Jalan-Jalan KeNai

Blog family traveling tentang adventure, kuliner, hotel, dan tips perjalanan

Menikmati Skywalk Teras Cihampelas Bandung, Enaknya Sore Hari

skywalk, teras cihampelas, pegipegi, bandung

Menikmati Skywalk Teras Cihampelas Bandung, Enaknya Sore Hari


Masih melanjutkan cerita tentang mengelilingi 5 taman di Bandung dalam setengah hari. Kami pun melanjutkan ke taman yang ke-3 yaitu Skywalk Teras Cihampelas. Kali ini jalan kakinya agak jauhan. 1,5 km dengan waktu tempuh sekitar 20 menitan berjalan santai. Lumayaaan.

Kami sempat berhenti sekali di salah satu warung buat beli minum. Biasanya saya selalu membawa 1 botol besar air minum. Tetapi, karena awalnya dipikir hanya jalan-jalan di satu taman, jadinya gak bawa. Eh, ini malah lanjut ke beberapa taman.

skywalk, teras cihampelas, pegipegi, bandung
Hayati eh saya lelah 😂

Saya sempatkan juga foto-foto dulu di beberapa tempat, termasuk di tumpukan daun kering di pinggir jalan. Karena sudah semakin mendekati tengah hari, jalanan mulai ramai. Saya pasang muka tembok aja saat foto-foto, deh hehehe. Sempat kepikiran juga kalau daun-daun itu pasti kotor. Tetapi, biarin aja lah. Sekalian duduk buat istirahat sejenak.

Jalan Cihampelas sebetulnya panjang. Tetapi, jangan tanya saya ya batasnya dari mana sampai mana. Kebanyakan orang terutama yang bukan warga Bandung seperti saya ini taunya jalan Cihampelas ya yang banyak toko jeans.

Nah, kawasan pertokoan ini semacam daerah yang saya suka sekaligus benci hehehe. Salah satu mall yang paling kami suka di Bandung adalah Cihampelas Walk (Ciwalk). Tetapi, kalau gak penting atau gak kepengen banget kayaknya enggak mau deh lewat sini. Abis di sini kayaknya macet tiada akhir. 😅

[Silakan baca: Forest Walk Babakan Siliwangi, Bandung - Setengah Hari Mengelilingi 5 Taman di Bandung Dengan Berjalan Kaki]

Pedagang Kaki Lima Pindah ke Skywalk


Sejak dulu, Cihampelas memang terkenal dengan toko-toko jeans. Sebetulnya gak hanya menjual jeans aja, baju atau celana dari bahan lain juga ada. Tetapi, memang terkenalnya adalah pusat jeans. Biasanya kalau di pusat keramaian begitu pedagang kaki lima juga berderet. Zaman saya masih jadi anak sekolah, berkunjung ke Cihampelas sepertinya jadi salah satu destinasi wajib kalau lagi mengadakan field trip.

Selain macet yang tiada akhir, efek lain yang agak bikin Cihampelas jadi kurang nyaman adalah kurang ramah dengan pejalan kaki. Trotoar banyak dipenuhi dengan pedagang kaki lima. Enak juga sih karena banyak jajanan. Tapi, kalau mau jalan kaki juga jadi agak susah. Kadang-kadang para pejalan kaki harus turun ke jalan. Ya syukur-syukur kalau para pengendara roda dua dan empat mengerti. Kalau pengendaranya agak galak, siap-siap aja diklaksonin bahkan diomelin. *Beginilah nasib pejalan kaki.

Belum lagi lahan parkir pertokoan Cihampelas yang memang terbatas banget. Adanya Cihampelas Walk (Ciwalk) yang memiliki lahan parkir juga gak menjadi solusi. Tetap aja susah banget cari parkir kalau ke sana. Jadinya semakin ribet. Udahlah trotoar banyak dikuasai PKL, trus para pejalan juga banyak ngalah dan sabar dengan kendaraan yang lewat atau mau parkir. Hufff!

skywalk, teras cihampelas, pegipegi, bandung
Area kulineran. Banyak aja pilihan makanan kaki lima di sini. Ada tempat duduk dan mejanya juga, kok kalau mau makan di tempat

Memperlebar trotoar juga kayaknya gak mungkin. Lebar jalan Cihampelas cuma segitu, kalau mau diperlebar bakalan kayak gimana coba? Mungkin karena itulah Ridwan Kamil, wali kota Bandung yang saat ini menjadi Gubernur Jawa Barat, memiliki gagasan memindahkan trotoar ke atas sekaligus dengan pedagang kaki limanya. Caranya? Ya dengan membangun Skywalk Teras Cihampelas.

skywalk, teras cihampelas, pegipegi, bandung
Kalau ini area souvenir dan pakaian. Kebanyakan pakaian yang dijual sih kaos dan jaket.

Skywalk Teras Cihampelas ini termasuk yang baru diresmikan yaitu Februari 2017. Sebetulnya namanya Teras Cihampelas. Tetapi, banyak yang bilang skywalk. Ya mungkin karena trotoarnya ada di atas, ya.

Menurut saya dengan adanya skywalk ini jadi semakin berasa nyaman berjalan kaki di Cihampelas. Para pedagang kaki lima juga diatur berdasarkan area. Tidak lagi bercampur baur antara penjual makanan dengan penjual souvenir dan pakaian. Di area makanan kaki lima juga disediakan meja dan kursi sehingga pembeli nyaman bila ingin makan di tempat.

skywalk, teras cihampelas, pegipegi, bandung
Start dari sini

skywalk, teras cihampelas, pegipegi, bandung
Ini track untuk difabel, di bawahnya mulai masuk area Ciwalk

Teras Cihampelas sepanjang 500 meter dengan tinggi 4,6 meter dan lebar 7,6 meter ini start dari dekat rumah sakit advent hingga hotel Promenade. Di beberapa titik ada tangga yang akan memudahkan Sahabat KeNai bila ingin turun untuk belanja pakaian di salah satu toko atau ngemall di Ciwalk. Menariknya lagi, Teras Cihampelas ini nyaman bagi para difabel. Ada track bagi difabel untuk naik dan turun skywalk. Teras ini juga dilengkapi dengan beberapa charging station dan juga toilet.

Saran saya, sebaiknya ke Teras Cihampelas itu sore hari. Kalau nyaris tengah hari kayak yang kami lakukan saat itu rasanya gerah. Memang ada beberapa pohon di beberapa titik. Tetapi, tetap aja gerah. Kalau sore atau malam hari selain lebih teduh, bahkan dingin, juga bisa menikmati lampu-lampu di kawasan Cihampelas. Sepertinya akan lebih romantis, asalkan jangan hujan aja hehehe.

Skywalk Teras Cihampelas


open hours: 24 jam


[Silakan baca: Teras Cikapundung, Bandung - Setengah Hari Mengelilingi 5 Taman di Bandung Dengan Berjalan Kaki]

Ke Bandung Naik Pesawat, Booking Tiketnya di Pegipegi


Saat kedua bibi saya sedang menawar tape di salah satu lapak, whatsapp saya berbunyi. Ternyata dari sepupu yang mengabarkan kalau di rumah kedatangan sodara agak jauh. Saat itu hanya dia yang di rumah.

skywalk, teras cihampelas, pegipegi, bandung

Segera saya tunjukkan WA tersebut ke salah seorang bibi. Eh gak taunya bibi saya malah bilang kalau tamunya biarkan menunggu saja. Katanya, sebaiknya kalau mau bertamu mengabarkan dulu. Lagipula saat ini para bibi dan paman saya sedang mengajak jalan-jalan keponakannya yang udah lama gak ke Bandung.

Saya sempat merasa gak enak hati. Tapi, memang benar juga apa yang dikatakan bibi. Kalau saat itu kami langsung pulang, mungkin ada sedikit rasa kecewa di hati saya. Udahlah lagi jarang banget ke Bandung, sekalinya bisa jalan malah terpaksa pulang. Hmmm ... pelajaran banget, nih. Kalau bertamu sebaiknya kasih kabar dulu biar sama-sama enak.

skywalk, teras cihampelas, pegipegi, bandung

Cihampelas memang salah satu jalan di kota Bandung yang gak ada matinya. Kawasan ini selalu saja ramai wisatawan sejak dulu hingga sekarang. Bahkan beberapa waktu lalu kami sekeluarga sempat sengaja menginap di salah satu hotel di Cihampelas demi bisa menikmati kawasan ini tanpa harus keluar masuk mobil.

skywalk, teras cihampelas, pegipegi, bandung

Saat itu Teras Cihampelas belum ada. Tanda-tanda mau dibangun juga belum kelihatan. Dengan adanya skywalk ini, sepertinya akan sangat menarik bagi wisatawan. Apalagi kabarnya Teras Cihampelas tahap 2 akan segera dibangun.

Tidak hanya wisatawan lokal. Wisatawan mancanegara pun banyak yang tertarik ke kota Bandung. Kalau begini saya suka ingat dengan keluarga besar suami dari sepupu saya yang memang warga negara Malaysia. Bila ke Indonesia, Bandung seringkali menjadi salah satu kota yang disinggahi. Apalagi kalau bukan untuk beli oleh-oleh.

Sekarang ke Bandung memang semakin banyak pilihan transportasi. Tidak hanya jalan darat, melalui udara alias naik pesawat pun sudah bisa. Banyak wisatawan yang langsung datang ke Bandung dengan menggunakan transportasi udara.

Sahabat KeNai sudah coba beli tiket pesawat via Pegipegi? Keunggulan beli tiket pesawat di Pegipegi adalah Sahabat KeNai bisa mendapatkan harga termurah setiap hari. Lebih murah dari harga resmi karena Pegipegi sudah bekerjasama dengan berbagai maskapai dan juga ribuan hotel.

skywalk, teras cihampelas, pegipegi, bandung

Metode pembayarannya pun banyak pilihan. Sahabat KeNai bisa melakukan pembayaran melalui ATM, virtual account, e-banking, kartu kredit, minimarket, dan lainnya. Sahabat KeNai akan mendapatkan voucher hotel atau tiket elektronik hanya dalam waktu kurang dari 2 jam setelah proses pembayaran selesai. Mudah dan cepat, kan? *Kalau saya sih iyeeess. Anaknya males ribet. 😂

skywalk, teras cihampelas, pegipegi, bandung

Biasanya Pegipegi juga menawarkan berbagai harga promo yang menarik. Makanya rajin-rajin juga deh buka web atau apps Pegipegi. Seneng banget kan tuh kalau bisa liburan dengan harga tiket pesawat yang cakep banget. Apalagi sekarang udah menjelang musim libur, nih. Yuk cek Pegipegi!

skywalk, teras cihampelas, pegipegi, bandung 
Beberapa kota di Indonesia yang memiliki rute pernerbangan ke Bandung

27 komentar:

  1. Cihampelas ini jadi salah satu tempat wajib kalo aku main ke Bandung. Ya semacam Malioboro kalo ke Jogja. Sekarang Cihampelas makin kece aja nih. Pertanda nih buat jalan2 ke Bandung.

    BalasHapus
  2. kangen juga nih bisa balik ke Bandung nih. Udah beberapa tahun lah belum balik ke Bandung.

    BalasHapus
  3. Belum pernah akunke Bandung naik pesawat, biasanya ngebus atau kereta. Dan kalo ke Bandung cuma sehari dua hari tu kurang bangett ya. Waktu ke Bandung ga sempet ke cihampelas sediih.

    BalasHapus
  4. Udah berapa purnama gk main ke Bandung jadi kangen nih

    BalasHapus
  5. Saya tinggal di Bandung nih, mbak. Harapan saya sih Teras Cihampelas ini dioptimalkan supaya seluruh pedagang kaki lima di bawah pindah ke skywalk, lalu ada tangga penghubung antara skywalk dengan beberapa tempat ternama seperti Ciwalk atau hotel.

    BalasHapus
  6. Saya bolak-balik ke Teras Cihampelas tetep aja nggak bosen, hehehe. Adaaa aja yang baru di sana

    BalasHapus
  7. Aku pernah pagi pagiii, alamak jajan di situ mahaall wkwkwk

    BalasHapus
  8. Asyiikkk jalan-jalan lagi. Teras Cihampelas itu bikin betah lihatnya, penuh warna ... ceria :)

    BalasHapus
  9. Sudah diresmikan sejak 2017..dan aku blom pernah ke Teras Cihampelas ini..hiks..
    Mudah2an bisa segera ah..penasaran ..

    BalasHapus
  10. Kangen blusukan dan kulineran di Bandung. Cihampelas ini salah satu pusatnya kan ya mbak :) Semoga bisa balik lagi dalam waktu dekat amin.

    omnduut dot com

    BalasHapus
  11. MBAAAAA, FOTO DI DAUN-DAUNNYA SUNGGUH EPICCC... HAHHAHAHA..
    Aku belum pernah ke sini euy, pan kapan mampir ah. :D

    BalasHapus
  12. Wah, mau ada tahap 2 nya ya mba, saya baru tau... Udah lama jg ga ke sana, emang paling enak sore ya

    BalasHapus
  13. baru mau komentar, itu kok bisa poto2 di pinggir jalan sama daun2 kering gituuu hahahha. Tapi sekarang pedangang kaki 5 banyak yg masih ada di bawah-bawah, soalnya kemaren baru aja ke Bandung, abis katanya kalau hujan, suka sedikit yg datang ke skywalk ini jadi pada jualan lagi di bawah :D

    BalasHapus
  14. Wah pas terakhir ke Bandung liat kok ada Skywalk di Cihampelas..penasaran ternyata jadi taman yaa

    BalasHapus
  15. Aku juga menikmati banget nih jalan-jalan di Sky walk
    Seru aja gitu rasanya jalan di atas ya. Banyak pedagang baju dan makanan pula. Tempo hari bahkan sempat berdua aja sama Prema, bolak balik di Sky Walk hampir seharian hahaha

    BalasHapus
  16. Aku ke sini waktu itu pagi-pagi, sedih banget blom ada yang jualan. Pokoknya harus kembali mengulang sore hari. Masalahnya biasanya males sama macetnya sih kalau udah siang.

    BalasHapus
  17. Sekarang jadi enggak macet ya, sayang Dua Kali ke Sana baru lewat di bawahnya aja hehe

    BalasHapus
  18. Bandunggg.
    Tempat yang dulu ajdi favorit buat menghabiskan weekend hahaha.
    Jauh jauh ke Bandung dari Bogor kala itu.

    Anyway udah lebih dari 4 tahun belom balik lagi ke Bandung. Dan aku pengen banget kulineran di Bandung segala macem. Sudah ada pesawat pula dari Jakarta - Bandung yah. *brbbb tengok celengan.

    BalasHapus
  19. Pegi-pegi nih aku suka banget karena tiketnya segera dikirim ke email setelah bayar. Ah jadi pengen ke Bandung karena banyak wisata baru :)

    BalasHapus
  20. Aku aja yang urang Bandung asli cuma beberapa kali maen21 ke CiWalk :D Ke Bandung mah enaknya makan2, lihat pemandangan yang masih dingin misalnya Lembang. Makan cabe gendot dll. Tapi buat anak muda kayak kita hahah uhuy...masih cihuy kuat lah yawa muter2in CiWalk belanja2 sampai malam. Btw enak banget ya pesan tiket pesawat pakai Pegipegi. Praktis deh cara bookingnya, bayarnya, cepat dan tuntas. Banyak pilihan jadwal penerbangannya juga :)

    BalasHapus
  21. Selalu banyak hal menarik dari kota Bandung dan untuk cihampelas ini kini semakin instagramable dengan adanya skywalk warna warni nan ceria

    BalasHapus
  22. Apik yaaa. Aku belum pernah ke sana mba. Tau ini dari foto2 aja 😭
    Etapi salut juga ama tantenya mba. Bener kalau berkunjung kudu bilang ya, kan kalau udah ada yang rencana pergi kayak gini kan jadi bisa bagi waktunya

    BalasHapus
  23. Aku pernah nih ke skywalk ini pas masih baru-barunya diresmikan. Asyik banget yaa..

    BalasHapus
  24. gak bosen2 kalau ke bdg suka kesini

    BalasHapus
  25. Udah lama banget ga main2 ke Bandung lagi. Udah banyak banget perubahannya ya, jadi makin cantiiiik :))

    BalasHapus
  26. Pak ridwan kamil ini memang kereeeeen sekali idenya. Ini bisa jd solusi utk para pedagang pinggiran yg banyak di jkt ga yaaa. Malah jd cakep gitu kan yaa dibikin skywalk. Jalanan di bawah ttp rapi juga :)

    BalasHapus
  27. Sering ke Ciwalk, tapi belum pernah singgah di Teras Cihampelas. Kumaha ieu teh, hehehe..

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)