7 Event Tahunan Keren di Jakarta dan Sekitarnya yang Gak Boleh Dilewatkan


Keterangan: Foto di atas adalah saat di acara Jakarta Custom Culture di JIExpo, Kemayoran


7 Event Tahunan Keren di Jakarta dan Sekitarnya yang Gak Boleh Dilewatkan - Indonesia termasuk negara yang terkenal dengan keindahan alamnya. Tetapi, bila Sahabat KeNai ke Jakarta mungkin pemandangan alam yang alami akan cukup sulit ditemui. Sebagai ibukota negara Republik Indonesia, Jakarta sudah dipenuhi dengan hutan beton alias gedung-gedung perkantoran, apartmen, dan mall terutama di pusat Jakarta dan juga di kawasan bisnis.

Bukan berarti Jakarta dan sekitarnya menjadi tidak menarik dikunjungi. Jakarta ibarat kota yang terus hidup selama 24 jam setiap hari. Selalu ada saja event menarik di Jakarta, bahkan di beberapa kota sekitarnya.


Event Tahunan Keren di Jakarta dan Sekitarnya


GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show)

GIIAS rutin diadakan setiap tahun di ICE - BSD City. Event ini merupakan event otomotif terbesar se-Asia Tenggara. Sebelum ada GIIAS, kami rutin mengunjungi IIMS (Indonesia International Motor Show) di Kemayoran. Bagi Keke, mengunjungi pameran otomotif udah kayak ke taman bermain. Bisa seharian kami di event ini.

[Silakan baca: GIIAS 2015 - Grand New Veloz si Stylish yang Siap Berpetualang]


Ennichisai


Buat Sahabat KeNai penggemar kuliner dan kebudayaan Jepang, wajib datang ke event Ennichisai. Di sini tidak hanya ada kuliner dan festival kebudayaan Jepang saja. Banyak pengunjung yang menggunakan kostum menatik ala cosplay. Sahabat KeNai juga bisa membeli berbagai souvenir dnegan ciri has Jepang. Event tahunan ini biasanya diadakan di 'Little Tokyo' Blok Square, Jakarta

[Silakan baca: Ennichisai - Little Tokyo di Jakarta]


Jak Japan Matsuri

Kurang lebih acaranya mirip seperti Ennichisai, tetapi dengan skala lebih besar. Biasanya diselenggarakan di Plaza Tenggara Senayan, Jakarta. Dengan skala yang lebih besar, tentunya lebih banyak lagi hiburan yang ditampilkan. Ada panggung besar di sana dengan beberapa artis ternama Indonesia yang manggung. Ada juga berbagai permainan ala Jepang yang bisa Sahabat KeNai ikuti.


Pekan Raya Jakarta

Bisa dikatakan kalau event ini mungkin termasuk yang tertua karena sudah diselenggarakan sejak tahun 1968. Biasanya berlangsung selama 1 bulan dalam rangka memperingati ulang tahun Jakarta. Tentunya saya banyak sekali cerita tentang PRJ ini karena sejak kecil cukup sering datang ke sini. Event yang diadakan Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran ini biasanya sangat ramai pengunjung terutama di akhir pekan. Memang banyak sekali promo yang ditawarkan dari berbagai brand yang ada di PRJ.


Jakarta Fashion Week

Sahabat KeNai yang menyenangi dunia fashion, wajib datang ke acara tahunan yang sudah digelar sejak tahun 2008. Akan ada banyak desainer ternama yang akan menampilkan rancangan terbaru di acara ini.


Java Jazz Festival

Nah, kalau ini untuk penggemar musik Jazz. Event tahunan dengan kualitas international ini memiliki banyak panggung pertunjukkan. Pengisi acaranya tidak hanya dari Indonesia. Musisi jazz kelas dunia juga hadir menyemarakkan acara ini. Makanya gak heran setiap kali event ini digelar, penontonnya bisa membludak


Big Bad Wolf

Setidaknya di Jakarta dan sekitarnya ada 3 pameran buku terbesar yaitu Indonesia International Book Fair, Islamic Book Fair, dan Big Bad Wolf. 2 pameran buku yaitu Indonesia International Book Fair dan Islamic Book Fair biasanya diadakan di JCC, Jakarta. Sedangkan Big Bad Wolf diadakan di Ice - BSD City.

Dulu, saya termasuk yang selalu datang ke Indonesia International Book Fair. Gak hanya datang, tetapi juga borong buku. Tetapi, pernah kejadian sepulang dari pameran, alergi saya kambuh. Kemungkinan karena memegang beberapa yang ada di sana. Kumpulan buku bekas yang diletakkan secara berantakan di wagon.

Memang memiliki keasikan tersendiri bisa cari-cari buku dan kemudian dapat yang diinginkan. Tetapi, buku kan juga berdebu, akhirnya alergi saya kambuh dan sembuhnya lumayan lama hingga beberapa bulan. Kapok jadinya hehehe. Makanya sampai sekarang saya belum sekalipun datang ke Big Bad Wolf. Padahal kepengen banget, tetapi masih trauma kalau ingat alergi.


Datang ke Event Sekalian Staycation di Grand Zuri BSD City


Sebetulnya event tahunan di Jakarta dan sekitarnya banyak banget. Tapi, gak mungkin juga kan saya tulis semuanya di sini. Bisa gak selesai-selesai postingannya hehehe.

2 dari 7 event yang saya tulis di sini, berlokasi di ICE - BSD City. Di sini memang sering diadakan event dalam skala besar. Tidak hanya pameran, konser pun beberapa kali diadakan di sini.

Rumah tante saya ada yang dekat BSD City. Jadi asik aja kalau di sini lagi ada event. Tetapi, kalau yang jauh kayak saya kayaknya harus staycation. Bisa aja sih menginap di rumah tante, tetapi sesekali staycation kan enak juga.


Video saat kami staycation di Grand Zuri


Salah satu hotel yang saya rekomendasikan kalau menginap di BSD City adalah Grand Zuri. Kami pernah staycation di sana selama 3 hari 2 malam. Bener-bener puas sama kualitas hotelnya. Kamarnya bersih, makanannya enak-enak, servicenya ramah, pokoknya gak ada komplen.

Grand Zuri ini juga dekat dengan beberapa pusat keramaian di BSD City. Dari hotel ke ICE BSD hanya sekitar 10 menit saja dengan menggunakan kendaraan pribadi. Kalau datang ke BBW kayaknya bakal asik banget. Borong buku sampai jam berapapun, pulangnya tinggal ke hotel.

Mall terdekat adalah Teras Kota yang hanya berjarak 700 meter. Tetapi, kalau Sahabat KeNai mau ke AEON pun hanya membutuhkan waktu 12-13 menit. Kulineran di sini juga banyak pilihan . Dari mulai mall hingga di pasar. Cobe deh kulineran di Pasar Modern BSD. Banyak pilihan makanan dan minuman enak di sana. Salah satunya adalah Kong Djie Coffee.

[Silakan baca: Kopi Kong Djie BSD - Tentang Es Kopi Susu dan Mie Ayam Khas Belitung]



Sebentar lagi mau tahun baru. Biasanya hotel-hotel di Jakarta ataupun sekitarnya mulai persiapan, nih. Sahabat KeNai udah tau mau menghabiskan malam tahun baru di mana? Coba deh mulai cari tau info acara menarik dari hotel-hotel yang ada di Jakarta. Nanti bookingnya via Pegipegi. Alasannya karena udah pasti booking pakai Pegipegi harganya lebih murah dan banyak keuntungan lainnya.

Post a Comment

45 Comments

  1. Asyik ya,selalu banyak event2 seru di jkt

    ReplyDelete
  2. Enaknya kalau pas ke Jakarta, pas eventnya sedang berjalan hehehe :D

    ReplyDelete
  3. mbaaaa...kami mau dooong diingatkan kalau ada event-event seru ini Mba. Aku pengeeen ikutan!

    ReplyDelete
  4. Penasaran Ennichisai dehhh...meriah banget ya kayaknya..

    ReplyDelete
  5. kalo sedang tandang ke Jakarta, saya selalu cari cari event yang sedang ebrlangsung, kali aja bisa melipir tandang dan lihat. bagi saya mendatangi event event kece di Jakarta itu bagai sedang study banding tanpa perlu banyak prosedural. tinggal datang, nikmati, amati lalu dapat inspirasi. menyenangkan.

    ReplyDelete
  6. Kayaknya yang gak aku lewatkan setiap tahun ini Jakarta Fashion Week sama GIIAS doang nih, yang lain suka kelupaan. Terus kalau mau dateng suka mikir riweh pasti penuh.

    ReplyDelete
  7. Nggak usah jauh-jauh ya Kak ... buat ikutan event keren

    ReplyDelete
  8. duh saya udah berkali2 missed nih yg event tahunan kebudayaan Jepang... Nyesel2...

    ReplyDelete
  9. Jak Japan Matsuri tuh jadi event wajib buat aku kunjjngi mba. Eh sama PRJ juga. Soalnya nemanin suami piket. Hehehhe

    ReplyDelete
  10. Blom pernah rejeki datang ke Jakarta pas ada event...selalu yg dilihat macetnya ajah...semoga bisa main ke Jakarta pas ada event

    ReplyDelete
  11. wah cakeppp nih, noted lah kali aja pas ke Jakarta bisa menyaksikan salah satu eventnya nih

    ReplyDelete
  12. aku pengen datang ke BBW.. lihat buku----- :)

    ReplyDelete
  13. yang paling penasaran aku yang GIIAS atau pameran mobil itu kak

    ReplyDelete
  14. Di Jakarta banyak event keren yaaak, Semarang sering dilewatkan nih, hiks.

    ReplyDelete
  15. Rmhku kebetulan msh areal bsd,enak memang tinggal di sini pameran sampai konser ngak jauh hehheheh

    ReplyDelete
  16. kalau di kota besar selalu banyak even yang bagus ya

    ReplyDelete
  17. Ennichisai akan datang lagi. Tiap tahun selalu usahain buat datang ke sana. Sayangnya kadang suka mepet sama Jak Japan Matsuri dan bikin aku nggak sanggup memilih.

    ReplyDelete
  18. Banyak juga event tahunan di Jakarta ya.
    Nah, Big Bad Wolf ini kayaknya paling diminati oleh anak-anakku, terutama yg sulung. Sukanya bukuuu. Harus pake masker nih haha

    ReplyDelete
  19. Ennichisai, jak japan Matsuri ini nih yang ditunggu-tunggu hehe, tahun lalu gak datang soalnya :(.

    ReplyDelete
  20. Pengen deh bisa ke pekan raya Jakarta.
    Terus nginapnya di Grand Zuri ya hahaha
    Langsung buka Pegipegi buat intip promo dan ratenya :D

    Semoga bisa ke Jakarta pas lagi ada event kayak gini ya, asyik banget kayaknya meski ya pastinya lebih ramai hahaha.
    Pesan hotel jauh-jauh hari di PegiPegi kayaknya bisa jadi solusi banget nih :)

    ReplyDelete
  21. Even di atas yang sering saya datangi Jakarta Fashion Weeks wkwkwk. Even buku itu biasa yang saya datangi yang lokasi di Senayan karena lebih dekat, maklum bawa bocil ga punya mobil sendiri

    ReplyDelete
  22. Wah.. Keren. Banyak banget event tahunannya. Untung jauh, bisa kalap kalo deket. Wkwk

    ReplyDelete
  23. Jak Japan Matsuri yang hingga kinni masih jadi event tahunan yang pasti aku datang, mba bersama keluarga. Hehehe

    ReplyDelete
  24. out of 7, at least I have participated in 4 of them. Seru memang dan selalu beda tiap tahunnya..cuma ngga tahan parkir sama antri panjaaang kalau sama anak-anak :)

    ReplyDelete
  25. Giias ini lumayan sering ya mbk,dan yang paling rame dan heboh kayaknya big bad wolf ya. Tapi PRJ sama JFW juga nggak kalah ramai,sering masuk tivi

    ReplyDelete
  26. Nah, aku beruntung banget rumah dekat ICE juga. Gak pernah kelewatan klo ada GIIAS sama BBW, udah pasti datang, meski gak ada yang mbayarin juga ttp datang hahahaha.

    ReplyDelete
  27. Wealaaaah aku baru tahu ada Ennichisai iniiiii! Tahunya yang Jak Matsuri aja, kudet amat diriku ini ya.... Thanks infonya ya Mbak!

    ReplyDelete
  28. Jak Japan itu cuma di Jakarta ya, Mbak?
    Duh andai dekat tu Jakarta, mungkin dah bolak balik naik kereta saya.

    ReplyDelete
  29. aku nunggu BBW aja deh ga sabar borong buku lagi hahaha, sama java jazz juga ugh

    ReplyDelete
  30. aku dulu pernah ke PRJ.. dan yang bikin penasaran itu BBW .. keren sih itu bisa berribu2 eksemplar ludes.. aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  31. Ennichisai ini biasanya bulan apa ya Myr? Mudah-mudahan tahun ini aku bisa ke BBW nih kemarin gak sempat kesana

    ReplyDelete
  32. Paling ngebet sama Jak Jalan Matsuri. Dari dulu belum kesampean buat dateng di Eventnya. Padahal udah beberapa kali even 😂, semoga tahun depan bisa kesana.

    ReplyDelete
  33. Baru pernah ngerasain dateng ke PRJ, Mak Chi. Secara rumah mertua di Kemayoran, jadi deket kalau ke sana. Dan aku tau event tahunan lainnya malah pas udah nggak tinggal di Jakarta, jadi yaa cuma mupeng sama kemeriahan yang lewat di temlen, hihi.

    Yang mupeng berat sih pastinya BBW, selama ini cuma bisa nitip lewat jastip online. Pengen banget gitu, ngerasain berburu buku murah dan berkualitas langsung ke BBWnya. Ah, semoga kapan-kapan dikasih kesempatan sama Allah. Amiin^^

    ReplyDelete
  34. Udah lama pengen bisa ubek-ubek buku di Big Bad Wolf. Katanya harganya murah dibandingkan dengan di toko buku. Tapi kalo jadi alergi malah bikin sedih ya mba. Pengennya bisa jaoan-jalan sambil belanja buku tapi malah sakit

    ReplyDelete
  35. Kalau bisa ke Jakarta, pengen banget main ke Jak Japan Matsuri, mbk hheee

    ReplyDelete
  36. Bunda sukak banget tiap naca postingan Chi. Selalu jeli deh melihat kalo ada event2 yh bisa bikin anak2 bahagia. Padahal Grand Zuri kan t4tinggal anak2 bunda, hehe...selalu aja kelewat ada acara bagus seperti ini.

    ReplyDelete
  37. Aku cuma pernah ke GIIAS dan BBW saja hehe, lainnya blm.
    Jd gak sabar nih nungguin BBW lagi, moga lbh baik lg dr taun2 kemarin :D
    Iya BBW selalu di BSD ya, gk pernah pindah temat jd baiknya sekalian staycation :D

    ReplyDelete
  38. Duh aku baru pernah ke GIIAS dan Pekan Raya Jakarta aja nih. Pengen juga dateng ke yang Jejepangan.

    ReplyDelete
  39. Java Jazz festival nih yang sering banget kuikutin via youtube hihiii.. habisnya kan ga bisa pergi ke sana langsung untuk menikmatinya. Jauuuhhh... Nggak pernah bosen lho aku melihat yang satu itu, termasuk favorit buat aku tuh.

    ReplyDelete
  40. Keren-keren lah ya event-event di Jakarta. Pengen liat yang Jak Japan Matsuri. Rasanya kayak lagi di Jepang gitu ya mungkin. Hehe.

    ReplyDelete
  41. Oh pegi pegi sih aku sering buka kak. Lagi ada promo Gempita yang keren banget. Btw makasih rekomendasi eventnya ya kak. Pasti keren nih

    ReplyDelete
  42. Eventnya bagus2 ya. Jadi kalau ke Jkt bisa sekalian lihat. Kalau ke mall melulu sama aja soalnya isinya dg disini :))

    ReplyDelete
  43. Penasaran dengan PRJ karena cuma bs lihat dr tv doang

    ReplyDelete
  44. Event yang berbau jepang2 itu sepertinya menarik

    ReplyDelete
  45. PRJ sama Jakarta Fair itu sama atau beda ya ?

    ReplyDelete

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)