Jalan-Jalan KeNai

Blog family traveling tentang adventure, kuliner, hotel, dan tips perjalanan

Dapoer Podjok, Tempat Nyaman Buat Mojok

Dapoer Podjok, tempat nyaman buat mojok sambil menikmati berbagai makanan dan minuman khas Indonesia

Dapoer Podjok, Tempat Nyaman Buat Mojok


Ketika hadir di acara #WeGoWithKids, saya mendapatkan 2 tiket gratis ke Kidzania karena berhasil menjawab pertanyaan. Alhamdulillah rezeki anak. Lumayan dapat 2 tiket.

Sayangnya Keke gak mau ikutan. Dia mulai malas jalan-jalan ke tempat bermain anak, termasuk Kidzania. Jadi hanya kami berdua, saya dan Nai, yang jalan ke Kidzania. Keke dan ayahnya di rumah.

[Silakan baca: #WeGoWithKids: Jakan-Jalan Bersama Anak-Anak Itu Ribet, Tapi Bernilai]

Setelah bermain selama sekian jam di Kidzania, kami pun mulai lapar. Saya dan Nai berkelililing mencari restauran yang sekiranya nyaman dan kelihatannya enak di Pasific Place. Setelah muter-muter dan lumayan bingung juga memilihnya, akhirnya kami pilih Dapoer Podjok.

Saya dan Nai lagi ingin makan menu Indonesia. Sebetulnya ada beberapa resto yang menjual makanan Indonesia. Saya agak lupa juga kenapa akhirnya memilih Dapoer Podjok. Kayaknya karena tempatnya gak terlalu ramai dibandingkan beberapa resto lain di sekitarnya.

Dapoer Podjok, tempat nyaman buat mojok sambil menikmati berbagai makanan dan minuman khas Indonesia

Kami berdua langsung memilih tempat duduk di pojokan. Tempat yang kelihatannya nyaman untuk mojok. Di samping dinding kaca lebar. Saya suka juga melihat pemandangan sekitar dari ketinggian. Suasanya juga cukup nyaman. Lumayan berasa suasana tradisionalnya dengan beberapa dekorasi jadul.

Agak lama kami memilih menu makanan di Dapoer Podjok. Pilihannya banyak dan semuanya terlihat menggiurkan. Tapi, harganya sedikit overpriced. Kalau enak, ya gak apa-apa. Tapi, kalau gak enak? Masalahnya, kami belum pernah makan di sana. Jadi bingung juga hahaha

Dapoer Podjok, tempat nyaman buat mojok sambil menikmati berbagai makanan dan minuman khas Indonesia
Es Cincau Hijau, IDR33K

Dapoer Podjok, tempat nyaman buat mojok sambil menikmati berbagai makanan dan minuman khas Indonesia
 Jus Jambu, IDR33K

Satu-satunya yang gak bikin saya ragu ketika memilih yaitu es cincau hijau. Saya suka banget es cincau hijau. Sayangnya, minuman satu ini udah jarang banget saya temui, termasuk di penjual kaki lima. Bahkan, tetangga yang pernah menanam pohon cincau hijau pun udah ditebang pohonnya. Hiks!

Dapoer Podjok, tempat nyaman buat mojok sambil menikmati berbagai makanan dan minuman khas Indonesia
Pindang Patin, IDR54K

Akhirnya, saya memilih pindang patin. Saya suka menu pindang, tapi agak jarang mendapatkan rasa yang pas di lidah. Biasanya ada aja yang kurang. Makanya rada deg-degan sama rasanya waktu pesen.

Ternyata, rasanya enak! Rasa manis dan asamnya pas. Gak terlalu berminyak juga. Walaupun saya ke sini pada tahun 2016, saya masih ingat banget sama rasanya. Daging ikan patinyya lumayan tebal dan mengenyangkan. Kuahnya saya seruput hingga habis. Menandakan memang rasanya beneran enak.

Dapoer Podjok, tempat nyaman buat mojok sambil menikmati berbagai makanan dan minuman khas Indonesia
Tongseng Kambing, IDR83K

Kalau Nai memilih tongseng kambing. Rasanya enak dan kuahnya juga gak terlalu kental. Sayangnya rasanya pedas. Padahal gak dikasih potongan cabai rawit, lho. Biasanya kalau beli tongseng kan dikasih potongan cabai rawit kalau mau pedas, tapi ini kuahnya memang sudah pedas. Sama dagingnya kurang banyak, sih, kalau untuk harga segitu 😁

Buat saya mungkin gak terlalu pedas. Tapi, buat anak kecil, apalagi gak suka pedas memang bakal berasa banget. Pelayannya juga gak menginformasikan tentang hal ini. Padahal dia tau kalau yang pesan adalah anak-anak. Akhirnya, Nai cuma makan dagingnya. Itupun cuma sedikit karena dia gak tahan dengan pedasnya. Saya udah kekenyangan, jadi gak sanggup menghabiskan sisa tongseng punya Nai. *Sayang juga, uy, karena harganya lumayan.

Kalau dari suasana dan rasa makanan, kami suka. Suasanya cukup nyaman, termasuk bila bersantap bersama keluarga. Rasa makanan yang kami pilih juga gak mengecewakan. Porsinya juga pas. Penyajiannya juga menggunakan wadah dengan api kecil yang tetap menyala. Sehingga makanan bisa terus hangat.

Dapoer Podjok, tempat nyaman buat mojok sambil menikmati berbagai makanan dan minuman khas Indonesia

Cuma harga aja yang untuk porsi segitu kayaknya sedikit overpriced. Iya, makanan di resto tentu berbeda dengan kaki lima. Tapi, tetap aja saya merasa sedikit overpriced. Saya lihat di Zomato, harga seporsi nasi goreng berkisar IDR55K - 63K. Seporsi bebek penyet IDR107K. Saya lupa apakah makanan yang kami pilih sudah termasuk nasi atau belum. Kalaupun belum, saya lupa dengan harganya.

Kami makan di Dapoer Podjok pada tahun 2016. Harga yang saya tulis di blog ini adalah harga terbaru (April '18) yang saya lihat lewat Zomato. Tentunya ada kenaikan harga makanan. Seperti yang dilihat di foto menu untuk nasi goreng, ada kenaikan sekitar IDR5K per porsi.

[Silakan baca: Zomato, Aplikasi Mencari Resto untuk Pecinta Kuliner]

Selain harga yang juga sudah mengalami perubahan, Dapoer Podjok di Pacific Place juga sudah tutup. Saya baru mengetahuinya, sesaat menjelang tulisan ini publish. Tetap sayang kalau tulisan ini didelete. Biar jadi kenang-kenangan. Lagi pula, berdasarkan info dari Google, Dapoer Podjok di Senayan City dan Pondok Indah Mall 2 masih ada.

Dapoer Podjok





33 komentar:

  1. Kalau menurut saya sih yg rasanya mahal banget minumannya hehe.. segelas itu 33rb😃

    BalasHapus
  2. waduh pindang patinnya enak sekali rasanay lihat tampilannya

    BalasHapus
  3. Harganya beneran overpriced, hehehe,. Tapi memang di beberapa resto harga sekian sudah umum ya, Mbak. Gak perlu sebut nama restonya, saya pernah juga minum es jeruk medan mix kelapa muda di deerah Cikini. Harganya 40/gelas tahun 2014, wkwkwkwk mehong nggak pengin balik lagi kecuali pas dapat bonus. Tapi intinya asal sepadan sm rasa plus kenyamanan tempatnya sih oke-oke aja, asal gak tiap hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah itu tahun 2014. Berarti sekarang udah berapa, ya? :D

      Hapus
  4. Pindang patinnya menggoda. Saya paling suka ikan patin, dagingnya lembut

    BalasHapus
  5. naksir es cincaunya, kalau di sini warna es cincau sudah jarang yang pink mbak, sudah berganti ke gula merah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mingglu lalu, saya juga makan es cincau hijau di salah satu resto di Bogor udah pakai gula merah. Rasanya jadi agak beda, ya

      Hapus
  6. Ceritanya lagi gonta ganti tampilan template kah teh chi soale aku kemaren ke sini templatenya dari tabku kekecilan, nah yang ini baru pas lebarnya #duh malah komen hal teknis

    Nah iyak sama aku klo menu ikan berkuah jg suka rada deg degan takut ada yg kyurang pas,

    Itu es cincau meuni membikin cleguk2

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, lagi cari yang pas. Alhamdulillah, akhirnya dapat template yang pas :)

      Padahal kalau bumbunya pas bakal enak banget, ya. Es cincaunya memang menggoda hehehe

      Hapus
  7. Wahh...baru sarapan pagi, liat tongseng kambing kok jadi laper lagi yaa :) Harganya lumayan juga tuh es ciccau...

    BalasHapus
  8. Jadi pengen tongseng kambing !

    BalasHapus
  9. Tempatnya sih asik dan betah sepertinya, tapi lihat harga segelas minumnya cukup mahal buat saya..hehe

    BalasHapus
  10. Wow, main ke sini, templatenya ganti. Bagus mba..bersih.

    Harga minumannya lumayan juga ya. Tapi klo sebanding sama rasa sih gpp ya mba..

    Anakku yang gede juga sekarang udah mulai males diajakin main ke tempat mainnya anak2..trus tayangan tv yang diliatnya juga udah mulai liat lagu2 barat yang diputer nettv sore2 itu..mulai ABG mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, Mbak. Baru ganti template. Terima kasih, ya

      Kebetulan makanan dan minuman yang kami pilih semuanya enak. Jadi cukup puas, lah.

      Biasala lah itu. Anak saya udah pada ABG juga kadang-kadang aja mau ikut :)

      Hapus
  11. Wow harganya tinggi juga ya. Makan di PP sih ya :D

    BalasHapus
  12. Aku juga suka makan di Dapoer Podjok mbak hehhe. Menunya pas banget dengan seleraku dan keluarga

    BalasHapus
  13. Pindang patinnya menggoda ... 😁
    Kayaknya enak tuh.

    Si adik tampak nikmatin gambar menu-menunya,ya ...
    Para ponakanku juga selalu gitu,kak 😁
    Udah waktunya makan, masiih aja bolak-balikin gambar menu ..

    BalasHapus
  14. es cincaunya itu menggoda sekali, aku suka banget dg es cincau

    BalasHapus
  15. makananya amat menyelerakan sekali..

    pasti sedap kan.

    BalasHapus
  16. Wow, ada pindang patin, tongseng dan lainnya. Kesukaan anak2ku dan suami nih. Aku sih ga doyan kambing jadi kalo tongseng pilih yang ayam. Suasana makannya cozy banget jadi nambah terus tuh. Harga sesuai lah denga rasa dan tempatnya ya mbak :)

    BalasHapus
  17. aku juga suka zomato mbaa..seru pisan! dan kafenya seruuu yaaa..itu es cincaunya enaaak kayaknya

    BalasHapus
  18. Harganya mahal, wajar sech di Sency.

    BalasHapus
  19. Tempatnya asyik nih..saya banget..paling suka makan2 dengan pemandangan seperti itu :)

    BalasHapus
  20. Ntahlah yaaa , tp aku pribadi msh ga rela aja ngeluarin mahal kalo hanya utk makanan indonesia, yg kebanyakan rasanya so so kalo di restoran mahal gini :D. Dulu pernah makan di restoran di pd indah, namanya warung pojok, dan sama mba, overpriced banget plus ga enak :p. Aku nyesek sih bayarnya.. Sejak itu kapok makan di resto yg pake kata pojok wkwkwkwk..

    BalasHapus
  21. Makanannya enak-enak kayaknya, cuma pemandangan diluarnya yang mungkin masih kurang yah kalau saja itu yg diluar dibangun taman mungkin lebih mantap look nya hehee ...

    BalasHapus
  22. Hmm..sayangnya udah tutup, o ya satu manajemen dengan yang di PIM 2 kali yah?

    BalasHapus
  23. Wah, sepertinya asyik suasananya ya mbak. Sebandinglah dengan harga makanan di situ 😁

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)