Jalan-Jalan KeNai

Blog family traveling tentang adventure, kuliner, hotel, dan tips perjalanan

Pepes Ikan Mas Lembur Sarerea dan Kenangan tentang Almarhumah Mamah Mertua

lembur sarerea, pepes ikan mas

Pepes Ikan Mas Lembur Sarerea dan Kenangan tentang Almarhumah Mamah Mertua


Sore itu, saya bersama Keke dan Nai dengan naik salah satu mobil online menuju rumah makan Lembur Sarerea yang berlokasi di Halim. Saya sedang malas menyetir mobil, makanya lebih memilih order kendaraan. Pilihan yang tepat rupanya karena sore itu jalanan cukup macet. Mana sopirnya sempat salam masuk ke bandara Halim Perdankusuma. Akhirnya, kami harus sedikit menikmati macet, sekadar bisa keluar dari bandara tersebut.

Sampai juga kami di Lembur Sarerea. Lokasinya tidak jauh dari bandara. Suasana sangat ramai di sana karena resto ini baru saja diresmikan. Ya, kami ke sana pada bulan September 2016. Sudah pernah saya posting juga tentang resto ini saat diresmikan di akun instagram @ke2nai.

Sebetulnya, resto ini gak bisa dibilang baru berdiri juga. Hanya membuat konsep baru. Rumah makan ini sudah sejak tahun 1989. Dulu namanya Rumah Makan Pasundan. Dari namanya aja udah ketebak ya menjual kuliner dari daerah mana?

Yup! Resto ini menyajikan berbagai macam kuliner tradisional Jawa Barat. Lembur Sarerea juga masih berasal dari bahasa Sunda yang berarti Kampung Halaman Bersama. Perbedaan dari konsep lama adalah dengan nama baru juga menyajikan kuliner Indonesia dari daerah lain. Tetapi, tentu saja andalannya tetap kuliner Sunda yang merupakan resep turun temurun dari keluarga pemilik resto. Interior di Lembur Sarerea juga berubah konsep menjadi lebih nyaman dan lebih besar.

[Silakan baca: Makan di Bakoel Ussy, Cukup Rp50 Ribu Udah Bisa Makan Enak dan Kenyang]

Pepes Ikan Mas dan Almarhumah Mamah Mertua


pepes ikan mas lembur sarerea, kuliner jakarta, halim perdanakusuma

Saya senang banget melihat beraneka makanan yang disajikan. Semua terlihat enak. Memang benar kalau tidak hanya masakan Sunda. Ada juga masakan Padang berupa rending.

Saya menulis review tentang rumah makan ini di blog karena lagi teringat dengan almarhumah mamah mertua. Pepes ikan mas buatan mamah tuh paling enak!

Tidak hanya rasanya yang nikmat. Tetapi, durinya juga lunak. Makanya nikmatnya sampai ke seluruh bagian ikan. Kami pun gak khawatir akan keselek duri saat menyantapnya.

Untuk membuat pepes ikan mas dengan duri yang lunak begitu butuh proses yang sangat lama. Makanya, sekali memasak bisa untuk beberapa kilogram ikan. Boros gas dan capek tenaga kalau cuma masak 1-2 ekor aja. Sebelum memasak mamah akan nawarin dulu ke tetangga atau lainnya.

Saat saya mencoba pepes ikan mas di Lembur Sarerea, langsung teringat sama almarhumah mamah. Persis deh rasanya. Durinya juga lunak.. Saya langsung mikir, kalau mamah lagi gak masak pepes, mending order di sini aja. Soalnya saya suka agak malas kalau masak pepes. Suka gak telaten ngebungkusnya.

[Silakan baca: Gubug Makan Mang Engking, Kopo, Bandung -  Kumpul Keluarga untuk Syukuran Ulang Tahun Papah]

sop buntut, kuliner jakarta

Menu lainnya juga enak-enak, lho. Sop buntutnya lembut dan kuahnya gurih. Sayangnya pakai seledri. Jadi, saya harus menyingkirkan pelan-pelan seledrinya sebelum menikmati makanannya. Lain kali, saya order tanpa pakai seledri.

menu prasmanan lembur sarerea, makanan sunda
jeroan, kuliner halim perdanakusuma

Menu prasmanannya juga enak-enak. Saya memang gak cobain semua. Tapi, sempat icip-icip punya anak-anak juga. Penggemar jeroan kayak saya bisa bersorak-sorak gembira. Jadi segala pengen kalau kayak begini hehehe.

[Silakan baca: Nikmatnya Nasi Bancakan Abah Barna]


Tentang Nusatrip


Seperti yang sudah ditulis di awal, lokasi resto ini dekat banget dengan bandara Halim Perdanakusuma. Jadi buat Sahabat KeNai yang baru aja mendarat, trus perutnya udah menuntut minta diisi, bisa banget mampir dulu buat makan di sini. Atau pengen bawa kuliner Sunda sebagai oleh-oleh? Resto ini juga siap untuk menyiapkan makanan yang sudah dikemas dengan baik. Jadi, sebelum terbang, Sahabat KeNai bisa mampir dulu ke sini. Order by phone dulu juga bisa. Sampai resto tinggal ambil, deh.

Namanya juga traveling, biasanya sudah direncanakan sebelumnya. Kalau mau praktis, Sahabat KeNai bisa menggunakan salah satu jasa dari portal pejalanan, yaitu Nusatrip.

Coba deh Sahabat KeNai cek dulu tentang pengalaman pelanggan Indonesia menggunakan Nusatrip supaya lebih yakin. Melihat review memang penting bagi saya. Ya siapa juga yang pengen ada drama saat liburan ya, kan? Apalagi kalau dramanya karena salah memilih online travel agent.

Lembur Sarerea










50 komentar:

  1. Pepes ikan juga salah satu makanan fav aku, pokoknya sih masakan Indonesia hampir semua aku suka hahaahha... asik ni dpt rekomendasi makanan enak dkt bandara, soalnya aku ngerasa makanan di bandara atau dkt2 bandara jarang nemu yg pas enaknya, selain harganya juga lumayan mahal :D

    BalasHapus
  2. nah, jadi penasaran nyobain pepesnya.. aku suka pepes.., tetapi selama ini lebih sering makan pepes dengan bumbu merah yang banyak cabe sama bawangnya...,
    ala mertua juga

    BalasHapus
  3. Pepes ikan emang mantul sih, salah satu favorit aku juga :D

    BalasHapus
  4. Fahmi putra saya awalnya sangat anti makan ikan dan daging. Tapi setelah dipindang (proses pepes dengan kuah) dia jadi suka banget. Mungkin karena lembut dan bumbu terserap semua ya. Jadi lebih terasa enaknya

    BalasHapus
  5. Pepes ikan mas itu enaaaakkk kalo bisa bikinnya. Aku sih nggak terampil.

    Senang bisa baca review ini. Jadi kalo pulang traveling lapar, bisa mampir ke sini sebelum pulang ke Bogor.

    BalasHapus
  6. Pepes ikan kesukaanku, semenjak di perantauan belum pernah nemu pepes ikan yang enak seperti buatan nenek. Btw itu RM nya jauh bgt di Halim, pan aku coba 😀

    BalasHapus
  7. Ngaruy aduh, kabita pisan!
    Sekali waktu mesti dicek ini Ikan Mas Lembur Sarerea.
    Menunya banyak pilihan, pasti enak enak

    BalasHapus
  8. pepes ini masakan kesukaan saya
    bau daun yg berbaur di ikan sangat ngangeni

    BalasHapus
  9. Gleeekkkk... jam segini baca ikan pepes malah jadi kepengen, aku nih paling doyan ikan tapi ku belum pernah nyoba ikan mas pepes. Boleh juga nih ngajak keluarga untuk makan disini, makanannya cocok untuk keluargaku yang demen Indonesia Food.

    BalasHapus
  10. Orang-orang tersayang kita dan jejak selera yang mereka tinggalkan dalam lidah kita, akan selalu terkenang ya Mbak Myr. Bila dirimu ingat mamah mertua kalau lihat pepes ikan, aku selalu ingat ibu kalau melihat rendang dan pangek :)

    BalasHapus
  11. Aku doyan makan pepes ikan, tapi gak bisa masaknya mbak! (bilang aja malesh ehe ehe)

    Tapi emang ikan mas ini durinya kecil2 dan menyeluruh bener, jadi paling enak dipepes, biar empuk. Kirim Al-fatihah buat mamah mertua yah mbak.

    BalasHapus
  12. Heheh dirimu sama kyk suamiku, gak suka seledri. Dia jg gk akan makan makanannya kalau blm bersih dr seledri wkwkw.
    Jd pengen juga nih nyobain makanan di sana, terutama pepes ikan masnya itu mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku baca ini lagi pagi2 dan skrng aku pengen makan sop buntut coba hahaha :P

      Hapus
  13. lihat gambarnya saya kok jadi pingin masak pepes ya ... hehe. makasih mbak tulisannya menginspirasi

    BalasHapus
  14. Kalau dari nama dan konsep barunya, mungkin karena resto ini berisi menu selain sunda juga ya jadi ingin agar org yg ke sini merasa pulang ke kampung halamannya masing2

    BalasHapus
  15. pepes ikannya menggoda sekali mba, baru lihat saja sudah yakin itu pasti lezat :D menu jeroannya juga menggoda

    BalasHapus
  16. Pepesnya mangstaabb~
    Aku suka banget pepes...besok mau beli bahan buat masak pepes aah...

    Hihii~
    Latah beud~

    Tapi beneran, jadi pingin.

    BalasHapus
  17. Aah .. aku juga sukaaa pepes ikan. Duh, jadi lapeeer.. Oya, aku penasaran juga nih dg minuman yg ungu itu.. apaan ya??

    BalasHapus
  18. Baca hingga selesai tulisan ini, ngga terasa air liur menetes.. aku hampir jarang makan pepes.. dirumah juga jarang masak pepes ikan, karena aku punya pengalaman makan pepes ikan tersedak duri ikannya.. mungkin itu yang menyebabkan aku kurang suka makan pepes ikan hiks

    BalasHapus
  19. Belum pernah makan pepes ikan mas nih Mbak.
    Tapi itu makanannya menggoda banget yaah, penyajiannya juga cakep deh. Gak sia-sia ya Mbak sempat menikmati macet dulu sebelum menikmati menu yg lezat2 ini.

    BalasHapus
  20. Sedap banget kayaknya ikannya ya. Sampe ngiler akunya, eh gak jadi ding, lupa kalo gak suka ikan, hihi. Cari aman, yang minuman aja, seger :D

    BalasHapus
  21. Wah iya mba, aku kalo ke rumah adikku di Bogor tuh suka disuguhi pepes ikan mas. Bumbunya tuh bisa meresap, dagingnya juga enak gitu. Ngabisin nasi deh kalo teman makannya pepes ikan mas

    BalasHapus
  22. Itu pepes ikannya terlihat menggoda sekali. Jadi bikin laper lagi deh. Tapi emang sih, masak pepes agak ribet menurutku. Paling males pas mbungkus2nya. Jdnya ya ga pernah masak pepes di rumah. Kalau pengin pepes mending beli aja yg praktis hehehe

    BalasHapus
  23. Saya suka sama penyajian makananya tuu. Unik dan tradisional tempatnya. Pengen punya yg kyk begitu he he. Btw pepesnya besar and gendut ya ikannya. Pasti mantap deh makannya. Bumbunya aja mantap gitu.

    BalasHapus
  24. wah pepesnya menggoda banget nih mak Chi. AKu kadang nyerah bikin pepes ikan soalnya ga bisa bikin pepes ikan mas yg durinya lunak kayak di restoran Sunda.

    BalasHapus
  25. Itu bumbu pepesnya terlihat menggoda sekali. Dicocol pake nasi anget sedapppp...

    BalasHapus
  26. Ya Allah jadi pengen pepes ikan. Duh ini makanan khas Sunda banget kalau di kampung setidaknya 2 hari sekali nenek bikin pepes ikan mas. Btw enak ya menunya prasmanan gitu jadi bisa ngambil sesuai kebutuhan kita.

    BalasHapus
  27. Wah menunya menggoda baanget ini, o ya klo resep ibu mertua saya kayaknya 80 peesenan sdh turun ke suamiku hahaha..suami hobinya masak krn dulubpunya tugas bantuin racik bumbu klo mertua masak..🤣🤣

    BalasHapus
  28. pepesnya asliii menggoda banget Mba..dan masakan lainnya juga okee ya. Jadi inget almarhumah juga yaaa mba. Nanti Kalau déket Halim mampir aaah

    BalasHapus
  29. Khas Sunda bngt klo pepes ikan mas ya mba,, akupun suka buat,, mau mampir nti klo lg pas lewat k lembur sarerea

    BalasHapus
  30. Uwooo enak banget ikan pepesnya mba 😍 aku kalau disiguhin antara ikan dan ayam, lebih pilih ikan 😁

    BalasHapus
  31. Seleraaa ...aku suka banget pepes, kalau mudik ibu ku rajin bikin pepes apalagi pepes Aceh mbak enak banget cuma pakai nasi panas aja udah selera.

    BalasHapus
  32. Liat fotonya langsung kepingin beli ikan di pasar trus dipepes hahaha.. kesukaan banget nih pepes ikan dimakan pakai sambel, lalapan & nasi panas, duuh lapeeer..

    BalasHapus
  33. ketok gamol banget ikannya mak. aku jadi pengen ke sana. tempatnya juga asyik

    BalasHapus
  34. Aku pikir ruamh makannay di mana gitu ternyata Halim ya deket juga dari sini. Pas banget namanya pepes ikan mas lembur sarerea jadi bisa dinikmati sama semuanya ya.
    Enak tuh kalau pepesnay duri lunak, paling males kalau harus misah-misahin duri

    BalasHapus
  35. Kalau nemu pepes ikan, saya paling suka makan sampai tandas tak tersisa. Termasuk kepala ikannya, dibongkar sampai habis deh..yummy...

    BalasHapus
  36. Wah kebalikan banget sama aku ya Chi, dikau tak suka seledri, aku penggemar seledri kelas berat. Kalau makan nasi goreng aja bisa ngabisin seledri berbatang-batang untuk lalapan. :))

    Pepes ikan masnya sungguh menggugah selera. Bumbunya banyaaaakk... Aku nggak begitu doyan ikan sih, tapi kalau ikan mas yang notabene ikan air tawar gini masih bisa masuk lah. Apalagi dibikin pepes, kan yang lebih terasa bumbunya. Syedaaappp....

    BalasHapus
  37. Ibu mertuaku juga senang masak pepes ikan gini. Alhamdulillah masih bisa menikmati masakan ibu mertua. Ini sih bisa bikin nambah nasi ya.

    BalasHapus
  38. Menunya lezat semuanya, buat sarapan enak banget ini ah
    jadi pengen makan pepes, minta ibu buat masakin ah hehehe

    BalasHapus
  39. Ibuku masak pepesnya nendang bangets Mbak..Hiks, jadi kangen sama Ibu di Kediri
    Wah, bisa ke sini kalau pas kangen pepes ikannya Ibu
    Makasih infonya:)

    BalasHapus
  40. Sayangnya aku ngga suka ikan. Sopnya enak keliatannya

    BalasHapus
  41. Kayaknya ibu-ibu jaman dulu suka banget sama pepes yaa, aku sendiri kurang suka pepes karena rasa rempahnya berasa banget

    BalasHapus
  42. Lihat pepes ikannya ko aku jadi pengen masak pepes besok, soalnya ngiler banget itu lihatnya.

    BalasHapus
  43. Aku sering ke rumah temen di Halim, lho. Di perumahan AL itu, tapi kok gak lihat ya. KUrang celinga-celinguk sepertinya. IKannya emang kelihatan mak kres banget. Tapi kalau ada Sop Buntut anakku pasti pilih Sop Buntutnya. BIasalah, anak-anak ma sukanya yang bening berkuah.

    BalasHapus
  44. wah ada pepes ikan, ini menu favorit alm nenek dan aku nih, duh jadi lapar deh,menggoda banget tampilanya, udah kebayang aroma gurihnya ikan mas kalau dipepes.hehe

    BalasHapus
  45. Hwaaa saya malah naksir sama sop buntutnya nih mbak. Lho? Emang kenapa kalau pakai seledri, mbak?

    BalasHapus
  46. Aku juga suka pepes kaak, tapi kenangan kakak dalem banget ya, jadi sedih juga deh.. BTW kita samaan nih ga suka seledri hihii

    BalasHapus
  47. Ku urang Sunda tapi gak doyan pepes ikan, sukanya ikan digoreng aja atau klopun pepes ya pepes tahu aja.

    BalasHapus
  48. Menggoda sekali mkanannya mbaa.. mau donk ajaak aku tetangga

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Saya akan usahakan melakukan kunjungan balik. DILARANG menaruh link hidup di kolom komentar. Apabila dilakukan, akan LANGSUNG saya delete. Terima kasih :)

Saat ini blog Jalan-Jalan KeNai sedang diperbaiki tampilannya. Mohon maaf bila terlihat kurang nyaman selama masa perbaikan.