Banyak Hiburan di Taman Balai Kota, Bandung

Taman Balai Kota menjadi taman ke-4 sekaligus taman terakhir yang kami kunjungi dalam setengah hari. Lho, katanya 5 taman? Iya, rencananya memang begitu. Tetapi, karena saat di Skywalk Teras Cihampelas dapat WA kalau di rumah kedatangan sodara jauh, saya memutuskan untuk pulang aja. Kedua bibi dan mamang mah gimana saya aja.
 
Dari Teras Cihampelas, kami naik angkot. Saya lupa angkotnya yang mana. Tetapi, jaraknya juga lumayan deket, kok.


Banyak Hiburan di Taman Balai Kota Bandung


Pernah Berencana Menggelar Resepsi Pernikahan di Taman Balai Kota


Flashback dulu, ah. Mundur jauhan dikit ke masa lebih dari 15 tahun lalu. Saat saya dan suami sedang merencanakan pernikahan. Keputusan dari kedua belah pihak adalah menggelar akad dan resepsi di Bandung. Kebetulan keluarga besar saya dan suami kebanyakan tinggal di Bandung. Jadi daripada keluarga besar yang berbondong-bondong ke Jakarta, mendingan keluarga pengantin aja yang ke Bandung.

Saya dan suami pengennya menggelar pesta taman. Bukan resepsi di gedung. Masalahnya tempat yang ada area terbuka kebanyakan di daerah atas kayak Dago, Lembang, dan sekitarnya. Keluarga besar kelihatannya keberatan. Maunya di tengah kota. Lagipula dulu menikah di taman belum banyak kayak sekarang. Makanya masih banyak keluarga yang bertanya tentang konsep ini.

Makanya saya dan suami sempat punya ide 'gila' untuk menggelar pesta taman di halaman Balai Kota. Saking bingung mau cari taman di mana. Ya kali aja lahannya boleh disewa 😂. Dulu Taman Balai Kota gak seramai sekarang. Sepi banget malah. Ramainya hanya kalau ada event tertentu. Makanya kami sempat kepikiran buat menggelar resepsi pernikahan di sana. Saking kepengennya bikin resepsi pernikahan di taman.

Untungnya di dekat sana ada resto namanya Baraya yang konsepnya setengah terbuka areanya. Ada taman yang lumayan luas di tengahnya. Sayangnya resto ini sekarang udah gak ada, ya. Jadi kami gak bisa bernostalgia. 😄


Sejarah Taman Balai Kota, Bandung


Sejarah Taman Balai Kota Bandung

Kalau membaca sejarah Taman Balai Kota Bandung yang saya dapat dari berbagai artikel, area taman balai kota ini tadinya dimiliki oleh dr. Andreas de Wilde (1781 - 1865) yang juga merupakan tuan tanah pertama di bumi Priangan. Dulu, taman Balai Kota merupakan gudang kopi.

Pada tahun 1927, gudang kopi tersebut diserahkan kepada pemerintah kolonial Belanda untuk kemudian dihancurkan. Kemudia area ini dibangun gedung balai kota pada tahun 1927.

Masih panjang cerita sejarah taman balai kota. Termasuk kisah dr. Andreas de Wilde sendiri yang tadinya sangat kaya raya dan memiliki tanah yang sangat luas. Tetapi, konon bangkrut karena kepemilikan tanahnya dibatalkan sehingga memaksanya untuk kembali ke Belanda.

[Silakan baca: Teras Cikapundung, Bandung - Setengah Hari Mengelilingi 5 Taman di Bandung dengan Berjalan Kaki]


Ada Apa Aja di Taman Balai Kota Bandung?


Ada Apa Aja di Taman Balai Kota Bandung

Taman Balai Kota bisa dibilang taman rakyat. Tidak ada tiket masuk bila ingin bermain di taman ini. Di dalamnya ada beberapa taman tematik. Saya gak hapal nama taman-tamannya. Saat ke sini, tujuan saya hanya ingin melihat taman labirin. Gara-gara para mamang dan bibi saya pernah ke taman labirin, trus share ke WAG. 😄

taman labirin di balai kota bandung
taman badak balai kota bandung

Di Taman Badak (karena ada patungnya di sana hehehe) ada 2 kolam kecil buat anak-anak main air. Siap-siap aja bawa baju ganti kalau ajak anak-anak ke sini. Tapi, airnya agak butek. Ya gak tau apa memang airnya seperti itu, lantainya yang berwarna coklat, atau karena lagi banyak yang main.

gembok cinta balai kota bandung

Ada juga gembok cinta. Beberapa pasangan ada yang memasang gembok di sini sebagai simbol kesetiaan. Mungkin buat lucu-lucuan, tetapi mungkin juga ada yang percaya kalau itu bisa hubungan jadi langgeng. Saya mah enggak. Sekadar buat lucu-lucuan pun gak mau. Jadi paling foto-foto di depan area gembok aja 😎

Kalau Sahabat KeNai pengen naik bandros juga bisa dari sini. Sebetulnya, saya juga pengen cobaik naik bandros. Tetapi, waktu itu antreannya panjang banget. Lain kali aja, deh.


bandros balai kota bandung

Kalau ingat bandros, biasanya langsung ke makanan. Ya gak salah juga, sih. Bandros kan juga salah satu kuliner khas Jawa Barat. Tetapi, Bandros di sini adalah Bandung Tour on The Bus. Wisatawan diajak keliling Bandung naik Bandros.

Selesai keliling Taman Balai Kota, kami pun memilih pulang. Padahal gak jauh dari taman ini juga ada Taman Alun-Alun. Tapi, sikon memang gak memungkinkan. Gak enak ditungguin tamu di rumah. Lain kali ke Bandung dan keliling taman-tamannya lagi.

Saya gak hapal dari Alun-ALun Bandung ke Taman Balai Kota naik angkutan umum apa. Tetapi, setau saya, Bandros juga melewati 2 taman ini.


[Silakan baca: Forest Walk Babakan Siliwangi, Bandung - Setengah Hari Mengelilingi 5 Taman di Bandung dengan Berjalan Kaki]


kuliner balai kota bandung

Kalau di 3 taman lain yang kami kunjungi, ada area untuk makan. Kalau di sini sepertinya lebih bebas. Pedagang kaki lima memang berkumpulnya di pintu masuk. Tetapi, makan di dalam taman balai kota pun sepertinya tidak ada larangan. Ya asalkan pada sadar untuk menjaga kebersihan aja.

lokasi taman balai kota bandung

Kami berjalan kaki, sebelum akhirnya naik angkot. Sebetulnya udah dekat rumah. Tapi, ya udah pada capek kayaknya hahaha.   


Taman Balai Kota




 

Open hours: 24 jam



Post a Comment

54 Comments

  1. Sama..waktu ke Bandung September lalu, Bandros nya antriiiii. Mau naik enggak jadi.
    Tapi memang makin Bandung euy. Enggak bisa lagi kalau diinapi waktu akhir pekan saja dari Jakarta. Musti beberapa hari kalau mau puas ke sana...:)

    ReplyDelete
  2. Bandung nih banyak tamannya ya dan bagus-bagus. Nanti kalo ke Bandung harus didatengin ah yg di balaikota ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, banyak taman yang menarik di Bandung dan rata-rata gratis. Malah kayaknya semua gratis

      Delete
  3. Jadi pengen ke Bandung ... lagi ...

    ReplyDelete
  4. Seru banget. Jadi kangen Bandung. Tapi Bandung sekarang panas ya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat orang Jakarta kayak saya, tetap aja Bandung terasa lebih dingin. Tetapi, memang gak sedingin dulu

      Delete
  5. Dua tahun ga ke Bandung udha banyak yg berubah. Ada kolam rennagnya juga yaa mok 😍

    ReplyDelete
  6. sejujurnya kalo ke bandung, aku dan keluarga lbh sering ke atas :) dan jrg main di kota. alasannya krn di atas lbh sejuk aja sih :D.. tp memang kalo mau liat banyak taman dan tempat wisata murah meriahnya, kebanyakan di kota sih yaa...dan itu bandros aku jg blm prnh naikin :D. anak2 pasti seneng naik ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau liburan menikmati udara sejuk dan view yang cakep memang enaknya ke daerah atas

      Delete
  7. Beberapa kali ke bandung bln sempet ke taman balaikota bandung. Next harus masuk.list nih, kece buat pepotoan

    ReplyDelete
  8. Ouh ini toh penampakan Bandros.
    Aku penasaran sekali waktu ada yang sebut Bandros sebagai Bus.
    Makin kuat alasan mau ke Bandung...

    ReplyDelete
  9. Saya belum puas main si sana, soalnya wkt itu penuh banget

    ReplyDelete
  10. Sekilas mirip taman Suria KLCC, apalagi pas bagian tempat basah-basahannya haha, anak-anak mesti suka ini :)

    omnduut

    ReplyDelete
  11. Waa...anak2 bakalan happy deh disini. Apalagi anakku mbak, nggak mau deh diajak pulang kalau sudah lihat air seperti itu.

    ReplyDelete
  12. Seru banget ya ini taman balai kota, ke Bandung malah belum pernah mampir sini. Karena kalau sudah staycation di Bandung biasanya pergi yang dekat sama penginapan, boleh juga ini di agendakan pas nanti ke Bandung

    ReplyDelete
  13. Taman favorit karena luasss dan rindang. Dan udah ngga ada yang jualan di sana, Chi. Palingan nyebrang ke Jl. Jawa kalau mau cari jajanan.

    ReplyDelete
  14. paling suka nyusuri taman2 di bandung

    ReplyDelete
  15. Postingan beruntun tentang Bandung ini pas banget buat bekal jalan-jalan akhir tahun nanti. Karena ke Bandung untuk kondangan, penginnya jalan-jalan non shopping di wilayah kota aja. Nah, pas banget pakai rekomendasi dari Mbak Myra ini.Nice sharing Mbak.

    ReplyDelete
  16. seru kayaknya kalo jadi bikin resepsi nikah di taman balai kota.
    kalo aku malah ngayal bikin pesta nikah di atas sawah pake lantai kaca ygn keliatan padi hijau di bawahnya :D

    ReplyDelete
  17. Saya belum kesampaian naik bandros nih, penih terus, pdhal harga tiketnya lumayan ya

    ReplyDelete
  18. Aku tuh sebetulnya pengen jalan kaki keliling taman juga di Bandung. Tapi belum terwujud. Hehhe. Kalo ada partnernya yang asyik dan mendukung, jalan kaki jadi menyenangkan ya mba

    ReplyDelete
  19. seru jalan jalan ke bandung ya kak.. apalagi naik busnya yang unik tuh...


    sae

    ReplyDelete
  20. Gak bosan kalau jalan-jalan ke Bandung, tempat wisatanya banyak, termasuk Taman Balai Kotanya. Tapi saya belum kesampaian naik bandros nih mom..hiks

    ReplyDelete
  21. Dari kemarin kepengen ke bandung tapi belom sempet sempet ..seru nieh kayaknya ..bisa jalan2 ke bandung dan ada taman kece kayak gini

    ReplyDelete
  22. Kapan-kapan kalo ke Bandung bisa nih kesini. Tempatnya asik ya mbak. Luas pula.

    Eh, btw gembok cintanya masih kosong ya.

    ReplyDelete
  23. Jadi kangen Bandunggggg, mengapa coba Bandung itu jauh banget dari Surabaya hahaha
    Rasanya semacam berlomba-lomba dengan Surabaya ya, kotanya makin cantik, dengan berbagai fasilitas gratis untuk masyarakat.
    Salut deh :)

    ReplyDelete
  24. Suka deh sama blognya mba Myra yg ini, isinya jalan jalan. Jadi menginspirasi aku buat bkin blog khusus jalan jalan keluarga to keknya skrg blm bs sering krn si baby msh bayi, hehe. Btw tanyaku blm terjawab, mba Myra domisiki Bdg or Jkt kah?

    ReplyDelete
  25. Nyesel bener bulan September ke Bandung cuma muter di sini, enggak turun. Gile aje jam 1 siang sampe situ. Ada mertua yang pakai kursi roda pula. Dan Beliau tampak keberatan kalau pakai acara turun dulu kwkwkw
    Wah, nanti ke Bandung lagi musti puas-puasin ke sini

    ReplyDelete
  26. Kalau pestanya jadi di taman balai kota, bersejarah juga jadinya ya? Tapi dimanapun tetap bersejarah sih.. hehe

    ReplyDelete
  27. Kemudian pak RK membuka lagi bagi warganya yang mau menikah di Balai Kota dipersilahkan, tapi ada kuotanya. Haha. Tahun lalu jg sempet kepikiran mau nikah di sini.. tapi gak jadi.. haha..

    ReplyDelete
  28. wah bandung makin seru ya, makin banyak tempat tempat wisata gratisan

    ReplyDelete
  29. wow keren ih. Rapih ya mba susunan tata bangunan nya. Bersih pula lagi, sudah kaya diluar negeri deh. Suka lihatnya. Indonesia sudah makin keren karena mulai pada memperhatikan kebersihan tempat wisata nya

    ReplyDelete
  30. Bandung dengan segala isinya bikin aku meradang karena rindu. Rindu teramat sangat. Pengen main main ke taman balai kotanya yang dulu masih hanya ada taman biasa nggak scenatik sekarang

    ReplyDelete
  31. Selalu ada yang istimewa dengan Bandung, makanannya, tempat wisatanya, nostalgianya, semuanya lah. Kalau pengen naik Bandros harus bayar berapa Mbak Myra?

    ReplyDelete
  32. Ya ampuuuun, sering banget nemu bacaan tempat wisata di Bandung, tambah pengen ke Bandung rasanya

    In taman ya free untuk umum yah mba, selain itu bernilai historis lagi 😍

    ReplyDelete
  33. Nggak kayak taman balai kota pada umumnya yah mbak, karena selain ada kolam renang, spot nya kece badai buat update di medsos 😍

    ReplyDelete
  34. Makin mupeng ke Bandung kalo lihat foto-foto yang dishare ini, mbak. Apalagi ada sejarah penting di taman tersebut

    ReplyDelete
  35. Sekarang para kantor pemerintahan/ balai kota ni pada berjuang biar jadi cakep dan nyaman untuk di datangi ya Mbak.... Bandung, Surabaya.... duh.... semuanya menyenangkan.... Bandung si paling kece memang....

    ReplyDelete
  36. Udah 2-3 kali ke Bandung tapi aku belum pernah ke Taman Balai Kota ini. Suka banget lihat lukisan tokoh yang berjejer itu.

    ReplyDelete
  37. Cucok niih.....infonya.
    Kebetulan adik mau berwisata ke Bandung pas liburan ini.
    Bisa jadi pilihan kan yaa...jalan-jalan ke Taman Balai Kota Bandung.

    ReplyDelete
  38. Sayang banget ya resto Barayanya udah tutup padahal bisa sekalian anniversary di sana tuh :) jangan2 skr restonya ganti bisnis travel Baraya ya hehehe.
    Enak ya di Bandung taman-tamannya luas juga enak buat jalan-jalan

    ReplyDelete
  39. Bandung selalu sukses bikin ngiler.
    Pengne bisa ke Bandung ih, traveling puas-puasin ke sana.

    ReplyDelete
  40. Wah ternyata di Taman Balai Kota banyak hiburannya ya baik buat dewasa maupun anak2. Aku blm sempet ke area ini mbak. Moga2 ntr kalau balik Bandung lg bisa mengunjungi taman ini. Wisata murah meriah tapi fun ya :D

    ReplyDelete
  41. Aaaahhh keren amaaattt tamannyaaa! Ini jadi bucket list aku kalau ke Bandung lagi. Biar nggak melulu jajan di mol ajah haha

    ReplyDelete
  42. Fixed! Aku haru mampir ke bandung lagi dan main ke taman yang kondang ini! Kereeen penataannya dan hijau..tapi itu selalu ramai yaa mba Chie hehee

    ReplyDelete
  43. Wouh ada kolam buat mandi2 juga, anakku bakal betah pasti klo diajak kesitu

    ReplyDelete
  44. Dulu saya ke Bandung pas bulan madu, nggak kesampean naik bandros karena Bandung diguyur hujab sejak pagi. Bikin mager di hotel. Next time harus nyobain ah

    ReplyDelete
  45. Waaaah tamannya seruuu banget, jadi kangen bandung dan pengen ke bandung huhuhu

    ReplyDelete
  46. Taman balai kota sekarang berubah banget ya... sudah lama banget aku gak ke bandung :(

    ReplyDelete
  47. kangen bandung euy, terakhir ke sana 6tahun lalu dan sekarang tambah keren aja..

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)