservasi di Nasi Bancakan


Salah satu bukti kalau kami sekeluarga suka banget dengan menu di warung nasi Bancakan adalah rela antre supaya bisa makan di sini. Kami sekeluarga memang termasuk yang paling malas antre untuk makan. Mending cari rumah makan lain deh daripada antre. Tapi kalau di warung nasi Bancakan berbeda. Kami bersedia antre supaya bisa makan di sana. Bahkan saya pernah lihat saat jam makan, sebagian area parkir juga dijadikan tempat untuk bersantap secara lesehan.

Tips: Kalau malas banget antre, Sahabat KeNai bisa datang bukan di saat jam makan. Paling tidak antreannya jadi lebih pendek

Nasi Bancakan Abah Barna
Nasi Bancakan Abah Barna
Pilih dulu makanan dan minumannya, bawa ke kasir, baru deh setelah itu cari tempat duduk


Kalau Sahabat KeNai datang ke sana dan melihat ada meja yang sudah dikasih tanda, sebetulnya meja tersebut belum ada yang menempati. Tapi kalau mau makan di sana memang harus antre memilih makanan dan minuman dulu. Kemudian bawa makanan dan minumannya ke kasir untuk dibayar. Setelah itu baru deh cari tempat duduk.

Dulu sih di sini memang gak menerima reservasi. Saya tau persis karena keluarga suami pernah berencana mau booking warung nasi Bancakan untuk acara keluarga besar. Setiap tahun, saat hari raya Idul Fitri, keluarga besar suami bergantian menjadi tuan rumah.

Sekitar 6-7 tahun lalu, giliran keluarga suami yang menjadi tuan rumah. Tempat berkumpul diserahkan sepenuhnya ma yang kena giliran. Boleh di rumah makan atau di rumah. Nah, tadinya kami memutuskan untuk berkumpul di Bancakan aja. Yakin deh semua keluarga pasti suka karena hampir semuanya orang Sunda. Dan kumpul keluarganya juga sellau di Bandung. Lagipula kumpul keluarga di rumah makan tuh praktis karena gak perlu masak dan beberes. Paling kendalanya waktu berkumpul jadi lebih terbatas waktunya.

Tapi ternyata warung nasi Bancakan gak terima reservasi. Alasannya kasihan tamu lainnya kalau mau makan di sana. Akhirnya solusi yang kami ambil adalah tetap order masakan dari Bancakan tapi acaranya di rumah. Jadi dari rumah, kami sudah membawa berbagai panci dan wadah yang besar untuk menyimpan masakan.

Alhamdulillah, acara silaturahmi berjalan dengan lancar. Kami gak repot harus memasak. Malah silaturahmi jaid bisa lebih santai dan lama karena diadakan di rumah.


Nasi Bancakan Abah Barna

Udah lama aja kami belum ke Bandung lagi. Kangen dengan suasana Bandung. Kangen juga makan di warung nasi Bancakan. 😋

[Silakan baca: Ulang Tahun Mamah di Kedai Boboko dan The Valley]

Keterangan:

Semua foto yang ada di sini adalah foto tahun 2014. Berarti udah sekitar 3 tahun kami belum ke sini lagi 😊


Nasi Bancakan Abah Barna


Nasi Bancakan


Jl. Trunojoyo no 62
Citarum, Bandung Wetan
Jawa Barat 40115

Telp: 022-4203650

Open hours: 10.00 - 22.00 wib


 

Post a Comment

46 Comments

  1. Tempat, menu, sampe alat2 makannya tradisional...ala2 jadul banget ya mba..

    ReplyDelete
  2. aduh kayak jaman dulu ya, pastinya nikmat makannya, jd inget suasana kampung

    ReplyDelete
  3. Oh, ini lokasinya di Bandung wetan nya, Teh. Jadi penasaran hoyong mampir upami ka Bandung duei..he

    Kalau udah bahas makanan jadi pengen deh. Btw, pirin dan gelasnya khas banget ya, jadi ingat yang ada di rumah..hehe

    ReplyDelete
  4. Kalo ga bisa reservasi begini, berarti makanannya enak nih. Apalagi sampai banyak yang antre gitu. Penyajiannya juga menarik, apalagi pakai piring jadul begitu ya mba.

    ReplyDelete
  5. Aku mauuu mbaaaa... waah jadi ngilee berat! Kebayang enaknyaaa ;)

    ReplyDelete
  6. aku suka piring buat disajikan makanan, buat foto makanan bagus juga haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya di sini selalu rame. Suka gak enak kalau mau foto-foto dulu hihihi

      Delete
  7. ih baru tahu mba tempat makan ini sbg orang Cimahi ku malu ga tau yg enak di Bandung hahaha..jadi kepengen lihat piring seng bahasa sunda yang halus berasa banget makan di lembur sorangan :)

    ReplyDelete
  8. Kalo ke bandung lg, aku hrs ksana deh mba :) . Yg bikin kangen ama bdg itu, lalapan dan sambelnya, juga keredok yg rasanya nth kenapa paling enak di banding karedok yg dijual di jkt :D. Lauk2 lainnya aku justru biasa aja. Pokoknya kalo udh rm sunda, pasti aneka lalap dan sambel deh yg aku incer :p

    ReplyDelete
  9. sunda pisan euy, bancakan sering diadain juga di kantor, seru dengan menu2 sunda

    ReplyDelete
  10. Ya ampunnn aku jadi nglerr dan laparrr... Baru tau saya mba kalau ada nasi Bancakan, tapi setelah lihat2 menunya itu khas tradisional banget yah, unch banyak yang antri pasti enak banget tuhh

    ReplyDelete
  11. Ya ampun mba.. Itu menunya mangil-mangil suka dengan tema tempatnya rumahan banget.. Dan bancakan itu artinya makan beramai-ramai itu yang aku tahu

    ReplyDelete
  12. Duuh ngileerr ... saya penasaran dengan makanan tradisional Sunda, Mbak. Kapan ya bisa ke sini

    ReplyDelete
  13. ini tempat makan dan cara makan yang nikmat mbaaaa...soalnya rame-rame dan seruuu!

    ReplyDelete
  14. Nasi bancakan kalau saya di sini juga diperoleh dari hajatan, baik itu tema kebahagiaan atau duka. Ada yang diberi menggunakan wadah baskom tapi kebanyakan dus nasi pasa umumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti arti pokoknya dinikmati beramai-ramai kali, ya

      Delete
  15. Wah, ini sih favorit semua orang. Enak dan luamayan terjangkau harganya. Dan ke sini itu sebenernya lebih ke pengen menaklukan panjangnya antrean. Wkwkkwkw... jadi kepengen ke Bancakan deh. :)))

    ReplyDelete
  16. Walaupun rame tapi ada aja tempat duduk di sana y aMyr. Ini suamiku baru aja ngajakin mau makan di sana lagi katanya. Aku pernah juga rombongan satu bisa makan di sana tetep aja kebagian tempat kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya biasanya ke sana di luar jam makan. Biar gak terlalu antre

      Delete
  17. Belum lihat harganya eh ternyata ini pengalaman 3 tahun lalu ya, jadi pasti udah berubah banget harganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak terlalu berubah. Termasuk murah juga kalau kata saya

      Delete
  18. Jadi ingat kampung halaman, mbak itu ada jengkol nggak? Tambah komplit pakai jengkol bakar plus sambal nagih deh :D

    ReplyDelete
  19. Sebagai penduduk USA (Urang Sunda Asli) yang lahir dan besar di Bandung, saya familiar banget dengan yang namanya Bancakan. Sayangnya sekarang udah mulai jarang.

    Nah, kalo yang paling hits tempat makan nasi bancakan emang di sini di Abah Barna. Saya sukaaa.

    ReplyDelete
  20. Waah....aku belom pernah kemari malahan...
    Bancakan yang beberapa kami datangi di Jl. Dago bawah depan SuperIndo, Dago.

    Enak enak banget...
    Urang Sunda mah...pararinter masak.
    Hihii...

    ReplyDelete
  21. Masih ada kan ya tempatnya sekarang?
    Mampir ah liburan akhir tahun! :D

    ReplyDelete
  22. Waaaa aku jadi pengin maem nasi bancakan ni, terlihat enak dan mengenang cerita kecil ya mba.

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)